Karir melesat dengan ikut LDP Home Credit Indonesia

2
180
ldp home credit indonesia banner featured image - kadungcampur

Karir melesat dengan ikut LDP Home Credit Indonesia – Dulu setelah lulus kuliah, tentunya sebagian besar dari kita ingin langsung kerja di perusahaan yang bonafid dan tentunya yang bisa memberikan kita banyak kesempatan untuk berkembang. Sama kayak dulu setelah saya lulus kuliah, sasarannya pasti ingin masuk program Management Trainee atau juga dikenal dengan Leadership Development Program (LDP). Ini bisa dibilang program yahud yang bisa melesatkan karir kita setelah lulus programnya.

Apakah itu LDP?

Well, setau saya, LDP atau program MT tuh akan memberikan kita banyak pengalaman, karena akan di-rolling ke berbagai divisi, mulai dari divisi operations, sales, marketing, dan bisa juga sampai ke divisi personalia. Semuanya dijajal. Ini fungsinya agar kita dan pihak manajemen bisa tau, mana sih bidang yang cocok buat kita. Atau ada juga perusahaan yang memberikan kebebasan para peserta untuk langsung memilih bidang atau divisi yang dia sukai. Enak toh, nambah ilmu, kemudian digaji pula hehehe.

Proses seleksi LDP

Tapi tentunya, semua harus dilewati dengan serius dan kerja keras. Bahkan untuk masuk ikutan LDP juga, seleksinya berlapis!

Kita ambil contoh perusahaan Home Credit Indonesia yang sebentar lagi mau mengadakan LDP batch IV.

Proses penyaringan peserta LDP Home Credit Indonesia tuh bisa sampai 5 tahapan, mulai dari pendaftaran, online test, phone interview, reasoning & leaderless group discussion, dan terakhir adalah interview dengan Home Credit Indonesia. Proses pencarian peserta pun, ga kalah dengan seleksi para pencari bakat nyanyi di TV itu, karena digelar di lima kota besar di Indonesia, mulai dari Bandung, Surabaya, Jakarta, Jogja, dan terakhir Medan.

Wow, pasti peminatnya banyak, ya? Makanya untuk proses penyaringan awal, ada beberapa syarat LDP Home Credit Indonesia yang harus dipenuhi:

  • Berusia maksimal 25 tahun
  • Lulusan S1 dengan IPK 3.00 atau lulusan S2 dengan IPK 3.30
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik
  • Memiliki passion yang tinggi dalam leadership
  • Menyukai tantangan dalam dunia kerja
  • Aktif dan senang berinovasi dengan lingkungan.
syarat ldp home credit indonesia - kadungcampur
Syarat ikut LDP Home Credit Indonesia 

Memangnya apa sih keuntungan mengikuti LDP itu? Kok proses seleksinya sampai bertahap gitu?

Keuntungan ikut LDP

Pastinya ini karena para manajemen mau kalau para peserta bisa sukses di perusahaan mereka, dan menjadi the next leader di perusahaan mereka. Kira-kira bisa menebak ga, berapa lama yang dibutuhkan seseorang untuk menjadi Assistant Manager dari sejak masuk? Kalau kamu ikut LDP, bisa aja kamu jadi seorang Assistant Manager di tahun kedua! Contohnya aja nih si Boy Al Idrus, yang merupakan lulusan LDP Home Credit Indonesia tahun 2016.

Boy Al Idrus ini sebenarnya merupakan lulusan hukum, tapi dia beranikan dirinya buat apply LDP Home Credit Indonesia. Pengalaman yang didapat selama program ini sangat berharga banget, karena dia bisa dimentori secara langsung oleh C-Level dari Home Credit Indonesia, salah satunya sang Chief Marketing & Strategy Home Credit Indonesia, Miroslav Hlavac. Dan dalam waktu dua tahun, Boy bisa mendapatkan 3 kali promosi jabatan, hingga yang terakhir adalah Head of Product & Pricing Strategy! Keren ya keuntungannya, bisa langsung belajar sama CMO, plus karirnya cepat naik!

keuntungan ikut ldp home credit indonesia - kadungcampur
Keuntungan daftar dan jadi peserta LDP Home Credit Indonesia 

Tentunya manfaat ikut LDP ga hanya itu aja. Kalau misalnya perusahaan tersebut perusahaan global, seperti Home Credit Indonesia, nanti para alumni LDP, juga punya kesempatan untuk mencicipi kerja di cabang yang berada di negara lain, atau bahkan di Head Quarter Home Credit yang ada di Praha, Ceko. Eits, bukan berarti ini jalan-jalan seperti kayak liburan ya hehe. Ini lebih tepatnya berupa business trip atau job shadowing, ya mungkin ada jalan-jalan sedikit saat weekend ya.

