Lebih melek finansial dengan Keluarga Surya

20
350
press conference keluarga surya sun life indonesia - kadungcampur

Lebih melek finansial dengan Keluarga Surya – Ngobrolin soal uang pastinya menyenangkan deh, apalagi kalau udah urusan THR yang baru aja mendarat dengan selamat di rekening tabungan. Eh tapi kalau ngobrolin soal mengelola THR, mungkin bakal ada dua kubu nih, ada yang mau dihabisin aja, ada yang mau ditabungin? Ya, semuanya balik lagi ke tujuan masing-masing sih.

Mungkin aja ada yang mau akhir tahun nanti mau liburan ke luar negeri, dan masih ngumpulin budget. Bisa deh tuh si THR sebagian dicemplungin ke budget liburan. Atau mungkin ada yang mau beli mobil baru beberapa bulan lagi? Boleh banget, sebagian dari porsi THR digunakan untuk buat nambahin DP mobilnya, biar nanti cicilan bulanannya ga terlalu gede. Kalau saya sih lebih pengen untuk beli lensa kamera baru, biar hasil fotonya lebih cetar, jadi boleh deh beberapa persen dari si THR dimasukkan ke budget buat lensa kamera. Kalau udah punya tujuan seperti kedua contoh di atas, kayaknya lebih enak nih, jadi ga langsung menghabiskan THR kan, ya?

bagaimana mengelola keuangan pribadi - kadungcampur
Oke, anggaplah saya sedang memegang kamera saya, dan saya berencana untuk membeli lensa kamera baru 😀 

Eh, tapi kalau masih bingung bagaimana mengurus uang THR atau mungkin mengurus gaji, trus gimana ya?

Intip Keluarga Surya biar lebih melek finansial

Walah siapa tuh Keluarga Surya? Haha.

Keluarga Surya itu sebuah sitkom series berdurasi sekitar 5 menit yang bisa disaksikan di YouTube, yang memang dibuat untuk meningkatkan literasi masyarakat terhadap dunia keuangan. Rencananya akan dibuat sebanyak 8 episodes yang akan menyentuh beragam topik keuangan, seperti contohnya di episode pertama Keluarga Surya yang membahas mengenai masalah THR. Walaupun membahas masalah keuangan, tapi ga perlu khawatir kalau nanti pembahasannya jadi berat hehe. Namanya juga sitkom jadi videonya bergenre komedi.

Emang siapa aja sih si Keluarga Surya ini?

Keluarga Surya ini terdiri dari Papah Surya, Mamah Surya, dan kedua orang putra-putrinya. Si Papah Surya diperankan oleh Edo Borne, yang sudah memerani beberapa film, seperti Jakarta Undercover, Lost in Papua dan masih banyak lagi. Kalau kata si Arisman, teman blogger saya yang demen nonton film, akting Edo Borne di sini tuh beda banget deh dibandingkan di film-film yang dibintanginya. Kemudian si Mamah Surya alias Ibu Mentari, diperankan oleh Karina Nadila. Ternyata Karina Nadila itu adalah runner-up ke-2 Puteri Indonesia 2017 lho! Prestasi dari Karina ini selain di Puteri Indonesia 2017, juga udah pernah beberapa kali membintangi film lho, dan ternyata doi juga sebenarnya udah melek finansial dari kecil karena orang tuanya berkerja di bidang asuransi.

pemeran keluarga surya 2 sun life indonesia - kadungcampur
Pemeran Keluarga Surya (dua di kiri – dua di kanan) berfoto bersama Sun Life Financial Indonesia dan Prof Paulus Wirutomo

Lalu bagaimana dengan kedua anak dari Papah – Mamah Surya ini?

Sang putra yang bernama Fajar diperani oleh Bima Azriel, sedangkan sang putri yang bernama Cahaya, diperankan oleh Sandrinna Michelle. Keduanya juga udah biasa deh malang melintang deh, mulai di sinetron, FTV, bahkan film ?

Melihat pemeran dari Keluarga Surya yang udah punya pengalaman di film sebelumnya, jadi ya ga garing deh nanti kalau nonton Keluarga Surya ?

Kenapa mesti menonton Keluarga Surya?

Pihak dibalik pembuatan Keluarga Surya ini ternyata adalah Sun Life Financial Indonesia, yang merupakan salah satu penyedia produk asuransi terkemuka di Indonesia.

Kenapa kok sampai Sun Life ada keinginan untuk membuat web series Keluarga Surya?

