Foto pakai kamera hape? No problem, dengan OPPO F11!

1
417
foto pakai kamera hape oppo f11 - kadungcampur

Foto pakai kamera hape? No problem, dengan OPPO F11! – Pernah ga sih, lagi di jalan terus ketemu momen cakep? Pastinya pernah ya. Saya yang kalau liburan suka bawa kamera untuk foto-foto, pastinya bakal kehilangan momen tersebut kalau misalnya kamera saya masih ada di dalam tas. Mulai dari keluarin kamera dari tas, setel-setel bukaan dan speed nya dulu, pas mau jepret … Eh momennya udah lewat hehehe.

Opsi ke dua, berarti saya foto pakai hape yang saya simpan di kantong celana. Eh tapi, karena kamera hape saya biasa saja, jadi biasanya issue yang saya hadapi kalau foto pakai kamera hape adalah gambarnya kurang tajam apalagi pas lagi malam – karena minim cahaya.

Lalu apa jadinya kalau kamera hape saya lebih canggih, apalagi kalau lensa kamera hape utama (yang di bagian belakang) sampai ada dua? Wow! Ga perlu khawatir lagi kalau foto pakai kamera hape pas ada momen-momen cakep! 😊

Nah, beberapa waktu lalu saya sempat icip-icip pakai OPPO F11 untuk melihat bagaimana sih keunggulan si OPPO F11, terutama kamera hapenya 😊

Kenalan dulu yuk sama si OPPO F11

Bagaimana kameranya?

OPPO yang memang juga sudah mulai dikenal sebagai cameraphone, selalu membuat terobosan-terobosan menarik untuk meningkatkan kemampuan dari si perangkat kamera pada hapenya. Bayangkan aja, di seri OPPO F11 ini pihak OPPO sampai menyematkan dua kamera untuk kamera utamanya (kamera belakang) agar bisa memberikan hasil foto yang oke punya. Dengan adanya dua kamera, berarti kemampuan lensanya bisa saling mendukung. Untuk resolusinya aja ada yang 48MP + 5MP.

unboxing oppo f11 - kadungcampur
Unboxing dulu kardus si OPPO F11 🙂

Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Orang-orang pasti sudah mengenal OPPO dengan kemampuan kamera depannya yang memang oke banget kalau digunakan untuk selfie. Oleh karena itu, resolusi kamera depannya pun juga mumpuni tentunya, yaitu di 16MP, dengan bukaan f/2.0.

Oh iya, ngomong-ngomong kamera depan, sudah tau kan kalau ada fitur ‘beautification’ ditambah dengan adanya teknologi Artificial Intelligence (AI) = AI Beauty 2.1. Menariknya ada fitur unik dari kamera depan ini, yang mana kita bisa menyesuaikan tampilan muka kita di foto sesuai keinginan kita. Misalnya aja dengan fitur thinner face, smaller face, smaller chin, dan sebagainya hehe.

fitur selfie oppo f11 - kadungcampur
Mau tampilan mukanya seperti apa? Ada fitur selfie di OPPO F11 yang bisa digunakan 🙂

Bagaimana tampilan fisiknya?

Kalau dilihat dari tampilan fisiknya, OPPO F11 ini buat saya sangat pas di genggaman. Ga terlalu besar yang membuat tangan saya kewalahan ketika memegang si hape, dan ga terlalu kecil juga yang terkadang malah suka merosot ketika digenggam hehe. Untuk warnanya pun ada pilihan warna, yaitu: fluorite purple dan marble green. Dilihat dari ketebalannya pun bisa dibilang OPPO F11 ini termasuk handphone yang tipis lho, coba deh cek ini:

tipisnya oppo f11 - kadungcampur
Ini dia ketebalan OPPO F11 🙂

Satu lagi yang saya suka adalah layarnya yang hampirrrr full screen, rasio layar-ke-badannya adalah 90.7%. Nah, karena dia tampilan layarnya hampir full screen, lalu tempat buat kamera depannya di mana dong?

Kamera depannya berada tepat di tengah-atas pada layar, berbentuk seperti water-drop alias tetesan air. Menurut saya sih cantik-cantik aja kok tampilannya, karena bentuknya smooth ya, ga kaku kotak gitu.

water drop front camera oppo f11 - kadungcampur
Posisi front camera dari OPPO F11

Bagaimana dalemannya?

Lalu bagaimana dalemannya alias mesinnya?

OPPO F11 sudah didukung dengan chipset MediaTek Helio P70 dengan RAM 4GB dan ROM 128GB. Tentunya si memori penyimpanan ini bisa diperbesar dengan tambahan microSD hingga 256GB.

