Advertisements

Jogja itu ngangenin, ya

Author: | Posted in Wisata 18 Comments

Demam film Ada Apa Dengan Cinta 2 sepertinya sudah lewat (atau masih ada nih?), tapi rasa kangen sama Jogja kok masih ada, ya? Jadi inget beberapa waktu lalu di bulan Februari 2016, saya mampir jalan-jalan di Jogja setelah menyelesaikan etape ke-3 dari Datsun Risers Expedition yang berlangsung di Sumatera selama 5 hari itu.

mural-grafiti-prawirotaman-jalan-jalan-di-jogja-

Djogja Asyik!

Waktu itu saya cuma punya waktu beberapa hari saja untuk jalan-jalan di Jogja, makanya saya mutusin untuk stay di daerah yang cukup populer, yakni di Prawirotaman. Jadi saya pikir kalo tinggal di daerah situ, maka akan sedikit lebih mudah untuk menjangkau daerah lain pake ojek online (hehe), dan juga dekat dengan jalan yang cukup populer lainnya, jalan Tirtodipuran. Bahkan banyak banget café dan tempat makan bertebaran di Prawirotaman dan Tirtodipuran. Jadi tidak perlu jalan jauh untuk mencari makan.

(Baca juga: 6 Cafes and Restaurants in Tirtodipuran, Jogja)

Makanan enak selama di jalan-jalan di Jogja

Selama saya 4 harian di Jogja, yang saya inget dan kangenin tuh ya makanannya dan temen-temen yang saya temui di Jogja. Coba deh, masa saya diajakin makan di Angkringan Kang Harjo. Di sini, para pengunjung boleh ngambil makanan sesukanya, tentunya sesuai budget dompet ya hehe. Jadinya saya malah kalap ngambilin lauk sampe piring rasanya penuh. Di atas piring selain nasi ½, ada bihun, tahu isi, telor, sate usus, dan satu lagi apa ya ga inget hehe. Duh, jadi kalap mata gitu ya, sampe harga makanan saya lebih mahal dari makanan teman-teman yang lain hehe.

angkringan-kang-harjo-jalan-jalan-di-jogja-

Gilee itu makanan semua bisa kita ambilin sepuasnyaaa, nti Kang Harjo jadi seneng dagangannya lakuuu wkwk (Jogja – Indonesia)

makanan-angkringan-kang-harjo-jalan-jalan-di-jogja-

Bihun, telor, tahu, sate usus … … dll. – at Kang Harjo (Jogja – Indonesia)

Terus setelah itu, saya diajakin sama temen-temen blogger Jogja makan sate klathak di Bantul. Makan sate klathak tuh bener-bener bikin ketagihan, ya! Dagingnya empuk, dan gaya buakarnya pun unik, karena bakarnya pake jeruji besi bukan tusuk lidi. Jadinya kalo pake jeruji besi, dalemannya juga kepanggang deh, jadi makin empuk puk puuukkk. Selain sate tentunya ada temennya sate kambing, si tongseng dan gule kambing. Hmm … oke, fix, sekarang jadi ngiler ngebayangin sate klathak :’(

sate-klathak-pak-pong-bantul-jalan-jalan-di-jogja-

Sate Klathak yang bikin ketagihan (Bantul – Indonesia)

Selain itu, saya juga sempet diajakin makan kriuk-kriuk di HotHotCrispy alias H2C ama temen-temen blogger Jogja lagi. Di sini ya namanya kriuk-kriuk, berarti semuanya serba dilapisi kriuk-kriuk ya, seperti ayam, udang, dan cumi kriuk, apalagi sausnya akih bingits, saya aja ampe lupa nama-namanya haha! Duh tuh kan banyak banget tempat makan di Jogja dan sekitarnya yang mesti dicobain!

onion-ring-hothotcrispy-jalan-jalan-di-jogja-

Onion ring di H2C. Eh tp yang patut diperhatiin tuh saosnya ada buanyak (Jogja – Indonesia)

Tentunya setelah makan banyak seperti gitu berhari-hari, saya perlu dessert deh di hari terakhir di Jogja, apalagi pas itu Jogja lagi panas-panasnya. Untung di deket penginepan di Adhisthana Hotel – Jalan Prawirotaman, ada tersedia tempat gelato enak, namanya Tempo Gelato. Mungkin makannya pake tempo, ato sambil baca majalah tempo, ato mengenang kenangan tempo dulu. Semuanya bisa! Yang penting di sini bisa milih berbagai jenis gelato, seperti contohnya coffee, oreo, gitu-gitu deh. Lah ini jalan-jalan di Jogja atau makan-makan di Jogja. Apa aja deh, yang penting enak haha! 

