Hidup tambah menarik dengan Philips Hue

0
234
smart lighthing philips hue featured image - kadungcampur

Hidup tambah menarik dengan Philips Hue – Kira-kira udah pernah mendengar atau familiar dengan istilah ‘smart home’, belum? Jadi kalau saya cek di Wikipedia, ‘smart home’ atau rumah pintar, itu bisa disebut juga dengan ‘home automation’ atau rumah otomatis. Rumah otomatis atau rumah pintar ini mempunyai sebuah sistem yang bisa mengontrol beragam perlengkapan/peralatan yang ada di rumah, misalnya pencahayaan, suhu, entertainment, bahkan sampai ke sistem keamanan, tentunya dengan bantuan koneksi internet, ya.

Mungkin kalau yang sistem keamanan, kamu pernah liat di film-film. Misalnya si empunya rumah pasang CCTV di dalam rumah, jadi bisa dipantau keadaannya walau dia lagi ga di rumah. Dan selain itu, untuk keamanan, si empunya rumah juga bisa mengatur sistem pencahayaan di rumahnya ketika lagi pergi. Misalnya diatur ketika malam, lampu otomatis menyala. Jadi kalau dari luar, orang akan merasa bahwa ada orang di dalam rumah. Padahal mah lagi di luar ya hehe.

So far sih saya kalau pakai lampu ya buat penerangan aja ya, dan biasanya lampu yang saya pakai biasanya warnanya putih atau ada juga yang kuning sih. Tapi ternyata yang namanya sistem pencahayaan sekarang udah agak lebih advanced deh, apalagi bisa kita atur-atur, bahkan menyesuaikan dengan mood kita hehe.

Udah ada yang tau tentang si Philips Hue?

Pastinya kita sudah sering mendengar yang namanya brand ‘Philips,’ yang sudah malang melintang di industri pencahayaan. Tapi saya baru tau, kalau nama perusahaan brand ‘Philips’ tuh namanya Signify. Kalau di website Signify, ada penjelasan kalau Signify merupakan nama baru dari perusahaan Philips Lighting.

Apa aja produk yang dipunyai oleh si Signify ini? Mulai dari brand Philips sendiri, lalu ada juga yang namanya Philips Hue, serta beberapa brand lainnya. Nah, yang namanya brand Philips Hue inilah saat ini dikategorikan sebagai smart lighting dan bisa jadi bagian dari smart home yang sudah saya sebutkan di awal.

timo wp is trying to change the colour of philips hue - kadungcampur
Nyobain Philips Hue dulu 🙂

Memang apa aja sih keunggulan dari penggunanan Philips Hue ini?

Sesuaikan dengan mood

Setiap orang tentunya punya warna favorit masing-masing, warna apa aja yang bisa membuat mereka ceria, mana aja yang bisa membuat mereka mellow, dan seterusnya. Dengan Philips Hue, kita pun bisa mengubah pencahayaan kita mengikuti suasana hati kita. Selain itu, hebatnya kita bisa setel juga untuk mengikuti irama pada lagu, film, bahkan game. Kayaknya bakal kasih efek keren kalau kita setel film action nih.

Oh, kalau ada pertanyaan : ‘kok hebat banget ya Philips Hue bisa menyesuaikan cahanya dengan mood kita?’

Jawabannya ada pada jumlah spektrum warna yang sudah disematkan di Philips Hue. Jumlahnya ada sekitar 16 juta spektrum warna!

starter kit philips hue - kadungcampur
Kotak kecil yang bernama Bridge, yang bisa membantumu mengontrol lampu di rumahmu

Sesuaikan dengan momen

Tentunya bakal menyenangkan kalau yang membangungkan tidur kita bukanlah suara alarm weker yang mengganggu hehe. Gimana kalau dibangunkan oleh ‘sinar matahari’? Lah kalau jendelanya menghadap barat gimana? Nah, bisa dibantu dengan pencahayaan dari Philips Hue kok, pura-puranya disetel untuk menyerupai sinar matahari ketika terbit hehe. Atau misalnya kalau mau santai sejenak setelah kerja seharian, bisa lho diredupin dan diganti dengan warna yang lebih adem.

Buat pikiran lebih tenang

Terkadang kita pasti suka kepikiran misalnya kalau ada rencana pergi seharian, terus nanti berarti ga ada yang nyalain lampu dong pas udah gelap?

Nanti ketauan dong ya kalau rumahnya kosong?

Tadi di awal, udah di mention tentang pengaturan sistem pencahayaan, agar mengesankan kita ada di dalam rumah. Nah, di sinilah kehebatan dari Philips Hue. Kita bisa mengontrolnya dari jarak jauh. Mau dinyalain saat gelap, dan dimatiin saat pagi hari, bisa kok.

Di mana bisa mendapatkan produk ini?

Selain di showroom atau toko Signify yang ada di Indonesia, sekarang lebih mudah lagi kalau ingin membeli Philips Hue di Indonesia. Ini karena pada tanggal 5 April 2019 lalu, Signify menandatangai kerja sama dengan Erajaya yang merupakan distributor gadget berteknologi tinggi dengan jaringan nasional.

penandatangan kerja sama signify erajaya
Penandatanganan kerja sama Signify dengan distributor Erajaya (photo credit : Signify)

Sama-sama penyedia smart devices – Erajaya dengan smartphone nya dan Signify dengan smart lighting nya – kombinasi keduanya tentu diharapkan akan memberikan pelayanan yang lebih prima serta bisa menjangkau wilayah yang lebih luas. Target hingga akhir tahun ini, rencananya Erajaya akan menampilkan Philips Hue di lebih dari 80 gerainya di seluruh Indonesia. Gerai Erajaya yang dimaksud berarti termasuk gerai Eraphone maupun Urban Republic. Selain itu tentunya, agar para pengunjung yang ingin mendapatkan feel yang oke saat mencoba Philips Hue, nanti akan ada Philips Hue Experience Zone di lebih dari 25 gerai di kota-kota besar selama 12 bulan ke depan.

Saya pun saat acara penandatanganan kerja sama ini sempat mencoba-coba bagaimana kalau punya sistem pencahayaan seperti Philips Hue. Bisa mengubah settingan pencahayaan hanya dengan menggunakan remote control, bahkan dengan menggunakan aplikasi Philips Hue di smartphone, kita bisa mengubah warna cahaya lampunya sesuai dengan mood kita. Mudah banget!

So, what color represents your mood today?

Langsung aja pergi ke gerai Erajaya terdekat dan pilih produk yang sesuai dengan keinginanmu 😊

jenis produk philips hue - kadungcampur
Pilih produk yang mana nih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here