Di balik logo Wonderful Indonesia

0
511
timo wp indonesian travel blogger liburan pantai kukup gunung kidul jogja featured image - kadungcampur
Liburan ke salah satu pantai di Gunung Kidul - Jogja. Nama pantainya : Pantai Kukup

Di balik logo Wonderful Indonesia – Kalau dirimu suka traveling, pastinya kamu tau dengan tagline dari kota atau negara yang kamu kunjungi, ‘kan? Indonesia pun juga punya tagline untuk pariwisatanya. Pastinya kamu pernah mendengar dengan tagline atau slogan ‘Wonderful Indonesia’ atau juga suka diterjemahkan menjadi ‘Pesona Indonesia’?

Tagline untuk pariwisata memang dibuat semenarik mungkin, agar tentunya bisa menarik minat orang-orang untuk datang berkunjung. Jadi ya secara ga langsung, tagline ‘Wonderful Indonesia’ juga punya andil untuk mendongkrak pariwisata Indonesia lho.

Pemilihan tagline pun juga haruslah tepat dan bisa merepresentasikan Indonesia dengan baik. Dengan kata lain, apa nih yang kita mau orang-orang di luar sana lihat mengenai pariwisata Indonesia. Dan pemilihan slogan ‘Wonderful Indonesia’, memang tepat karena merepresentasikan Indonesia yang punya kriteria: wonderful nature, wonderful culture, wonderful people, wonderful food, dan wonderful value for money.

Indonesia itu kaya banget memang!

Bener banget sih ya, Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, memang kaya banget. Saya beruntung banget sudah pernah jalan-jalan ke beberapa wilayah di Indonesia, kebanyakan memang wilayah Indonesia bagian barat dan tengah sih hehe. Walau baru Indonesia bagian barat dan tengah, tapi dari situ aja kita sudah ada banyak pilihan kok.

Mau ke pantai, ada banyak pantai di pulau Jawa sendiri, bahkan di Jogja pun ada banyak pantai di daerah Gunung Kidul. Saya dulu bahkan sempat beach hopping waktu di sana, saking pengennya berkunjung ke beberapa pantai sekaligus haha. Salah satu pantai yang saya kunjungi ada di gambar paling awal blog post ini (Pantai Kukup di Gunung Kidul, Jogja). Dan itu pun baru sebagian kecil aja alias belum semua sempat dikunjungi 😀

Selain pulau Jawa, pastinya kita ga bisa melewatkan Pulau Bali kalau bicara soal pariwisata Indonesia. Bali ini punya daya tarik tersendiri. Pulau Bali saja ini kaya akan banyak hal, misalnya untuk wisata alam, ada pantai, gunung, dan danau. Pulau Bali juga mempunyai nilai agama dan budaya yang masih kental banget yang menjadi daya tarik untuk para wisatawan. Saya belum sempat sih hadir ke perayaan keagamaan di sana, tapi beberapa kali sempat melihat foto dari pawai ogoh-ogoh yang dilakukan sehari sebelum hari raya Nyepi.

Kalau ngomongin soal makanan, di Bali pun juga beragam, salah satunya yang saya suka tuh sate lilit. Nama ‘lilit’ ya karena dagingnya di’lilit’in di seputar daun serai. Ini kita baru bicara makanan di Bali ya, soalnya kita juga punya banyak makanan enak-enak dari daerah lain. Pastinya yang ga boleh dilewatkan adalah masakan Padang – dengan rendang sapinya, dan masakan Manado – dengan ikan cakalangnya haha. Kayaknya kalau makan kedua masakan ini, nasi bisa nambah terus lagi, soalnya masakannya kaya dengan bumbu!

sate ikan di pinggir jalan ubud bali - kadungcampur
Nemu penjual sate ikan ini secara ga sengaja, ketika lagi sepedaan di Ubud, Bali. Enak lho! 🙂

Keragaman budaya, alam, makanan, suku bangsa, dan bahkan keramahan orang-orangnya ini lah yang diharapkan bisa dirasakan oleh para wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia. Jadi sekalian berlibur, mereka juga bisa mendapatkan dan merasakan pengalaman yang berbeda ketika mengunjungi Indonesia.

