Cerita di balik rumah singgah

14
81
rumah singgah donasiku ykaki alfamart

Mungkin ada yang belum tau sebenarnya arti dan manfaat dari Rumah Singgah. Saya sebenarnya salah satunya yang kurang familiar dengan istilah ‘Rumah Singgah’ itu. Untungnya ketika ikutan acara #RumahSinggahDonasiku saya jadi lebih paham dengan manfaat dari Rumah Singgah bagi yang membutuhkan.

Apa itu rumah singgah?

Rumah Singgah itu sebenarnya merupakan tempat tinggal sementara yang bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang lagi menjalani pengobatan dalam jangka waktu yang ga sebentar, misalnya untuk pengobatan kanker. Dan ini sangat bermanfaat sekali untuk orang-orang yang memang asalnya dari luar kota, dan harus berobat di Jakarta (ini saya ambil contoh saja di Jakarta, ya, biar mudah).

rumah singgah donasiku jalan percetakan negara
Rumah Singgah Donasiku di Jalan Percetakan Negara

Coba saja dibayangin, misalnya dia berasal dari luar kota dan harus berobat di Jakarta, selain biaya pengobatan, si pasien juga harus mengeluarkan biaya transportasi. Biasanya dalam masa pengobatan atau pemulihan, si pasien juga harus bolak-balik Rumah Sakit untuk check-up. Kalau misalnya dia ga ada tempat tinggal di Jakarta, berarti dia harus bolak-balik dari tempat asalnya. Atau kalau dia memutuskan untuk menyewa tempat tinggal, berarti dia akan keluar biaya akomodasi. Tentunya juga si pasien ga akan jalan sendirian ke Jakarta, jadi akan ada yang mendampingi. Ini berarti biaya yang dikeluarkan jadi lebih banyak.

Cerita di balik Rumah Singgah Donasiku

Rumah Singgah Donasiku sebenarnya merupakan salah satu bagian dari project CSR dari Alfamart yang bekerja sama dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI).  Tapi sebenarnya sebelum kerja sama ini terjalin, ada cerita di balik didirikannya rumah singgah ini. Oh iya, penamaan ‘rumah singgah Donasiku’ ini yang merupakan hasil kerja sama antara YKAKI dengan Alfamart, sedangkan YKAKI juga mempunyai ‘rumah singgah’ sendiri, dengan nama Rumah Kita. Tapi biar gampang, saya sebut aja semuanya rumah singgah, ya.

Sang pendiri YKAKI, Ibu Ira, bercerita kalau pendirian rumah singgah ini berdasarkan dari pengalaman pribadinya ketika mengantar anaknya (sekarang almarhum) berobat di luar negeri. Dulu waktu tahun 1984, sepertinya rumah singgah belum ada / belum populer, jadinya Ibu Ira cerita kalau beliau sempat harus tinggal di kamar mandi di dalam kamar anaknya, yang pada malam hari ‘diubah’ jadi tempat tidur sementara untuk Ibu Ira. Memang sih, beberapa tahun kemudian, ketika harus keluar negeri lagi untuk pengobatan, mulai ada rumah singgah yang fasilitasnya sudah mirip dengan hotel. Dan pengalaman akan kebutuhan rumah singgah ketika berobat inilah yang menjadi inspirasi Ibu Ira untuk membangun rumah singgah di Indonesia.

ibu ira pendiri yayasan kasih anak kanker indonesia
Ibu Ira (kiri), sang pendiri YKAKI

Saya jadi ingat cerita teman saya, Aggy, yang menjalani pengobatan dan pemulihan di luar negeri. Kalau berdasarkan ceritanya, selama masa pengobatan, orang tuanya juga harus tinggal di hotel budget. Dan beberapa saat kemudian saat menjalani masa pemulihan, Aggy juga harus tinggal di luar negeri tapi di kota yang lain. Di sini, orang tuanya mau cari apartemen ternyata lumayan susah, karena biasanya untuk menyewa harus dengan jangka waktu 1 tahun. Ada juga yang ga mau menyewakan apartemennya untuk orang sakit. Untungnya ada teman orang tua Aggy yang berbaik hati untuk share apartemen mereka dengan Aggy dan keluarga. What an angel, ya!

