Weekend escape, sekalian menikmati alam Bandung

24
785
menikmati alam bandung featured image - kadungcampur

Menikmati alam Bandung – Udah lama banget saya ga ke Bandung euy, untungnya baru-baru aja saya akhirnya bisa ke sana. Sekalian escape dari rutinitas, dan sekalian menjajal cafe di Bandung. Namun rasanya kalau ke Bandung cuma buat icip-icip di cafe aja, rasanya kok sayang, ya. Jujur aja, saya walau sempat lama di Bandung, tapi jarang banget keluyuran hunting buat wisata alam di Bandung hehe. Apalagi ke curugnya, seperti curug Cimahi, atau dikenal juga dengan sebutan air terjun pelangi. Nah, kalau misalnya kamu mau jalan-jalan sambil sekalian menikmati alam Bandung, boleh deh cek tempat-tempat berikut.

wisata bandung taman hutan raya djuanda tahura 2 - kadungcampur
Jalan-jalan yuk, sambil menikmati alam Bandung 🙂 

Ke mana aja kalau mau menikmati alam Bandung

1 | Tebing Keraton

Ini mah saya duluuuu banget ke sininya, tepatnya tahun 2014 hehe. Dulu sih masih hype banget, eh tapi kayaknya sekarang ya juga masih sih.

Waktu itu saya ke sininya naik mobil sih, dan ga bisa naik sampai ke area Tebing Keratonnya. Jadi saya parkir di deketnya tempat makan Bumi Herbal. Terus ke atasnya gimana? Dulu ada pilihan sih ya, mau jalan kaki atau naik ojek. Karena saya mau enjoy dan menikmati alam Bandung, sekalian foto-foto, akhirnya saya dan teman memutuskan untuk jalan kaki aja.

wisata bandung tebing keraton 1 - kadungcampur
Hayoo, milih jalan atau naik ojek pas ke Tebing Keraton? 

Lumayan banget jalannya, terus ya mayan naik, ya hehe. Makanya kalau emang niat ke sini sih, mending pas pagi hari sih, jadi pas saat jalan ga terlalu panas, kecuali kamu mau naik ojek, ya ?

Sepanjang jalan, kami disuguhi alam yang cakep lho, perbukitan gitu, plus ada perkebunan juga. Dan kalau pagi, biasanya masih suka ada kabut tipis juga.

Pas udah sampai di area Tebing Keraton, waktu itu emang udah cukup banyak orang sih, terutama yang pengen motret-motret. Saya pun juga mau foto-foto haha. Namanya juga Tebing Keraton, jadi ya tebing gitu lah bentuknya, tapi pemandangannya cakep banget. Dari sini juga bisa terlihat Taman Hutan Raya Djuanda alias Tahura juga di area bawahnya. Makanya kelihatan asri dan hijau dari atas, ya ?

wisata bandung tebing keraton 2 - kadungcampur
View dari Tebing Keraton! Love banget dah <3 <3 <3

Oh iya, sekarang Tebing Keraton agak beda sih, karena udah dipagerin. Mungkin karena ada alasan safety, ya. Dulu sih, orang pada sempet-sempetin turun ke beberapa langkah di bawah tebingnya. Mungkin biar fotonya lebih oke hehe.

2 | Taman Hutan Raya Djuanda alias Tahura

Tadi di atas udah disinggung tentang Tahura, sebenarnya kenapa dari Tebing Keraton bisa keliatan Tahura, ya karena kalau mau ke Tebing Keraton, arahnya hampir-hampir mirip deh hehe.

Dulu biasanya saya ke sini karena lebih mau mampir ke café-nya sih. Mungkin masih inget kalau di area pintu masuk ke dalam Tahura (setelah melewati gerbang), ada sederetan cafe, seperti Armor Kopi, Waroeng Pinus, dan lainnya. Namun sekarang nih udah ga ada ya cafe di bagian depan hehe. Padahal enak lho, cemal-cemil kudapan khas Bandung, sambil nikmatin view dari Tahura.

