#MoneyBrunch di Bursa Efek Indonesia …

1
149
Katanya sih ini dibuat untuk training

Wah seumur-umur hidup di Jakarta, baru kali ini lah saya menginjakkan kaki ke dalamnya Bursa Efek Indonesia (BEI) – kalau berkunjung ke gedungnya sih udah pernah ya hehe. Ini pun karena ada acara #MoneyBrunch yang diselenggarakan oleh Janus Financial. Kalau orang lain brunch nya makan2, ini makan2 informasi mengenai investasi. Eh tapi ada juga makan2 benerannya di sini.


Di acara ini ada beberapa yang jadi pembicara. Ada dari pihak dari BEI sendiri, ada yang dari Phillip Securities juga, sama ada satu lagi dari Jojonomic. Apaan tuh? Ntar deh diksh tau hehe.

MC-nya dari Janus minta difotoin haha … 

Sebelum dimulai sih, acaranya dibuka langsung sama Pak Nicky yang adalah Direktur Pengembangan BEI. Beliau ksh tau kalau masyarakat lebih mengetahui informasi mengenai perbankan dibandingkan investasi, itu pun kira2 hanya 1% saja dari masyarakat yang tau soal investasi. Wah yg 99% masih belum nih … 

Pak Nicky dari BEI membuka acara Money Brunch
Asto of Jojonomic
Aplikasi Jojonomic

Tapi bagaimana mau investasi ya, kalau misalnya pengeluaran kita ga terkontrol atau banyak banget deh. Nah ternyata sudah ada aplikasi di smartphone yang bisa membantu kita untuk me-list setiap pengeluaran2 kita secara mudah. Namanya Jojonomic. Di sini CEO Jojonomic, pak Asto, menjelaskan kalau app ini sangat mudah dan memang menbantu kita untuk me-trace pengeluaran kita. Kita cukup meng-input jumlah pengeluaran kita lalu kita tinggal pilih kategori nya. Bahkan di app ada fasilitas ‘foto’, di mana kita bisa memfoto receipt belanja kita. Ini juga bs berguna lho dalam hal reimburse, karena mereka sudah menyediakan sistem yang bisa dihubungkan dengan klien perusahaan.

Well … pilihan bagus nih, drpd buka laptop trus buka file excel nya haha … Kl Jojonomic bisa diakses di mana aja nih, tinggal login pake akun kita aja, and it’s Free!



Sebenarnya sih Pak Rhenald Kasali dijadwalkan untuk tampil juga, tapi sayangnya beliau ga bisa hadir secara fisik … tapi via video aja hehe. Beliau di sini menegaskan kalau buying power orang Indonesia tuh bisa dibilang cukup tinggi. Coba aja inget2 deh, baru aja di Jakarta dan Tangerang ada pameran mobil besar – GIIAS dan IIMS, yang katanya sih transaksinya bisa mencapai nilai triliunan! Wow … 

Trus tau kan baru2 ini ada juga konser musik dari Ariana Grande dan Bon Jovi .. Coba deh, inget2 harga tiketnya berapa … 

Pak Rhenald hadir dalam video 😀

Setelah itu ada Kemas dari BEI yang merupakan perwakilan dari Divisi Corporate Communication dari BEI. Sebagai seorang CorComm ya tugasnya bagaimana bisa menjembatani BEI dengan masyarakat, terutama yang awam, sehingga bisa lebih melek dalam hal investasi. 

Tau ga alasan-alasan orang ga investasi?

1) Ga tau deh investasi itu apaan
2) Duuhh takut rugi dehh 
3) Mahal ah, ga ada uangnya
4) Yah itu mah mesti diliatin tiap detik!

Nah ternyata tuh ya, dari BEI sudah mengadakan banyak sekolah pasar modal lho untuk masyarakat yang ingin lebih tau, jadi kita bisa liat jadwalnya di website-nya BEI kalau ingin ikutan.

Trus untuk urusan takut rugi, Kemas kasih contoh saham Unilever (UNVR). Pada tahun 1993 harga 1 lot nya (pada saat itu 500 lembar), harganya sekitar 11 jutaan, nah di tahun 2012 ternyata bisa mencapai 1.5 M lho!! 

Kalau misalnya bingung mau beli saham yang mana, kata Kemas, kita coba liat kita pake produk apa aja. Misalnya kita suka makan Indomie, ya coba aja mulai dari beli saham Indofood.

Jangan takut sih untuk beli saham, selama masih ada yg beli produknya hehe. Apalagi ga perlu bingung mau beli saham kapan, karena pasti ga ada waktu yang ‘tidak tepat’. Yang ada, waktu yg tepat dan sangat tepat >> ini merujuk lagi ke contoh saham UNVR deh.

… 

Tau ga kalau dulu beli saham gmn caranya. Mesti telpon brokernya dulu! Duh repot ya!

Sekarang udah gampang … Karena dengan adanya internet, kita bisa transaksi secara online!

Nah contohnya adalah Phillip Securities. Mereka sudah punya tool untuk transaksi secara online bagi para investor. Kita bisa pake laptop, iPad, bahkan bisa dengan menggunakan smartphone! Gampang banget … Daripada buka2 Path, Twitter, atau Facebook … kita utak-atik aja app nya Phillip Securities ini … haha (nama app nya tuh POEMS ID).

Daniel of Phillip Securities

Setelah acara #MoneyBrunch ini, ternyata kita bisa ikutan tur ke Galeri BEI dipandu oleh Kemas. Baru tau, ternyata bursa efek kita ini, adalah bursa tertua ke-4 di dunia! Wah … 

Katanya sih Nicolas Saputra-nya BEI … *oops* …
Kemas sedang memandu peserta melihat galeri BEI

Wah seru banget nih acara #MoneyBrunch dari Janus Financial! 

Selain dapat informasi, ada game2 menarik juga … 

Ditunggu deh acara selanjutnya hehe!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here