Ikutan Ngopi Bareng KAI di Argo Bromo Anggrek

2
309
ngopi bareng kai 2019 featured image - kadungcampur

Ngopi Bareng KAI 2019 – Gimana rasanya kalau dapat kopi gratis? Uuh pasti senang lah. Saya sebagai pecinta kopi, mulai dari kopi sachetan yang dibeli di warung, kopi yang dibuat secara manual brew di kedai kopi, hingga kopi dari chain coffee shop terkenal, tentunya senang mendengar ada info kopi gratis haha. Apalagi syaratnya gampang, tinggal tunjukin sebuah aplikasi di smartphone, lalu kita bisa dapat kopi gratis tis tis! Nah, ini dia yang sempet saya rasain, waktu ikutan acara Ngopi Bareng KAI 2019.

Bagi yang memang rutin naik kereta, kemungkinan besar pernah mendengar tentang acara Ngopi Bareng KAI, karena udah dilaksanakan sebanyak tiga kali, dimulai dari tahun lalu. Di tahun 2018, acara Ngopi Bareng Kai bahkan diadakannya dua kali lho, dan di tanggal 11-12 Maret 2019 lalu, merupakan Ngopi Bareng KAI yang ketiga.

ngopi bareng kai di stasiun gambir kopi dulur - kadungcampur
Acara #NgopiBarengKAI2019 yang rame di stasiun Gambir, Jakarta πŸ™‚

Jadi apa tuh acara Ngopi Bareng KAI?

Acara Ngopi Bareng KAI sebenarnya memiliki tujuan yang simpel kok, yaitu β€˜Enjoy your journey with Indonesian Coffee’ alias nikmati perjalanan keretamu dengan menyeruput kopi Indonesia. Memang sih ya, kalau perjalanan siang dan jarak jauh, biasanya suka bosan di perjalanan, apalagi kalau memang ga ngantuk. Biasanya kalau udah bosan di tempat duduk, ya udah jalan-jalan aja ke gerbong restorasi sambil bawa laptop, di sana lebih enak buat kerja atau nonton, karena ada mejanya hehe.

Nah, di acara Ngopi Bareng KAI, selain tentunya menghilangkan kebosanan dengan jalan-jalan ke gerbong restorasi, di sini kita bisa melihat barista-barista yang lihai dalam meracik kopi. Mereka di sepanjang perjalanan kereta juga membagikan kopi gratis kepada para penumpang yang bisa menunjukkan aplikasi KAI Access yang sudah mereka install di hape mereka.

Mau tau, berapa banyak kopi gratis yang dibagikan sepanjang tanggal 11-12 Maret 2019 lalu? Kalau berdasarkan rencana, kopi gratis yang dibagikan adalah sebanyak 50,000 cup! Mantul lah hahaha.

pemandangan perjalanan kereta argo bromo anggrek jakarta surabaya - kadungcampur
Sembari naik kereta, boleh lah nyeruput kopi gratis dulu πŸ™‚

Di mana aja yang ikutan acara ini?

Kopi gratis ini ga hanya dibagikan di sepanjang perjalanan kereta lho, tapi juga di beberapa stasiun. Tepatnya ada 17 stasiun kereta di 15 kota, dan ada 36 nama kereta api. Stasiun yang terlibat ga hanya di pulau Jawa aja kok, tapi juga termasuk di Palembang, tepatnya di stasiun LRT Bumi Sriwijaya. Sedangkan untuk yang di Pulau Jawa, beberapa stasiun yang terlibat ada di Stasiun Gambir, Stasiun Pasarsenen, Bandung, Jogja, Purwokerto, Solo Balapan, Semarang, Cirebon, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, dan Madiun.

Lalu kalau keretanya apa aja tuh kira-kira? Walah, kalau disebutin atu-atu ya gempor, tapi cukup banyak lah haha, mulai dari Argo Parahyangan, Argo Bromo Anggrek, Argo Muria, Taksaka, Cirebon Ekspres, Argo Dwipangga, dan masih banyak lagi.

Siapa yang buatin kopi gratisnya?

Di acara Ngopi Bareng KAI 2019 ini, KAI bekerja sama dengan Komunitas Kopi Nusantara. Di komunitas ini ada banyak terkumpul barista-barista dari banyak kedai kopi. Dan untuk acara ini, Komunitas Kopi Nusantara mengikutkan 200 barista lokal professional untuk menyeduh kopi gratis bagi para pengunjung, baik yang ada di stasiun kereta, maupun di gerbong kereta sepanjang perjalanan kereta.

