Selamat ulang tahun, Semarang!

52
248
selamat ulang tahun semarang

Sebagai orang yang pernah tinggal di Semarang dan memiliki ‘darah’ Semarang, sepertinya baru kali ini nih saya merasakan kemeriahan saat ulang tahun kota Semarang. Sekarang kota Semarang udah berumur 470 tahun. Pada tau kan kapan tanggal ulang tahunnya? Tanggal jadi kotanya jatuh di tanggal 2 Mei – tahunnya hitung sendiri ya haha.

Ada beberapa acara dalam rangka menyambut ulang tahun kota Semarang, mulai dari pertunjukan musik di panggung yang terletak di halaman Balaikota, dan juga Semarang Night Carnival yang dimulai dari Titik Nol Kota Semarang.

Semarak Kidung Gempita

Semarak Kidung Gempita merupakan tajuk dari perayaan HUT Kota Semarang yang ke-470, sayangnya saya ga sampai kelar sih mengikuti acaranya yang berlangsung pada malam hari. Namun, kalau kamu mau cari tau, bisa cek tagar #BergerakBersamaConcert di media sosial hehe.

walikota semarang hendrar prihadi semarak kidung gempita
Walikota Semarang, Pak Hendrar Prihadi, memberikan kata sambutan di Semarak Kidung Gempita
panggung semarak kidung gempita semarang
Panggung Semarak Kidung Gempita di depang kantor Balaikota Semarang

Namanya juga ‘kidung’, makanya para pengunjung disuguhi pertunjukan musik dan musik dari awal acara. Sesi pertama merupakan pertunjukan musik yang diiringi oleh Surya Orkestra! Mevvah pertunjukannya, apalagi Surya Orkestra ini pernah diundang untuk tampil di beberapa negara, makanya musik yang ditampilkan juga dari negara-negara tersebut, mulai dari ‘Kuch Kuch Hota Hai’, ‘New York, New York’, dan masih banyak lagi. Ga hanya tampilan musik sih, karena ada juga grup vokal yang mengisi iringan musik yang dipimpin oleh Paulus Surya, sang dirigen.

surya orkestra grup vokal semarak kidung gempita semarang
Grup vokal yang mengisi iringan musik dari Surya Orkestra
surya orkestra rock staru semarak kidung gempita
Ga hanya menampilkan lagu pop, Surya Orkestra juga berkolaborasi dengan grup Rock Star!

Sebenarnya setelah acara musik dengan Surya Orkestra, ada beberapa penampilan lagi yang ditunggu-tunggu sama anak muda di Semarang nih, salah satunya penyanyi reggae terkenal si Tony Q! Sayangnya saya ga lanjut ikutan acara ini sampai kelar hehe.

Semarang Night Carnival 2017

Ngomong-ngomong mengenai night carnival, saya jadi keinget acara karnaval di Solo yang saya hadiri sekitar 5 tahun lalu, yang bernama Solo Batik Carnival (SBC). Waktu itu merupakan yang ke lima kali diadakan SBC di kota Solo, dan saya beneran sengaja datang ke sana bersama keluarga, karena penasaran dengan parade ini. Paradenya dimulai dari Stadion Sriwedari dan melenggang menyusuri Jalan Slamet Riyadi.

(Baca juga: Solo Batik Carnival 5)

Masih dalam rangka perayaan HUT kota Semarang, juga diadakan sebuah Semarang Night Carnival 2017 atau disingkat SNC2017, sehari setelah pagelaran Semarak Kidung Gempita. Berbeda dengan Semarak Kidung Gempita, lokasi dari SNC2017 ini dimulai dari Titik Nol kota Semarang atau di Kantor Pos Besar Semarang dan para peserta akan berjalan menuju Lawang Sewu.

Namun sebelum para peserta SNC2017 ini menampilkan kostum-kostumnya yang cakep, SNC2017 dibuka dengan penampilan marching band yang dibawakan dengan penuh semangat oleh Canka Lokananta Akademi Militer. Ada 2 jenis seragam yang digunakan, ada yang baju biru dengan celana putih, serta seragam loreng-loreng dengan penutup kepala berbentuk macan segala. Pastinya alat musik yang digunakan lengkap deh, ada drum, terompet, cymbal, seruling, dan lainnya. Satu hal yang mencuri perhatian orang, pastinya adalah penampilan sang mayoret atau penatarama yang memainkan tongkat baton-nya dengan begitu lincahnya!

