Udah pernah nyobain naik uberPOOL, belum?

18
334
naik uberpool

Naik uberPOOL? Udah ada yang pernah coba belum, ya?

Beberapa waktu lalu, saya sempat membaca beberapa blogger yang memposting mengenai event uber tentang uberPOOL. Saya jadi teringat kalau saya sendiri belum pernah nyoba, padahal saya pernah cerita pengalaman memakai Uber di dalam dan di luar negeri, yang bisa kamu baca di sini.

uberPOOL itu apa?

Naik uberPOOL itu sebenarnya mirip antar jemput pas jaman kita sekolah gitu atau ga mirip dengan antar jemput travel keluar kota yang jemputin kita satu-satu di rumah dan anterin penumpangnya satu-satu ke rumahnya hehe. Jadi kalau kita menggunakan ini, penumpangnya bisa jadi, tidak hanya kita saja, tapi akan ada orang ‘ketiga’ atau ‘keempat’ di antara kamu dan Uber driver-mu 😀

ilustrasi-pesan-naik-uberpool
Mau pesan Uber? (screenshot dari sini)

Perbedaan uberPOOL dengan uberX apa, ya?

Dari segi penumpang

Bedanya tentunya kalau kamu menggunakan layanan uberX yang biasa, berarti penumpangnya ya hanya kamu dan grup-mu saja, tidak ada ‘orang asing’-nya. Lebih privat memang.

Apabila kamu ingin naik uberPOOL, maka jumlah maksimum penumpang untuk grupmu adalah 2 saja. Jadi kalau kamu memilih 3, maka otomatis akan menjadi layanan uberX biasa.

perbedaan-harga-naik-uberpool-uberx
Perbedaan harganya sampe setengahnya, cuy!

Dari segi harga

Perbedaan yang menarik itu muncul dari segi harga. Harga kalau kamu naik uberPOOL itu sudah ditentukan di awal, dan tidak akan ada perubahan, walaupun ternyata kamu sepanjang perjalanan tidak ada orang yang ‘numpang’ di perjalananmu itu. Enak banget nih! Soalnya kalau harga untuk layanan uberX masih berupa perkiraan harga, dan misalnya kalau macet ya berarti kemungkinannya kita akan dapat harga yang mahal.

Satu lagi nih, perbedaan harga uberPOOL dan uberX bisa hampir sekitar setengahnya, cuy!

Dari segi waktu

Perbedaannya dari segi waktu ada 2 nih. Jadi misalnya kamu memilih untuk nyobain uberPOOL, waktu tunggu driver Uber ketika sudah berada di titik penjemputanmu maksimum 2 menit saja, karena siapa tau ada penumpang lain yang menunggu, jadi ga enak dong buat orang lain nunggu. Kalau misalnya kamu kelamaan, ya si driver Uber berhak untuk membatalkan pemesananmu, dan biaya pembatalan pesanan Uber itu Rp. 30.000,-. Ga mau kan, kena biaya pembatalan huehe. Bedanya dengan uberX, ya memang waktu menunggunya lebih fleksibel, eh tapi jangan buat driver Uber-nya nunggu kelamaan, ya. Atau, misalnya masih lama, kamu bisa kok minta trip-nya dijalanin dulu.

Perbedaan kedua dari segi waktu, adalah waktu tempuh dari perjalanan uberPOOL. Mirip lah dengan sistem antar jemput, jadi Uber akan menggunakan rute optimal pada layanan uberPOOL. Jadi ada kemungkinan, kamu yang dijemput duluan, tapi kemudian kamu dianterinnya setelah tamu ketiga atau keempat. Mungkin jarak tempuh bisa lebih lama atau bisa sama saja dengan kalau kamu menggunakan UberX.

ilustrasi-request-naik-uberpool
Nyobain naik uberPOOL ah (screenshot dari sini)

Bagaimana caranya memesannya?

Di postingan saya sebelumnya mengenai Uber sudah saya jelaskan mengenai cara install Uber, beserta kode promo Uber: ubertwp , yang bisa kamu pakai untuk dapetin trip gratis hingga Rp. 50.000 25.000 untuk 2 trip pertamamu (iya sekarang free ride-nya sudah turun dari yang sebelumnya Rp. 75.000,-. Aku kan sedih ya jadinya hiks).

