7 hal menarik ketika terbang naik Emirates

44
865
terbang-naik-emirates-featured-image
terbang-naik-emirates-ke-dubai
Naik Emirates and bound to Dubai!

Beberapa waktu lalu saya sempat terbang naik Emirates untuk pertama kalinya, dan karena ini merupakan pengalaman pertama saya, rasanya pengen ngomong ‘wow’ terus. Maklum lah ya, kan baru pertama kali naik Emirates. Haha.

Di pengalaman pertama, biasanya saya sukanya foto-foto deh.

Wow, keren ya … trus foto.

Ihh menunya lucu … trus foto.

Gitu aja trus haha.

Nah ini, ada beberapa yang saya temuin waktu naik Emirates, yang kayaknya ‘wow’ bagi saya. Kalau mungkin kamu udah sering ngeliat ini, ya udah, skip aja huehehe …

7 hal yang saya temui ketika naik Emirates

Ada stiker untuk yang ditempel di kursi sebagai keterangan ke pramugari/a

Panjang amat ya judulnya, ya tapi intinya gitu deh.

Coba deh, misalnya kamu lagi enak-enak tidur, trus tiba-tiba kamu dibangunin. Ga enak kan ya, rasanya. Mungkin aja kamu udah capek banget, dan ga mikirin makan sama sekali, jadi bawaannya pengen tidur aja. Nah, ternyata si Emirates udah siapin 3 buah stiker yang bisa kamu tempel di bagian atas kursi kamu. Kalau kamu tempel di bagian bawah kursi kamu, ya percuma deh!

terbang-naik-emirates-sticker
Stiker buat ditempel di bagian atas kursi, ya …

Stikernya ada yang:

  • Do not disturb – ini jika kamu tidak mau diganggu sama sekali pada waktu tidur
  • Wake me up for breakfast/lunch/dinner – ini jika kamu ingin dibangunkan pada saat makanan datang
  • Wake me up for Duty Free – ini jika kamu ingin dibangunkan pada saat Duty Free time, alias nanti akan ada pramugari/a yang keliling sambil dorong kereta belanjaan Duty Free (barang-barang yang ada di katalognya)

The menu and the meals

Iya! Kalo kamu naik Emirates, nti kamu bisa dapet menu makanannya aja!

Ya, sama makanannya sih ya …

Tapi intinya si menu itu sih bukan kayak di restoran yang variasi makanannya segambreng ya, tapi menunya cuma penjabaran dari pre-selected meals, pada saat breakfast, lunch, atau dinner. Bahkan menunya dimulai dengan appetizer! Hmm, sebenarnya semua makanannya sudah masuk dalam satu nampan sih ya, jadi ga dipisah-pisah … appetizer dateng sendiri, trus nti main course dateng lagi, dan seterusnya. Lah ya cape si pramugari/a-nya huehehe.

terbang-naik-emirates-menu-makanan
Menu makanan waktu naik Emirates

Karena pesawatnya gede, berarti penumpangnya banyak, kayaknya beberapa kali menu main course-nya tinggal satu pilihan (biasanya ada dua pilihan). Jadi pas dinner, ada pilihan antara Lamb Kibbeh dan Chicken AlfredoSebagai pecinta kambing, tentunya mengharapkan dapat yang meal pertama, eh tapi habis deh! Jadi ga bisa nyobain Lamb Kibbeh deh 🙁 Tapi yang penting porsi menunya mengenyangkan sih ya!

terbang-naik-emirates-makanan-meals-food-chicken-alfredo
Chicken Alfredo ala Emirates
terbang-naik-emirates-makanan-dapat-jacob-crackers
Kemasan Jacob Crackersnya lucu! Cocok buat oleh2 *oops*

Ada colokan!

Penting banget nih ada colokan di dalam pesawat pas naik Emirates … Meskipun bawa powerbank, ya, tapi tetep aja, lbh enak pake colokan yang tersedia aja, dan simpen powerbank pada saat dibutuhkan haha.

Lah trus colokannya di mana?

terbang-naik-emirates-power-outlets-colokan
Ada colokan?! Wow, penting banget nih!

Bukan di dinding, ato di bawah bangku!

Tepat di depanmu, alias di bagian belakang bangku depan huehehe. Biasanya colokannya ada yang untuk colokan dua, atau cuma colokan seperti USB. Keduanya sama aja, yang penting berfungsi! Haha.

Wi-Fi on Board

Ih gila, seneng banget ada Wi-Fi.

‘Password Wi-Fi-nya apa, Mbak?’

‘Jodohmu ada di bangku depan’

*ngok*

Ga ada password sih, tapi kalau ga salah ada semacam login page-nya gitu untuk ‘connect’, dan tapiiii (lagi) … yang bikin sedih, kuotanya cuma 10Mb aja!

