Olahraga secara teratur agar masa depan lebih baik

0
497
olahraga secara teratur featured image - kadungcampur

Olahraga secara teratur agar masa depan lebih baik – Di blog post sebelum-sebelumnya, saya pernah menyinggung tentang bagaimana kita harus jaga kesehatan tubuh kita. Misalnya aja dengan memerhatikan gaya hidup kita, mulai dari memerhatikan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh kita. Tentunya aja yang perlu diperhatikan, ga hanya jenis makanan dan minuman yang masuk, tapi kita juga harus aktif bergerak, alias olahraga secara teratur.

Meningkatnya gaya hidup sedentari

Menurut Riset Kesehatan Dasar 2018, ternyata ada peningkatan jumlah penduduk Indonesia berusia >= 10 tahun yang kurang beraktivitas fisik. Dari yang sebelumnya 26.1% di tahun 2013 menjadi 33.5% di tahun 2018.


ayo bergerak indonesia kementerian kesehatan republik indonesia - kadungcampur
Drg. Kartini memberitahukan hasil riset tentang gaya hidup sedentari yang semakin meningkat

Kok bisa, ya?

Menurut dr. Michael Triangto, SpKO dari RS Mitra Keluarga Kemayoran, ternyata ada hubungannya dengan internet. Semakin ke sini, hidup memang semakin dimudahkan sih dengan yang namanya internet. Mulai dari adanya aplikasi transportasi online, antaran makanan, bahkan hingga streaming film.

Saya juga pernah singgung di blogpost sebelumnya, waktu dahulu kala, ketika transportasi online belum ada, untuk menjangkau transportasi umum, saya kudu jalan dulu melewati kompleks perumahan lainnya hehe. Dan saya pun juga sadar sih, dengan adanya streaming film, saya jadi kebanyakan duduk buat nonton. Biasanya nontonnya juga ga hanya satu jam aja, bisa berjam-jam saat libur hehe. Inilah sebenarnya yang disebut dengan gaya hidup sedentari (diambil dari bahasa Inggris: ‘sedentary’) atau definisinya sebagai berikut:

Kegiatan sedentari adalah segala jenis kegiatan yang dilakukan di luar waktu tidur, dengan karakteristik keluaran kalori sangat sedikit yakni <1.5 METs. (MET ini merupakan singkatan dari ‘Metabolic Equivalent’ alias satuan yang digunakan untuk mengira-ngira jumlah energi yang dikeluarkan dari setiap melakukan suatu aktivitas ~ ref: isna-persagi.id).

(Baca juga : Gaya hidup dulu dan sekarang)

Menurut drg. Kartini Rustandi, M.Kes – Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Kementerian Kesehatan RI, meningkatnya gaya hidup sedentari ini, akhirnya diikuti juga dengan meningkatnya angka orang-orang yang memiliki berat badan overweight dan obesitas.

riset kesehatan dasar 2018 meningkatnya gaya hidup sedentari - kadungcampur
Pertumbuhan jumlah orang yang mengalami obese dan overweight akibat gaya hidup sedentari

Ayo Indonesia Bergerak!

Karena alasan di ataslah, makanya Pemerintah Indonesia mulai mencanangkan kegiatan ‘Gerakan Masyarakat Hidup Sehat’ (GERMAS). Gerakan ini meliputi 4 pilar, yaitu mulai dari menciptakan individu aktif, masyarakat aktif, lingkungan aktif, dan sistem aktif.

Kita udah bisa lihat sih ya, beberapa tahun belakangan ini sudah banyak kegiatan lari, mulai dari fun run hingga lari yang lebih serius, seperti marathon. Kalau dilihat dari lokasi pun, ga hanya ada di Jakarta kok, ada juga lomba marathon diJogja – yang melewati candi Prambanan, hingga lomba marathon di Bali. Lokasinya ada banyak, jadi misalnya orang yang dari Jakarta, bisa juga ikutan lomba marathon di Jogja atau Bali, biar ga bosen ya dengan pemandangan gedung-gedung tinggi hehe.

