Tips Renovasi Rumah Kontrakan di Bandung Di bawah 10 Juta (Beserta Estimasi Biaya)

0
31
Tips Renovasi Rumah Kontrakan di Bandung Di bawah 10 Juta - kadungcampur
Buckets of paint on the floor
Ada rencana renovasi rumah kontrakan? (foto : Freepik)

Tips Renovasi Rumah Kontrakan di Bandung Dibawah 10 Juta – Siapa bilang renovasi itu mahal? Jika kita tahu apa yang harus diprioritaskan ketika melakukan renovasi, kita bisa kok renovasi rumah kontrakan di Bandung di bawah 10 juta. Ingat kata yang penting ya, ‘prioritas’ hehe. Kalau bukan prioritas, ya mungkin nanti-nanti masih bisa lah.

Banyak pemilik rumah kontrakan yang abai untuk melakukan renovasi. Padahal, hal ini dibutuhkan sebagai pemeliharaan bangunan dan juga menaikkan nilai tawar dari rumah kontrakan tersebut. Selain itu, karena hanya berfungsi sebagai hunian sementara, para penyewa biasanya cenderung acuh dengan urusan pemeliharan rumah yang ia tinggali. Sehingga, tak jarang didapati beberapa kerusakan pada bangunan rumah, ketika seseorang telah selesai menyewa rumah tersebut.

Apalagi di Kota Bandung, bisnis sewa-menyewa rumah kontrakan berkembang pesat dan menjadi primadona di kota ini. Banyaknya pendatang dari luar daerah yang menetap di Kota Bandung, membuat hunian sementara seperti rumah kontrakan seakan tak pernah sepi dari peminat.

Melihat potensi bisnis yang begitu besar, sayang dong, kalau kita tidak merawat baik-baik rumah kontrakan di Bandung milikmu tersebut. Nah, jadi saya akan coba memberikan tips merenovasi rumah kontrakan di Bandung dibawah 10 juta secara mudah dan juga murah.

Lakukan peremajaan pada cat ruangan

Lakukan peremajaan pada cat ruangan (Freepik) - kadungcampur
Rumah kontrakan juga perlu dicat ulang setelah beberapa lama

Hal pertama yang bisa kita lakukan dalam merenovasi rumah kontrakan di Bandung di bawah 10 juta adalah mengecat ulang atau meremajakan cat pada rumah kontrakan. Pada umumnya, cat dinding akan terlihat kusam, kotor, dan juga memudar setelah 2-3 tahun pemakaian, sehingga perlu dilakukan pengecatan ulang, agar rumah tersebut terlihat lebih indah. Saya aja dulu pas ngekos, sama yang punya langsung ditanya, mau dicat dulu ga kamarnya. Tentu mau dong saya hehe.

Namun, kita enggak perlu mengecat secara keseluruhan dinding rumah tersebut, lho. Cukup lakukan pengecatan pada tembok yang terlihat mulai memudar. Biasanya, warna cat pada dinding dapur dan dinding luar rumah akan terlihat lebih cepat pudar daripada cat pada ruangan lainnya. Maka dari itu, demi menghemat budgetprioritaskan dulu ruangan-ruangan yang sekiranya sudah harus dicat ulang.

Saat ini banyak kok berbagai merk cat yang dijual di pasaran, pilihlah cat dengan kualitas premium ukuran 5 kilogram yang harganya rata-rata Rp100 ribu-an.

Reparasi perabotan yang sudah rusak

Woman using hand drill to assemble a wooden table
Ada perabotan yang rusak? Ya diganti atuh 🙂

Untuk kamu yang menyewakan rumah kontrakan lengkap berserta perabotan di dalamnya, tips yang satu ini wajib untuk kamu lakukan, apalagi jika mayoritas dari perabotan tersebut berbahan dasar kayu. Bahan-bahan seperti ini sangat mudah rusak dimakan usia dan juga rayap, terlebih jika kamu tidak telaten dalam merawatnya.

Kamu bisa memoles ulang perabotan tersebut dengan cat kayu yang banyak tersedia di pasaran. Harganya juga cukup terjangkau, hanya sebesar Rp 40 ribu – Rp50 ribu per kilonya. Cat kayu berguna tidak hanya mencerahkan warna, namun juga menjaga daya tahan dari perabotan yang berbahan dasar kayu tersebut.

Jika perlu, ganti perabotan tersebut dengan yang baru, jika dirasa sudah tidak layak pakai lagi. Pilihlah perabotan yang memiliki material lebih tahan lama, seperti besi atau stainless dan juga plastik, yang memiliki harga lebih murah. Jangan terlalu banyak menghabiskan dana, anggarkan saja sekitar Rp2 juta – Rp5 juta untuk membeli perabotan baru, agar rencana renovasi rumah kontrakan di Bandung di bawah 10 juta dapat terwujud.

