Energi terbarukan dari Baran Energy

0
174
energi terbarukan baran energy featured image 2 - kadungcampur

Energi terbarukan dari Baran Energy – Setiap tahun kalau saya ikutan acara pameran mobil terbesar di Indonesia itu, biasanya yang menarik perhatian saya adalah mobil hybrid atau mobil elektrik. Kalau yang hybrid, berarti masih menggunakan bahan bakar tradisional, tapi juga didukung dengan tenaga listrik dari baterai. Sedangkan kalau mobil elektrik, berarti ya udah sepenuhnya menggunakan tenaga listrik dari baterai. Kalau dilihat dari modelnya, biasanya bentuknya udah futuristik ya, dan pastinya yang membuat mobil hybrid atau elektrik berbeda adalah dari segi efisiensi.

Beberapa waktu lalu saat saya ke Cina, saya pun dibuat kagum dengan banyaknya motor dan sepeda elektrik berseliweran di depan saya. Yang menyenangkan dari kendaraan elektrik adalah suaranya. Hahaha, sunyi gitu, ga terlalu berisik jadinya. Dan tempat untuk nge-charge pun udah tersedia di mana-mana. Yang saya sempat lihat adalah charger buat sepedanya, yang udah tersedia di tempat parkir sepeda. Bahkan di Cina pun udah beredar mobil elektrik Tesla!

Perkenalkan Baran Energy

Baru-baru ini saya ikutan acara CEO Talk yang diadakan oleh Baran Energy di kantornya yang berlokasi di daerah Serpong. Di acara tersebut, Pak Victor Wirawan, yang merupakan CEO dari Baran Energy, menjadi pembicara utama. Dan kalau menyambung tentang Tesla tadi, ternyata Pak Victor ini pernah membeli Tesla, tapi ternyata belum bisa dikirim ke Indonesia, karena memang belum hadir juga di Indonesia.

Elon Musk merupakan salah satu idola dari Pak Victor ini, bahkan dia juga sempat bilang ‘work hard until your idol becomes your rival.’ Makanya saat ini, beliau sedang mengembangkan perusahaan Baran Energy, yang diharapkan ke depannya bisa mengubah cara kita mengonsumsi energi tanpa fosil.

victor wirawan ceo baran energy - kadungcampur
Pak Victor Wirawan – CEO dari Baran Energy

Yang namanya fosil tentunya semakin lama akan semakin habis, makanya kalau dilihat dari harga, tentunya bisa semakin naik untuk tahun-tahun ke depan. Jadi kita harus bisa mempertimbangkan menggunakan energi terbarukan, yang tentunya gratis, dan bisa didapatkan dari alam. Energi terbarukan tuh bisa kita dapat dari energi matahari (termasuk dari cahaya matahari), energi angin, bahkan dari arus air. Kalau yang paling baru di Indonesia, mungkin kita udah dengar dengan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap?

Energi terbarukan inilah yang nantinya akan dimanfaatkan oleh Baran Energy sebagai sumber energi untuk berbagai produk yang sedang disiapkan. Saat ini akan ada tiga produk, yaitu Baran Power, Baran Cube, dan Baran EV.

produk baran energy - kadungcampur
Produk Baran Energy (ki-ka): Baran EV, Baran Powerwall, Baran Cube

Produk dari Baran Energy

Dari ketiga produk Baran Energy ini, tentunya memiliki peruntukan yang berbeda-beda. Kalau Baran EV nantinya akan digunakan sebagai tenaga untuk mobil listrik. Menurut rencana memang mobil listrik yang akan dikembangkan seperti mobil sport, karena tujuannya akan dipertunjukan saat pameran di luar negeri. Baran EV ini rencananya akan memiliki daya 400 KiloWatt yang bisa menghasilkan tenaga sampai hampir 600 HorsePower lebih! Wah, keren nih nanti pas pameran ada keterangan mobil listrik Indonesia!

baran ev mobil listrik - kadungcampur
Baran EV yang di design berbentuk sports car

Produk lainnya yang bernama Baran Cube ini, memang sih bentuknya seperti container, ya, tapi jangan salah, karena 1 Baran Cube menurut rencana bisa memiliki daya hingga 1 MegaWatt! Kalau di foto ini, bisa terlihat perbandingan antara 4 Baran Cube dengan pembangkit listrik yang areanya lebih besar. Baran Cube terlihat seperti mini power plant ya, tapi total energi yang bisa dihasilkan oleh 4 Baran Cube ini setara dengan 4 MegaWatt. Energi sebesar ini, sepertinya cukup untuk dijadikan sumber energi satu desa deh. Baran Cube nantinya juga bisa cocok untuk kawasan industri, seperti pertambangan, perkebunan, bahkan untuk kawasan perumahan 😊

baran cube mini power plant - kadungcampur
Baran Cube si mini power plant

Nah, ada lagi yang memang cocok dipakai untuk di rumah satuan. Ini yang disebut dengan Baran Powerwall. Emang bisa dipasang di rumah satuan aja gitu? Bisa kok, karena sekarang yang jual solar panel untuk rumahan juga udah banyak toh? Tapi kalau misalnya kamu masih belum yakin, nantinya juga bisa hybrid, alias gabungan antara tenaga listrik dari traditional electricity dan Baran Power Wall. Toh nantinya juga ada setting-an untuk berhemat di siang hari, malam hari, atau saat keduanya. Kalau dilihat dari bentuknya, cakep juga kan, simple gitu, karena design dari Baran Powerwall dibuat mengikuti lifestyle 😊

baran powerwall property - kadungcampur
Berapa banyak jumlah Baran Powerwall yang diperlukan? Tergantung perlunya berapa hehe. Satu Baran Powerwall itu bisa menyimpan daya sampai 8,800 WattHours lho!

Oh iya, nantinya Baran Energy juga akan mengembangkan Baran Property, yang rumahnya akan disupply listrik dari Baran Power. Menarique banget nih! Rencananya akan diluncurkan sih di tahun 2019 nih.

Benefit yang akan didapat

Kehadiran dari Baran Energy tentunya akan menjadi alternatif bagi penyedia listrik untuk kebutuhan kita semua. Kalau kita lihat dari listrik pada umumnya, pernah ga merhatiin berapa kenaikan listrik per tahunnya? Menurut Pak Victor sih, kenaikan listrik itu bisa sekitar 10-15% per tahun. Berarti semakin lama, nilai tagihan listrik kita akan semakin naik dan naik.

perbandingan pemakaian baran energy dengan traditional elictricity - kadungcampur
Perbandingan biaya listrik antara memakai Baran Energy dengan listrik seperti biasanya

Berbeda dengan kalau kita menggunakan produk dari Baran Energy. Misalnya kita bicara listrik untuk rumah. Kalau misalnya nanti kita beli rumah yang dipasarkan di Baran Property, asiknya harganya udah include dengan harga property tersebut, dan berapa tagihan listrik yang harus kita bayarkan per bulannya? Ga ada alias nol rupiah alias listrik gratis. Kok bisa? Lah, kan energinya aja diambil dari energi terbarukan hehe. Sinar matahari tersedia gratis, ‘kan?

Wah, enak banget tagihan listriknya bisa nol hehe. Ga usah bingung mikirin bayar listrik bulanan yang bisa mencapai jutaan. Pastinya mau dong, ya? Ya udah, kita tunggu aja sepak terjang dari Pak Victor dan Baran Energy di tahun 2019. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung mengunjungi website Baran Energy di sini.

victor wirawan dan staff baran energy - kadungcampur
Victor Wirawan besama staff Baran Energy yang masih muda-muda 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here