Hore akhirnya bisa liburan ke Belitung

2
85
hore akhirnya liburan ke belitung - kadungcampur

Hore akhirnya bisa liburan ke Belitung – Pernah ga sih udah mengungkapkan cinta dua kali, eh tapi dua kali juga gagal haha. Itu persis sama dengan rencana pergi ke satu tempat, tapi gagal lagi dan lagi. Saya jadi keinget dulu, duluuuu banget, saya ada rencana mau liburan ke Belitung. Pas banget ketika saya ada rencana itu, ada pula promo tiket murah dari satu maskapai, eh ga lama kemudian maskapainya tutup. Kalau percobaan ke dua ke Belitung yang gagal, karena sayanya yang ga bisa haha. Akhirnya saya pun ga terlalu mikirin tuh yang namanya liburan ke Belitung.

Sampai beberapa tahun kemudian di tahun 2017, teman saya pun, @josepsibuea, mengajak saya buat nemenin di ke Bangka Belitung sekaligus. Wah kebetulan banget nih, impian lama yang sudah terperosok jauh ke dalam bumi, akhirnya muncul lagi ke permukaan hehe. Akhirnya, saya pun mengiyakan ajakan dia untuk liburan ke Bangka Belitung.

Berhubung kalau dijadiin satu cerita liburan ke Bangka Belitung, jadi mending dipisah aja, ya. Kalau yang sekarang ceritain pengalaman liburan ke Belitung dulu deh. Trus karena pas di Belitung juga jalannya ke mana-mana, jadi kali ini, lebih ke island hopping di Belitung yang udah diceritain banyak orang, ya haha. Ya gimana dong, emang tujuannya ke Belitung awalnya adalah island hopping trus naik ke atas mercusuar dan foto dari atas, sama lihat-lihat tempat Laskar Pelangi di Pulau Belitungnya hehe.

First thing first, cari kapal buat island hopping!

Mungkin kalau yang udah pernah jalan sama saya, saya tuh orang masuk kategori slow traveler. Kalau ga kekejar ya udah, next time come back again lah haha. Makanya untuk sewa perahu buat island hopping di Belitung pun belum. Sempat sih cek sana-sini, browsing internet sana-sini, tapi harganya kurang bersahabat untuk kami yang hanya berdua orang ini haha.

Sesampai di Bandara Belitung, Bandar Udara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin, kami pun langsung minta si bapak driver buat bantu antar kami sebentar ke pantai Tanjung Kelayang. Karena yang dari kami baca-baca, di sinilah awal dari island hopping saat liburan di Belitung. Makanya kalau mau cari penyedia tour island hopping di Belitung, langsunglah meluncur ke sini.

tiba di airpot belitung tanjung pandang - kadungcampur
Tiba di airport Belitung

Sebenarnya kami sampai di Belitung udah cukup sore, karena kami ambil flight Wings Air dari Bangka yang jam 14:25 dan tiba di Belitung jam 14:55. Makanya saat tiba di pantai Tanjung Kelayang, sudah agak sepi sih. Sepertinya kalau siang, masih banyak island hopping tour provider yang buka. Oh iya, jangan bayangkan berbentuk toko seperti ruko ya tempatnya, tapi lebih ke warung makan.

Kami pun jalan dari tempat parkir mobil sampai agak ke ujung. Bahkan sempet foto-foto pulau Batu Garuda yang udah  keliatan banget dari sisi kami haha. Setelah diskusi santai dengan Josep dan nego-nego sedikit, akhirnya kami memilih yang agak di ujung. Harganya cukup oke lah kalau untuk berdua, karena udah termasuk makan. Totalnya sekitar Rp. 602,000. Kurang ingat ini total termasuk uang tip atau ga haha.

pantai tanjung kelayang belitung - kadungcampur
First thing first setelah tiba di Belitung adalah cari yang sedia island hopping tour haha

Setelah deal dengan orang di warung, kami pun langsung buru-buru balik ke mobil, biar cepet-cepet sampe di hotel juga. Lagian takut diomelin si supirnya karena kelamaan haha. Untungnya kami waktu itu memilih tinggal di BW Suite di beberapa malam pertama, jadi tinggal selurusan aja dari Pantai Tanjung Kelayang.

Hore, akhirnya bisa island hopping di Belitung!

Waktu itu kami dibantu oleh seorang anak muda, namanya Pandi. Kirain dia bakal dibantu lagi oleh yang lain, ternyata untuk island hopping saat itu, cukup dia seorang aja. Mungkin karena kapalnya juga ga gede-gede amat, ya.

