T4 Changi Airport Singapore – udah cakep, canggih pulak!

25
223
t4 changi airport featured image - kadungcampur

Sebagai salah satu airport tersibuk di Asia, Changi Airport selalu harus kudu berkembang, baik dalam hal inovasi, maupun juga kapasitas penumpang yang bisa ditampung di dalam airport tersebut. Changi Airport yang awalnya hanya memiliki satu terminal aja, dan mulai beroperasi di tahun 1981, sekarang udah berkembang dan memiliki empat terminal.

changi airport t4 - kadungcampur
Welcome to Terminal 4 Changi Airport, Singapore

Melongok dulu terminal terbaru T4 Changi Airport

Kita intip-intip dulu yang masih terbilang fresh, yaitu T4 Changi Airport. T4 ini masih terbilang fresh, karena baru dibuka dan beroperasi sejak Oktober 2017. Mungkin kamu dulu pernah mendarat di yang namanya Budget Terminal, dan sekarang bingung, ada di manakah itu? Hmm, kamu ga akan menemukannya sih sekarang, karena itu udah ga ada, dan areanya digunakan untuk T4 ini. Jadi ini termasuk terminal yang baru dibangun juga deh!

Serba FAST di T4

Salah satu hal yang saya kurang demen saat bepergian ke luar negeri saat di airport adalah antrian saat check-in dan di imigrasi. Meskipun counter check-in dan imigrasi udah cukup banyak, tapi kalau jumlah penumpang yang datang cukup banyak, bisa jadi antrian akan mengular. Dan jadinya bisa memakan waktu yang cukup panjang di dua bagian ini.
Makanya di #ChangiT4 sudah diterapkan sistem FAST, alias Fast and Seamless Travel.

changi airport t4 automated check in kiosk - kadungcampur
Automated check-in kiosk di T4 Changi Airport

FAST yang dimaksud di sini lebih berupa proses yang akan dilewati oleh penumpang yang akan bepergian, dan terdiri dari 4 langkah. Dan tau ga, FAST ini merupakan proses self-service alias proses yang bisa kita lakukan sendiri lho!

1 | Check-in

Ketika saya masuk ke T4 Changi Airport, udah akan terlihat banyak automated check-in kiosk tersebar, jadi bisa meminimalisir antrian deh, ya. Kebetulan waktu saya check-in juga lagi ga banyak orang, makanya saya bisa menjalani semuanya dengan santai tapi pasti πŸ˜€

changi airport t4 self check in timo wp - kadungcampur
Check-in sendiri biar lebih cepet deh! πŸ˜€

Caranya gampang banget sih, tinggal masukkan kode booking, scan passport, kemudian tinggal ambil boarding pass. Dan kalau ada bagasi, maka akan keluar luggage tag-nya.
Oh iya, ini semua dikerjain sendiri, ya, jadi kalau ada luggage tag, ya udah berarti mesti pasang sendiri di handle koper bagian samping, ya.

2 | Baggage drop

Setelah check-in, kalau kamu ada tas atau koper yang perlu dimasukkan ke bagasi berarti langkah berikutnya adalah baggage drop. Kebetulan saya waktu itu ga ada, jadi saya lewati aja sih ini. Cuma sempat liat-liat aja sih, kek gimana itu baggage drop haha.

changi airport t4 baggage drop - kadungcampur
Kalau ada koper yang perlu dimasukkan ke bagasi, bisa bagage drop sendiri aja deh!

Lokasi baggage drop itu ada di area belakang check-in kiosk kok, dan berupa automated kiosk lagi, tapi kali ini dengan conveyor belt di sampingnya. Dan koper yang udah dipasang luggage tag di handle sampingnya, tinggal ditaruh di atas conveyor belt, kemudian scan passport, dan juga ada foto diri kita di kiosk-nya. Setelah itu kita akan mendapatkan receipt dari bagasi kita.