Tapi walau udah sampe di bagian depan Tahura, saya dulu malah ga pernah tuh melintas, sampe masuk ke dalam Tahura. Padahal area Tahura luas banget!

wisata bandung taman hutan raya djuanda tahura 1 - kadungcampur
Ini nih rute di Tahura 🙂 

Akhirnya beberapa waktu lalul, saya menyempatkan ke sini. Kali ini beneran mau explore Tahura, ya. Tapi ya karena santai, sampainya emang udah agak siangan sih. Jadi rute jalan saya sampai di Goa Belanda, aja sih. Padahal kalau mau menyusuri mengikuti petanya, di area ke dalam lagi ada banyak banget curug. Pengen sih saya waktu itu lanjut, tapi udah keburu sore hehe.

Namanya juga taman hutan, so pasti ini tempat yang cocok kalau mau bersentuhan dengan alam Bandung. Bahkan di sini masih ada pohon-pohon yang tinggi banget. Saya terlihat mungil berdiri di sampingnya hehe.

wisata bandung taman hutan raya djuanda tahura 3 - kadungcampur
Ya ampun, mungil banget ya saya di samping pohon ini 😀

Oh iya, terlihat pada informasi di papan, permukaan jalurnya itu kombinasi antara paving block, bebatuan, dan tanah, ya. Jadi pake alas kaki yang nyaman aja.

3 | Lodge Maribaya

Nah, kalau ini sih salah satu tempat wisata yang cukup terkenal dan hits. Banyak banget orang dari luar kota yang kalau ke Bandung, pasti menyempatkan ke sini.

Emangnya kenapa?

Selain masih memiliki pemandangan yang asri pake banget, area di sini memang menyediakan spot-spot buat foto-foto cakep buat diposting di Instagram hehe. Misanlya foto di pinggir deck dengan view alam, atau foto pas kita lagi sepedaan di atas tali dengan background alam Bandung, dan ada beberapa lagi.

wisata bandung lodge maribaya 2 - kadungcampur
Salah satu spot foto di Lodge Maribaya 

Saya dulu ke sini, pas agak hujan rintik-rintik, dan juga pas weekend. Tau kan kalau weekend gimana ramenya tempat wisata di Bandung. Ga terkecuali Lodge Maribaya ini hehe. Makanya saya ga terlalu berminat antri untuk ambil foto-foto yang saya sebutin barusan. Paling saya foto-foto biasa aja sih, masih keliatan kok alam Bandungnya hehe.

wisata bandung lodge maribaya 1 - kadungcampur
Tuh cakep kan view-nya hehe.

Yang saya suka pas ke sini tuh, udaranya yang sejuk. Apalagi pas ujan deh, makin sejuk haha.

4 | Babakan Siliwangi

Nah, kalau ini sih saya baru banget ke sininya hehe. Dan lokasinya ga terlalu jauh juga sih, karena ada di dalam kota juga, alias dekat dengan kampus ITB. Di Babakan Siliwangi juga udah dibuat jalur untuk trekking santai atau istilahnya forest walk gitu. Jalurnya emang dibuat elevated gitu, ga rata dengan tanah.

wisata bandung babakan siliwangi 2 - kadungcampur
Di Babakan Siliwangi udah ada jalur Forest Walk nya kok, biar nyaman saat jalan-jalan santai 🙂

Nah, kalau kamu mau sekalian olah raga, di sini juga ada beberapa fasilitas olah raga, termasuk area buat lari dan juga renang. Pengen balik lagi ke sini, karena waktu itu udah kesorean, jadi ga terlalu banyak explore juga sih ?

wisata bandung babakan siliwangi 1 - kadungcampur
Kawasan Babakan Siliwangi kalau dilihat dari jauh. Bisa keliatan juga ya, beberapa sarana olah raga di situ 🙂 

5 | Jangan lupa pulangnya naik kereta, ya

Setelah mata senang, karena abis menikmati alam Bandung yang ijo nan asri, jangan lupa pulangnya naik kereta deh hehe. Naik kereta jurusan Bandung – Gambir dengan Argo Parahyangan. Dan pilih posisinya yang tepat, ya, biar nanti kamu bisa dapat view alam yang cakep. Waktu itu saya duduk di kursi yang nomornya di bawah angka 11, dengan posisi di C / D. Nanti di pertengahan perjalanan, kamu bisa melihat pemandangan cakep dari persawahan, dan so pasti jalur tol Cipularang.