Awal mula berdiri

Awal mula berdirinya rumah singgah, memang ga langsung seperti rumah singgah sekarang yang sudah berdiri di Jalan Percetakan Negara, Jakarta. Awalnya Ibu Ira dan temannya hanya baru bisa mengontrak sebuah rumah kecil, dan hanya bisa menampung sedikit orang saja.

tempat tidur rumah singgah donasiku alfamart ykaki jalan percetakan negara
Tempat tidur untuk anak yang sedang berobat dan keluarga pendampingnya

Walaupun rumah singgah yang ditujukan untuk pasien penderita kanker dan keluarga pendamping ini gratis, tapi masih ada aja orang yang menganggap pasti ada apa-apanya kalau gratis. Makanya, Ibu Ira meminta tolong Ibu Inggrid yang menjadi ‘Ibu Kos’ dari rumah singgah ini, untuk ‘menjemput bola’ alias pergi ke rumah sakit, seperti Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo di Jakarta. Di RSCM ini, Ibu Inggrid ‘mencari’ pasien yang sebenarnya membutuhkan rumah singgah, tapi antara ga tau kalau ada atau ya itu tadi, curigaan karena gratis.

founder ykaki dan pengurus rumah singgah donasiku ibu inggrid
Ibu Inggrid (berdiri) jadi ‘ibu kos’ untuk rumah singgah, dan pak Nur Rachman (kanan) dari Alfamart

Dukungan dari para donatur

Tentunya untuk menjalankan rumah singgah, membutuhkan biaya operasional yang ga sedikit, apalagi dulu dijalankan dengan mengandalkan kocek pribadi. Pernah juga suatu saat, Ibu Ira dan kawannya lagi ga punya uang untuk bayar biaya kontrakan untuk tahun ke-2. Eh tiba-tiba ada seorang donatur yang ingin memberikan donasi. Jumlah donasinya bisa pas dengan nilai biaya kontrakan saat itu. Ajaib, kan?! 🙂

Lama-kelamaan konsep rumah singgah ini mulai dikenal oleh orang-orang, bahkan selebritis dan media, hingga kemudian diliput oleh Kick Andy. Dan di acara inilah, Ibu Ira ketemu dengan Pak Nur Rachman dari Alfamart, yang pada akhirnya terjalin kerja sama hingga saat ini. Saat itu, bantuannya baru berupa mobil, yang kemudian digunakan untuk kegiatan operasional dari rumah singgah, misalnya untuk antar pasien ke Rumah Sakit terdekat.

donatur rumah singgah ykaki termasuk alfamart
Beberapa donatur dari Rumah Singgah

Selain Alfamart, tentunya ada banyak donatur lainnya yang membantu rumah singgah ini tetap berjalan hingga sekarang. Pernah juga ada donatur lain yang ingin memberikan rumahnya di daerah Ulujami, tapi karena lokasinya cukup jauh dengan RSCM, terpaksa Ibu Ira menolaknya. Tapi sang donatur ga mau menyerah begitu saja, dia akhirnya menjual rumahnya di situ, dan menyumbang hasil penjualannya yang senilai ratusan juta Rupiah ke YKAKI.

Kemudian, ada juga BNI Syariah yang membantu YKAKI ketika membeli tanah untuk rumah singgah yang baru, yang bisa memuat orang lebih banyak lagi — sekitar 48 tempat tidur — dan ada banyak fasilitas. Bantuannya tau ga dalam bentuk apa? KPR! Yayasan lho ini 🙂 . Pemda DKI juga ikutan menjadi salah satu pihak yang membantu YKAKI, dalam bentuk hibah pembangunan rumah singgah yang baru ini. PEMBANGUNAN RUMAH SINGGAH lho dan itu 3 lantai! Memang ada aja ya keajaiban serta kebaikan yang didapatkan Ibu Ira dan kawan-kawan di YKAKI! 🙂

rumah singgah ykaki bantuan pemda dki
Rumah Singgah YKAKI yang baru dibangun dengan bantuan dari Pemda DKI

Program Donasiku dari Alfamart

Tadi sudah disebutin kalau Alfamart juga menjadi salah satu donatur untuk YKAKI untuk program yang namanya Rumah Singgah Donasiku. Bentuk kerja sama ini sudah berjalan dari tahun 2014, dan sampai saat ini sudah ada 4 Rumah Singgah Donasiku di daerah Makassar, Pekanbaru, Semarang, dan Malang. Rumah Singgah Donasiku merupakan salah satu bentuk program CSR dari Alfamart. Di sini, Alfamart melakukan Corporate Cause Promotions, yaitu meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk tujuan sosial. Ada beberapa program CSR lainnya yang juga dikerjakan oleh Alfamart, seperti program bedah warung, pelatihan-pelatihan untuk para SME, dan masih ada beberapa lagi.

program csr tanggung jawab sosial alfamart
Beberapa program CSR dari Alfamart

Nah, kamu kalau misalnya belanja di Alfamart, pasti pernah dengar pertanyaan ‘apakah uang kembaliannya mau didonasikan?’. Mendonasikan uang kembalian sebenarnya bagian dari program Donasiku, dan harus dengan persetujuan dari konsumennya juga sih, karena konsumen harus menentukan pilihannya sendiri — ya atau tidak — dengan klik di monitor. Kalau kamu memilih ‘ya’, nanti jumlah donasinya akan tertera di receipt belanjaanmu.