Anyway, karena saya pake iPhone, jadi entahlah kenapa pilihan untuk menggunakan uberPOOL atau uberX baru muncul beberapa waktu belakangan ini. Jadi sebelumnya, setelah saya memilih berapa jumlah penumpang, langkah berikutnya adalah langsung ‘Memanggil uberX’, dan ga ada opsi untuk uberPOOL atau uberX. Jadi untung sekarang udah ada deh opsinya hehe.

Nah untuk langkah-langkah melakukan order uberPOOL bisa dilihat di bawah ini, yang saya ambil dari website newsroom-nya Uber:

cara-pesan-naik-uberpool-a
Cara pesan uberPOOL (1)
cara-pesan-naik-uberpool-b
Cara pesan uberPOOL (2)

Benefitnya naik uberPOOL apaan, ya?

Ini ada statistik menarik dari Uber tentang uberPOOL di salah satu blog post nya.

Sejak diluncurkan pada tahun 2014, sudah ada 100 juta perjalanan yang menggunakan uberPOOL. Ini berarti sekitar 6,8 juta liter bahan bakar telah dihemat, dan 16.000 metrik ton emisi CO2 berhasil dicegah.

Sebenarnya dengan menggunakan uberPOOL, berarti 1 mobil bisa di-share ke beberapa orang dong, ya, daripada 1 orang menggunakan uberX saja. Jadi secara tidak langsung, kalau memilih naik uberPOOL bisa mengurangi kemacetan dan polusi di jalan. Menarik nih?

Dan siapa tau, saya bisa ketemu jodoh nih pas gunain uberPOOL *halah* *abaikan*

ilustrasi-suasana-naik-uberpool
Siapa tau bisa dapat teman baru nih 😀 (screenshot dari sini)

Jadi gimana, udah tertarik nyobain uberPOOL belum?

Kalau belum, ini mumpung lagi ada kontes dari @uber_jkt, jadi saatnya nyobain nih. Kamu bisa menangin Uber Credit sebanyak Rp. 200.000,- untuk 10 pemenang beruntung. Caranya gampang banget. Kamu tinggal share pengalaman pertamamu (foto juga boleh) menggunakan uberPOOL di Twitter dan Instagram. Jangan lupa tag @uber_jkt dan menggunakan hashtag #uberPOOL. Tenang aja, kontesnya masih lama kok, hingga 18 Agustus 2016. Kalau kayak gini, saya tambah tertarik nih nyobain uberPOOL 😉

Jangan lupa follow social media dari @uber_jkt, ya:

Instagram            : https://www.instagram.com/uber_jkt/
Twitter                 : https://twitter.com/uber_jkt

(update: 14 Juli 2016)

Pengalaman saya naik uberPOOL

Jadi hari ini saya akhirnya naik uberPOOL juga. Karena emang lagi ga terlalu dikejar waktu, jadi memutuskan untuk memilih uberPOOL daripada uberX dari area Pondok Indah ke Plaza Semanggi. Bedanya ga sampe setengahnya sih kali ini, tapi penasaran aja sih haha!

Pertama-tama was-was, kok ga ada yang mau naik bareng saya di uberPOOL *halah*, ehhh, ternyata akhirnya dapat juga deh. Anggap aja namanya Mr. J. Lokasi penjemputan di Menara BRI, yang lokasinya di depan Plaza Semanggi. Bingung juga sih, kok bisa ya dia masuk ke uberPOOL, emang tujuannya ke mana yak *jadi kepo*. Ternyata tujuan Mr. J tuh ke Pondok Indah Mall, haha. Jadi muter-muter deh ya driver Uber-nya. Tapi memang, kalau bagi saya sih, karena mesti jemput Mr. J dulu, jadi agak muter-muter dulu baru akhirnya sampai di Plaza Semanggi. Tarifnya sih tetap ya, ga berubah walaupun rutenya jadi menjauh.

pengalaman-naik-uberpool
Pengalaman naik uberPOOL dan akhirnya ada yang numpang haha!

