Ngapain aja pas liburan ke Nusa Lembongan

0
378
liburan ke nusa lembongan bali - kadungcampur
Kapan mau liburan ke Nusa Lembongan lagi nih?

Ngapain aja pas liburan ke Nusa Lembongan – Tahun ini sepertinya saya lagi sepi liburan. Kalau melihat folder foto saya di laptop, dari awal tahun hingga mendekati pertengahan tahun 2019, ada banyak banget foto-foto pas acara blogger, tapi minim liburan hehe. Paling beberapa waktu lalu sempat liburan ke luar kota karena menghadiri pernikahan teman di Pekalongan, sekaligus berkunjung ke tempat keluarga di Semarang. Oh sama beberapa kali aja gitu weekend escape di Bandung hehe.

Ini beda banget sih sama tahun lalu hehe. Mulai dari awal tahun lalu, saya udah ada rencana pergi ke luar negeri, mulai dari Singapura, kemudian dilanjutkan ke Da Nang dan Hoi An di Vietnam, lalu ke Krabi. Setelah itu lanjut lagi ke Cina buat melihat tempat yang menjadi inspirasi Avatar di Zhangjiajie. Dan trip terakhir ke luar negeri di tahun lalu itu adalah ke Kamboja. Tahun 2018 ditutup dengan jalan-jalan bersama keluarga ke Jogja hehe.

Wah ya sudah deh kalau gitu ya, walaupun jarang jalan-jalan, kita tetap jalani hidup dengan happy hehe. Trus kalau lagi kangen liburan, paling liat foto-foto liburan. Lalu keinget, dulu saya pernah ngomong kalau setidaknya setiap tahun saya bakal liburan ke Bali, setidaknya satu kali. Tapi pas lihat di folder foto tahun 2018 pun, ternyata saya sama sekali ga menyentuh Bali. Berarti terakhir saya ke Bali tuh tahun 2017.

jungut batu beach nusa lembongan bali - kadungcampur
Welcome to Jungut Beach, Nusa Lembongan – Bali

Rasanya kalau ngomongin Bali, bawaannya tuh pengen stay lama di sana. Ada keinginan tinggal di sana pun, tapi belum ketemu jalannya hehe. Jadi selama ini paling hanya berlibur dulu aja sambil mencari-cari inspirasi. Dan kalau liburan ke Bali, sepertinya ada banyak spot-spot yang belum pernah saya kunjungi. Bali selatan belum semua, apalagi kalau utara Bali, ya hehe. Bahkan Nusa Penida yang famous itu pun saya belum pernah hehe.

Walaupun saya belum pernah ke Nusa Penida, tapi at least saya pernah tuh ke tetangganya yang lebih kecil, alias pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Itu pun saya ke sana pas liburan ke Bali tahun 2014 bareng teman. Haha, sudah lama tapi belum sempet ditulis-tulis. Liburan ke Nusa Lembongan waktu itu hanya berupa short escape, karena hanya 3 hari 2 malam saja, soalnya hanya bisa segitu aja sih waktu itu, plus 2 hari 1 malam di pulau Bali.

Persiapan liburan ke Nusa Lembongan

Tentunya karena hanya punya waktu sebentar saja di pulau Nusa Lembongan, harus bisa memanfaatkan waktu sebisa mungkin untuk explore banyak hehe. Itinerary sudah dibuat, akan ke sini, sini, dan situ, termasuk berkunjung ke Nusa Ceningan. Rencana untuk menyewa motor ketika liburan ke Nusa Lembongan juga sudah dimasukkan ke dalam budget. Termasuk tentunya, icip-icip makanan di beberapa tempat makan yang jadi favorit pengunjung waktu di sana.

Persiapan sudah matang, tapi ada satu hal yang kelewat banget. Ini juga sebenarnya sudah masuk ke dalam rencana, tapi entah kenapa bisa kelewat. Persiapan uang cash!