tempo-gelato-prawirotaman-jalan-jalan-di-jogja-

Makan pake tempo eh gelato di Tempo Gelato menutup makan-makan di Jogja eh maksudnya jalan-jalan di Jogja

Ke mana aja waktu itu selama di Jogja

Sebenarnya saya yang termasuk slow traveler ya, jadi ga perlu madetin jadwal kunjungan ke beberapa tempat dalam 1 hari. Lagian, saya juga sudah ada beberapa kegiatan lainnya di sana, jadinya saya cuma pergi ke hutan pinus di Mangunan yang lagi terkenal itu, dan letaknya di luar kota Jogja. Berangkatnya ke sini aja udah agak siang, plus nyari-nyari sewaan motor, apalagi setelah keluar dari hutan pinus, eh langit udah mendung, makanya langsung meluncur ke kota terdekat dan nongkrong di tempat makan (dan makan lagi!) hehe.

hutan-pinus-mangunan-jalan-jalan-di-jogja-2

Yeay! Saya di hutan pinus Mangunannnnn …

Di hutan pinus ini cukup rame dikunjungi orang-orang, ada yang dateng sendiri dengan tongsisnya, ada yang serombongan dengan teman-teman sebayanya, ada juga yang dateng sekeluarga. Jadi yang penting di sini itu adalah foto-foto narsis sambil enjoy suasana di dalam hutan. Walaupun waktu itu banyak orang yang dateng, tapi karena areanya cukup luas, jadi masih ada kok spot-spot buat menikmati hutan pinus ini. Dan juga di sini ada beberapa view point, dengan pemandangan elok daun-daunan dari atas. Eh iya, karena banyak yang mau nikmatin view dari view point ini, jadi coba diliat juga apakah ada yang nungguin kita di bawah. Kalo iya, ya kita sewajarnya aja di atas, jangan berlama-lama hehe 😉

salah-satu-view-point-hutan-pinus-mangunan-jalan-jalan-di-jogja-

Ini salah satu view point di hutan pinus Mangunan. Hayooo berani ga naiknya?!

pemandangan-dari-view-point-lookout-hutan-pinus-mangunan-jalan-jalan-di-jogja-

Ini dia view-nya dari atas view point yang lebih tinggi 😀 – at Hutan Pinus Mangunan

Eh tapi, ngomong-ngomong, btw, sebenarnya seru juga jalan-jalan sedikit di daerah Prawirotaman dan sekitarnya, karena kita bisa menemukan spot-spot lucu untuk difoto. Seperti spot ini yang terletak di gang kecil penghubung antara jalanan penginapan saya dan sebelahnya. Atau ga, kita bisa juga nemuin dinding-dinding yang sudah dihiasi mural ini.

mural-grafiti-prawirotaman-jalan-jalan-di-jogja-2

Salah satu mural di jalan Prawirotaman (Jogja – Indonesia)

seni-art-jalan-jalan-di-jogja-

Mejeng di salah satu gang Prawirotaman (Jogja – Indonesia)

Huft, akhirnya kelar sudah cerita trip terakhir saya ke Jogja, dan sekarang saya makin kangen Jogja! 

Ingin balik lagi ke sana sambil jalan-jalan di Jogja dan sekitarnya, termasuk Kota Gede, terus tentunya makan … makan … dan makan lagiiii! Haha.

Eh iya, kalo kamu sendiri kangen Jogja karena apa nih? 😉

sepeda-ontel-adhisthana-hotel-prawirotaman-jalan-jalan-di-jogja-

‘Yuk, Abang boncengin naik sepeda keliling Jogja, Dek!’ 😉 – di Adhisthana Hotel, Jalan Prawirotaman (Jogja – Indonesia)

Advertisements
Comments
  1. Posted by Nasirullah Sitam
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by indahjuli
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by DoNurdians
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Hastira
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by Dunia remaja
    • Posted by Timothy W Pawiro
  6. Posted by Dee - @HEYDEERAHMA
    • Posted by Timothy W Pawiro
  7. Posted by Frutablend
    • Posted by Timothy W Pawiro
  8. Posted by Alam
    • Posted by Timothy W Pawiro
  9. Posted by M. Moko - garisbatas.com
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment