Kapan terakhir kamu ke kantor Pos Indonesia?

1
83
timo wp di depan kantor pos indonesia kota tua jakarta - kadungcampur
Hayoo kapan kamu terakhir ke kantor Pos Indonesia?

Kapan terakhir kamu ke kantor Pos Indonesia? – Hayooo, kapan hayooo? Pertanyaan yang bagus kan, ya, apalagi sejak adanya teknologi digital, jadi sepertinya orang lebih suka mengirim surat secara elektronik, alias e-mail.

Ngomongin soal Pos Indonesia, sepertinya hubungan saya dengan Pos Indonesia, sudah berlangsung lama banget, jauhhh ke belakang sejak saya kecil. Sebagai orang yang masuk di kategori Generasi Y, saya sebenarnya termasuk beruntung kok, masih bisa merasakan jaman analog saat dulu, dan jaman digital saat sekarang.

Sejarah saya dan Pos Indonesia

Waktu SD

Samar-samar seingat saya, waktu SD, kami murid-murid sempat diajarkan bagaimana mengirim surat atau kartu pos. Kami diajarkan di mana tempat prangko ditempelkan, bahkan kami juga diajari cara menulis surat. Dan sekarang saya jadi keingat kalau sebenarnya saya dulu sempat punya satu album khusus untuk menyimpan prangko, baik prangko bekas maupun prangko yang baru hadiah dari orang tua saya. Bahkan dulu juga sempat ada acara tukar prangko haha. Saya bahkan sempat diomongin oleh orang tua saya, karena prangko yang saya tukar sebenarnya ada yang harganya mahal haha.

Waktu SMP

Lalu beranjak ke tingkat SMA, saya memiliki teman yang orang tuanya bekerja di kedutaan. Jadi ada yang pernah tinggal di Belanda, Amerika, dan banyak lagi deh. Dan akhirnya pun ada salah satu teman saya yang harus meninggalkan sekolah kami, karena orang tuanya ditugaskan ke luar negeri. Satu-satunya cara untuk tetap keep in touch adalah dengan surat atau kartu pos. Senang rasanya dapat kartu pos dengan gambar dari negara tempat si teman ini berada, maklum dulu belum ada yang namanya internet hehe.

Waktu kuliah

Nah, pas saya kuliah, hubungan saya dengan Pos Indonesia mulai agak intense nih. Berawal dari kesukaan saya dengan grup band asal Irlandia, The Corrs. Saya termasuk salah satu fans die hard nya The Corrs haha. Oh iya, di era ini, sudah mulai ada era internet ya haha. Jadi untuk menambah koleksi album musik The Corrs, saya sampai hunting CD (ya, dulu CD masih populer) sampai ke luar negeri. Mungkin ada yang pernah tau website auction terkenal dari luar negeri? Di situ biasanya suka ada orang yang jual CD yang memang keluaran dari negaranya. Kok sampai bela-belain beli dari luar negeri? Ya, karena biasanya ada bonus lagu, atau CD nya ga dirilis di Indonesia.

Berhubung dulu ga ada kartu kredit, lalu saya pun berpikir, bagaimana caranya bisa bayar barang-barang yang saya mau, ya? Dan saya pun diajarin oleh salah satu penjual di website tersebut, untuk mengirim uang cash yang sudah ditutupin dengan kertas majalah atau apalah hehe. Dan kirimnya harus dengan registered mail alias kilat tercatat. Makanya saya langsung ke kantor pos terdekat untuk kirim ini. Agak nekat memang, jadi jangan dicontoh ya haha.

Lalu untuk pengiriman barang yang saya beli bagaimana? Ya berarti lewat pos biasa, berarti lewat Pos Indonesia kok, dan waktu itu ada perkiraan sampainya tanggal berapa gitu. Makanya saya sering banget nungguin bapak pos lewat depan rumah pas di sekitaran tanggal segitu. Misalnya belum sampe juga, biasanya saya langsung nyamperin kantor pos dekat rumah saya untuk tanya statusnya haha. Terniat memang.

Sempat kirim barang ke luar negeri juga

Karena saya waktu itu juga sempat join sebuah forum yang isinya penggemar The Corrs dari berbagai negara, makanya saya juga punya kenalan fans The Corrs dari luar negeri. Sampai suatu waktu ada yang minta tolong saya untuk mengirimkan CD The Corrs keluaran Indonesia. Entah mungkin dia juga koleksi CD The Corrs keluaran dari berbagai negara juga ya haha.

Berhubung saya waktu itu sama sekali belum pernah kirim apa pun ke luar negeri, makanya saya diajarin oleh dia, bagaimana packing-nya biar oke, dan dia pun request untuk dikirim menggunakan kilat tercatat. Lebih mahal tapi yang penting barangnya selamat. Makanya saya pun jadinya suka ke kantor pos, kirimin barang titipan dari fans The Corrs di luar negeri. Dan dari sini, saya pun mengenal yang namanya EMS alias Express Mail Service. Kalau saya baca-baca informasi di website Pos Indonesia, estimasi perkiraan delivery time untuk EMS sekitar 5 hari dan sekarang sudah menjangkau sekitar 230 negara lho!