3 | Immigration

Untuk bisa menikmati proses automated immigration yang merupakan bagian dari FAST ini, kita harus masuk dalam dua kategori ini dulu:

  • Warga negara Singapura, Permanent Resident, atau Long Term Pass Holder
  • Penumpang yang sidik jarinya udah terdaftar saat proses kedatangan (arrival)
changi airport t4 automated immigration - kadungcampur
Imigrasi langsung masuk di Automated Immigration aja, cusss tinggal scan passport dan sidik jari πŸ˜€

Kebetulan banget saya termasuk yang pertama, eh maksudnya yang kedua, karena saya scan sidik jari pada saat proses arrival. Asik deh saya bisa nyobain proses automated immigration ini, tinggal scan paspor dan kemudian scan sidik jari. Kelar deh! Cepet banget prosesnya, dan ga pake lamak! Oh iya, berarti kalau kamu melalui ini, nanti kamu ga akan mendapatkan cap di passport, ya.

4 | Boarding

Saat boarding, akan ada dua pilihan sih, mau yang proses reguler, yang mana si staff nya akan robekin boarding pass kita, atau mau yang lebih cepat prosesnya di automated boarding kiosk?

changi airport t4 automated boarding gates - kadungcampur
Boarding pun ada automated boarding gates biar prosesnya lebih cepat

Kalau saya sih pilih yang terakhir, karena saya tinggal scan boarding pass saya, dan langsung deh melenggang menuju pesawat saya.
…
Semua proses FAST ini bener-bener fast deh, lebih cepat dari biasanya! Dan I really loph loph loph prosesnya, karena mengurangi antrian! Beneran deh.
Oh iya, biar kamu dapat gambaran mengenai FAST ini, ini ada video dari Changi Airport mengenai FAST:

Yang patut dilirik saat di T4

Terminal T4 Changi Airport tuh, udah canggih, cakep nian!
Di mana-mana saya cekrek, di sana cekrek, di situ cekrek, abis beneran cakep deh. Untungnya saya pergi sama temen, Salman, jadinya bisa minta tolong fotoin, apalagi dia bawa lensa fix yang buat foto semakin cetar haha!
Sebenarnya kita bisa liat cakepnya T4 Changi Airport itu dari awal pas kita masuk ke dalamnya sih. Terlihat bersih, lantainya marmer mengkilap, dan pada bagian automated check-in kiosk, dilapisi karpet dengan motif kelopak bunga anggrek. Dan di langit-langitnya juga bisa terlihat di beberapa tempat ada motif kelopak bunga, yang juga bisa kasih lewat cahaya alami dari luar masuk ke dalam.

Jadi, apa aja nih yang patut dilirik saat di T4?

Ada tontonan di Immersive Walls

Immersive Walls itu semacam TV LED tapi dilebarin gitu, jadi bisa memberikan tontonan secara landscape! Pas banget ada di atas bags screening di bagian Keberangkatan (Departure Hall) hahaha. Mau nonton aja buru-buru. Eh tapi bisa sih kalau mau nonton sebelum masuk atau di lantai duanya, di Food Emporium.

changi airport t4 immersive walls baggage cycle - kadungcampur
Immersive walls di atas baggage screens ini bisa ditonton juga dari lantai 2 (Food Emporium)
changi airport t4 baggage screening with the immersive wall - kadungcampur
Ada juga video tentang icon-icon kota di dunia lho di Immersive Wall ini πŸ™‚

Video-video yang ditayangkan adalah landscape pemandangan ikon dari kota Singapura sendiri, ikon dari negara di ASEAN, dan ada juga animasi β€˜perjalanan’ bagasi kita selama di airport. Dan tau ga ukuran LED untuk Immersive Wall ini berapa? Panjangnya 70 meter dan tingginya 5 meter!

Heritage Zone

Memasuki T4, di Heritage Zone, saya bisa menonton β€˜Peranakan Love Story’, dan pastinya tentang kisah cinta dua insan Peranakan yang bertetanggaan hehe. Tapi yang bikin cakep nih dari Heritage Zone adalah area fisiknya yang facade – nya dibuat menyerupai ruko-ruko peranakan. Kalau dari jauh tuh beneran ga keliatan kalau lantai dua dan tiga dari sebagian ruko itu ternyata layar LED lho!

changi airport t4 immersive screens peranakan love story 1 - kadungcampur
Kalau di Heritage Zone, immersive screens-nya berupa love story lho! ~ Peranakan Love Story
changi airport t4 immersive screens peranakan love story 2 - kadungcampur
Cakep deh facade nya, berupa ruko-ruko khas peranakan. Dan sebenarnya facade dari lantai 2 dan 3 dari rukonya itu adalah LED screen!

Sebelum ada video Peranakan Love Story, paling kita bisa lihat ada video klip dari orang lagi nengok-nengok ke luar jendela, ambil kandang burung, dan sebagainya haha.