semarang night carnival 2017 canka lokananta akademi militer
Penampilan marching band dari Canka Lokananta
semarang night carnival 2017 canka lokananta akademi militer mayoret
Penampilan sang mayoret yang terampil memainkan batonnya
canka lokananta akademi militer semarang night carnival
Penampilan semarak dari Canka Lokananta
semarang night carnival 2017 canka lokananta akademi militer
Sayang penampilan Canka Lokananta cuma sebentar nih

Sama seperti SBC, di SNC2017 ini, para peserta ga langsung jalan menuju Lawang Sewu, tapi tampil dulu di depan Kantor Pos Besar Semarang. Di sana udah ada Pak Walikota dan banyak para pengunjung yang hadir, beserta para tamu undangan yang juga datang dari beberapa negara.

SNC2017 ini menggunakan berbagai unsur yang masih berhubungan dengan Semarang, karena temanya adalah ‘Paras Semarang’.  Di SNC2017 ini terdiri dari beberapa defile, ada yang kostumnya mengambil inspirasi dari burung blekok, bunga kembang sepatu, kuliner Semarang, dan lampion.

semarang night carnvial 2017 defile kostum
Hayo kostum apa nih?

Bicara mengenai pesertanya, ternyata proses seleksi udah dilakukan sejak bulan Februari 2017, dan yang lolos seleksi mengikuti beragam workshop yang membahas tentang make-up, koreografi, dan tentunya kostum. Hebatnya, biaya pembuatan kostum swasembada dari peserta sendiri. Semakin hebat lagi, ketika saya tau kalau ternyata  kostumnya itu cukup berat, bisa hingga 5 kg, bahkan kalau ada yang bawa aki untuk menyalakan lampu di kostumnya, bisa lebih berat lagi!

Defile burung blekok

Burung blekok merupakan burung sejenis bangau. Sejujurnya ini defile yang paling saya suka kostumnya, karena defile burung blekok itu tuh warnanya mayoritas putih, jadi benar-benar menarik perhatian banget. Apalagi karena ini mengambil inspirasi dari burung, makanya banyak kostum dengan sayapnya yang menjulang tinggi, jadi terlihat megah gitu ketika mereka jalan satu-satu di karpet merah yang digunakan sebagai area catwalk-nya. Dan untuk yang defile ini, terdapat peserta pria juga, dan jangan salah, salah satu peserta pria ini ada juga yang menggunakan sepatu hak yang tinggiiiiii.

semarang night carnival 2017 defile burung blekok
Defile burung blekok dengan kostumnya yang anggun
semarang night carnival 2017 defile burung blekok
Masih dari defile burung blekok
semarang night carnival 2017 defile burung blekok
Keliatannya satu, padahal di belakangnya ada lagi peserta yang lain huehe

Defile bunga kembang sepatu

Defile ini termasuk yang meriah kostumnya, karena mengambil inspirasi bunga kembang sepatu. Eh tapi bukan berarti si kostum ditemplokin bunga semua ya, karena tentunya ada bunga, ada daun juga. Makanya si kostum jadi semakin meriah deh!

semarang night carnival 2017 defile kembang sepatu
Defile kembang sepatu
semarang night carnival defile kembang sepatu
Tuh kan, ga hanya bunganya aja, ada daunnya juga

Defile kuliner Semarang

Menurut survei, Semarang ternyata ada di tempat ke-3 tujuan wisata kuliner di Indonesia lho. Mungkin karena itu dijadikan salah satu tema untuk defile-nya. Eh tapi wait, caranya bagaimana menerjemahkan kuliner ke kostum? Kan kuliner Semarang tuh ada lumpia, bandeng, soto, dan masih banyak lagi deh!

Eits, bukan berarti kalau inspirasi lumpia, si peserta dililit kulit lumpia, ya? Susah atuh kalau gitu mah jalannya. Nah, jadinya kostumnya ya berupa kostum biasa aja, dan macam-macam kuliner itu dibentuk dan ditempel di beberapa area kostumnya.

semarang night carnival 2017 defile kuliner
Ragam kulinerannya ditempelin di kostum
semarang night carnival 2017 defile kuliner
Masih dari defile kuliner