Kira-kira kalau kita ikutan island hopping di Belitung, rata-rata biasanya akan mengunjungi pulau-pulau yang hampir sama, sekitar lima pulau. Dan kalau misalnya kita memang menyewa kapal untuk grup kita, berarti ya tergantung lama kita ngabisin waktu di tiap pulau. Biasanya kalau di awal sama tengah udah lama, akhirnya di akhir malah cuma seiprit doang, seperti kami waktu itu haha.

timo wp indonesian travel blogger island hopping belitung - kadungcampur
Woohoo akhirnya island hopping juga di Belitung 🙂

Pulau Batu Berlayar dengan batu-batu gedenya

Pulau Batu Berlayar merupakan perhentian pertama kami. Pulaunya unik banget, karena hanya terdiri dari gundukan pasir dan batu-batu granit. Ada dua batu granit gede menjulang tinggi. Nah, bentuk si batu granit yang gede inilah yang tampak seperti layar kalau dilihat dari agak jauhan.

pulau batu berlayar island hopping belitung - kadungcampur
Pulau Batu Berlayar dengan batu granitnya yang segede-gede gaban

Walaupun si pulau Batu Berlayar ini cuma seuprit, tapi sepertinya kami berdua ga mau cepet-cepet pergi ninggalin si pulau ini. Kan jarang-jarang ya nemu pulau dengan batu-batu granit yang gede seperti di sini. Lagian kami juga menunggu momen pulaunya agak sepian dikit huaha.

pulau batu berlayar island hopping belitung timo wp indonesian travel blogger - kadungcampur
Leyeh-leyeh dulu ahhh …

Dan seperti biasa, saya tuh ya kalau jalan-jalan, kebiasaannya suka lama di spot pertama. Padahal masih ada lagi pulau-pulau yang lain haha.

 

pulau batu berlayar island hopping belitung batu granit - kadungcampur
Oh iya nih penampakan batu granitnya yang gede-gede

Pulau Pasir yang timbul di saat air surut

Pulau Pasir seperti ini sepertinya ada juga di beberapa kepulauan lainnya ya, yang hanya timbul saat air surut, dan memang ga ada apa-apa di sini selain pasir dan bintang laut. Oh iya, dari sini juga udah bisa keliatan tuh mercusuar yang lokasinya ada di pulau selanjutnya.

pulau pasir island hopping belitung 1 timo wp indonesian travel blogger - kadungcampur
Serasa jalan di atas catwalk …

Terus emang ngapain aja di sini kalau ga ada apa-apa? Foto-foto aja lah, ngapain lagi. Anggap lah gundukan pasir yang timbul sebagai catwalk, dan difoto ala-ala lagi jalan aja :D. Atau ga, pergi ke bagian paling ujung dari pulau pasir, trus difoto lagi sambil duduk dan menikmati alam. Jangan lupa foto pas lompat juga haha. Hmm, abis itu pose apa lagi, ya?

pulau pasir island hopping belitung 2 timo wp indonesian travel blogger - kadungcampur
Kapan ya kubalik lagi ke sini? 😀

Pulau Lengkuas dengan mercusuarnya

Ini dia yang ditunggu-tunggu. Nyampe ke Pulau Lengkuas buat naik ke atas mercusuarnya. Pengen banget ke atas dan ambil foto dari atas. Pasti udah sering lihat dong ya foto kapal-kapal yang terlihat kecil dari atas haha. Nah iya, pengen foto kek gitu juga. Oh iya, karena ini ada mercusuar, jadi pulau ini termasuk yang berpenghuni. Dari jauh bisa keliatan rumah-rumahannya yang ternyata warung makan juga.

pulau lengkuas island hopping belitung mercusuar 1 - kadungcampur
Hooreee sampe juga di mercusuar!

Sebelum masuk, di depan mercusuarnya ada papan info sedikit. Jadi mercusuar ini ternyata dibangun oleh Pemerintahan Kolonial Belanda di tahun 1882, dan sampai sekarang masih aktif, karena untuk memandu kapal yang mau keluar masuk dermaga Pulau Belitung. Tau ga, mercusuar ini punya berapa lantai? Dua belas lantai! Sanggup naik?? Sangguplah! Demi foto!

pulau lengkuas island hopping belitung mercusuar 2 - kadungcampur
Nih tinggi banget kan?! Haha.

Dengan penuh semangat, kaki-kaki pun menopang badang untuk masuk ke dalam kompleks mercusuar dan tiba-tiba mata pun membaca kertas pengumuman yang ditempel di samping pintu mercusuar. Mercusuar ditutup untuk umum!! Apahh?!?! Kok bisa?! *mata zoom in zoom out kayak di sinetron*

pulau lengkuas island hopping belitung mercusuar timo wp indonesian travel blogger - kadungcampur
Sedihnyooo, ga bisa naik hiks 🙁

Sedihlah hamba membaca pengumuman ini. Padahal bulan sebelumnya sempat lihat foto kang @irhamfaridh sempat foto di atas mercusuar huhuhu. Ya sudah lah, apa boleh buat? Masa mau merangkak naik kayak Spiderman?