Iya!

Itu mah baru buka Facebook, atau Twitter langsung ngok!

Hahaha.

Jadi buat seru-seruan aja lah ya, tapi kamu bisa beli paket internetnya kok kalau lagi butuh, dan murah sih sebenarnya haha! Harga Wi-Fi on board Emirates itu $1 untuk 500Mb

Entertainment

Kalau naik Emirates tuh di TV-nya bakal terpampang yang namanya ICE, singkatan dari Information, Communication, and Entertainment, tapi pastinya yang penting adalah ‘E’-nya saja haha.

terbang-naik-emirates-in-flight-entertainment
Hello, movies!

Horeeee … bertebaran film!

Hiburan itu memang sangat dibutuhkan ya, apalagi untuk yang long-haul flight, kalau ga bisa mati gaya sih sepertinya.

Kemarin untungnya paling lama sekitar 8 jam deh, sesuai dengan lamanya jam tidur sehat haha, tapi ya namanya kesenengan disuguhin film, alhasil, menghabiskan 2 jam untuk nonton filmnya, dan bahkan lebih …

terbang-naik-emirates-in-flight-entertainment-koleksi-film
Banyak koleksi film ketika naik Emirates

Filmnya juga ada banyak sih, tapi ya milih-milih deh, biar bisa nonton satu film. Kemaren sempet nonton film 2.5 haha, soalnya yang satu ga sampe habis, udah keburu mendarat, trus pas ada 1 flight yang udah teler berat, jadinya bawaannya tidur deh. Kemaren sempet nonton apa ya … Pride and Prejudice and Zombie, Spooks (Jon Snow), ama yang separoh itu Momentum-nya Olga Kurylenko! Nyebelin emang, ga kelar, padahal tinggal 1/4 lagi haha.

Eh iya, ada serunya lagi nih kalau kamu naik Emirates. Ternyata di pesawatnya sudah dipasang kamera di beberapa bagian pesawat, seperti misalnya kamera depan dan kamera bawah. Asiknya, kalau kamera bawah, pas pesawatnya sudah agak turun lewat dari awan, bisa keliatan deh tuh bentukan daratan, atau bangunannya, atau mungkin pas ada sungainya. Kalau laut sih apa yang mau diliat yak, kayaknya sama aja kalau dari atas. Kalau kamera depan tuh patut dilihat pas mau mendarat, pas si pesawat mulai mendekati runaway – nya. Seru-seru lucu gimana gitu!

terbang-naik-emirates-kamera-depan-pesawat-landasan-pacu
Seru nih nontonin pas mendarat huehehe

The flight attendant

Karena Emirates menerima flight attendant dari negara mana saja, makanya kamu akan dapat melihat pramugari dan pramugara dari segala suku bangsa ketika naik Emirates. Ada beberapa yang ramah, ada yang biasa aja. Dan kemaren sempat foto bareng sama salah satu flight attendant dari Korea, waktu penerbangan red eye dari Jakarta ke Dubai. Saya perhatiin, dia orangnya sangat friendly, sangat cheerful, dan sangat helpful! Dan akhirnya foto bareng deh! #eaaaaa

terbang-naik-emirates-pramugari-stewardess
Foto bareng sebelum turun pesawat pas pagi hari sama Juhyeon 😀

Oh iya, karena flight attendant dan crew Emirates dari berbagai bangsa, makanya kamu juga akan denger pengumuman dari berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia juga!

Free meals kalau transit lebih dari 4 jam di bandara Dubai

What?! Free meals?! Dapat makan gratis? Beneran, ga tuh?!

Eits dah … beneran kok!

Tapi ketentuan free meals kalau transit lebih dari 4 jam berlaku di bandara Dubai International Airport (DXB) ya. Ga tau deh kalau di bandara lain. Ini karena saya kemarin transit lama pas dari Yordania (Jordan) balik ke Jakarta via Dubai sih.

terbang-naik-emirates-free-meal-vouchers-makan-gratis
Free meal voucher dari Emirates

Saya juga sebenarnya sudah tau sih dari baca blognya si Jambu Kebalik eh maksudnya Ekky, kalau bakal dapat free meals ini. Tapi kalau dia mesti nuker dulu ya, kalau saya kemaren free meals voucher-nya langsung dikasih pas check in di Queen Alia International Airport (AMM). Di situ udah tertera, restoran apa aja yang termasuk di sini, misalnya ada Burger King, McDonald’s bahkan ada restoran Italia, India, Thailand, dan masih banyak lagi. Enak kan?!

Asik ‘kan naik Emirates?!

