XL MoodMusic, RBT gaya baru dari XL

2
487
xl-moodmusic-featured-image

Kamu masih ingat dengan yang namanya RBT (Ring Back Tone) yang merupakan salah satu layanan tambahan dari penyedia layanan seluler? RBT itu merupakan layanan nada tunggu yang berupa musik, sebagai pengganti nada yang standar, yang biasanya berbunyi ‘tuuutt … tuuutt … tuuutt.’ Saya masih ingat dulu RBT sangatlah populer, bahkan saya pun sering memakainya untuk gaya – gayaan.

Ternyata dari dulu hingga sekarang, layanan tambahan (atau biasa disebut VAS – Value Added Service) yang berupa RBT ini, merupakan produk yang tahan banting dan saat ini XL Axiata (selanjutnya saya sebut dengan ‘XL’ saja) sudah memiliki 2,5 juta pelanggan RBT! Bahkan sampai tahun kemarin, produk RBT ini menyumbang sebesar 30 – 40% untuk revenue VAS XL. Ini saya baru ketahui, ketika menghadiri peluncuran produk VAS terbaru dari XL, yang bernama XL MoodMusic pada hari Selasa, 12 Januari 2016.

launching-event-xl-moodmusic
Riza, VP Brand dari XL Axiata, membuka acara launching (Jakarta – Indonesia)

XL MoodMusic ini merupakan versi lain dari RBT yang sebenarnya melengkapi layanan RBT.

Jadi sebenarnya XL MoodMusic itu apa? Apa bedanya dengan RBT itu sendiri?

Pernah tidak kamu dalam sehari mengalami mood yang berbeda – beda?

Misal di pagi hari, mood kamu ceria, namun pada waktu siang hari, mood kamu berubah jadi galau, karena kamu berantem dengan pacarmu. Bisa jadi pada waktu sorenya, kamu menjadi semangat, karena kamu akan bertemu dengan teman – teman kamu untuk pergi menonton film.

Dalam contoh ini, kita bisa melihat kalau si dia mengalami perubahan mood sebanyak 3 kali.

Inilah yang dilihat XL ketika membuat produk XL Mood Music ini.

Jadi XL MoodMusic ini merupakan layanan nada tunggu, di mana pengguna XL dapat mengekspresikan mood atau perasaannya melalui musik nada tunggu langsung di ponselnya. Nah apabila kita melihat contoh tadi di atas, maka kamu bisa mengganti musik RBT kamu sesuai dengan mood kamu sebanyak 3 kali, tanpa ada biaya tambahan lagi selama masa langganan. Ini berbeda sekali dengan waktu lalu, di mana saya dikenakan biaya lagi ketika saya ingin mengganti lagu di RBT saya. Selain itu, XL MoodMusic juga memiliki konsep baru, di mana kita juga bisa mendengarkan pilihan lagu kita, ketika kita melakukan panggilan keluar. Wah hal seperti ini nampaknya merupakan yang pertama di Indonesia nih, dan berbeda sekali dengan RBT pada jaman dulu, ya!

launching-event-xl-moodmusic-guest-stars
XL bersama para bintang tamu dalam peluncuran XL MoodMusic (Jakarta – Indonesia)

Berbicara soal biaya berlangganan, XL sudah menjamin untuk memberikan informasi yang transparan tentang tarif, periode, dan benefit berlangganan di awal. XL juga menerapkan kebijakan double confirmation, untuk memastikan, apakah benar pelanggan yang memutuskan untuk berlangganan atau tidak. Selain itu, juga akan notifikasi secara berkala mengenai cara penggunaan, status layanan, dan pengingat apakah pelanggan ingin melanjutkan layanan XL MoodMusic atau tidak – ketika mendekati berakhirnya masa langganan. Ini merupakan langkah yang bagus dari XL, sehingga pelanggan XL tidak takut atau ragu untuk berlangganan XL MoodMusic.

sesi-tanya-jawab-xl-moodmusic
QnA session untuk XL MoodMusic (Jakarta – Indonesia)

Lalu bagaimanakah cara untuk mendapatkan dan menggunakan XL MoodMusic ini?

Untuk berlangganan XL MoodMusic sangatlah mudah. Kamu tinggal ikuti langkah – langkah di bawah ini saja:

cara-aktivasi-xl-moodmusic-step-by-step
Cara mengaktifkan layanan XL MoodMusic (dari kiri – kanan)

Nanti di menu XL MoodMusic, kamu akan melihat kalau XL sudah membagi kategori XL MoodMusic ke dalam 11 mood, seperti Happy, Asik, Romantis, Semangat, Galau, Groovy, Bete, Hitz, Stress, Santai, dan Cool. Dan untuk mendukung layanan ini, XL sudah bekerja sama dengan Real Network Indonesia, dan sejumlah perusahaan label music sebagai penyedia konten, misalnya Musica, Trinity Optima, Sani Music, Universal Musik Indonesia, Aquarius, Warner Music Indonesia, GP Records, Pelangi, Ascada, dan juga Alfa Records.

Nah, ternyata ada kabar baik untuk kamu pelanggan XL, karena saat ini, layanan XL MoodMusic masih dalam masa promo, di mana pelanggan XL, baik yang pra-bayar maupun pasca bayar, bisa mendapatkan XL MoodMusic secara gratis untuk 30 hari pertama bagi pelanggan baru dari XL MoodMusic. Setelah masa promo berakhir, pelanggan bisa memilih untuk berlangganan secara bulanan (30 hari) dengan tarif sebesar Rp. 11.000 atau mingguan (7 hari) dengan tarif sebesar Rp. 5.500.

Ah, sekarang saatnya saya untuk memilih musik dulu deh.

Hmm …

Mood Romantis – Stay With Me (Sam Smith)

aura-kasih-xl-moodmusic
Beda ya, antara yang kumel dan Aura Kasih yang cantik  (Jakarta – Indonesia)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here