Sekarang Pos Indonesia ga hanya untuk pos saja lho

Kalau dilihat dari cerita saya di atas, udah bisa ketebak kalau hubungan saya dengan Pos Indonesia sudah berjalan puluhan tahun haha. Dan di perjalanan puluhan tahun itu pula lah juga terjadi transformasi Pos Indonesia dan mulai menambah layanan yang ga hanya mengirim barang atau dokumen saja. Bisa dilihat layanan dari Pos Indonesia yang tersedia sekarang di bawah ini, ada yang namanya Pospay.

transformasi pos indonesia - kadungcampur
Transformasi layanan Pos Indonesia

Kantor Pos Indonesia sebagai tempat pembayaran juga kok!

Saya sebenarnya juga sudah cukup tau beberapa tahun belakangan ini kalau kita bisa bayar-bayar tagihan di kantor pos. Namun baru sekitar 2 atau 3 tahun terakhir ini saya coba sendiri. Waktu itu saya lagi di Bandung dan saya mau bayar PBB. Awalnya saya coba ke salah satu bank yang ditunjuk sebagai perwakilan untuk pembayaran PBB, tapi saat itu antriannya panjang banget dan pas ada lagi gangguan jaringan. Duh saya pikir kalau menunggu antrian sepanjang ini dan pas lagi ada gangguan, kayaknya bakal telat deh. Makanya saya coba tanya ke satpamnya, di mana lagi saya bisa membayar PBB ya? Dan jawabanya kantor pos.

Wah, iya bener juga ya, kenapa ga kepikiran dari tadi haha. Dan langsung lah saya meluncur ke kantor pos untuk bayar PBB yang jaraknya ga terlalu jauh. Ealah, malah sepi lho hehehe. Waktu itu petugasnya sempat ragu, karena memang lagi ada gangguan jaringan, tapi katanya dicoba dulu ya. Dan ternyata berhasil terbayar di percobaan ke-2. Yeay, senang banget waktu itu, jadinya ga telat bayar deh hehe.

Dan ternyata, ga hanya untuk pembayaran PBB aja kok, bahkan di kantor Pos Indonesia sudah bisa untuk membayar cicilan kredit, PLN, kartu kredit (untuk beberapa bank), beli pulsa, top up e-Money, dan bahkan untuk bayar transaksi belanja online kita! Wow makin komplit aja, ya.

belanja online bayar di kantor pos - kadungcampur
Bayar transaksi belanja online pun sekarang sudah bisa di kantor Pos Indonesia

Lebih lengkapnya jenis layanan pembayaran dari Pos Indonesia sebagai berikut:

  • PLN: Rekening listrik.
  • Multi Finance (Angsuran Kredit): ADIRA Finance, FIF, BAF (Bussan Auto Finnace), PT Summit Oto Finnace (OTO Kredit Motor), WOM Finance, SUZUKI Finance, Kreditplus, Prima Finance, Para Finance, Mandala Finance, BFI Finance, Avrist, MCF, MAF, ITC Finance, Tunas Finance, Columbia Finance, Oto Multiartha, Mandiri Tunas Finance, serta mitra lainnya.
  • Pajak dan Penerimaan Negara: MPN-G2, PBB dan pajak-pajak daerah.
  • PDAM: Palyja, Aetra, ATB Batam dan 214 PDAM di Indonesia.
  • Pulsa dan Telco: Telkom, Telkomsel, Indosat (Mentari, Matrix, IM3), PT Axiata Excelcomindo (XL), 3 (Three), NTS (Axis), Nusapro, Net-1.
  • Perbankan dan Asuransi (Kartu Kredit, Personal Loan): BTN, Citibank, HSBC.
  • Belanja Online: Bukalapak, Lazada, MatahariMall, Elevenia, MNC Shop, Blibli.com, Tokopedia, Easy Shopping, Pay @WU (Amazon).
  • Pembayaran Lainnya: Zakat, TV Kabel, Ticket Citilink, KAI.

Bisa kirim uang juga di kantor pos

Kalau sebelumnya ada layanan Pos Indonesia untuk melakukan pembayaran, di Pos Indonesia juga ada layanan pengiriman uang kok, yang namanya Weselpos cash ke rekening BCA. Ini merupakan bentuk kerjasama antara BCA dan Kantor Pos untuk menyediakan layanan kiriman uang ke rekening bank secara on-line. Batas nominal transfer nya pun cukup besar, yaitu di angka Rp. 25 juta.

Caranya gampang banget kok, kita tinggal datang ke kantor Pos Indonesia terdekat, dan bilang aja mau transfer online ke rekening BCA. Kita hanya perlu bawa kartu identitas pribadi aja, baik KTP, SIM, atau passport. Sebagai buktinya, kita nanti akan terima resi sebagai bukti transaksi berhasil 😊

transfer uang online pakai weselpos - kadungcampur
Sekarang kita juga bisa transfer uang online di kantor Pos Indonesia

Jadi kapan terakhir kamu ke Pos Indonesia?

Wah, balik lagi deh ke pertanyaan awal di judul, kapan kamu terakhir kali ke Pos Indonesia nih? Nah, monggo lho di share ya di kolom komen. Sekarang sih saya mau buka kiriman rak sepatu yang dikirim orang tua saya pakai Pos Indonesia dua hari lalu 😊

kantor pos indonesia di cirebon - kadungcampur
Oh iya, saya juga suka fotoin gedung kantor pos kalau pas travelling hehe. Ini salah satu kantor pos di Cirebon 🙂

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here