Nah, kalau kamu sendiri, gimana pengalamanmu pas naik pesawat salah satu maskapai?

terbang-naik-pesawat-emirates
Asyik kan naik Emirates 😉

44 KOMENTAR

  1. Seru! Penasaran sama A380 nya emirates. Dulu long haul pake MAS, sudah setahun masih di folder draft hahaha nggak kelar2 & publish ke blog. Besok deh dikelarin cerita pengalaman terbang dengan si MAS.

  2. Asyik banget ya Mas Timo. Pesawatnya keren!
    Btw baca ini jadi kangen sama Jacob Crackers. Dulu suka banget nih ngemil crackers ini, kalau gak salah rasa sayur sama rasa susu. Sekarang sepertinya udah gak ada yaa di Indonesia 🙁
    *ehmalahfokuskecrackers

    • OUw ouw ouw dinaikin capaaaa?

      Wifi yg gratis cuma 10 Mb, tp kl mau beli paket datanya ada lagi kok murah, cuma kemaren lagi males aja haha!

  3. Dih sebel bgt kenapa bisa terdampar disini, postingannya bikin mupeng abissss. Ini kereeeeeen. Ajakin dong kapan2 kalau liburan lg, tapi aku sekeluarga bareng si Bocil, haha.

    Nice info, TFS yaaa 🙂

  4. aku belum pernah naek Emirates kak, perjalanan sejauh dan selama itu belum pernah. Dulu selalu mikir, kalau perjalanan lama di udara itu ngapain aja ya di dalam pesawat, pasti bosen cuma duduk doang. Pas baca tulisan ini aku baru tau fasilitasnya, bisa nonton film juga hahaha kok aku katrok ya 😀

  5. Kayaknya kalau aku naik Emirates, sticker yang bakal aku pasang cuma yang hijau aja deh. Yang lain-lainnya mah gak penting, terutama yang ‘do not disturb’, duh udah bayar mahal-mahal trus gak makan khan rugiiii hahahaha

    So far selain Garuda, maskapai full-service lain yang pernah aku cobain cuma Lufthansa. Tapi itupun penerbangan jarak menengah, Jakarta KL aja. Hmmm … pesawatnya sih oke lah ya. Tapi pelayanan sama makanan kayaknya aku lebih suka Garuda. Pramugara/i Lufthansa pada jutek, mungkin karena mereka kelelahan setelah penerbangan jauh dari Frankfurt ke KL. Trus makannya cuma dapat sandwich doang yang porsinya a la kadarnya aja, sementara Garuda bisa dapat makanan yang porsinya mengenyangkan. Ternyata aku baru sadar, kalau urusan makanan dalam penerbangan itu penting banget 😀

    • Hahahhaaha … bener! Kadang di garuda suka dapat rendang juga nih. Enak, kan 😉

      Wah, terima kasih sharing nya ya … Aku soale blm pernah naik Lufthansa 😀

  6. Idih modus foto sama unnie nya!!!

    Btw gila mevvah banget kak pesawatnya. Makanannya apalagi, ada menu nya pula. #sirik

    Btw, baru nyadar nama blog nya berubah. Jeng jengggg

    • Kagak berubah kak Sharon … Ini beda aja haha! Iya apalagi yg di first class ya … Bayarin aku dong kaakk :3

  7. Stiker itu penemuan paling berharga banget loh di dunia aviasi, apalagi buat saya yang sering ketiduran pas pembagian snack :(( Jadi waktu naik Emirates dan ngantuk banget langsung pasang stiker ijo. Eh udah dipasang malah melek sepanjang flight karena terlalu excited… *norak*

    Dan setujuu, makanannya enak banget! One of the best main I’ve ever had was from Emirates. Duh, jadi laper lagi pas nginget (baru aja imsak woy!) Wifi juga mantep banget, lumayan 10MB gratisan bisa buat WhatsApp emak dikit dan 1x instagram hahaha *lagi-lagi norak*

    Btw kamu terbang rutenya Jakarta-Cairo//Amman-Jakarta yaah? Bisikin doong abis berapa, dari Jakarta kan biasanya mahal-mahal 🙁 Dan Cairo-Amman-nya naik apa kah?

    • Hahahahha emang malah kebanyakan melek deh!!

      Iya kemaren tuh Jakarta – Dubai – Cairo baliknya Amman – Dubai – Jakarta. Kl dr Cairo – Amman kbtln jalan darat sih, itu ikutan semacam tur ziarah gitu deh haha!

  8. 4x pake emirate hanya lidah saya aja yg belum gaul sama makanannya (mgkn sy org kampung) akirnya minta mie instand ke mugarinya tapi soal yg lain saya berikan jempol buat emirate

    • Wuih sedia juga ya mie instant di Emirates, aku udah ga inget, baru naiknya ya pas itu aja huehehe 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here