Defile Lampion

Kalau defile burung blekok warna mayoritasnya adalah putih, maka kalau defile lampion warna mayoritas tentunya merah, ya. Kebanyakan memang para peserta membuat semacam beberapa tangkai yang mencuat dari belakang kostum peserta, dan tangkai ini dijadikan sebagai tempat gantung lampion-lampionnya. Tapi ada satu peserta yang lucu deh, karena kostumnya beneran berbentuk seperti lampion hehe.

semarang night carnival 2017 defile lampion
Defile Lampion
semarang night carnival defile lampion
Cakep ya warna merahnya
semarang night carnival 2017 defile lampion
Eh lucu kan nih, pake kostum lampion 🙂

Defile dari luar negeri

Di SNC2017 ada yang spesial juga nih. Ga hanya pesertanya dari warga kota Semarang aja, tapi ada juga peserta dari negara-negara lain. Namun mereka lebih ingin menunjukkan budaya dari negara masing-masing, terutama dalam bentuk tarian, jadi ga hanya parade kostum aja sih.

Taiwan

semarang night carnival 2017 defile taiwan
Yang mewakili Taiwan walaupun terlihat sudah Oom dan Tante tapi semangat lho!
semarang night carnival 2017 defile taiwan
Masih dari defile Taiwan

Thailand

semarang night carnival 2017 defile thailand
Defile Thailand

 

 

Sri Lanka

semarang night carnival 2017 defile sri lanka
Defile Sri Lanka

Korea Selatan

semarang night carnival defile korea selatan
Defile Korea Selatan juga terlihat sudah berumur, tapi tetap masih semangat!
semarang night carnival 2017 defile korea selatan
Masih dari defile Korea Selatan

Parade SNC2017 ini ternyata seru juga, ya, dan jadi semakin penasaran, apakah yang akan ditampilkan tahun depan di Semarang Night Carnival 2018?

We’ll see deh!

Sekali lagi, selamat ulang tahun kota Semarang!

semarang night carnival 2017 kenang denok
Dapat salam dari Kenang dan Denok kota Semarang lho! 🙂

52 KOMENTAR

  1. Hai, Timothy, salam kenal ya. Senang deh nemun tulisan tentang Semarang karena nikah sama orang Semarang, aku jadi ngerasa Semarang kota asalku juga. Hehehe. Itu foto-fotonya keren banget. Thanks ya buat liputan dan tulisannya.

  2. Cakep-cakep banget fotonya. Aku berusaha untuk maju ke depan, tapi apa daya, kekuatan massa berhasil mengalahkanku yang berbodi raksasa ini hahaha.

    Betul-betul berwarna, mirip festival yang aku lihat di negeri tetangga akhir tahun lalu. Semarang petjah!

  3. Wiiih, seru banget itu acara… Berwarna gitu ya, itu lagian yang kostum burung blekok aslinya bentuk burung itu emang seperti itu ya? Mirip burung murai gitu?

  4. Fotonya lengkap dan keren² banget mas. Kebetulan kemarin dari Semarang tapi cuma lihat sisa² festival lampion aja..

    Selamat ulang tahun Semarang !!

  5. Waahh, semarang ulangtahun, yaa.. Baru tau aku.
    ITu acara Night Carnival nya kayaknya seru banget. Belum pernah dateng ke acara begitu 🙁

  6. Ohh…kadung campur tuuh…dari bahasa Semarang yaa…?
    *kadang ada bahasa Jawa yang khas, meskipun sama-sama Jawa, tapi nyatanya mereka berbeda dalam menggambarkan sesuatu.

    Kalo aku orang Surabaya pasti bilangnya, weskasep!
    Hahhaha….**kasar yaa?!

    Selamat ulang tahun, Semarang.
    Semoga menjadi kota yang makin nge-heits kebaikan dan kreativitasnya.
    Aamiin.

  7. Udah beberapa waktu gak ke Semarang. Ultahnya rameee banget ya. Yg kostum Blekok bagus ya, putih2 gitu

    Next time mgkn nyempetin diri buat hadir

  8. Daripada SBC, kalau dibandingkan dengan Solo, kupikir lebih tepat kalau ini tuh seperti SIPA (Solo International Performing Art). Meriah juga tuh. Udah lama aku nggak datang keacara begini. Susah gerak dan nafas. Ruameee, Broo..

  9. Wah itu jadi skalanya internasional ya? Sampai ada perwakilan dari negara2 lain?
    Aku blm pernah ke Semarang hiks
    Pdhl itu kota tempat bapakku tumbuh saat remaja, semoga kesampaian ke sana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here