Ganti email, buat kartu nama lagi deh!

0
70
buat kartu nama baru pakai gogoprint featured image - kadungcampur

Ganti email, ganti kartu nama deh! – Sebagai seorang blogger dan dulu juga pernah freelance, tentunya selain mempersiapkan portfolio, saya juga kudu punya kartu nama buat dibagi-bagiin saat networking. Biasanya sembari bagi-bagiin kartu nama, kita juga bisa menjaring kartu nama milik orang, siapa tau kan bisa diprospek di kemudian hari ya hehe. Emang sih ya, sekarang udah zamannya digital, jadi ada media sosial juga, buat identitas kita, tapi rasanya kartu nama masih perlu deh ya, buat formalitas aja.

Karena saya seorang blogger dan freelance, jadi saya ga terlalu butuh kartu nama dengan design yang formal gitu. Makanya beberapa waktu lalu, saya sampai minta tolong teman saya untuk membuatkan design untuk tampilan kartu nama sekalian logo blog hehe. Eits, walau minta tolong, tapi ya tetap bayar buat jasanya lho ya hehe. Karena waktu itu saya masih demen-demennya jalan, makanya saya campur design tampilan kartu nama dengan foto-foto hasil liburan. Kan ya biar tampilannya menarik hehe.

buat kartu nama - kadungcampur
Isi kartu namanya, apa aja, ya? 😀 

Emang apa aja data-data yang biasanya saya masukkan di kartu nama? Sebenarnya yang perlu adalah data basic seperti yang tercantum di kartu nama formal lainnya. Intinya, bagaimana orang lain bisa mengontak kita. Jadi yang terpenting adalah mencantumkan nomor telepon dan email. Nah, paling tambahan data untuk seorang blogger atau influencer lainnya adalah informasi URL dari blog dan media sosial.

Ganti data, ganti kartu nama deh!

Biasanya waktu dulu saya pindah kantor, tentunya data-data yang lama udah ga valid lagi ya, kecuali nomor hape kita. Kalau ganti kantor, berarti ganti kartu nama lagi, dengan nama dan email kantor baru. Sama halnya dengan freelance, kalau ada perubahan data email atau nomor hape, kita ya buru-buru harus ganti data tersebut, biar nanti ga perlu coret-coret kartu nama lama dengan data yang baru hehe. Tapi ya kalau kepepet ya mau gimana lagi, ya haha.

Kalau saya sih udah beberapa kali ganti alamat email. Awalnya saya pakai domain travel blog saya yang mixedupalready.com sebagai email. Tapi setelah dipikir-pikir, kadang saya suka salah eja pas nulis itu untuk alamat email, apalagi orang lain yang kurang familiar dengan alamat blog saya hehe. Makanya saya memutuskan untuk ganti alamat email ke yang lebih mudah buat ditulis dan diinget ama orang lain hehe.

Akhir-akhir ini saya juga memutuskan untuk memisahkan nomor telepon saya, antara yang pribadi dengan yang buat kerjaan. Soalnya untuk yang nomor yang lama, saya udah banyak join grup WhatsApp juga sih ya hehe. Makanya biar lebih enak aja buat saya, akhirnya saya mulai misahin nomor lama untuk personal, dan nomor yang lain untuk urusan kerjaan hehe.

Karena saya memutuskan mengubah kedua kontak saya, ya udah deh, akhirnya saya pun memutuskan untuk buat kartu nama baru. Sekalian jadinya, yang diubah langsung dua kontak, ya.

Buat kartu nama baru enaknya di mana?

Ngomongin ganti kartu nama, saya jadi keinget waktu dulu buat kartu nama pertama saya. Karena saya ga jago design, akhirnya saya memutuskan untuk buat kartu nama di salah satu tempat foto kopi dekat rumah saya. Di situ juga ada jasa buat kartu nama, yang biayanya tergantung berapa jam yang dibutuhkan untuk diskusi. Saya pun dari rumah udah coba corat-coret design kartu nama di buku. Akhirnya setelah barengan mencoba membuat design tampilan kartu nama, jadilah kartu nama pertama saya. Waktu itu masih sederhana banget hahaha. Logo ga ada, gambar-gambaran pemandangan apa lagi. Tapi enaknya bisa langsung jadi sih, walau memang lembaran yang dipakai untuk mencetak, kualitasnya belum sebaik kartu nama biasanya.