Waktu itu di tahun 2014, hanya ada satu ATM yang tersedia di pulau Nusa Lembongan. Ya, mungkin kamu yang pernah ke sana, pasti tau deh ATM apa yang saya maksud hehe. Itu juga banyak yang bilang – termasuk waktu pas saya research itinerary, kalau ATM nya kadang hidup, kadang mati. Ya bisa dibayangkan sih, satu ATM untuk satu pulau. Dan benar aja dong, waktu saya ke sana, ATM nya ga berfungsi hehe.

Menyesal deh, padahal pas masih airport Soekarno Hatta, udah berencana untuk mampir ke ATM dulu dalam perjalanan dari airport ke dermaga. Tapi entah kenapa turun pesawat langsung aja panggil taksi dan bablas ke dermaga hahaha.

Rencana yang sudah disusun pun buyar, beruntung masih ada beberapa lembar uang di dompet kami, dan beruntung juga ada kartu kredit. Jadi untuk beberapa tempat makan, pembayaran pakai kartu kredit. Rencana mau sewa motor beberapa kali pun buyar hehe. Itu pun sebelum sewa, kami sampai benar-benar hitung sisa uang, jangan sampai ga ada uang sama sekali. Rencana untuk ke mangrove forest juga batal, karena kalau mau ke sana kan perlu siap uang cash hehe.

Ngapain aja di Nusa Lembongan

Lalu kalau sudah di Nusa Lembongan, enaknya ngapain aja dong?

1 | Main air

Kebetulan di hari pertama, kami mendapatkan paket untuk menikmati water activities dari tempat kami menginap di Lembongan Beach Club & Resort. Lumayan seru juga sih ya, namanya juga main air. Jadi kami dibawa agak menjauh dari pantai, dan selama kami bermain-main air, ya kami di atas kapal itu aja deh hehe. Di kapalnya sudah siap dengan banana boat dan lainnya.

Memangnya ngapain aja tuh di situ?

Waktu itu ada beberapa permainan air seru, yang pastinya kita udah pernah cobain semua sih ya, tapi ya tetap seru aja lah hehe. Misalnya ada snorkeling, banana boat, flying fish, sampai berjalan di bawah permukaan air hehe. Yang berjalan di bawah permukaan air sebenarnya jadi pengalaman pertama saya deh. Waktu itu saya dikasih helm yang memang berat. Jadi ya di helm itu mengalir oksigen dan di-design untuk kedap air. Menarik banget sih, tapi ya cukup dingin hehehe. Oh saya juga agak samar sih, waktu itu berjalan di bawah airnya bagaimana ya hahaha. Maklum ga ada foto pas di bawah laut.

aktivitas air di nusa lembongan bali - kadungcampur
Mau main air ga?

Yang seru ke dua adalah flying fish hehe. Ini benernya mirip seperti flying fish, tapi kalau waktu itu namanya ‘frenzy’ hehe. Agak berbeda dengan flying fish yang bisa sampai ‘terbang’ ya, dan kalau si frenzy ini ga sampai terbang, tapi level seramnya masih sama hehe. Takutnya kalau misalnya dibelokin terus mental deh kitanya 😀

Ngomong-ngomong tentang water activities, sebenarnya ada beberapa kok penyedia water activities di Nusa Lembongan. Pas saya di sana, sempat juga liat kapal yang udah dilengkapi dengan seluncuran yang langsung jatuh ke laut hehe.

2 | Explore pulau Nusa Lembongan

Beruntung banget di tempat kami menginap juga disediain tur untuk explore pulau dan gratis pula haha. Berhubung uang mulai menipis, ajakan untuk explore pulau langsung aja deh kami sambut. Kebetulan waktu itu sekalian pindah penginapan ke tempat yang lebih sederhana haha. Dan namanya juga tur gratisan, jadi we didn’t expect too much lah. Ga bisa juga lama-lama menahan si bli untuk nungguin kami foto-foto dengan berbagai angle dan dari berbagai sudut lokasi.

