10 tempat yang patut dikunjungi saat liburan ke Bangka?

37
197
featured image ke mana aja liburan ke bangka - kadungcampur
Wah, pergi ke mana saja ya kalau liburan ke bangka?

Ke mana aja saat liburan ke Bangka? – Kunjungan ke Bangka sebetulnya merupakan satu paket dengan kunjungan saya ke Belitung. Cerita ini berdasarkan trip saya ke sana pada pertengahan tahun 2017 ya, iya udah dua tahun lalu, tapi baru sempat buat blog post nya sekarang haha.

(Baca juga : Hore akhirnya liburan ke Belitung)

Sebenarnya kalau mendengar kata ‘Bangka’, pasti kita langsung inget dengan martabak Bangka haha. Ya memang benar sih, salah satu makanan yang saya pengen coba waktu ke Bangka dulu adalah martabak haha. Dan selain martabak pun, ada banyak makanan lainnya yang patut dicobain kalau lagi liburan ke Bangka.

Eh tapi di blog post yang sekarang, saya mau share lebih tentang itinerary saat liburan ke Bangka, mungkin lain kali baru share tentang makanan di Bangka, ya. Oke, so, kira-kira ke mana aja pas liburan ke Bangka?

Bangka itu terbilang cukup luas, dan saya hanya cuma punya waktu beberapa hari saja buat explore. Satu hari pun rasanya ga bisa berkunjung ke banyak tempat di Pulau Bangka, apalagi saya suka perginya agak siang haha. Sepuluh tempat di sini campur-campur ya, ga hanya pantai.

6 parai beach resort pangkal pinang bangka - kadungcampur
Pantai Parai, salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika jalan-jalan ke Bangka

Daftar lokasi yang patut dikunjungi saat liburan ke Bangka, saya urutkan berdasarkan urutan kedatangan saya dan teman ke lokasi, ya:

  • Hari pertama: dari airport, kami hanya berkunjung ke dua lokasi saja, yaitu Jembatan EMAS dan Pantai Pasir Padi
  • Hari ke dua: sepanjang hari ini, kami dedikasikan untuk berkunjung ke pantai-pantai di Sungailiat
  • Hari ke tiga: ini yang agak nekad sih haha, karena membelah pulau Bangka dari barat ke timur hehe, bahkan di tengah-tengah sempat mampir ke daerah Belinyu untuk berkunjung ke Goa Belinyu dan Pantai Belinyu haha.

10 tempat buat dikunjungi saat liburan ke Bangka

1 | Jembatan EMAS Bangka

Waktu saya baru sampai di Bangka, sebenarnya tujuan awalnya langsung ke tempat penginapan, ya. Tapi tiba-tiba waktu itu, saya iseng tanya ke supir taksi, enaknya ke mana ya dekat-dekat sini sebelum ke hotel? Langsung deh dibawa ke Jembatan Emas ini. Kata ‘Emas’ di sini bukan karena warnanya emas ya, tapi ternyata merupakan singkatan dari nama mantan Gubernur Bangka Eko Maulana Ali Soeharso.

jembatan emas pangkal pinang bangka dari kejauhan - kadungcampur
Jembatan EMAS Bangka dilihat dari kejauhan

Seru aja ya foto-foto di sini hehe, apalagi pas jembatannya diangkat seperti ini, jadinya ga terlalu banyak kendaraan yang lalu lalang.

jembatan emas pangkal pinang bangka timo wp indonesian travel blogger - kadungcampur
Jembatan EMAS yang jadi salah satu objek wisata di Bangka

2 | Pantai Pasir Padi

Setelah berkunjung ke Jembatan Emas, bapak supir taksi membawa saya dan teman berkunjung ke salah satu pantai terdekat. Ga jauh sih dari Jembatan Emas ini. Namanya Pantai Pasir Padi. Ini saya rasa merupakan salah satu pantai yang cukup populer di Bangka, karena saya lihat udah banyak warung gitu di sini.

pantai pasir padi pangkal pinang bangka - kadungcampur
Pantai Pasir Padi di Bangka yang lokasinya dekat dengan kota Pangkalpinang

Selain itu pantainya terbilang cukup memanjang ke tengah (atau melebar ya istilahnya?), plus memang udah ada semacam dibuat blocking berupa susunan batu-batuan ga jauh dari pantainya, untuk memecah ombak sih ya, dan melindungi pantai dari abrasi. Jadi rasanya cocok juga sekalian buat ajak keluarga untuk berwisata sekalian ke sini

Ga jauh dari Pantai Pasir Padi sebenarnya ada Bangka Botanical Garden, tapi rasanya ga mungkin untuk mampir ke sini, secara kami masih naik taksi hehe. Mungkin lain kali, ya.