Fast forward ke jaman now, sekarang kalau saya perhatiin, untuk buat kartu nama udah bisa dilakukan secara online. Kita tinggal nyiapin data-data yang mau dimasukkan aja, karena di website untuk membuat kartu nama, biasanya udah menyiapkan template design tampilan kartu nama. Contohnya seperti yang saya temukan di Gogoprint.

Cobain si Gogoprint

Ternyata kalau saya baca-baca sekilas mengenai sejarahnya Gogoprint, perusahaan ini udah berdiri sejak 2015 dan berasal dari Thailand! Dan sejak itu, mulailah ekspansinya ke Singapore, Malaysia, Indonesia, dan terakhir Australia. Keren banget nih! Dan kalau lihat website-nya, si Gogoprint ga hanya menyediakan jasa mencetak kartu nama aja. Ada banyak lainnya lagi yang bisa dicetak menggunakan Gogoprint, misalnya brosur, kartu undangan, kartu ucapan, amplop, menu, poster, kartu pos, dan masih banyak lagi.

jenis jasa gogoprint - kadungcampur
Mau buat apa di Gogoprint? 

Kali ini mau coba buat kartu nama terlebih dahulu, karena keperluannya memang itu. Nanti kapan-kapan rasanya pengen nyobain cetak yang lain, seperti si kartu pos. Pengen deh buat kartu pos, lalu nanti gambarnya pake foto pemandangan hasil jalan-jalan terdahulu hehe.

Buat kartu nama di Gogoprint

Seperti yang tadi saya udah bilang, buat kartu nama sekarang udah gampang kok, karena di Gogoprint juga udah menyiapkan beragam template yang bisa kita pake. Mau yang putih polos, minimalis, berwarna, sampe yang ada gambarnya. Setelah kita pilih template yang diinginkan, kita tinggal ganti-ganti aja data di situ dengan data kita, mulai dari nama, nomor telepon, email, website, dan kalau kita punya kantor, tentunya alamat kantor juga perlu dong, ya.

template kartu nama gogoprint - kadungcampur
Beberapa template kartu nama di Gogoprint

Kalau kita perhatiin kartu nama, kan ada tampilan depan dan belakang, ya. Di Gogoprint, kita juga bisa modifikasi kedua tampilan, apalagi kalau di template tersebut, untuk yang tampilan belakang berupa gambar. Jadi kalau seperti saya, saya akan ganti tuh dengan foto pemandangan hahaha.

Nah, karena saya udah punya design template yang dibuat oleh teman saya, jadinya saya tinggal upload design tampilan depan dan belakang dari kartu nama tersebut. Oh iya, kalau kamu mau buat template kartu nama sendiri, juga udah disediakan panduan buat artwork design kartu nama kok, biar nanti sesuai dengan format kartu nama dari Gogoprint.

cara membuat artwork kartu nama gogoprint - kadungcampur
Panduan membuat design kartu nama sendiri 

Setelah membuat design tampilan kartu nama, langkah selanjutnya adalah memilih jenis kualitas dari kartunya itu sendiri, ada dua pilihan berdasarkan beratnya, yaitu yang 310 gram dan 260 gram. Kita juga bisa memberikan ‘sentuhan akhir’ di kartu nama tersebut, misalnya mau yang tampilannya glossy-kah, atau yang sudutnya bulat. Dan terakhir adalah memilih berapa banyak kartu yang kita inginkan, serta jangka waktu untuk tanggal penerimaan kartu nama. Semua pilihan kita tentunya akan memberikan efek di harga akhir, ya hehe. Oh iya, untuk kamu yang lokasinya di Jawa, Bali, dan Sumatera ongkos kirimnya gratis lho! Dan untuk soal pembayaran di Gogoprint juga ada beberapa pilihan kok, mulai dari transfer antar bank serta kartu kredit.

pilihan kualitas dan pengiriman kartu nama gogoprint - kadungcampur
Mau sudut kartu nama bulet, bisa dipilih juga kok di Gogoprint. Masih ada juga beberapa pilihan lainnya 🙂 

Siap-siap menyambut kartu nama baru

Okay, saya kemarin udah buat kartu nama baru di Gogoprint, dan rencananya tanggal 14 November 2018 saya bakal menerima kartu nama tersebut. Jadinya saya penasaran ingin buru-buru ngeliat hasil dan kualitas cetak dari Gogoprint deh! Sebenarnya kalau dilihat dari profil Gogoprint, rasanya bakalan oke nih kualitasnya. Nanti saya bakal update lagi ya kalau udah terima 🙂

So, yang berencana ingin buat kartu nama, langsung aja deh ya ke website Gogoprint!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here