naik kereta kai argo parahyangan bandung 4 pemandangan alam - kadungcampur
Nih, masa ga mau ngeliatin beginian hehe

Salah satu alasannya kenapa saya sekarang lebih suka naik kereta adalah menghindari macetnya perjalanan kalau naik mobil sendiri. Memang sih kita harus bisa beli tiket keretanya jauh-jauh hari, apalagi kalau mau ke Bandung pas hari Jumat malam, dan balik ke Jakarta pas hari Minggu hehe.

naik kereta kai argo parahyangan bandung 5 pemandangan alam - kadungcampur
Kalau mau liat beginian, kudu naik kereta sih pas pulang dari Bandung hehe

Alasan lainnya kenapa saya pilih naik kereta adalah karena suka banyak promo diskon, terutama dari OTA, seperti Pegipegi. Nilai promo diskonnya bervariasi lah, kalau saat ini kita bisa dapat diskon Rp. 25.000,- kalau kita beli tiket kereta api pakai aplikasi Pegipegi. Cara beli tiket kereta api di Pegipegi gampang kok, bisa dilihat di gambar di bawah ini, ya ?

beli tiket kereta api pakai aplikasi pegipegi - kadungcampur
Beli tiket kereta api, udah lebih gampang, tinggal pake smartphone aja, dan buka aplikasi Pegipegi 🙂

…

So, kapan kita mau ke Bandung lagi nih, sekalian menikmati alam Bandung? Bolehlah abis itu kita ngopi-ngopi cakep di cafe hits Bandung *teteuppp* 😀

naik kereta kai argo parahyangan bandung 1 - kadungcampur
So, kapan kita ke Bandung lagi nih? 🙂

24 KOMENTAR

  1. Bandung ini tempat wisatanya banyaak banget ya. Aku udah benerapa kali wisata ke sana bahkan tinggal di sana 9 tahunan, tapi adaa aja tempat yang ternyata belum kusambangi. Kayaknya kudu balik lagi nih.

  2. Naini aku blm nyoba ke Bandung naek kereta sama anak2, kayaknya ntar2 pengen nyoba ah… Btw kalau ke tahura, selalu failed krn tutup terus kenafaaaa hahahahha… tebing keraton mah aku bhay, capek dan rempong pastinya kalau bawa anak-anak kesana 😀 serem pulak taku jatoh hahahah

    • Wah, aku mungkin krn seorangan jd prefer naik kereta ya, tp kl ramean bareng anak2, emang enaknya naik mobil sendiri kali ya, jd ga terlalu repot dgn bawaannya ya?

  3. Aaaaaa Bandung
    Kota kenangan yang selalu ngangenin
    Bandung selalu punya cerita dan destinasi cantik yang baru
    Bandung selalu menggoda dengan alam dan kulinernya
    Mau jalan-jalan di Tahura, mau serua-seruan di Lodge Maribaya
    Pokoknya mau semua

  4. Sekarang kalau ke Bandung enakan naik kereta. Malas banget kena macet di jalan tol. Trus kalau mau ke Tahur, enaknya cari penginapan di dekat sana. Sama juga alasannya. Saya malas berhadapan dengan macet hehehe

  5. Gue sih lebih suka jalan ke Tebing Keraton, koh. Menikmati alam dengan berjalan kaki tuh menyenangkan! Lagipula udaranya segar dan sejuk, rindang, dan pemandangan bagus, selagi badan masih sehat dan kuat 🙂
    Gue datang ke The Lodge Maribaya udah kesorean, cuma bisa foto-foto doang tanpa sempet cobain ayunan atau rumah pohonnya.

    Eh gue baru tahu lho di Babakan Siliwangi ada forest walk. Itu baru atau udah lama? Padahal dulu pas tahun terakhir kuliah gue ngontrak di deket sana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here