Butuh modal usaha? Cek aja pinjaman online yang tersedia

3
239
pinjaman online untuk modal usaha featured image - kadungcampur

Butuh modal usaha? Cek aja pinjaman online yang tersedia – Kalau ngomongin kredit tanpa agunan, saya jadi keinget dengan pengalaman saya waktu kerja di bank swasta beberapa waktu lalu. Dulu waktu saya kerja, jenis Kredit Tanpa Agunan alias KTA, ternyata jadi salah satu yang favorit. Kenapa kredit jenis KTA menjadi yang favorit? Karena prosesnya ga berbelit-belit, lebih cepat, dan yang terpenting ga membutuhkan agunan.

Karena produk KTA ini menjadi salah satu yang favorit, sampe kemudian dibuatin yang jenisnya pre-approved KTA (kalau ga salah ingat, namanya seperti itu ya hehe). Ini biasanya lebih ke nasabah existing. Jadi kalau si nasabah dapat pre-approved KTA, berarti si dia sebenarnya sudah mendapatkan KTA dengan plafon tertentu, tinggal si nasabahnya berminat atau tidak. Tentunya nanti akan ada proses lebih lanjut, termasuk dilakukannya background check di Bank Indonesia.

Bagaimana seseorang bisa mendapatkan pre-approved KTA? Biasanya sih dilihat dari mutasi rekening si nasabah tersebut, dan tentunya dilihat juga sudah berapa lama dia menjadi nasabah di bank tempat saya bekerja.

Semua proses, mulai dari pendaftaran masih menggunakan paper-based document, alias masih menggunakan kertas. Maklum masih jaman old waktu itu hehe. Contohnya untuk yang pre-approved KTA dimulai dari saya menelepon nasabah tersebut dan memberitahukan kalau dia mendapatkan pre-approved KTA. Kalau nasabahnya berminat, maka dia saya minta untuk datang ke bank tempat saya bekerja untuk mengisi dan menandatangani formulir pre-approved KTA. Setelah semua proses administrasi selesai, kemudian saya mengirimkan formulir tersebut ke kantor pusat untuk diproses lebih lanjut. Proses di kantor pusat itu sekitar 1 – 2 x 24 jam kalau ga salah, dan tentunya ini masih bisa aja ditolak lho hehe. Tergantung hasil background check juga 😊

Proses untus mengambil pinjaman KTA terlihat lebih mudah dan cepat ya, tapi adakah yang lebih simpel tanpa perlu ke bank untuk mengurus proses administrasi pinjaman seperti KTA ini?

Cek aja pinjaman online untuk proses yang lebih simpel

Secara semuanya sudah mulai serba online, semestinya untuk proses administrasi seperti KTA ini, bisa dilakukan melalui online ya. Tentunya bisa lebih mudah dan cepat, dan ga perlu buang-buang waktu ke bank hehe.

Nah, sekarang tuh ada yang namanya pinjaman online, alias kita bisa apply pinjaman tanpa agunan melalui online saja. Misalnya aja melalui cekaja.com yang terpercaya karena sudah terdaftar oleh OJK dan BI.

cek aja pinjaman online banner - kadungcampur
Cari pinjaman online di CekAja.com 🙂

Saya tadi coba iseng-iseng aja cari di cekaja.com ini, dan ternyata proses awalnya memang mudah sih ya. Tinggal awalnya kita tentukan mau pinjaman berapa dan jangka waktunya mau berapa lama. Setelah itu akan muncul beberapa pertanyaan yang harus kita jawab. Pertanyaan profiling sekaligus screening ini untuk menentukan jenis produk kredit mana yang cocok untuk kita. Contoh pertanyaannya seperti di bawah ini :

pertanyaan screening pinjaman online cekaja.com - kadungcampur
Beberapa pertanyaan screening yang harus dijawab hehe

Nanti setelah rentetan pertanyaannya selesai kita jawab, maka kita akan diberikan beberapa pilihan dari produk pinjaman KTA yang cocok dengan kita. Kalau saya sih diberikan enam pilihan produk dari berbagai bank, seperti contohnya dari Digibank DBS, Panin Bank, Bank Permata, Bank BNI, Bank Mandiri, dan Bank CTBC.

Enaknya kalau kita mengeceknya melalui website cekaja.com, kita bisa membandingkan produk-produk yang ditawarkan, mulai dari berapa bunganya, berapa pembayaran per bulannya, berapa lama proses persetujuannya, dan ada juga indikator yang menunjukkan kemungkinan disetujuinya aplikasi kita.

hasil pencarian pinjaman online cekaja.com - kadungcampur
Beberapa contoh produk yang tersedia di CekAja.com yang bisa kita gunakan ketika lagi butuh modal usaha 🙂

Sangat membantu banget ya kalau kita sudah diberikan informasi seperti ini. Jadinya kita ga perlu ngecekin satu-satu suku bunga kredit dari beberapa bank berapa hehe. Dan kita juga bisa langsung tau perkiraan cicilan kita per bulan berapa. Setidaknya dengan begini, kita bisa mengecek kondisi keuangan kita sendiri, apakah mampu mencicil dengan nominal segitu setiap bulannya atau tidak?

Pinjaman tanpa agunan cocok untuk apa, ya?

Kalau dari pengalaman saya waktu masih kerja di bank dan menawarkan produk KTA tersebut, saya jadi melihat kalau pinjaman tanpa agunan ini bisa berguna jika dimanfaatkan dengan baik. Saya jadi teringat nasabah saya yang ternyata seorang pengusaha UMKM. Dia sempat beberapa kali apply KTA karena memang digunakan untuk usahanya. Dia butuh uang tunai secara cepat untuk kelangsungan usahanya. Bagusnya lagi, mutasi rekeningnya bagus, makanya beliau mendapat approval dari pihak bank.

Penggunaan KTA untuk hal yang berguna, seperti saat kita lagi butuh modal usaha, tentunya diharapkan setiap bulan, kita bakal ada pemasukan dari bisnis kita ya. Usaha terus berkembang, cicilan tetap terbayarkan. Jadinya tidak ada masalah.

Beda halnya kalau kita gunakan KTA untuk hal-hal yang konsumtif, misalnya aja digunakan untuk berfoya-foya alias untuk kesenangan sementara aja. Lah nanti pas uangnya habis, kesenangannya pun juga akan menjadi redup, selanjutnya kita tetap dituntut untuk membayar cicilan setiap bulannya.

Makanya penting banget untuk mengetahui tujuan kita untuk apply pinjaman untuk apa? Kalau sudah jelas, langsung aja apply pinjaman online di https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online

kredit tanpa agunan untuk modal usaha - kadungcampur
Butuh modal usaha? Cek aja di CekAja.com 🙂

 

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here