Prudential Indonesia meluncurkan program East Indonesia Empowerment

1
59
prudential indonesia memberdayakan indonesia timur featured image - kadungcampur

Prudential Indonesia meluncurkan program East Indonesia Empowerment – Bicara soal Indonesia Timur, sepertinya ini merupakan salah satu impian saya untuk berkunjung ke daerah sana. Dulu ada rencana untuk berkunjung ke Banda Neira di Maluku, tapi berubah pikiran, akhirnya tidak jadi. Apalagi Papua, sepertinya hampir semua orang ingin sekali berkunjung ke Raja Ampat. Tapi walaupun belum pernah berkunjung ke sana, tapi setidaknya saya pernah icip-icip makanan khas Papua, walau mencicipinya di salah satu restoran Papua di Jakarta hehe.

Saya pun kemudian teringat cerita teman saya, Sinthya, yang juga seorang dokter. Dia pernah memilih untuk bertugas di Papua pada tahun 2010, tepatnya di daerah Obano, Kabupaten Paniai. Saat itu sesekali dia menelepon saya dan bercerita mengenai pekerjaan dia di sana dan tempat tinggal dia yang dekat dengan danau dan memiliki view yang indah. Dia bersama teman-temannya bertugas di beberapa daerah di Paniai. Bahkan dia juga pernah ikut kegiatan mobile clinic untuk memberi pengobatan ke desa-desa.

Oke Sinthya sudah pernah ke Papua, sedangkan saya masih bermimpi dulu untuk berkunjung ke sana. Dan sepertinya saya akan ketinggalan lagi nih hehe, karena Prudential Indonesia sudah merencanakan Prudential Indonesia East Indonesia Empowerment program, yang merupakan bagian dari kegiatan CSR Prudential Indonesia. Fokus dari Prudential Indonesia East Indonesia Empowerment program saat ini adalah Papua.

the launch of east indonesia empowerment program - kadungcampur
Peluncuran East Indonesia Empowerment Program dari Prudential Indonesia 

Apa itu Prudential Indonesia Community Investment?

Prudential Indonesia sudah berdiri di Indonesia sejak tahun 1995. Tentunya sebagai salah satu perusahaan penyedia asuransi di Indonesia, Prudential Indonesia tidak melulu ‘berbicara’ mengenai bisnis. Bersamaan dengan pengembangan bisnisnya di Indonesia, Prudential Indonesia juga ingin memberikan kontribusi kepada masyarakat Indonesia, melalui banyak program CSR-nya di bawah Community Investment Prudential Indonesia, yang tentunya ingin memberikan dampak positif kepada masyarakat Indonesia.

Ada beberapa kegiatan dari Community Investment Prudential Indonesia yang bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat Indonesia. Misalnya di bidang pendidikan, Prudential Indonesia suka mengadakan kegiatan untuk meningkatkan literasi keuangan. Kenapa ini penting? Karena yang mengerti dan punya produk keuangan di Indonesia masih cukup rendah. Selain itu, masih di bidang pendidikan, Prudential Indonesia juga peduli dengan jumlah aktuaria di Indonesia. Saat ini baru ada sekitar 536 orang aktuaria yang terdaftar. Padahal aktuaria cukup dibutuhkan di industri asuransi. Makanya Prudential Indonesia mendukung OJK agar Indonesia bisa memiliki 1,000 aktuaria di tahun 2020.

nini sumohandoyo corporate communications & sharia director prudential indonesia - kadungcampur
Bu Nini Sumohandoyo menjelaskan tentang Community Investment dari Prudential Indonesia 

Lalu selain di bidang pendidikan, tentu saja Prudential Indonesia juga peduli dengan bidang kesehatan dan bantuan terhadap bencana alam, termasuk untuk bantuan terhadap para korban gempa Lombok. Prudential Indonesia juga menggalang dana dari para nasabahnya untuk program disaster relief. Lalu yang terbaru dari Community Investment adalah Prudential Indonesia East Indonesia Empowerment program dengan fokus ke Papua.

Prudential Indonesia East Indonesia Empowerment program

Mungkin ada yang bertanya, kenapa Papua?

Karena kalau melihat data terakhir dari Badan Pusat Statistik, 27.74% penduduk Papua masih hidup dalam kemiskinan, dan 63,770 orang di Papua masih menganggur. Bahkan kalau melihat survey indeks kebahagiaan oleh BPS, ternyata Papua adalah salah satu daerah yang indeks kebahagiaannya termasuk yang cukup  rendah di Indonesia.