3 | Pantai Tikus

Pantai Tikus ini terletak di daerah Sungailiat, dan di daerah Sungailiat ada banyak pantai. Beruntung saya dan teman saya memang udah ada rencana sewa mobil dan nyetir sendiri, jadi bisa berkunjung ke beberapa pantai sekaligus dalam satu hari. Apalagi kami juga mengajak teman kami yang orang Bangka asli, jadi lebih enak explore-nya hehe.

Pantai Tikus ini hanyalah sebuah nama hehe, jadi bukan karena ada banyak tikus ya di sini hehe. Kalau kamu ke tetangganya yang bernama Pantai Tikus Emas, kamu bisa lihat ada beberapa patung berupa Tikus Emas di pantainya.

pantai tikus pangkal pinang bangka - kadungcampur
Pantai Tikus jadi pantai favorit saya di Sungailiat, Bangka

Pantai Tikus ini juga jadi salah satu favorit saya, karena ada banyak banget batu granit gede-gede. Jadi menyenangkan kalau buat foto-foto juga. Makanya agak lama kami di sini hehe. Batu-batu granit ini tersusun menurun, dari atas menuju pantai. Jadi waktu itu saya turunnya ya sambil pelan-pelan merosot atau melompat ke batu di bagian bawah.

pantai tikus pangkal pinang bangka - kadungcampur
Saya malah menghabiskan waktu yang cukup lama karena foto-foto ketika di Pantai Tikus, Bangka haha

Oh iya, di dekat pantai ini juga terdapat pagoda yang namanya Puri Tri Agung. Karena posisi pagodanya lebih ke atas dari si pantai, jadi kita bisa dapat view yang lebih oke dari atas sini. Dan, misalnya kamu bawa kendaraan sendiri, kamu juga bisa parkir di pagoda ini sih.

pagoda puri tri agung pangkal pinang bangka - kadungcampur
Jangan lupa ke pagoda Puri Tri Agung ya kalau sudah di Pantai Tikus

4 | Pantai Tanjung Pesona

Lokasi Pantai Tanjung Pesona dari Pantai Tikus memang agak menjauh. Kalau saya cek dari data waktu di foto saya, jaraknya sekitar 20 menitan.

pantai tanjung pesona pangkal pinang bangka - kadungcampur
Pantai Tanjung Pesona dengan rumah-rumahan beratapkan biru di dekat pantai

Pantai Tanjung Pesona ini terletak di dalam sebuah resort, yang bernama Tanjung Pesona Resort. Di pantai ini terdapat sebuah rumah-rumahan kecil dengan atap berwarna biru yang didirikan agak menjauh dari pantai. Dari pantai ke rumah-rumahan ini dihubungkan dengan sebuah jembatan kecil hehe. Cakep dong tentunya kalau mau foto-foto di sini hehe.

5 | Pantai Parai

Nah, Pantai Parai ini juga merupakan bagian dari sebuah resort, namanya Parai Beach Hotel and Resort. Resort ini sebenarnya agak luas. Kalau misalnya kita jalan dari arah parkir ke kanan, nanti kita akan melihat semacam gerbang kecil dengan burung elang di atasnya dan ada tulisan Marina Bay. Ini juga nanti mengarah ke pantai yang ada rumah-rumahan atau gazebo yang dibuat agak menjauh dari pantai. Jadi rumah-rumahan ini juga dihubungkan dengan jembatan sederhana.

parai beach resort pangkal pinang bangka - kadungcampur
Di pantai Parai juga ada ada rumah-rumahan atau gazebo gitu sih ~ di area Marina Bay, ya

Lalu kalau kita balik lagi ke arah resortnya trus ke luar ke pantainya dan ke arah kiri, nanti ada semacam pondokan yang juga bagian dari resort tersebut, kalau ga salah semacam restoran deh. Tapi di balik pondokan ini ada semacam ‘kolam’ alias bagian pantai yang terlindungi dengan batu-batuan granit. Pengen nyemplung di sana, kayaknya enak haha, tapi mesti bergerak ke pantai yang lain hehe.

parai beach resort pangkal pinang bangka - kadungcampur
Di belakang saya ini lah yang saya sebut dengan ‘kolam’ alami di Pantai Parai hehe. Pengen nyebur kan rasanya?

6 | Pantai Matras

Salah dua pantai yang cukup ramai dikunjungi di Pulau Bangka adalah Pantai Matras. Bentukan pantainya juga mirip dengan Pantai Pasir Padi, yaitu pantai yang melebar ke tengah dan cukup panjang juga. Dan juga ada semacam blocking berupa karung-karung pasir di pantainya, untuk mencegah abrasi.

pantai matras pangkal pinang bangka - kadungcampur
Pantai Matras yang populer di Bangka

Kalau dari segi lokasi sih, Pantai Pasir Padi lebih dekat dengan kota Pangkalpinang, nah kalau Pantai Matras ini agak ke utara atau bisa dibilang lokasinya di timur laut pulau Bangka.

Sempet liat sih ada kuda di Pantai Matras, berarti bisa naik kuda di pantai dong ya? Seru juga sih rasanya hehe.

naik kuda di pantai matras pangkal pinang bangka - kadungcampur
Eh ada kuda juga di Pantai Matras hehe. Ada yang pernah naik?

7 | Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang merupakan penutup dari kunjungan berantai ke pantai-pantai di daerah Sungailiat. Jadi sebenarnya urutan di atas, merupakan urutan kedatangan saya di pantai tersebut hehe.

sunset di tanjung kelayang pangkal pinang bangka - kadungcampur
Ga jauh dari Pantai Matras, ada Pantai Tanjung Kelayang

Berhubung udah mendekati malem, jadinya kami di sini ya santai aja sambil menikmati sunset. Ga terlalu keliatan memang, karena pada dasarnya lokasi pantainya ada di bagian timur pulau hehe.

Dari Pantai Tanjung Kelayang ini, teman kami yang orang Bangka, mengajak kami jalan ke arah kanan pantai dan ngelewatin sebuah ‘kolam’ alami, trus sampai naik-naik ke batu segala. Dan sepertinya kami sampailah di pantai Teluk Limau. Pantai Tanjung Kelayang dan Pantai Teluk Limau ini memang jaraknya berdekatan sih hehe.

tanjung kelayang pangkal pinang bangka - kadungcampur
Pantai Tanjung Kelayang di Sungailiat, Bangka

8 | Goa Maria Belinyu Bangka

Setelah hari sebelumnya berkunjung ke pantai-pantai, hari berikutnya lokasi yang dikunjungi lebih bervariasi. Kunjungan pertama langsung meluncur ke Goa Maria di daerah Belinyu, Bangka. Lokasi Belinyu tuh ada di daerah utara pulau Bangka, jadi ya terbilang cukup jauh, ya kalau dari arah kota Pangkalpinang haha.

goa maria belinyu pangkal pinang bangka - kadungcampur
Berkunjung ke Goa Maria di daerah Belinyu, Bangka

Sebenarnya Goa Maria ini lebih ke wisata rohani di Bangka, ya, misalnya kita mau ada berdoa secara khusus, ada bilik hening untuk berdoa. Soalnya kami pun sempat bertemu dengan satu grup Ibu-Ibu dari Jawa Tengah (kalau ga salah ingat) yang datang ke sini khusus untuk berdoa juga, selain tentunya sekalian jalan-jalan di Pulau Bangka deh.

goa maria belinyu pangkal pinang bangka - kadungcampur
Sambil wisata ke Bangka, sekalian juga bisa wisata rohani nih di Goa Maria, Belinyu

Oh iya, di lokasi ini juga sebenarnya sudah di-setting sekalian untuk tempat ibadah, karena ada mimbar dan tempat duduknya segala. Tapi memang areanya terbuka ya.

9 | Pantai Belinyu, Bangka

Secara Pantai Belinyu lokasinya berada di satu daerah dengan Goa Maria, ya udah deh sekalian dikunjungi. Pantai Belinyu cakep juga untuk dikunjungi. Sebelum masuk ke pantainya, seperti melewati ‘gerbang’ dari pepohonan dan batu granit.

pantai belinyu pangkal pinang bangka - kadungcampur
Pantai Belinyu juga sudah rame lho …

Pantai Belinyu juga terbilang sudah cukup ramai kok, sudah tersedia beberapa warung-warung di pinggir pantai pun. Bentuk pantainya juga mirip dengan pantai di Pulau Bangka lainnya, yaitu ada batu-batu granit besar juga.

pantai belinyu pangkal pinang bangka - kadungcampur
Walau udah foto dengan batu-batu granit di pantai-pantai pulau Bangka, tetep aja di Pantai Belinyu foto lagi dengan batu granit hehe

Selain itu, di area sebelum pantainya juga ada area rerumputan dengan sebaran batu-batu granit. Mirip taman lah ya jadinya hehe.

pantai belinyu pangkal pinang bangka - kadungcampur
Melihat area ini di dekat pantai Belinyu langsung aja foto hehe

10 | Mercusuar Tanjung Kelian

Wuiiiihh, yang tau lokasi mercusuar Tanjung Kelian di Bangka pasti bakal ngerti, jauhnya seperti apa (kalau dari Pangkalpinang) hahaha. Jauhhh banget haha, secara ini lokasinya di ujung barat, alias di daerah Muntok, Bangka. Sebenarnya di daerah Muntok atau Mentok ini, ada beberapa lagi tempat yang bisa dikunjungi, ga hanya mercusuar ini, tapi berhubung sampainya udah menjelang malam pun, jadi ya mau gimana lagi hehe.

mercusuar tanjung kelian muntok pangkal pinang bangka - kadungcampur
Ini foto mercusuar Tanjung Kelian yang saya ambil setelah turun dari mercusuarnya hehe

Sesampainya di Mercusuar Tanjung Kelian, saya pun bergegas langsung masuk dan naik ke atas. Wow, ke atasnya juga butuh tenaga dan napas yang kuat haha, secara ada 18 tingkat untuk menuju ke atas. Sampai di atas, ya udah deh, tinggal menikmati suasana senja sambil melihat sunset dari merusuar Tanjung Kelian hehe.

mercusuar tanjung kalian muntok pangkal pinang bangka - kadungcampur
Pas naik ke atas mercusuar Tanjung Kelian, sempet beberapa kali foto-foto biar ga ketinggalan momen ~ takut gelap hehe. Padahal sekalian atur napas 😀

Ga lama setelah matahari terbenam, hari pun mulai beranjak gelap, dan kami pun mulai menyetel Google Maps untuk perjalanan balik ke hotel di daerah Pangkalpinang.

melihat sunset dari mercusuar tanjung kelian muntok pangkal pinang bangka - kadungcampur
Yeay, sampe juga di atas mercusuar Tanjung Kelian. Sayang sunsetnya ketutupan awan huehue.

Lebih enak sewa mobil sendiri ketika liburan ke Bangka

Ini bener banget sih, membantu banget kami yang memang waktunya singkat. Jadi setiap hari harus dimanfaatkan dengan baik. Beruntung banget, sudah ada banyak banget tempat sewa mobil di Bangka, bahkan yang lepas kunci juga. Jika dibandingkan dengan sewa mobil dan supir, saya lebih suka sewa mobil lepas kunci, alias menyetir sendiri, karena waktunya bisa bebas sih. Dan lagian, biasanya harga sewa mobil yang lepas kunci sudah untuk 24 jam, jadi lumayan toh, bisa dipake sampai malam lagi hehe.

Oh iya, untuk sewa mobil begini, biasanya ada yang bisa diantar ke hotel, atau ada juga mesti diambil di tempat penyewaannya. Jadi tinggal pilih-pilih aja mana yang cocok, apalagi sekarang kalau mau sewa mobil udah bisa secara online, jadi bisa gampang banget banding-bandinginnya, ya.

Keuntungan lain dari sewa mobil lepas kunci adalah bisa berhenti di mana aja yang kita mau. Saya bahkan sempat berhenti beberapa kali pas on the way ke tempat tujuan haha. Misalnya waktu on the way ke Pantai Belinyu, kok ketemu pepohonan yang sedang meranggas. Dan ga hanya satu pohon aja lagi. Langsung deh kami memutuskan untuk berhenti haha.

sewa mobil sendiri biar bisa berhenti di tempat oke seperti ini saat perjalanan ke pantai belinyu pangkal pinang bangka - kadungcampur
Enaknya sewa mobil lepas kunci tuh bisa berhenti di mana aja, termasuk ini waktu menuju ke Pantai Belinyu

Lalu pas dalam perjalanan ke daerah barat pulau Bangka, kami menyebrangi sebuah sungai. Dan kami juga sempat berhenti sebentar di situ untuk foto-foto di jembatannya haha. Iseng banget memang, tapi ya mumpung kan.

sewa mobil sendiri biar bisa berhenti di tempat oke seperti ini saat perjalanan ke wisma menimbung pangkal pinang bangka - kadungcampur
Mumpung bawa mobil sendiri yes, nemu spot cakep langsung berhenti hehe

Apa lagi ya spot wisata di Bangka?