Emang ada benarnya sih ya, olahraga tuh harus bisa dibuat fun, biar ga cepat bosan. Kalau bosan malah yang ada nantinya berhenti, dan ga lanjut lagi. Misalnya ya, tujuan si dia berolahraga biar membantu agar berat badannya menjadi lebih ideal, alias turun. Awalnya saat masih rajin, berat badannya sudah mulai turun. Kemudian timbullah rasa bosan dan jenuh, akhirnya lama-lama berat badannya mulai naik lagi. Karena merasa berat badannya udah mulai naik, si dia mulai olahraga lagi. Begitu seterusnya bolak-balik aja. Berat badan yang naik-turun ini, kadang disebut juga dengan ‘yoyo’, dan sebenarnya ga bagus sih, ya.

Menurut dr. Michael, efek dari yoyo ini malah bisa menyebabkan komposisi lemaknya naik dan bahkan komposisi ototnya berkurang. Kalau begini sih sama juga dengan kolesterolnya naik. Bahkan ada efek lain lagi dari yoyo ini, yaitu meningkatnya radikal bebas di dalam tubuh. Makanya penting banget untuk melakukan olahraga secara teratur lho. Bahkan menurut dr. Michael lagi, ga hanya teratur, tapi ada 3 hal penting lainnya ketika berolahraga.

Ga hanya olahraga secara teratur aja, tapi harus BBTT

Apa tuh BBTT?

Singkatannya gampang sih, olahraga secara Baik, Benar, Terukur, dan Teratur. Lengkapnya bisa dilihat dibawah ini, ya.

olah raga secara baik benar terukur teratur - kadungcampur
Berolahraga tuh harus BBTT

Kalau dilihat di atas, memang benar sih ya. Lebih enak kalau mengenalkan kegiatan olahraga sedari dini, karena nanti bisa jadi sebuah kebiasaan buat si anak tersebut. Kalau udah jadi kebiasaan, kan nanti rasanya ada yang kurang gitu kalau belum berolahraga dalam seminggu hehe.

olahraga diperkenalkan sejak dini - kadungcampur
Berolahraga harus dikenalin sejak dini, dan sebisa mungkin FUN, biar ga bosen hehe

Olahraga juga harus disesuaikan dengan kemampuan kita. Jangan yang sebelumnya jarang olahraga, langsung digembleng ikutan kelas body combat, apalagi tanpa pemanasan yang cukup. Malah yang ada badan jadi kurang enak hehe. Soalnya dulu saya pernah tuh diajakin body combat. Padahal sebelumnya jarang olah raga hehehe. Eh pas kali ke dua diajakin, datengnya telat, jadi kelewat deh sesi pemanasan. Dan ga lama setelah itu, rasanya badan ada yang aneh aja sampe ke dokter huehe. Analisanya sih ya karena itu sih, udah jarang olah raga plus ga ikut pemanasan, kemudian langsung ikut olahraga berat.

Olahraga bisa di mana aja kok!

Olahraga secara teratur memang dianjurkan minimal 3x seminggu, tapi sebenarnya kita bisa berolahraga kapan aja dan di mana aja. Intinya sih biar kita lebih sering bergerak, dan menghilangkan gaya hidup sedentari itu. Gampangnya, kalau biasanya kita naik lift saat di kantor, bisa deh sekali-kali naik tangga. Atau misalnya yang biasanya kalau beli makanan minta tolong sama teman, boleh dong, kita beranjak sendiri ke kantin untuk beli makanan sendiri. Bahkan saat duduk di meja kantor juga bisa berolahraga kok.

dokter michael triango olahraga di mana aja - kadungcampur
olahraga bisa di mana aja timo wp indonesian lifestyle blogger - kadungcampur
Anggap aja anak tangga ini bangku kantor, jadi kamu bisa melakukan tricep dips seperti ini

Udah berolahragakah dirimu minggu ini?

Hayoo, udah mulai olahraga lagi belum? Jangan lupa lho ya, karena menurut drg. Kartini tuh kebiasaan atau gaya hidup kita saat ini, akan menentukan kondisi tubuh kita di masa depan. Wah, ini juga jadi pengingat buat saya juga deh! ?

olahraga secara teratur - kadungcampur
Yuk, mulai olahraga secara teratur 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here