Peranakan Gallery

Peranakan Gallery ini sih bisa dibilang mini museum ya dari sebagian tradisi di Singapura. Ada juga gambaran tentang keluarga jaman dahulu, serta kain batik khas Peranakan yang cakep-cakep! Karena si kain batik peranakan ini juga dipakai sebagai seragam resmi pramugari dari Singapore Airlines, makanya dipajang juga ragam seragamnya di sini.

changi airport t4 peranakan gallery batik singapore airlines costumes - kadungcampur
Di Peranakan Gallery ada batik khas peranakan yang juga bisa kita lihat di seragam Singapore Airlines
changi airport t4 peranakan gallery photos - kadungcampur
Ada galeri foto yang menunjukin jaman baheula Singapore nih πŸ™‚

Art dan hal-hal lucu lainnya

Oke di sini, β€˜lucu’ bukan berarti lucu hahaha gitu, tapi lebih ke hal yang cakep-cakep buat bahan foto haha – ketawa juga deh. Misalnya di bagian check-in area, di sisi kanan ada patung tembaga yang bentukannya ibu-ibu dari pasar habis naik becak. Waktu itu sih ga sempet naikin becaknya haha, ngeri, kuat ga ya πŸ˜€

changi airport t4 art copper becak public area - kadungcampur
Becak neng, becakkkkk πŸ˜€

Selain itu ada patung alumunium dengan judul β€˜The Travelling Family’ yang dibuat oleh Kurt Laurenz Metzler, seorang artis dari Swiss. Jadinya si keluarga ini bisa jadi sebagai β€˜tambahan orang’ di foto deh haha.

changi airport t4 traveling family art Kurt Laurenz Metzler transit area - kadungcampur
Me and my traveling family πŸ˜€
changi airport t4 indoor park - kadungcampur
Ada taman indoor-nya yang cakep nih di transit area T4 Changi Airport πŸ™‚

Dan pastinya di area keberangkatan, ada juga banyak kursi-kursi yang bentukannya unik-unik bernama Novelty Seats. Jadi cakep buat foto-foto, mulai dari kursi memanjang yang ujungnya melekuk-lekuk, kursi berbentuk spiral berwarna biru.

changi airport t4 seating transit area - kadungcampur
Pengen dibawa pulang deh tempat duduknya haha, cakep <3
changi airport t4 seating transit area timo wp 1 - kadungcampur
Pose sama tempat duduk cakep deh haha!

Oh satu lagi sih, kalau misalnya ingin belanja gadget, seperti misalnya drone yang bisa dipake buat foto keren aerial view gitu, bisa banget cobain gratis menerbangkan si drone-drone itu di counter E-Gadget. Jadi dia udah sedia semacam β€˜kandang’ berjala, dan tinggal cobain menerbangkan drone-nya sih. Waktu itu karena lagi iseng aja saya liat-liat ke sana, tapi yang nerbangin tetep si penjual sih haha, soalnya saya belum pengalaman. Apalagi mesti pelan-pelan naikin atau gerakinnya, kalau ga bisa whoozzzz nabrak jala πŸ˜€

changi airport t4 flying drone e-gadget transit area - kadungcampur
Mau beli drone biar foto-fotomu makin ca’em? Boleh dicoba dulu nih di E-Gadget, mana yg cocok buatmu!

Jangan lupa konek ke Wi-Fi gratis

Sebagai salah satu bandara tersibuk di Asia, layanan konektivitas ke internet itu penting banget. Makanya ada layanan WiFi@Changi (dulu Wireless@SG). Nanti kalau mau konek, akan ada 2 pilihan: 3 hours Free WiFi access atau 24 hours Free WiFi access. Kalau yang 24 jam, kamu harus install dulu versi terupdate dari aplikasi iChangi yang udah tersedia di iOS dan Android. Download dulu deh yuk di bawah ini, biar ntar sampai di T4 Changi Airport bisa langsung seluncuran:

ichangi airport singapore apple store

ichangi airport singapore android play store

changi airport t4 connect wifi@changi - kadungcampur
Konek teruuuss ke Wi-Fi deh, ya πŸ˜‰

Kalau misalnya kita ga bawa laptop, tapi mau browsing internet di komputer, tenang aja, karena udah disediain beberapa terminal komputer yang bisa dipakai untuk seluncuran internet.

