Wow, Mudik Gratis Sido Muncul sudah sampai yang ke-30!

0
370
mudik gratis sido muncul ke 30 keberangkatan taman mini indonesia indah featured image - kadungcampur
Bus-bus untuk mudik gratis Sido Muncul sudah siap di parkiran Taman Mini Indonesia Indah (photo credit : masdede.com)

Mudik gratis Sido Muncul ke-30Setelah 30 hari berpuasa, tentunya yang dinanti adalah hari raya Idul Fitri yang juga dibarengi dengan kegiatan pulang kampung alias mudik. Tentunya ada banyak orang yang sudah bersiap-siap hunting tiket mudik beberapa minggu bahkan beberapa bulan sebelum momen mudik ini. Biasanya karena takut kehabisan tiket atau takut harganya makin lama makin mahal. Nah, selain hunting tiket mudik sendiri, ternyata sudah lama kita sering dengar ada yang namanya mudik gratis.

Mudik gratis ini sudah banyak penyelenggaranya, baik instansi pemerintah, maupun yang swasta. Moda transportasi yang digunakan pun bervariasi, ada yang menyewa rombongan bus, ada juga yang pakai kereta.

Salah satu penyelenggara yang selalu berpartisipasi dalam menyediakan mudik gratis adalah perusahaan jamu Sido Muncul. Yesss, dan sesuai judul blog post ini, mudik gratis Sido Muncul sudah diadakan sebanyak 30 kali – termasuk di tahun ini.

acara press coference mudik gratis sido muncul ke 30 - - kadungcampur
Pak Irwan Hidayat – Presdir Sido Muncul – di acara Press Conference Mudik Gratis Sido Muncul ke-30

Sekilas mengenai Sido Muncul

Siapa sih yang ga mengenal perusahaan jamu Sido Muncul?

Kita pasti pernah mencoba salah satu produknya deh hehe.

Apakah ada yang pernah minum ESTE EMJE yang dibuat dari campuran susu, telor, madu, dan jahe bakar, untuk menghangatkan tubuh? Atau mungkin ada yang suka minum Kuku Bima Ener-G! untuk meningkatkan stamina tubuh hehe. Dan pastinya, siapa sih yang ga kenal dengan Tolak Angin, yang mampu ‘menghalau’ angin dari dalam tubuh heuhee.

Oke, sekilas tentang Sido Muncul dulu, ya.

sido-muncul-dulu-kadungcampur
Sido Muncul waktu dulu

Jadi pendiri dari Sido Muncul adalah pasangan suami istri Siem Thiam Hie dan istrinya Ibu Rakhmat Sulistio (Go Djing Nio). Awalnya malah usahanya bukan jamu. Mereka mulai dengan usaha susu di Ambarawa, bahkan sempat juga membuat usaha toko roti ‘Roti Muncul’. Kemudian barulah mereka memulai usaha jamu di Jogjakarta. Dimulai sekitar tahun 1941, itu pun dimulai dengan membuat Jamu Tolak Angin terlebih dahulu. Baru di tahun 1949, setelah mereka mengungsi ke Semarang, dibuatlah usaha jamu Sido Muncul.

Tau ga, awalnya ada berapa karyawan? Mereka dibantu dengan tiga orang karyawan saja. Dan menurut website Sido Muncul, sekarang karyawan perusahaan Sido Muncul sudah berjumlah 3,453 orang. Untuk urusan produk ga hanya ESTE EMJE, Kuku Bima Ener-G!, dan Tolak Angin aja, karena ternyata sekarang jumlahnya sudah ada 273 produk. Huah, keren banget!

Dimulai dari industri jamu rumahan, sekarang bahkan Sido Muncul sudah memiliki beberapa pabrik, termasuk salah satunya adalah sebuah pabrik di Klepu, Ungaran, dengan luas 30 Hektar, yang berdiri pada tanggal 11 November 2000. Bahkan sekarang Sido Muncul juga sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia lho, dengan kode saham SIDO.