Ikutan jalan-jalan ke Surabaya naik Argo Bromo Anggrek

Di Ngopi Bareng KAI 2019 ini, saya kebetulan bisa nimbrung di salah satu rute kereta yang termasuk di acara ini. Sebenarnya ada beberapa blogger dan vlogger yang ikutan, ada yang berangkat dari Jakarta, Surabaya, Jogja, bahkan ada yang di Palembang. Nah, karena saya dari Jakarta, maka saya dapat yang naik kereta ke Surabaya dengan Argo Bromo Anggrek.

ngopi bareng kai sulthan darmawan barista argo bromo anggrek - kadungcampur
Ngobrol-ngobrol soal kopi dengan salah satu penumpang Argo Bromo Anggrek

Perjalanan naik kereta ke Surabaya dari Gambir itu memakan waktu sekitar sembilan jam ya. Kalau saya naik kereta ke Bandung, paling hanya sekitar 3-4 jam-an ya huehe. Memang sengaja dipilihnya jaraknya yang agak jauh sih, biar ga terlalu singkat di atas keretanya. Dengan waktu yang cukup lama di atas kereta, bisa kasih kesempatan saya untuk lebih banyak waktu lagi untuk melihat langsung bagaimana si barista beraksi menyajikan kopi gratis ke para penumpang yang datang ke gerbong restorasi.

ngopi bareng kai sulthan dan penumpang argo bromo anggrek - kadungcampur
Favorit lah ini kopi buatannya Sulthan πŸ˜€

Oh iya, barista yang bareng-bareng dengan saya berasal dari Fatamorgana Coffee House (<- klik untuk menuju ke Instagram mereka, ya), salah satu kedai kopi di Cideng, Jakarta. Dan ternyata barista yang bareng saya, saat ini masih berstatus sebagai pelajar di salah satu SMK. Namanya Sulthan Darmawan dan Aidiel.

ngopi bareng kai bersama jajang kondektur argo bromo anggrek - kadungcampur
Foto bareng Pak Jajang (kondektur), Aidiel dan Sulthan dari Fatamorgana Coffee House

Jadi memang Fatamorgana Coffee House ini dibuat dari perkumpulan mereka yang masih pelajar. Untuk kedai kopinya aja menggunakan teras rumah dari salah satu grup mereka. Wowwww, keren banget lahh, dan ku langsung flash back ke masa SMA, mengingat-ingat waktu dulu saya ngapain aja ya hahaha?

Area yang digunakan si barista di gerbong restorasi ini ga terlalu luas, karena harus berbagi dengan prama-prami. Kalau si prama-prami di gerbong restorasi untuk menyiapkan makanan dan minuman, maka si barista harus menyiapkan peralatan sederhana untuk menyiapkan minuman kopi gratis. Kopi gratisnya pun ga macem-macem lah jenisnya, hanya kopi hitam, baik yang masih ada ampasnya atau yang sudah di-filter. Selain kopi gratis, para barista ini juga membawa beberapa minuman yang merupakan produk dari kedai kopi mereka.

ngopi bareng kai timo lifestyle blogger argo bromo anggrek - kadungcampur
Nah, ini saya lagi nyobain Coffee Beer yang dijual di Fatamorgana Coffee House. Diminum saat dingin josss!
ngopi bareng kai penumpang argo bromo anggrek malam - kadungcampur
Yesss, Pak Ferry videoin si Sulthan, saya foto Bapak aja dah πŸ˜€

Seseru apa perjalanan kali ini bareng si barista?

Karena acara Ngopi Bareng KAI 2019 hanya berlangsung dua hari, makanya saya dikasih kesempatan singkat untuk ikutan si barista selama dua hari aja. Hari pertama dalam perjalan Jakarta ke Surabaya, dan malamnya langsung lanjut lagi balik mengikuti kereta Argo Bromo Anggrek juga dari Surabaya ke Jakarta.

Tentunya pengalaman yang didapat juga berbeda lah ya, antara perjalanan saat siang hari, dan saat malam hari. Siang hari pastinya lebih rame pengunjung yang datang ke gerbong restorasi, karena saat perjalanan malam hari, penumpang cenderung untuk beristirahat.

Bagaimana memancing para penumpang untuk datang ke gerbong restorasi?

ngopi bareng kai penumpang argo bromo anggrek - kadungcampur
Makasih pak kondektur, abis kasih pengumuman, langsung banyak yang datang <3

Tentunya dengan bantuan announcement dari pak kondektur yang baik hati hehe. Beliau memberikan pengumuman kalau penumpang bisa mendapatkan kopi gratis di gerbang restorasi, dengan hanya menunjukkan aplikasi KAI Access. Langsung deh ga lama setelah pengumuman, banyak penumpang yang datang untuk mendapatkan kopi gratis.

ngopi bareng kai bersama bagas aditya kondektur argo bromo anggrek - kadungcampur
Sama pak Bagas Aditya (kondektur) … Baru tau kalau perjalanan jauh, shift kondektur dibagi dua huehe. Pak Bagas ini dari Semarang – Surabaya

Di sini, ada beberapa penumpang yang tertarik untuk melihat langsung si barista dalam membuat kopi, dan ada juga yang bertanya-tanya tentang kopi. Tentunya si barista seneng banget bisa berbagi informasi ke mereka. Saya pun juga jadinya nambah pengetahuan deh ya, tentang kopi ?