Melihat dari RAM-nya, memorinya termasuk sudah cukup oke ya kalau kita mau multi-tasking pakai hape. Ga ada masalah mestinya, apalagi OPPO F11 sudah dilengkapi dengan sistem Hyper Boost! Jadi dengan adanya sistem Hyper Boost ini, OPPO F11 bisa lebih responsive dan cepat, apalagi pas main game, penting banget jangan sampe lag ya. Sedetik pun nge-lag, bisa game over deh alias kalah haha.

Kalau dilihat dari baterai, OPPO F11 memiliki baterai yang kapasitasnya cukup besar, yaitu 4.020mAh. Lumayan kannnn, ga perlu sering-sering nge charge pakai powerbank. Toh kalau pun udah lowbatt, tinggal di-charge aja pakai VOOC 3.0 Flash Charge, karena bisa lebih cepat 20 menit dibandingkan dengan pendahulunya – VOOC Flash Carge.

Yuk cobain kamera OPPO F11!

Karena saya demennya emang foto-foto, jadi yang saya cobain lebih ke fungsi kameranya, ya. Saya penasaran sih, secanggih apa toh ini kameranya.

Saya pun kemudian membawa OPPO F11 ke sebuah pameran tentang lingkungan di salah satu mall di sekitar Bundaran Hotel Indonesia. Pas banget sih memang, karena di area pamerannya memang dibuat ga terlalu terang, alias agak redup, di sebagian area.

foto pakai kamera hape oppo f11 ultra hd plaza indonesia lamoda cafe - kadungcampur
Hasil foto pakai kamera hape OPPO F11 (Foto diambil

Biar saat foto pakai kamera hape OPPO F11, hasilnya lebih oke, ada beberapa fitur atau opsi yang bisa kita pilih, tinggal menyesuaikan aja dengan kebutuhan kita. Misalnya apa aja tuh?

Foto dengan Ultra HD

Di awal sudah saya sebutin kalau kamera belakangnya terdiri dari dua kamera sekaligus, yaitu yang 48MP + 5MP. Default dari kamera belakang adalah kamera yang biasa aja, nah untuk menggunakan juga kamera 48MP, berarti kamu harus mengaktfikan Ultra HD. Kamu tinggal buka settings dari camera, lalu ke menu ‘photo ratio’ dan pilih ‘4:3 (Ultra HD).

Kenapa kok default nya ga langsung yang Ultra HD aja?

Karena kalau default foto nya di Ultra HD, bisa-bisa file fotonya memakan banyak ruang di memori hapemu. Kisaran ukuran foto hasil jepretan Ultra HD itu di kisaran 9 – 11MB hehe. Selain itu, ketika Ultra HD diaktifkan, ada beberapa fitur kamera yang ga bisa berfungsi, misalnya: zoom, dazzle color, HDR, filter, beauty, continuous shooting, dan AI scene recognition.

Kenapa sih ini bisa sampe dibilang Ultra HD?

Karena selain memiliki resolusi pixel 48 juta, ternyata di format ini, bukaan dari lensanya juga bisa mencapai f/1.79, sehingga memungkinkan lebih banyak cahaya yang masuk, apalagi di tempat yang minim cahaya. Cahaya yang masuk cukup, berarti gambar pun bisa lebih detail. Selain itu, kamera 48MP ini disusun oleh 6 lensa sekaligus lho (lensa 6P). Ditambah pula, ada kecanggihan lainnya dari kamera OPPO F11 yaitu adanya sebuah teknologi AI (Artificial Intelligence) Image processing.

6p lenses kamera hape oppo f11 - kadungcampur
Wow, mantabh kali ya OPPO F11 ini, si rear cameranya disusun oleh 6 lensa <3

Ini beberapa contoh jepretan saya ketika menggunakan format Ultra HD:

foto pakai kamera hape oppo f11 ultra hd - kadungcampur
Iseng ah cobain pake Ultra HD dari OPPO F11 🙂
foto lebih jelas dengan oppo f11 ultra hd - kadungcampur
Ini juga diambil pakai Ultra HD dari OPPO F11 🙂

Ultra Night mode

Fitur ke dua yang menarik dari OPPO F11 adalah adanya fitur Ultra Night Mode. Untuk mengaktifkan fitur Ultra Night Mode, kamu tinggal menuju ke Options (di samping kiri fitur ‘Video’), lalu pilih opsi ‘Night / Malam.’ Setelah aktif, kamu sudah siap mengambil foto pakai kamera hape OPPO F11 saat malam.