Jadi akhirnya kami hanya keluyuran di Pantai Lengkuas sambil mencari spot cakep buat foto. Eh untung nemu deh. Di sisi kiri pantai dari arah mercusuar, ada semacam ‘kolam’ alami yang airnya ga gitu dalem. Sebenarnya itu sih karena dikeliling sama batu-batuan, ya. Cukup lama juga kami di sini, sampe yang tadinya agak rame, terus sepi huehehe.

pantai lengkuas island hopping belitung timo wp indonesian travel blogger - kadungcampur
Ga bisa naik ke atas mercusuar, ya udah main di kolam aja dah 😀

Oh iya, ternyata setelah ini ada agenda snorkeling juga kok. Ga jauh dari Pulau Lengkuas. Berhubung saya ga ada kamera underwater, jadi ya udah ga foto-foto hehe.

Makan siang di Pulau Kepayang

Akhirnya makan siang juga di Pulau Kepayang. Sebenarnya juga udah masuk kategori late lunch, secara itu udah jam 3 haha. Maklum, kelamaan di spot-spot sebelumnya. Rasanya mungkin kalau datangnya pas tepat jam makan siang, tempatnya bakal rame banget, ya? Soalnya pas kami dateng ga terlalu rame sih hehe. Oh iya makan siangnya lupa makan apa aja, karena udah laper juga, jadi ga keburu difoto 😀

pulau kepayang island hopping belitung makan siang - kadungcampur
Late lunch di Pulau Kepayang

Berhubung island hopping di Belitung akan berakhir sebentar lagi, emang rasanya ga pengen cepet-cepet pulang sih ya. Tetep foto-foto dulu di pantai. Oh iya, ada juga papan nama Pulau Gede Kepayang dengan bendera merah putih berkibar, bisa juga dijadiin buat spot foto.

pulau kepayang island hopping - kadungcampur
Mayan, ada tempat buat foto-foto hehe

Sebenarnya kalau saya mampir ke sebuah pulau yang ga terlalu besar, kaki tuh rasanya gatal banget buat eksplore keliling pulaunya. Tapi berhubung hari udah semakin sore, akhirnya mau ga mau ya kami pamit deh sama Pulau Kepayang.

Pulau Batu Garuda yang asal lewat aja

Pulau Batu Garuda adalah spot yang liatnya cuma seiprit aja haha. Ga turun pun ke pulaunya, padahal kalau saya baca-baca di blog orang, bisa juga melipir ke pulau sebelahnya yang memang pantainya nyambung aja gitu. Sayang sih, tapi tidak apalah, udah cukup puas seharian ini.

Oh iya, kalau penasaran kenapa dinamai itu, lihat aja batu yang berbentuk kepala burung mirip garuda itu di tengah pulaunya hehe.

pulau batu garuda island hopping belitung - kadungcampur
Hayooo yang mana yang bentuknya kayak garuda? 🙂

Well, that’s the end of our island hopping in Belitung!

Kapan nih giliran kamu liburan ke Belitung?

Mungkin saat memutuskan untuk liburan ke Belitung, kamu dan temen jalanmu bisa aja bingung, enakan ke Bangka dulu atau ke Belitung dulu ya? Kalau kami sih memilih ke Bangka dulu, karena kami pikir tujuan utama liburan kami memang di Belitung, jadi kami taruh di belakang hehe. Tapi toh apa pun pilihannya, yang penting berangkat aja deh.

Dari Bangka ke Belitung juga gampang kok, ada beberapa pilihan, mulai dari naik kapal jet buat nyebrang antar pulau, atau pilih naik pesawat aja. Kalau naik pesawat juga paling sekitar 30 menitan sih, seperti yang saya bilang tadi.

Tapi apapun pilihanmu, yang penting diniatin aja deh dulu untuk liburan ke Belitungnya, tinggal cari aja tiket pesawat online seperti di website Pegipegi. Kalau kamu berangkat dari Jakarta ke Belitung (Tanjung Pandan), udah tersedia semua maskapai kok di sini, mulai dari Garuda Indonesia, Batik Airlines, Citilink, dan lainnya. Tinggal pilih aja jadwal yang sesuai.

website pegipegi - kadungcampur
Sik asik banyak promo juga lho di Pegipegi 😀

Setelah tiket pesawat, di website Pegipegi kita bisa sekalian cari penginapan yang tersedia di Belitung kok. Ada banyak pilihan, termasuk tempat saya menginap dulu di BW Suite. Tinggal cari aja lokasi yang sesuai dengan itinerary. Yang terpenting adalah di Pegipegi juga banyak promo menarik kok huehe.

So, kapan giliran kamu berangkat dan liburan ke Belitung?

island hopping belitung timo wp indonesian travel blogger with pandi - kadungcampur
So kapan liburan ke Belitung? Jangan lupa island hopping deh, ya! Ini foto sama Pandi 😉

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here