Oh iya, ini ada video alumni LDP Home Credit Indonesia, monggo ditonton, ya, siapa tau kamu bisa terinspirasi:

Yuk daftar LDP Home Credit Indonesia

Udah baca kan keuntungan-keuntungan kalau kamu mengikuti LDP? Mau merasakan jalur cepat untuk jenjang karirmu? Kebetulan nih, Home Credit Indonesia akan mengadakan walk-in-interview di Jakarta untuk Leadership Development Program batch ke-4. Walk-in-interview di Jakarta memang dibuat agar kamu yang belum sempat daftar online, bisa langsung meluncur ke sini, untuk apply program ini. Dicatat ya tanggalnya:

Walk-in-interview LDP Home Credit Indonesia batch IV (Jakarta)

Tanggal                 : 26 September 2018
Jam                        : 08:00 – selesai
Lokasi                    : Ruang Auditorium Pusat Studi Jepang UI. Kampus UI Depok. Jl. Prof. Dr Selo
Soemardjan, Pondok Cina, Kota Depok

Karena ini walk-in-interview, alias kamu langsung datang, makanya kamu jangan lupa bawa CV hardcopy, ya 😊

Nah, setelah bulan ini di Jakarta, nanti bulan depan, giliran kota Jogja yang bisa mengikuti walk-in-interview LDP Home Credit Indonesia. Disimpan ya tanggalnya:

Walk-in-interview LDP Home Credit Indonesia batch IV (Jogja)

Tanggal                 : 11 Oktober 2018
Jam                        : 08:00 – selesai
Lokasi                    : Hall Perpustakaan Sekolah Vokasi UGM. Jl. C Simanjuntak no. 76A, Caturtunggal,
Kota Yogyakarta

Nah, karena untuk yang Jogja, waktunya masih lama nih, kamu bisa lho daftar online.

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran online bisa langsung klik di sini.

walk in interview ldp home credit indonesia - kadungcampur
Jadwal walk-in-interview LDP Home Credit Indonesia batch IV 

Sekilas tentang Home Credit Indonesia

Dari tadi ngobrolin Home Credit Indonesia, kira-kira kamu tau ga itu perusahaan apa? Jangan lupa lho melakukan riset tentang perusahaan ya, sebelum proses interview hehe, siapa tau nanti ditanyakeun.

Jadi Home Credit Indonesia itu merupakan perusahaan pembiayaan untuk beragam produk, seperti smartphone, furniture, gadget, alat elektronik, sampai aksesoris mobil. Home Credit Indonesia, yang merupakan bagian dari group Home Credit (seperti yang tadi sudah saya bilang, memiliki kantor pusat di Praha, Ceko), sudah berdiri sejak tahun 2013. Walaupun tergolong cukup baru, tapi Home Credit Indonesia memiliki perkembangan yang pesat dari segi bisnis dan penyebaran cabang.

Dari segi bisnis, Home Credit Indonesia berhasil mencatat pembiayaan sebesar Rp. 5.3 triliun di tahun 2017, yang ternyata meningkat 194.44% dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan pembiayaan tentunya harus dibarengi dengan segi kontrol dari non-performing financing (NPF). Kerennya, Home Credit Indonesia bisa menjaga angka NPF di 0.53% per Juni 2018, masih di bawah angka yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau dilihat dari segi cabang dan titik penjualan, Home Credit Indonesia sudah memiliki lebih dari 14,000 titik penjualan di 114 kota di Indonesia (per 30 Juni 2018). Jumlah ini dibantu dengan pengembangan bisnis ke 48 kota di seluruh Indonesia di sepanjang tahun 2018. Dan dari semuanya ini, Home Credit Indonesia berhasil melayani 2.7 juta pelanggan.

Sebagai perusahaan global, tentunya Home Credit Indonesia ga mau ketinggalan kereta, ya. Makanya mereka udah membuat aplikasi mobile ‘My Home Credit Indonesia’ yang bisa digunakan untuk melihat promo, status kontrak, dan beberapa hal lainnya. Selain itu, untuk kenyamanan pelanggan, Home Credit Indonesia juga udah bisa memotong durasi persetujuan permohonan pembiayaan dari 30 menit menjadi hanya 3 menit saja.

Nah, seru sepertinya bekerja di perusahaan yang lagi giatnya berkembang. Jadi jangan sampai ketinggalan LDP Home Credit Indonesia batch IV, ya. Masih mau baca-baca tentang programnya, nih, sekali lagi saya kasin linknya, tinggal klik di sini.

ldp home credit indonesia banner - kadungcampur
Yuk, daftar LDP Home Credit Indonesia! Jangan lupa catat tanggal walk-in-interview ya 🙂 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here