Untuk siapa Mudik Gratis Sido Muncul

Balik lagi ke acara mudik gratis Sido Muncul, sebenarnya kalau kita lihat beberapa mudik gratis yang ada, biasanya itu diadakan untuk customer loyal mereka, atau mungkin ada juga yang untuk karyawannya. Namun, mudik gratis Sido Muncul ini sedikit berbeda deh, karena diadakan untuk para pedagang jamu.

Tentunya sebagai sebuah perusahaan jamu yang besar, akan sangat perlu menjaga hubungan dengan para stake holders-nya, salah satunya adalah ya si pedagang jamu ini, atau kata lainnya giving back to the community sih, ya. Dan ini jugajadi salah satu kegiatan CSR Sido Muncul di tahun ini, selain misalnya mengadakan operasi katarak, bibir sumbing, mendirikan rumah singgah, dan lainnya.

Para pedagang jamu ini menjadi salah satu pihak yang berjasa dalam menjual jamu-jamu hasil produksi dari Sido Muncul. Memang sih, produk-produk Sido Muncul sudah banyak dijual bebas di minimarket, supermarket, bahkan online, tapi tentunya, kita juga masih sering kan ya melihat warung-warung yang khusus menjual jamu.

Dan rasanya mengadakan mudik gratis hingga yang ke-30 kali itu sebuah anugrah lho, dan tentunya usahanya patut diacungi jempol. Mulai dari menyiapkan biaya untuk menyewa bus, dan tentunya dengan semakin banyaknya perusahaan yang mengadakan mudik gratis, terkadang suka menemui kesulitan saat menyewa bus. Bahkan di tahun ini Sido Muncul perlu menyewa bus dari dua perusahaan yang berbeda, yaitu dari Hiba Utama dan Agra Mas.

irwan hidayat di acara press coference mudik gratis sido muncul ke 30 - kadungcampur
30 kali mengadakan Mudik Gratis adalah sebuah mujizat bagi Sido Muncul – begitu kira-kira kata Pak Irwan Hidayat 🙂

Tau ga kira-kira ada berapa orang yang sudah merasakan mudik gratis Sido Muncul ini?

Sejak tahun 1991, acara mudik gratis Sido Muncul ini diadakan, Sido Muncul sudah memudikkan sebanyak 360,400 orang secara gratis! Dan di tahun 2019 ini, peserta yang ikutan ada sekitar 12,000 pemudik dan akan menggunakan 189 bus. Oh iya, bahkan beberapa tahun terakhir, peserta mudik gratis Sido Muncul ga hanya pedagang jamu lho, ada juga pembantu rumah tangga, dan pedagang asongan.

Untuk titik awal keberangkatan, memang utamanya dari Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII) di Jakarta Timur, tapi ada juga yang dari daerah lain, seperti Tangerang, Bogor, Sukabumi, Cikampek, dan Bandung 😊. Dan untuk destinasi terjauh dari mudik gratis Sido Muncul kali ini adalah Wonogiri.

mudik gratis sido muncul ke 30 keberangkatan taman mini indonesia indah hiburan - kadungcampur
Sebelum berangkat mudik, ada acara hiburan dulu di Taman Mini Indonesia Indah) – credit photo : masdede.com

Semoga terus ada mudik gratis Sido Muncul, ya!

Yes, semoga Sido Muncul terus Berjaya, dan bisa mengadakan mudik gratis yang ke-31, 32, dan seterusnya 😊

timo wp bersama irwan hidayat presiden direktur sido muncul - kadungcampur
Sempet-sempetin foto bareng Pak Irwan Hidayat yang humble banget ini 🙂

Eh iya, mau liat keseruan acara pemberangkatan mudik gratis Sido Muncul ke-30 di Taman Mini Indonesia Indah, ini ada video dari masdede.com yang sempat meliput di sana:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here