Kalau kita melihat barista beraksi di coffee shop atau kedai kopi sih udah biasa, ya. Nah, coba deh liat si barista ini buat kopi di atas kereta. Jangan dikira mudah melakukan manual coffee brewing di atas kereta, karena si barista harus menjaga keseimbangan juga apalagi ketika keretanya β€˜bergoyang’ haha.

ngopi bareng kai sulthan darmawan barista argo bromo anggrek malam - kadungcampur
Sulthan udah siap-siap shift malem huehe
ngopi bareng kai bersama pak megananda kondektur argo bromo anggrek - kadungcampur
Weits Pak Nanda (kanan) kondektur Argo Bromo Anggrek bersama Pak Budi – kepala kondektur Surabaya, juga ikutan sruput kopi πŸ™‚

Setelah di kereta, lanjut di stasiun!

Tadi di atas, sudah saya sebutkan kalau acara Ngopi Bareng KAI ini ga hanya berlangsung di atas kereta aja, tapi juga di stasiunnya sendiri. Acaranya berupa pembukaan yang berlangsung di stasiun LRT Bumi Sriwijaya, Palembang, dan ditutup di stasiun Gambir, Jakarta. Dan selain dari kedua stasiun ini, acara Ngopi Bareng KAI-nya lebih ke hadirnya kedai kopi di booth yang sudah disediakan oleh KAI.

ngopi bareng kai suasana di stasiun gambir - kadungcampur
Ramenya stasiun Gambir pas acara penutupan Ngopi Bareng KAI 2019

Seperti misalnya stasiun Surabaya Pasarturi, yang merupakan tujuan akhir dari Argo Bromo Anggrek, memberikan tempat ke beberapa kedai kopi untuk mempromosikan produk mereka di situ, dan sekaligus memberikan kopi gratis juga dong ke para pengunjung. Jumlah kedai kopi yang ada di setiap stasiun juga tergantung dari luasnya area di stasiun tersebut. Kalau jumlah tenant kedai kopi yang ikutan acara Ngopi Bareng KAI 2019 di stasiun Surabaya Pasarturi memang lebih sedikit daripada yang di Stasiun Gambir.

ngopi bareng kai tenant di stasiun pasarturi surabaya - kadungcampur
Beberapa tenant kedai kopi di Stasiun Pasarturi

Untuk yang di stasiun Gambir, mengambil area di dalam stasiun bagian tengah, yang di sampingnya chain coffee shop terkenal itu :D. Areanya terbilang cukup luas untuk ditempati oleh beberapa kedai kopi. Setiap tenant yang ikut di acara ini juga bisa memamerkan produknya yang sudah jadi, terbanyak adalah es kopi susu, tapi ada juga es kopi susu madu, ada juga campuran kopi yang memiliki rasa seperti Baileys. Kalau misalnya suka membuat kopi sendiri di rumah, para tenant juga sudah siap dengan produk kopinya, baik yang masih berupa biji kopi, ataupun yang sudah digiling.

didi hartatnyo direktur keuangan kai - kadungcampur
Pak Didi Hartantyo, salah satu direktur KAI, juga mampir donggg ke acara Ngopi Bareng KAI πŸ™‚
dodi budiawan direktur komersil kai - kadungcampur
Pak Dodi Budiawan dari KAI juga sampe beli nih πŸ™‚

Di acara penutupan ini, juga ada penampilan live music, dan talk show tentang kopi dan komunitas kopi nusantara. Bahkan para direksi KAI dan pejabat lainnya, juga hadir untuk mendukung dan menikmati acara Ngopi Bareng KAI 2019 ini.

Kapan ada lagi?

Hmm, kalau melihat tahun lalu sih, acara ini sempat ada dua kali. Mudah-mudahan nanti ada lagi di pertengahan tahun ke dua 2019, ya. Ikutan acara ini seru banget, dan terima kasih banget buat para prama-prami dan kondektur barengan kami, baik yang menuju ke Surabaya, maupun yang balik ke Jakarta ?

Makasih juga dong buat prama-prami yang barengan di kereta Argo Bromo Anggrek πŸ™‚

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here