Tidak hanya slogan, logo pun penting

Selain slogan yang menarik, tentunya diperlukan sebuah logo yang eye-catching juga, sehingga bisa menarik perhatian orang-orang. Saya aja selalu ingat, kalau logo dari Wonderful Indonesia ini berbentuk burung hehe. Tapi yang saya baru tau, ternyata logo Wonderful Indonesia itu sudah beberapa kali mengalami perubahan. Nah, logo Wonderful Indonesia yang terbaru bisa dilihat di bawah ini:

logo wonderful indonesia terbaru - kadungcampur
Logo Wonderful Indonesia yang paling baru

Bicara soal logo, saya jadi keingat teman saya yang memang suka diminta untuk membuat logo sebuah perusahaan atau kegiatan. Yang selalu saya perhatikan adalah, setiap pemilihan bentuk dan warna di logo yang dia buat, harus memiliki arti. Jadi dia ga bisa asal buat. Dia perlu tau dulu, latar belakang dibentuknya perusahaan tersebut, tujuan dari kegiatan yang akan dilakukan, dan sebagainya. Sama juga dengan logo Wonderful Indonesia.

Di logo Wonderful Indonesia yang terbaru ini, bisa dilihat dari bentuk burung garuda yang lebih tegas dengan sayap terbuka. Posisi burung dengan sayap terbuka ini ternyata memiliki arti lho. Ini untuk melambangkan sikap keterbukaan, dan pastinya hasrat untuk terbang jauh, serta melintas batas.

Melintas batas ini sesuai banget dengan beberapa penampakan dari logo dan slogan Wonderful Indonesia di beberapa negara. Ini sebenarnya merupakan salah satu kegiatan dari Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan daerah-daerah wisata di Indonesia. Rasanya tuh keren banget ya melihat logo dan slogan Wonderful Indonesia mejeng di beberapa negara, seperti Jerman, Inggris, Australia, serta Perancis. Kebanyakan memang dipasang di bus wisata atau bus umum, karena bus pastinya lalu lalang di jalanan toh? Lalu ada juga black cab yang identik dengan kota London di Inggris. Bahkan logo dan slogan Wonderful Indonesia sempat mewarnai ajang Piala Dunia Wanita FIFA 2019 lho!

logo wonderful indonesia di black cab london inggris - kadungcampur
Ini dia logo Wonderful Indonesia yang mejeng di black cab nya London, Inggris

Trus kenapa bentuk logo yang dipilih berupa gambar burung? Sebenarnya ada beberapa alasan nih. Alasan pertama, karena Indonesia memiliki banyak spesies burung. Menurut website beritagar.id, jumlah spesies burung di Indonesia di tahun 2019 ini sudah mencapai 1,777 spesies lho! Banyak banget, ‘kan? Selain itu, burung juga dilihat sebagai salah satu spesies yang suka berkumpul atau berkelompok. Ini melambangkan hubungan persahabatan dari masyarakat Indonesia. Dan alasan terakhir, karena burung garuda juga dipakai sebagai simbol negara kita! 😊

Nah, kalau pemilihan warna di logo Wonderful Indonesia bagaimanakah? Kan, tadi sudah sempat saya singgung di atas, kalau pemilihan warna di sebuah logo itu ga boleh asal, karena kita harus siap dengan pengertian dari warna-warna yang kita pakai. Di logo Wonderful Indonesia, burung garudanya memiliki lima warna yang berbeda.

  • Hijau melambangkan kreativitas, ramah kepada alam, dan keselarasan
  • Ungu melambangkan daya imajinasi, keimanan, kesatuan lahir dan batin
  • Jingga melambangkan inovasi, semangat pembaruan, dan keterbukaan
  • Biru melambangkan kesemestaan, kedamaian, dan keteguhan
  • Magenta melambangkan keseimbangan, akal sehat, dan sifat praktis.

Pedoman dalam penggunaan logo Wonderful Indonesia

Kalau kamu berminat untuk menggunakan logo Wonderful Indonesia, ada pedomannya lho, biar nanti ga salah hehe. Selain logo burungnya yang berwarna, ternyata juga ada pedoman kalau kita mau logonya berwarna putih saja. Kalau logonya putih, nanti backgroundnya juga ada macam-macam, dengan penggunaan gradasi warna. Bagaimana kalau misalnya mau menggunakan warna hitam-putih saja? Bisa juga kok, nanti tinggal cek aja di sini, ya: Pedoman Penggunaan Logo Wonderful Indonesia. Dan, kalau kamu mau download logo Wonderful Indonesia, bisa langsung klik di sini: Download logo Wonderful Indonesia.

Ah, sehabis nulis ini, langsung jadi pengen jalan-jalan. Masih banyak banget daerah di Indonesia yang belum saya datengin nih, terutama wilayah timur Indonesia huehe. Semoga soon deh! Amin 😊.

timo wp indonesian travel blogger menikmati pulau berlayar belitung indonesia - kadungcampur
Ahhh kapan liburan lagi yaa? 🙂 (foto ini diambil waktu lagi liburan ke Pulau Berlayar di Belitung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here