Spot pertama yang dikunjungi waktu itu adalah Dream Beach. Sayangnya kami ga sempat berkunjung langsung ke pantainya, tapi hanya melihat dari sisi kanan tebing. Kelihatan banget kalau Dream Beach ini memang asik banget buat disinggahi. Mungkin sesuai dengan namanya ‘Dream Beach’, pantai ini cocok kalau kita mau ‘dreaming’ alias berandai-andai hehe. Sambil duduk di atas pasir dengan pandangan melihat ke laut, dan selanjutnya bisa berangan-angan tentang tujuan hidup. Eh itu kontemplasi ya hehe.

dream beach nusa lembongan bali - kadungcampur
Ini si Dream Beach … Mau mimpi apa di sini? 🙂
dream beach nusa lembongan bali panoramic view - kadungcampur
Panoramic view dari Dream Beach, Nusa Lembongan

Spot selanjutnya adalah Devil’s tears. Sepertinya dinamain ini, dari semburan air yang terjadi akibat tabrakan antara ombak yang datang dengan si batu karang deh. Tapi sayang banget waktu saya ke sana ombaknya ya adem ayem aja, jadi ga kliatan ‘air matanya’ hehe, mungkin karena pas berkunjung ke sana juga pas tengah hari sih ya.

devils tears nusa lembongan bali - kadungcampur
Si Devil’s tears yang ga keliatan air matanya hehe

Spot terakhir yang sempat kami lihat adalah si Sandy bay. Bisa kebayang sih ya dari namanya, apa yang bisa kita harapkan. Sebuah pantai berpasir halus yang tersembunyi di dalam sebuah teluk. Mirip-mirip Dream beach berarti. Nah, kalau ke sini sih, memang paling enak pas sore hari, sambil melihat sunset hehe. Mau sambil makan-makan di Sandy Bay Beach Club yang terletak di Sandy Bay ya juga menyenangkan kok.

sandy bay nusa lembongan bali - kadungcampur
Sandy Bay dilihat dari tebing di sisi kirinya
sunset di sandy bay nusa lembongan bali - kadungcampur
Ke Sandy Bay enaknya pas sore hari sambil nikmatin sunset di Sandy Bay Beach Club 🙂

Oh iya, ada satu lagi spot yang cakep sih. Ini waktu kami naik motor, dan berkunjung ke panorama point. Di sini juga ada tempat makan, tapi kurang inget namanya apa hehe. Di sini kita bisa melihat bird’s-eye-view dari pulau Nusa Lembongan yang ke arah pantai Jungut Batu. Dan tentunya juga bisa melihat gunung Agung yang megah 😊

view point nusa lembongan bali - kadungcampur
View point di Nusa Lembongan, bisa ngeliat Gunung Agung juga di pulau Bali 🙂

3 | Jalan menyusuri pantai di Nusa Lembongan

Ini sebenarnya saya lakuin pas pulang dari tempat penginapan ke dua, Nanuk’s, ke meeting point penjemputan speed boat di (kalau ga salah sih namanya) Equator club yang terletak di Pantai Jungut Batu. Nanuk’s ini lokasinya berdekatan dengan Tamarind Beach, jadi kami pun mulai jalan dari sini. Tapi sebelum Tamarind Beach ini, ada yang namanya Mushroom Beach. Nah, dari situ ya, tinggal menyusuri jalanan di pinggir pantai, kemudian ada jalan setapak naik ke atas tebing.

jalan dari pantai ke pantai di nusa lembongan bali - kadungcampur
Jalan dari pantai ke pantai di Nusa Lembongan, melewati bukit ini antara Tamarind Beach dan Jungut Batu Beach

Sebenarnya pas naik ke atas tebing, kami melewati beberapa penginapan dan tempat makan juga kok. Jadi ya jalan setapak ini sekalian sebagai akses untuk ke penginapan-penginapan ini. Salah satu tempat makan yang paling saya suka adalah The Deck. Enak banget tempatnya lho. Sambil seruput minuman, kami dapat view cakep pantai Jungut Batu dan tentunya Gunung Agung.

mampir di the deck nusa lembongan bali - kadungcampur
Capek jalannya, istirahat dulu di The Deck, sambil nikmatin view cakep 🙂

Sepertinya kalau jalan di sore hari bakal lebih menyenangkan sih ya, tapi kami waktu itu jalannya agak siangan, jadi panas meleleh pas jalan di pantainya hahaha.