donasi alfamart dengan persetujuan konsumen
Kalau mau donasi, tinggal pencet YES aja deh ya 🙂

Pastinya semua hasil donasi dari konsumen akan langsung diteruskan ke yayasan sosial yang ditunjuk, dan salah satunya YKAKI ini dengan program Rumah Singgah Donasiku. Pengumpulan dana ini pastinya sudah mendapatkan persetujuan dari Menteri Sosial lho, ya!

alur donasiku alfamart
Donasi yang diberikan oleh konsumen di Alfamat akan diteruskan ke yayasan sosial terpercaya

Oh iya, kamu sebenarnya juga bisa kok untuk menyumbang langsung di kasir Alfamart. Jadi ga hanya dari kembalian saat transaksi di Alfamart.

Program-program dari YKAKI

Untuk menggalang dana, biasanya YKAKI suka mengadakan program-program, misalnya beberapa program yang sedang / akan berlangsung di bawah ini:

#beranigundul

Program #beranigundul akan diadakan tanggal 18 Februari 2017 di Tribeca, Central Park, Jakarta. Tujuan dari program ini adalah untuk mengumpulkan donasi sebesar Rp. 50.000,- bagi kamu yang #beranigundul. Selain itu, tujuan lain dari program ini adalah untuk mengumpulkan rambut yang bisa dikumpulkan untuk pembuatan rambut palsu. Biasanya sih, panjang yang diperlukan itu minimum 15 cm. Oh, bukan berarti di program ini kamu harus gundul ya, mau potong pendek juga boleh 🙂

@ksi 10.000

Program @ksi 10.000 biasanya diadakan untuk mengumpulkan dana sebesar Rp. 10.000 per orang dan digunakan untuk keperluan tertentu. Misalnya waktu dulu ingin membeli tanah dan rumah untuk dijadikan Rumah Singgah di Jalan Percetakan Negara yang pertama, Ibu Ira dan kawan-kawan meluncurkan program ini, dan hanya membutuhkan sekitar 2 tahun untuk mencapai dana Rp. 4 milyar! Luar biasa kan ini 🙂

program aksi 10000 ykaki
@ksi10.000 jadi salah satu program YKAKI dalam menggalang dana

Sekarang juga sedang diadakan program #aksi10rbkakakiki di Kota Kasablanka, Jakarta, hingga tanggal 19 Februari 2017. Di sini nanti kamu bisa foto bareng dengan mascot YKAKI, bernama Kaka dan Kiki, dan kamu bisa mendonasikan sebesar Rp. 10.000,- agar kamu bisa mendapat hasil cetak foto bareng dengan Kaka dan Kiki.

Sekolah-ku

Program Sekolah-ku ditujukan untuk anak-anak sedang berobat di rumah sakit atau di rumah singgah. Tentunya tujuan dari program ini agar anak-anak yang dirawat tetap mendapatkan pendidikan, karena ini hak mereka. Ini juga agar mereka tidak bete ketika menjalani masa pengobatan dan termotivasi untuk cepat sembuh. Jadi di program ini, YKAKI yang akan mendatangkan guru-guru ke rumah sakit untuk mengajar di sana, bahkan ada juga rumah sakit yang sudah menyediakan ruang sekolah.

Rasanya senang mendengar Ibu Ira bercerita mengenai passion-nya dalam mendirikan dan mengoperasikan Rumah Singgah ini. Kita juga bisa membantu dan mendukung YKAKI dengan melakukan donasi yang rekening bank bisa dilihat di website YKAKI, atau dengan berdonasi melalui program Donasi-ku di Alfamart terdekat. Jadi, kamu jangan ragu lagi untuk mendonasikan uang kembalianmu di Alfamart, ya. Sudah tau tujuannya, kan? 🙂

Oh iya, ini ada video dari Alfamart mengenai program Donasiku selama tahun 2015:

Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia
Website           : http://www.ykaki.or.id/
Twitter             : https://twitter.com/YKAKIwecare

Instagram       : https://www.instagram.com/YKAKIwecare/

Alfamart Indonesia
Website           : http://alfamartku.com/

logo yayasan kasih anak kanker indonesia
Patung yang juga menjadi logo dari YKAKI. Kupu-kupu di sini melambangkan ‘harapan’ yang ingin diraih oleh anak-anak penderita kanker

14 KOMENTAR

  1. Senang ya lihat bukti nyata Rumah Singgah yang sudah didirikan oleh Alfamart. Jadi kalo belanja di Alfamart tidak ragu lagi untuk memberikan donasi ya Mas 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here