Apa yang spesial dari opsi Ultra Night Mode?

fitur night mode malam oppo f11 - kadungcampur
Yuk, kita aktifin fitur Night atau Mode Malam 🙂


(mengaktifkan fitur Night / Malam)

Ternyata kalau saya baca-baca di website OPPO, Ultra Night Mode ini merupakan gabungan teknologi dari AI Engine, Ultra-clear Engine, dan Color Engine. Namanya pakai teknologi AI, jadinya si teknologi bisa mendeteksi sendiri situasi dari area yang ingin kita foto, dan melakukan penyesuaian untuk setting-an kameranya. Kemudian teknologi ‘Ultra-Clear Engine’ membantu kita agar lebih stabil saat ingin mengambil foto (image-stabilization), apalagi saat kondisi kurang terang, dan tentunya nanti bisa mempercerah gambar.

Ketika kita foto pakai kamera hape OPPO F11 menggunakan mode ‘Night’ ini, kita bisa melihat sendiri saat sedang mengambil foto ada semacam lingkaran jam. Kemudian terlihat juga si jarum jam berputar dari atas tengah dan bergerak berputar ke arah kanan hingga satu putaran full. Ini sebenarnya kameranya sedang mengambil beberapa foto sekaligus, makanya kita harus bisa stabil ketika memegang hapenya.

Sama seperti ketika kita mengambil foto pakai kamera menggunakan mode HDR, saat kita menggunakan Ultra Night Mode, akan ada beberapa foto yang diambil sekaligus dan kemudian hasilnya digabungkan untuk menghasilkan satu foto yang lebih cetar. Ini sebenarnya ada istilahnya, namanya MFNR alias Multi-frame Noise Reduction. Kalau di OPPO F11, dengan MFNR ini, jumlah foto yang diambil saat menggunakan Ultra Night Mode ada 4 foto dengan exposure yang sama plus 3 foto dengan exposure yang kurang.

Nah, ini bedanya ketika saya mengambil foto menggunakan Ultra HD dan Ultra Night Mode:

bundaran hotel indonesia shots with oppo f11 ultra hd - kadungcampur
Foto Bundaran HI dengan menggunakan Ultra HD dari OPPO F11
bundaran hotel indonesia shots with oppo f11 ultra night mode - kadungcampur
Foto Bundaran HI dengan menggunakan Ultra Night Mode dari OPPO F11

Opsi atau fitur foto lainnya?

Sebenarnya ada lagi fitur foto lainnya, seperti contohnya fitur portrait. Sebelumnya sudah sempat disebutkan kalau bukaan dari lensa kamera utama OPPO F11 itu di f/1.79, makanya bisa mendukung kalau kita mau foto portrait dengan background yang bokeh.

fitur portrait bokeh oppo f11 - kadungcampur
Cobain fitur portrait nya biar keliatan efek bokeh 🙂


(bisa keliatan bokehnya ya di belakang, mestinya bisa lebih keliatan kalau objeknya lebih dekat sih ya hehe?)

Lalu saya juga sempat mencoba fitur zoom dari kameranya. Hasilnya juga cukup oke kok waktu di zoom-in, seperti ini contohnya:

bundaran hotel indonesia shots with oppo f11 normal - kadungcampur
Ini hasil foto bundaran HI tanpa fitur apa-apa menggunakan OPPO F11
bundaran hotel indonesia shots with oppo f11 zoom in - kadungcampur
Kalau yang ini hasil foto Bundaran HI menggunakan OPPO F11 setelah di zoom-in 🙂

Masih khawatir, foto pakai kamera hape?

Nah, sudah kelihatan kan ya hasil foto pakai kamera hape OPPO F11?

Oh iya, foto-foto di atas yang saya ambil pakai kamera OPPO F11 (yang ada watermark-nya), saya hanya edit dengan re-size ukurannya saja, ya. Nanti kalau mau, paling kita tinggal di-edit sedikit lah warna, brightness, highlight, shadow, dan sebagainya.

Tapi kalau kamu memang mau atur sendiri settingan kamera OPPO F11, ada juga kok opsi ‘Mode Pakar’.

So, sekarang sudah ga perlu khawatir lagi lah ya kalau foto pakai kamera hape hehe, kan sudah ada OPPO F11 😊

Untuk info lebih lengkap tentang OPPO F11 silakan cek di https://www.oppo.com/id/smartphone-f11/

jpo sudirman foto pakai kamera hape oppo f11 ultra hd - kadungcampur
Hasil foto salah satu JPO dengan design cakep di jalan Sudirman, menggunakan Ultra HD dari OPPO F11


(foto menggunakan Ultra HD)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here