4 | Berkunjung ke Nusa Ceningan

Rasanya hampa kalau sudah liburan ke Nusa Lembongan, tapi ga berkunjung ke Nusa Ceningan. Lah wong tinggal nyebrang jembatan kuning yang iconic itu. Eh iya, waktu itu sih, sebelum menuju ke jembatan kuning, biasanya kita akan melihat rumput laut yang lagi dijemur oleh penduduk setempat.

ternak rumput laut nusa lembongan bali - kadungcampur
Banyak petani rumput laut di Nusa Lembongan 🙂

Nah, salah satu tempat yang patut dikunjungi di Nusa Ceningan adalah si Blue Lagoon. Kenapa ini menjadi salah satu yang terkenal di Nusa Ceningan, karena ada tebing untuk cliff-jump nya hehe. Dulu katanya sempat ada tangganya sih dari atas tebing ke bawah, jadi memudahkan untuk naik lagi ke atas. Tapi waktu saya ke sana, sepertinya sudah ga ada tangganya, tapi ya masih ada juga orang yang berani loncat sih ya hehe. Jadi dia naiknya dari bawah tebing yang ada semacam batu karang yang bisa dijadikan pijakan untuk naik ke atas lagi.

cliff jump blue lagoon nusa ceningan bali - kadungcampur
Nah, bisa keliatan kan, orang siap-siap cliff jump di Blue Lagoon, Nusa Ceningan, Bali

Sekarang sih kalau dibaca-baca, cliff jump di Blue Lagoon sudah dilarang sih ya, karena berbahaya. Bahaya bukan hanya karena takut kena batu karang pas loncat, tapi ombaknya. Takutnya nanti orang yang loncat, ga bisa balik lagi karena kuatnya arus ombak.

blue lagoon nusa ceningan bali - kadungcampur
Blue Lagoon dari angle berbeda

Selain Blue Lagoon, dulu paling yang cukup terkenal adalah salah satu penginapan di sana. Namanya Le Pirate Beach Club, yang bentuknya pondokan rumah kecil-kecil dengan view pantai dan Nusa Lembongan hehe. Tapi kalau sekarang mungkin udah ada beberapa lagi yang bisa dikunjungi di Nusa Ceningan, seperti misalnya Mahana point yang juga tempat untuk cliff jump, trus ada secret beach juga di sana hehe.

Kapan balik lagi liburan ke Bali?

Nah, ini pertanyaan bagus hahaha. Kalau kamu kapan rencananya mau liburan ke Bali lagi? Atau mungkin mau ngajakin liburan ke Nusa Lembongan lagi? Boleh aja sih haha, yang penting ajak-ajak saya dulu lah, ya. Nanti saya bisa bantu kamu cariin tiket pesawat ke Bali secara online seperti di Pegipegi, soalnya suka ada promo tiket pesawat murah ke Bali lho. Lumayan kan dapat diskonnya. Tinggal buka tab promo di website atau di app-nya dan tinggal copy kode promo yang ada di situ 😊

Setelah kita sampai di pulau Bali, kita tinggal pilih, mau nyebrang ke Nusa Lembongan lewat Pantai Sanur atau Benoa 😊. Kuy kuy!

santai di le pirate nusa ceningan bali - kadungcampur
Kapan nih liburan ke Nusa Lembongan lagi. Abis itu kita bisa mampir ke Le Pirate ini hehe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here