Percaya ga, sebenarnya sebelum kami ke Mercusuar Tanjung Kelian, kami pengen banget ke Wisma Menumbing, tempat Soekarno dan Hatta diasingkan. Sayang banget ternyata pas kami sampai ke sana, sudah tutup.

Selain itu di Bangka pun ada danau kaolin lho, tapi di daerah Koba. Ini daerahnya beda lagi, karena berada di selatan Pangkalpinang haha. Dan hari kunjungan kami di Bangka juga sudah habis, mau ga mau harus skip deh ini.

Kira-kira selain ini ada lagi ga, ya?

37 KOMENTAR

  1. Halo, Mas Timo apa kabar? Waaah, yang udah liburan ke Bangka wajahnya sumringah gini di foto2nya 🙂 Semua spot kelihatan indah dan adem kayaknya ya soalnya serba air hihihi. Jadi kepengen lihat sunset dari mercusuar Tanjung Kelian deh. pasti keren! Sama berada di jembatan di Pantai Parai 😀

  2. Kubaru tahu kalau jembatan emas bisa terangkat gitu. Seru banget liburan ke Bangkanya, bisa jadi rekomendasi tempat nih kalau suatu hari main ke Bangka. Thanks infonya, Mas. Salam kenal 😊

  3. Pas aku ke Jembatan Emas, lalu lintasnya lebih sepi lagi, bisa foto-foto clear tanpa kendaraan. Kalo mau clear, datanglah pagi-pagi 😀
    Jembatan Emas ini aku kunjungi juga secara dadakan karena liat Google Maps hehe.

    Karena cuma efektif punya waktu 1 hari buat eksplor (aku mendarat sore lalu balik pagi-pagi di hari ketiga), aku cuma berhasil ke Pantai Tikus, Tanjung Pesona, sama Pantai Pasir Padi. Gak sempet eksplor Sungailiat, Muntok, atau Danau Kaolin itu. Padahal udah kepoin juga tuh Pantai Parai, Tanjung Kelayang, mercusuar, dan obyek-obyek lainnya di atas. Btw kamu nggak masuk ke dalam Pura Tri Agung, koh?

    Karena cuma sendiri, jadi waktu itu aku sewa motor.

  4. Pantai2 di bangka, identik bgt sama munculnya/adanya bebatuan yang menjulang ke atas, beda banget sama pantai pantai di P.Jawa, kalou pun ada itu berupa karang. Bukan granit yang seperti di Bangka

    Kereeen

  5. Udah sering diajakin ke Bangka, eh tapi kok belum gerak juga nih. Kayaknya emg harus disempatin nih buat icip pempek khas Bangaka juga. Katanya gak kalah enak dengan pempek Palembang.

  6. Wah, memang banyak pantai keren di Bangka sana. Saya paling suka lihat view di Pantai Tikus (namanya unik, ya) Dan juga Pantai Parai. Lihat view di atas mercusuar juga oke, meski tertutup awan. Ah, suka deh baca ulasan tentang ini. Berasa ada di sana juga.

    • Aku nyewa mobil beberapa hari sih, sktr 700-800ribuan kl ga salah per hari. Lepas kunci jadi enak harian hehe.
      Waktu itu mobilnya Avanza kok, jadi bisa rame2.

  7. Saya udah cukup sering mendengar cerita keindahan kota Bangka. Bahkan jauh sebelum film Laskar Pelangi tayang yang bikin banyak orang ingin ke Bangka. Soalnya tante saya menikah dengan orang Bangka. Jadi suka diceritain seperti apa keindahan kotanya. Sayangnya belum pernah sekalipun saya ke sana. Padahal pengen banget ya main dari pantai ke pantai dan kulineran sampai puas

  8. Halo mas Timo, ini saya yang dari gariswarnafoto. Wah keren juga nih ya Bangka, sayang saya belum ada kesempatan untuk berkunjung ke sini. Kalau ada rezeki saya mau ke sini nih mas.

  9. Jadi gimana rasanya martabak bangka, mas? Apakah sama seperti saat beli di luar Bangka? hihi. Tapi spot di sini nggak kalah seru sama di Belitung ternyata. Saya kok malah jadi pengen foto di jembatan Emas pas diangkat gitu jembatannya, belom pernah lihat haha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here