Periksa kelayakan atap rumah

Periksa kelayakan atap rumah (Freepik) - kadungcampur
Atap rumah itu penting, kalau kenapa-kenapa kan riweuh nantinya :/

Setelah membahas soal dinding dan perabotan, saatnya kita memeriksa kelayakan atap dari rumah kontrakan milikmu tersebut. Hal ini sangat penting, pasalnya atap sendiri berfungsi sebagai pelindung rumah dari panas dan tetesan air hujan. Bayangkan saja jika rumah tak memiliki atap, apa gunanya?

Oleh sebab itu, mengganti bagian genteng atau plafon yang bocar atau dimakan rayap, harus kita lakukan sebelum menyewakan rumah tersebut kepada orang lain.

Pilihlah atap dengan harga murah namun tetap memiliki kualitas yang baik. Banyak kok, kita bisa menggunakan atap spandek jenis ecotrim yang harganya mulai Rp 55 ribu – Rp75 ribu per meternya. Panjang atap yang kita butuhkan memang tergantung pada ukuran dari rumah tersebut, maka dari itu belilah sesuai dengan yang kita butuhkan. Tidak perlu membeli atap dengan ukuran berlebih. Ukur terlebih dahulu panjang atap yang harus direparasi, agar kita tahu pasti berapa meter harusnya kita membeli spandek tersebut.

Disiplinlah dalam mengeluarkan tiap pundi-pundi uang yang kita memiliki, agar rencana kita dalam merenovasi rumah kontrakan di Bandung di bawah 10 juta dapat berjalan dengan baik.

Periksa juga komponen-komponen kecil pada rumah

Periksa juga komponen-komponen kecil pada rumah (Freepik) - kadungcampur
Komponen kecil-kecil di rumah kontrakan kita juga penting lho 🙂

Meski terlihat sepele, namun perintilan seperti gagang pintu, engsel, slot jendela, dan komponen-komponen kecil pada rumah juga menjadi pertimbangan lho, bagi para penyewa rumah.

Jika kita ingin nilai jual rumah kontrakanmu meningkat, jangan lupa untuk memeriksa seluruh komponen mulai dari terkecil sampai terbesar dari rumah tersebut, ya. Apabila dirasa sudah tidak layak, maka jangan ragu untuk menggantinya dengan yang baru. Barang-barang seperti gagang pintu, engsel, serta slot jendela enggak mahal kok, di pasaran harganya hanya berkisar Rp5 ribu – Rp20 ribu saja.

Namun, jangan perkara harga murah, kita lantas membeli peralatan yang tidak diperlukan ya. Jangan sampai anggaran renovasi rumah kontrakan di Bandung di bawah 10 juta yang telah kita rencanakan jadi gagal.

Gunakan jasa tukang bangunan hanya jika diperlukan

Gunakan jasa tukang bangunan hanya jika diperlukan (Freepik) - kadungcampur
Perlu jasa tukangkah?

Perhitungkan baik-baik ketika ingin menggunakan jas tukang bangunan dalam melakukan renovasi rumah kontrakan tersebut. Pasalnya, dengan menyewa tukang bangunan tentu kita harus mengeluarkan biaya jasa  dari tukang tersebut.

Ingat, bahwa kita ingin merenovasi rumah kontrakan di Bandung dibawah 10 juta, bukan? Maka dengan turun tangan secara langsung dalam pengerjaan renovasi tersebut merupakan pilihan yang tepat. Akan tetapi, jika memang mendesak dan kamu harus menggunakan jasa tukang bangunan, maka cukup sewa jasa dari satu sampai dua pekerja saja.

Biaya jasa dua orang tukang per hari kita estimasikan saja Rp100 ribu per orang. Minta tukang untuk menyelesaikan rumah tersebut dalam kurun waktu 2-3 hari. Maka total pengeluaran untuk biaya jasa tukang sebesar Rp 600 ribu. Apabila kita ikut membantu pengerjaan renovasi rumah tersebut, maka kita hanya butuh bantuan dari satu orang pekerja saja. Berarti, total biaya jasa tukang yang harus dikeluarkan hanya sebesar Rp300 ribu saja.

Lebih hemat, bukan?

Setelah mengetahui tips dalam merenovasi rumah kontrakan di Bandung di bawah 10 juta, tentu sudah tidak ragu lagi dong untuk melakukannya?

Nah, buat kamu yang sedang mencari rumah kontrakan, manfaatkan situs properti terbesar dan terpercaya di tanah air, 99.co Indonesia dalam mencari rumah kontrakan ya. Selain mencari rumah kontrakan, kita juga bisa menggunakan situs properti tersebut untuk segala kebutuhan properti, termasuk dalam melakukan jual beli.

Semoga apa yang saya sampaikan kali ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here