Ternyata salah satu alasan dibuatnya sitkom Keluarga Surya ini adalah tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia yang cukup rendah. Kalau melihat indeks literasi keuangan untuk asuransi, ternyata hanya mencapai 15.76% di tahun 2017. Tapi kalau melihat tingkat utilitasnya, alias orang yang udah tau mengenai asuransi dan sudah mempunyai produk asuransi, ternyata hanya sekitar 12.08%. Angka ini ternyata ga beda jauh sih dengan survei yang dilakukan di tahun 2013, yaitu di angka 11.81%.

press conference keluarga surya with sherly ge prof dr paulus wirutomo sun life indonesia - kadungcampur
Ngobrol-ngobrol soal literasi keuangan bersama Sun Life Indonesia (Sherly Ge – tengah) dan Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M. Sc 

Oleh karena itu lah, muncul keinginan dari Sun Life untuk giat mengedukasi masyarakat Indonesia. Perencanaaan keuangan itu penting, apalagi kalau udah berkeluarga, seperti Keluarga Surya, yang mana sang Papah dan Mamah Surya juga bertanggung jawab untuk kelangsungan hidup Fajar dan Cahaya. Selain itu, tentunya sang anak-anak pastinya juga melihat figur orang tua sebagai sosok yang bisa dijadikan panutan, termasuk dalam hal mengelola keuangan. Saya pun juga dulu awalnya tau tentang menabung ya dari orang tua, mulai dari memakai uang jajan seperlunya, dan kalau ada sisa bisa ditabung. Nanti hasil dari menabung bisa digunakan untuk macam-macam deh, beli mainan, atau beli jajanan apa gitu hehe.

pemeran keluarga surya sun life indonesia - kadungcampur
Belajar tentang mengelola keuangan dari Keluarga Surya, yuk 😉 

Nah, makanya video web series Keluarga Surya merupakan salah satu cara untuk membantu menyebarkan informasi mengenai pengelolaan keuangan deh. Misalnya aja seperti yang udah saya sebutkan sebelumnya, kalau di episode pertama dari Keluarga Surya menceritakan tentang si Papah Surya yang baru aja mendapatkan THR. Kira-kira bakal dihabiskan atau ditabung, ya? Mending, #LebihBaik Sekarang kita tonton aja dulu ya ?

Ikuti terus video web series-nya, ya!

Jangan lupa pantengin terus YouTube channel dari Sun Life Financial, biar ga ketinggalan episode selanjutnya dari Keluarga Surya, ya ?

Sun Life Indonesia

YouTube              : https://www.youtube.com/channel/UC4WUzg91m2_u6aJVKU88zEQ
Instagram            : https://www.instagram.com/sunlife_id/
Twitter                 : https://twitter.com/sunlife_id/
Facebook            : https://www.facebook.com/SunLifeIndonesia/

teman blogger press conference keluarga surya sun life indonesia - kadungcampur
Kalau kami udah nonton Keluarga Surya, kalau kamu? (foto dari Didik Purwanto – didikpurwanto.com)

20 KOMENTAR

  1. Betewe, keren aja masnya digandrungi cewek-cewek itu di fotonya. Sepertinya, menarik nih sitkomnya, apalagi pemeran Ibu Surya yang menurutku, ya cakep juga sih. Entar deh, coba tonton satu episode, semoga menarik kelak. Amin.

  2. Web series ini cara bagus buat memperkenalkan ttg istilah2 keuangan supaya org 2lbh melek ttg perlunya mengelola keuangan sejak muda.
    Udah nonton seri 1 dan 2-nya. Awalnya kukira ini tu dibuat krn Ramadan gtu. Ternyata enggak ya, pas aja tema keduanya ttg Wakaf gtu. Yg ke-3 smapai ke-8 kira2 dah keluar blm ya? 😀

  3. Sering banget nonton youtube tapi kebetulan belum pernah nemu sitkom ini. Sepertinya bagus buat yang amsih muda kaya saya. Finansialku masih lemah, pun manajemennya. Harus banyak belajar

  4. Pas buka yutub ada web series ini tp blm nonton full. Maunya sih mulai skrg rajin nabung, gak hambur2 rin duit biar bisa diinves ke apa gitu. Ya kita gak tau jg kedepannya gimana

  5. Kupikir Keluarga Surya ini sitkom, ternyata video Youtube ya?
    Kelihatannya seru juga, serasa belajar finansial secara langsung.
    Bisa jadi channel favorit, nih.

  6. Keren nih belajar finansial bisa sekalian nonton drama. Pasti menyenangkan dan ilmunya bakal nyerap. Kalau menurutku pribadi sih, THR itu setengah harus digunakan sisanya bisa ditabung.

  7. Wah iya nih bener juga kalo literasi rendah emang kudu diakalin dulu dengan visual yang menarik, soalnya blog juga kadang masih kalah sama video youtube sih, jadi semoga pesan melwk keuangan ini tersampaikan ya

  8. weeiiss, lensa kamera euunk…
    Aku sudah punya kamera, tapi pingin lagi, hahha….dan tentu suami gak ngijinin.
    Memanfaatkan yang ada, bisa belajar juga dari Kisah Keluarga Surya.

  9. Aku jadi ketagihan loh nonton web series ini. Abisnya lucu. Bahasa nya tuh kita banget, lempar lemparan lelucon kayak pasangan muda pada umumnya. Trus informasi yang mau disampai kan juga ngena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here