Lalu bagaimana dengan angka pendidikan di Papua? Menurut Rinaldi Mudahar, Country CEO, Community Investment Prudential Indonesia, hanya ada 63.35% orang yang menyelesaikan studi sampai tingkat SMA, dan hanya 24.57% yang meneruskan ke perguruan tinggi. Padahal pendidikan merupakan salah satu cara untuk memutus rantai kemiskinan, kan?

Cara lain untuk meningkatkan keadaan ekonomi di Papua adalah dengan memberdayakan masyarakatnya. Oleh karena itu, di program pemberdayaan Indonesia Timur ini, Prudential Indonesia ingin menciptakan banyak entrepreneur di daerah Papua. Banyak entrepreneur atau wirausahawan, berarti akan ada banyak juga lapangan pekerjaan yang akan tercipta untuk masyarakat sekitarnya juga. Lalu kalau banyak orang mendapatkan pekerjaan, berarti diharapkan akan meningkatkan taraf hidup masyarakat di sana.

sofyan djalil menteri agraria dan tata ruang indonesia - kadungcampur
Pak Sofyan Djalil juga hadir di acara peluncuran program East Indonesia Empowerment dari Prudential Indonesia

Pak Sofyan Djalil, Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia, yang juga hadir di acara peluncuran Prudential Indonesia East Indonesia Empowerment program beberapa waktu lalu, bahkan  sempat mengatakan kalau jumlah pengusaha di Indonesia masih sedikit, di bawah 2%.

Program dari Prudential Indonesia ini, sebenarnya sejalan dengan program pemerintah yang memang lagi giat-giatnya membangun di Indonesia timur, ya. Seperti yang disampaikan Menteri Bappenas, Bambang Brodjonegoro, Pemerintah Indonesia sudah memiliki beberapa program untuk mengembangkan ekonomi lokal, yang akan melibatkan berbagai kementerian dan juga pihak swasta.

Untuk di Papua, Pemerintah Indonesia ingin mengembangkan komoditas unggulan di Papua (termasuk Papua Barat), yang akan fokus pada orang asli Papua, dan tentunya fokus juga ke komoditas khas Papua, seperti sagu, buah merah, kopi, dan kakao. Nanti akan ada juga pendampingan yang berkelanjutan dari pemerintah.

bambang brodjonegoro menteri perencanaan pembangunan nasional indonesia - kadungcampur
Pak Bambang Brodjonegoro sedang sharing info tentang kebijakan pemerintah untuk Indonesia Timur

Berpartner dengan Prestasi Junior Indonesia

Prudential Indonesia tidak akan berjalan sendirian dalam menjalankan program pemberdayaan Indonesia Timur. Prudential Indonesia akan bekerja sama dengan Prestasi Junior yang akan membantu dalam memberikan pelatihan kewirausahaan kepada para remaja-dewasa di Papua. Tentunya hal pertama yang harus dilakukan adalah membangkitkan minat terlebih dahulu terhadap kewirausahaan itu sendiri, baru kemudian nanti akan dilakukan proses pembekalan serta coaching selama program. Selanjutnya para peserta program akan diberikan akses terhadap hal-hal yang lebih spesifik, seperti akses terhadap Analisa pasar, dan link ke komunitas bisnis.

kerja sama prudential indonesia dengan prestasi junior indonesia - kadungcampur
Penandatangan kerja sama antara Prudential Indonesia dengan Prestasi Junior Indonesia 

Kalau ditanya lebih spesifik mengenai program ini, Pak Rinaldi masih belum punya jawaban yang pasti. Karena untuk menjawab lebih detail lagi, Pak Rinaldi beserta team, harus terjun dulu ke lapangan dan melakukan survey serta seleksi. Ini untuk melihat dan menilai langsung area mana saja serta kelompok masyarakat mana yang akan menjadi wilayah target dan penerima manfaat dari Prudential Indonesia East Indonesia Empowerment program.

rinaldi mudahar country ceo community investment prudential indonesia - kadungcampur
Pak Rinaldi, yang merupakan CEO Community Investment Prudential Indonesia, sedang sharing tentang visi misi untuk Indonesia Timur 

Kita doakan agar semua proses berjalan dengan lancar. Dan nanti dengan adanya program ini, akan melahirkan banyak wirausahawan dari Papua, dan akan bisa meningkatkan taraf hidup banyak masyarakat Papua!

#PRUCommunityInvestment #EastIndonesiaEmpowerment

1 KOMENTAR

  1. Keren sekali program community investment dari Prudential ini untuk memberdayakan masyarakat Papua. Semoga langkah Prudential diikuti perusahaan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here