changi airport t4 free computer and internet transit area - kadungcampur
Udah disediain beberapa komputer yang bisa digunakan untuk seluncuran di internet πŸ˜‰

…
Jadiiii … Bagaimana si T4 Changi Airport menurutmu? Duh, kalau menurut saya, yuk ke sana lagiii hahaha.
Oh iya, sebagian besar di atas bisa dinikmati di area transit dari T4 Changi Airport, ya. Jadi kalau mau menikmati, kamu harus check-in dulu melalui imigrasi T4 Changi Airport ?
Dan pas banget nih sembari foto-foto di Changi Airport, sekalian aja ikutan kontes foto #ChangiDiHati. Tinggal foto diri kita dengan gestur/stiker hati dan ceritain kenapa Changi Airport selalu di hati dengan #ChangiDiHati di bit.ly/changidihati-twp. Hadiahnya lumayan banget, euy! Hadiah utamanya ada tiket PP dari Indonesia ke Korea plus Changi Gift Card senilai S$200, dan hadiah tambahan berupa 2 pasang tiket PP dari Indonesia ke Singapura untuk 2 pasang pemenang plus Changi Gift Card senilai S$200 juga. Kontes #ChangiDiHati ini berlangsung dari tanggal 14 Februari 2018 – 31 Maret 2018 ya!

changi airport t4 seating transit area timo wp 2 - kadungcampur
Capek ngider di T4 Changi Airport? Tinggal duduk aja deh haha!

25 KOMENTAR

  1. Cekcek Timo ini airport super keren, mewah dan tentunya betah walaupun pesawat delay. Lengkap banget fasilitas yang diberikan airport Changi ini. Semoga saja bandara kita next time bisa seperti itu ya. Karena menunggu itu tidak enak. Tetapi kalo di bandara banyak yang dilihat tidak terasa waktu untuk menunggu

  2. Asiiknyaa…konek internet 24 jam.
    Hiihi…nanti aku mau download drama Korea banyak-banyak kalo ke sini yaak..

    Dan,
    hei…Changi lebih tua dari aku lohh..
    ((hooho…bangga yang ga penting!))

  3. 9 tahun yang lalu ke Changi Airport udah kagum banget sama airport yang supergede, nyaman, dan canggih ini, apalagi sekarang, duh mupeng ke sana, sekarang ajak anak-anak tentunya

  4. Wah gila sih ini mantep banget jadi cepet terus banyak hiburannya nyahahah, semoga suatu saat keturutan juga ke sini, biar ngerasain langsung! πŸ˜€

  5. Duh.. pengen bawa pulang tuh kursi ayam (iya bukan sih? Haha..) di foto terakhir. Unyu bangettt πŸ™‚
    Lengkap dan modern banget ya fasilitas-fasilitas di T4 Changi Airport ini. Kalau saya ke sana, enggak berani sendirian pastinya, soalnya akan bingung! Hahaha.. katrok emang πŸ˜€

  6. Jangan-jangan, kalau aku ngebolang ke Changi sama si K malah abai dengan panggilan boarding karena keasikan jalan-jalan menikmati setiap pojokan bandara. Kece euyyy. Ini kalau datang terlalu awal atau pesawat delay enggak bosen keliling-keliling dulu.

  7. Wow konsepnya self service gtu ya mas?
    Btw yang proses automated immigration itu emang kyknya enak banget sih, cuma buat yang suka mengkoleksi stempel bakalan syedih gak dapat stempel #bancistempel haha πŸ˜›

  8. ya ampun… keren banget .ini bandara canggih banget.. pengin deh sesekali ke sini sekedar jalan jalan dan nikmati kecanggihannya. maklum dari bintan ke singapura via kapal jd ga pernah ke changi . btw boleh ga masuk tuk berkunjung aja ?

  9. Sirik banget ngelihat Changi inii.. Suer dehh. Bagusss
    Kapan yah bandara indonesia sebagus Changi?
    Sejujurnya belum pernah ke Changi, tapi melihat postingan Mas Timo jadi pengen ke sanaa

  10. Liat poto-poto di atas kok rasanya pingin ke Singapura trus nyisihin waktu khusus buat muter-muter di bandaranya sampe puas ya. Kemarin pas ke sana cuma numpang lewat aja. πŸ˜€

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here