Kerja sama Sinar Mas Land dan Grab demi terwujudnya kawasan teknopolis BSD

0
218
acara penandatangan kerja sama sinar mas land dan grab featured image timo wp indonesian lifestyle blogger - kadungcampur

Kerja sama Sinar Mas Land dan Grab – kalau membaca kata kawasan teknopolis BSD, sebenarnya saya pernah tuh membuat sebuah blog post tentang salah satu kerja sama Sinar Mas Land. Saat itu kerja sama Sinar Mas Land dan Puspitek untuk membangun sebuah galeri ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi – atau disingkat dengan GIPTI. Kerja sama ini merupakan kerja sama ke sekian yang telah dilakukan oleh Sinar Mas Land untuk mewujudkan kawasan teknopolis BSD. Oh iya, ada sebutannya untuk ini, yaitu an integrated smart digital city ?.

acara penandatangan kerja sama sinar mas land dan grab - kadungcampur
Acara penandatangan kerja sama Sinar Mas Land dan Grab Indonesia

Kalau bicara soal kerja sama Sinar Mas Land dengan pihak lainnya, mungkin kita pernah mendengar Apple Developer Academy? Tentunya ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang teknologi. Dan nanti, tidak hanya ada Apple Developer Academy, karena rencananya juga ada Grab Innovation and Engineering Lab di gedung yang sama, yaitu di GOP 9, BSD City.

Kerja sama Sinar Mas Land dan Grab

Kalau orang melihat kawasan property Sinar Mas Land, khususnya BSD City, pasti masih inget bagaimana keadaan dulu dan bagaimana keadaan yang sekarang. Bedanya banyak, tapi tentunya pengembangan ini membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan sampai beberapa dekade, kata Ridzki Kramadibrata, Presiden Direktur Grab Indonesia, di acara penandatangan kerja sama Sinar Mas Land dan Grab.

Ridzki Kramadibrata, Presiden Direktur Grab Indonesia

Ridzki Kramadibrata, Presiden Direktur Grab Indonesia, di acara penandatangan kerja sama Sinar Mas Land dan Grab Indonesia

Bisa dilihat sih memang, sekarang BSD City itu seperti apa? Sudah punya gedung expo yang megah, yang sering digunakan untuk pameran automotive skala besar yang diadakan setiap tahun, selain itu sudah banyak perusahaan-perusahaan yang memilih berkantor di sini, seperti contohnya Unilever. Bahkan universitas pun juga sudah dibuka di sini, seperti Universitas Prasetiya Mulya.

Lalu bagaimana dengan si Grab?

Well, sebagai salah satu penyedia layanan ojek dan taksi online, Grab merupakan sebuah perusahaan besar yang baru saja menyandang predikat Decacorn pertama di Asia Tenggara.

Decacorn apaan tuh?

Decacorn itu merupakan perusahaan yang memiliki valuasi atau nilai sebanyak 10 x dari sebuah unicorn. Jadi kalau dihitung-hitung, mulai dari US$10 Miliar, maka perusahaan sudah menyandang gelar Decacorn ini. Menurut CNBC, nilai Grab setelah suntikan dana dari Softbank Vision Fund senilai US$1.46 Miliar, menembus di angka US$14 Miliar. Otomatis Grab menjadi sebuah perusahaan Decacorn.

penandatangan kerja sama sinar mas land dan grab - kadungcampur
Penandatangan kerja sama Sinar Mas Land dan Grab Indonesia, disaksikan oleh Anthony Tan, CEO of Grab

Makanya kalau melihat latar belakang dari kedua perusahaan ini, kerja sama yang terbentuk menjadi sangat menarik.

Rencana Grab di BSD City

Kalau kita buka aplikasi Grab, tentunya sekarang sudah berkembang jauh dari pas awal masuk ke Indonesia. Dulu Grab hanya sebuah aplikasi layanan ride-hailing, kalau di sini dikenal dengan sebutan layanan ojek dan taksi online. Tapi sekarang Grab sudah banyak menambah aplikasinya agar bisa memenuhi banyak kebutuhan penggunaanya. Makanya sekarang tagline dari Grab adalah everyday super app, alias bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mulai dari mobilitas, antar makanan, antar barang, hingga jadi alat pembayaran digital alias non-tunai.

Grab Innovation and Engineering Lab

Ada banyak rencana Grab di BSD City ini. Sebelumnya sudah disebut akan dibangun Grab Innovation and Engineering Lab, yang merupakan pusat penelitian dan pengembangan inovasi. Nanti dengan adanya fasilitas ini, diharapkan bisa menciptakan sistem transportasi yang cerdas dan tertata, contohnya urusan mapping alias pemetaan. Pastinya kesel dong ya, kalau susah nentuin pick-up point yang tepat, karena akhirnya mesti nulis tambahan informasi buat driver-nya hehe. Nah, nantinya diharapkan dengan mapping yang lebih baik, tentunya titik penjemputan dan pengantaran akan lebih akurat.

Program Grab Ventures Velocity

Selain Grab Innovation and Engineering Lab, nantinya juga ada yang namanya program Grab Ventures Velocity di kawasan BSD City. Sebagai salah satu perusahaan startup digital yang berkembang pesat dan baik, tentunya akan sangat menyenangkan dan berguna untuk belajar langsung dengan orang-orang di balik Grab ini. Makanya program ini dibuat khusus untuk para startup yang ingin meningkatkan bisnis mereka. Di sini akan ada serangkaian sesi pelatihan dan mentoring juga kok.

Kitchen by GrabFood

Dukungan Grab terhadap para pelaku bisnis ternyata masih ada lagi, kali ini khusus untuk UMKM dengan produk kuliner. Kitchen by GrabFood akan membantu UMKM lokal dengan mendirikan dapur satelit. Misalnya aja kamu berasal dari NTT dan punya rumah makan se’i alias daging asap asal Kupang. Kalau kamu ingin memperluas bisnismu ke luar kota, seperti contohnya di kawasan BSD City, Tangerang ini, kamu ga perlu bingung tentang bagaimana modal membuat dapur di BSD City ini.

Dengan adanya dapur satelit dari Kitchen by GrabFood ini, kamu bisa menggunakan dapur ini untuk memasak makanan daging asap andalanmu. Lalu customernya siapa ajakah? Lho ya pastinya para pengguna Grab dong, ya. Menurut data dari GrabFood, angka pengiriman makanan sudah meningkat hingga delapan kali lipat sejak bulan Januari 2018 hingga Januari 2019 – peningkatan ini juga berbarengan dengan peningkatan jumlah merchant.

What’s next?

Yes, what’s next? Well, penandatanganan kerja sama Sinar Mas Land dan Grab aja baru berlangsung nih, udah tanya what’s next ya hehe. Yang penting, semoga kerja sama ini bisa memberikan manfaat, ga hanya bagi orang-orang yang tinggal di kawasan BSD City, tapi juga kepada semua masyarakat Indonesia.

kerja sama grab indonesia dan sinar mas land michael widjaja ridzki kramadibrata anthony tan - kadungcampur
Semoga kerja sama Sinar Mas Land dengan Grab Indonesia terus langgeng dan semakin memberikan manfaat untuk masyarakat Indonesia, ya 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here