Tampaknya si Mr. J ini bingung kok bisa bareng penumpang lain. Mungkin dia ga sengaja deh milih uberPOOL karena harganya lebih murah, atau emang mungkin belum tau mengenai layanan uberPOOL ini. Jadi dia aja deh, tidak apa-apa katanya. Memang rasanya agak aneh sih ya, ada ‘orang asing’ yang numpang, namanya juga baru pertama kali. Untungnya sang driver Uber, luwes juga, mau ngajak ngomong Mr. J yang baru numpang. Sayangnya cuma bentar sih ya. Setelah jemput Mr. J, kami muter ke belakang dan kemudian meluncur ke Plaza Semanggi.

pengalaman-naik-uberpool-2
Abaikan ekspresi saya! 😀

So, bagaimana?

Apakah kamu sudah mengetahui tentang layanan uberPOOL? Atau mungkin sudah pernah nyobain milih naik uberPOOL? Monggo deh, komen dan share juga ya blog post ini 🙂

FIND ME HERE
FACEBOOK | TWITTER | INSTAGRAM | GOOGLE+
email: mixedupalready@gmail.com
SNAPCHAT: timo_wp

Kalau kamu suka dengan blog post ‘Udah pernah nyobain naik uberPOOL, belum?’, tolong di-share ya, siapa tau bermanfaat juga untuk temanmu 🙂

18 KOMENTAR

  1. Aku pernah kak pake uber pool, tapi gara2 ngga sengaja keteken dan waktu itu ngga ngerti uber pool apaan.
    Pas tau langsung mau aku batalin, soalnya lg buru2 dan si uber masi jemput penumpang yang lainnya. Kondisi jalanan juga lagi macet2nya. Tapi pas mau batalin, ternyata kita bakal tetap kena charge 🙁 mungkin karena kasian penumpang yang lainnya ya.
    Ya karena emang lagi buru2, mau ngga mau terpaksa aku cancel dan pesen uber lainnya.
    Tips: Kalau memang lagi buru2 mending jangan pake uber pool, soalnya mesti pick up penumpang lainnya dan ETA nya jadi ngga kebaca. Tapi kalau lagi santai dan mau hemat serta pas transport lg langka, its really a good option 🙂

    • Iya, pada dasarnya, kl ada pembatalan Uber setelah 5 menit order, akan dikenakan biaya Rp. 30.000,- sih ya, kaakk.

      Bener nih, memang harus memperhitungkan waktu tempuhnya, karena ada penumpang lain yang mesti dijemput dan diantar.

      Makasih kak, tipsnya 🙂

    • Hahaha iya mirip2 … tapi mungkin kl nebengers, ketemu di satu meeting point, dan turunnya sesuai arah si yg empunya mobil ya huehehe 😉

  2. Kalo gw ngak tertarik semurah apapun, aku takutttttttt. Takut ternyata orang2 jahat trus aku di culik dan di perkosa kak … Kakak tau kan kalo aku ganteng imut manja #LaluDikeplak

  3. Gue lebih memilih UBERPOOL sih daripada UBER X karena masalah harga diskon 50%. Ya hitung2 lumayan tapi kalo lebih dari 2 ya tetep pake UBER X

  4. Kalo sy kemarin pengalaman naik uberpool dari senayan ke pondok gede. Agak kaget awalnya krn klo di Bdg, gada app uberpool, iseng aja akhirnya nyoba. Ga ngerti jg knpa di hp qt ada notif bhw driver sdg mencari penumpang yg lain, fikiran negatif nya jgn2 mrka mau cari penumpang lain yg lbh representative krn jarak, dll. Akhirnya sy dan suami naik uberpool, dan makin kaget lg dg harga yg hanya Rp.41.500 ajah..sejauh itu!! Dan hanya berdua tok. Syukur alhamdulillaah.. Rezeki di ibukota.. Hehee..

    Btw, salam kenal. Tulisannya jadi membuat sy lbh paham apa bedanya uberpool dan uberx

    • Haha … Iya, dia akan lbh murah dan uda fix Harganya. Sering nyobain pake uberPOOL pas malem, soalnya kan penumpang uda jarang. Jd kemungkinan ada penumpang kedua kecil haha …

      Salam kenal juga, kak Langit 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here