Atur keuangan demi jalan-jalan yang menyenangkan

34
98
atur keuangan dengan fundtastic - kadungcampur

Atur keuangan demi jalan-jalan yang menyenangkan – Kayaknya akhir-akhir ini sering banget tulis tentang keuangan, ya. Haha, iya sih soalnya lagi concern juga dengan masalah mengelola keuangan plus juga dengan kesehatan hehe. Anyway, tentang masalah mengelola keuangan sempat saya bahas juga di blog post sebelumnya, yang mana saya ceritakan pengalaman terdahulu yang boros banget, nongkrong sini lah, nongkrong sana lah, beli ini lah, beli itu lah. Padahal belum tentu juga yang dibeli, emang barang yang dibutuhkan sih.

(Baca juga: Ketika besar pasak daripada dompet melanda)

Nah, karena tahun depan ada rencana mau explore Taiwan, makanya harus bisa mulai atur keuangan buat persiapan dana liburan nih.

atur keuangan untuk rencana masa depan - kadungcampur
Kamu punya rencana apa aja nih?ย 

Hayo tau ga berapa pengeluaran bulananmu?

Kamu tuh tipe yang suka mencatet pengeluaran bulanan ga?

Dulu saya bukan tipe yang seperti itu sih. Patokannya adalah struk ATM ketika selesai mengambil uang, apakah masih banyak atau udah tinggal sedikit uangnya hehe. Kalau udah tinggal sedikit, baru deh mulai menghitung, kira-kira kalau duit segitu, per harinya bisa berapa rupiah ya hingga gajian berikutnya hahaha.

Atau ada juga kayak temen saya. Dia kartu andalannya adalah kartu debit. Setiap belanja ke mana, gesek kartu debitnya. Dan dia tuh paling sering mampir ke Alfamart atau Indomaret setiap paginya sebelum berangkat ke kantor, buat beli cemilan dan minuman. Sampai akhirnya di pertengahan bulan pas gesek kartu debit-nya ternyata decline! Untung aja bawa uang tunai, kalau ga, say sorry ke kasirnya deh hehe.

atur keuangan biar ga bingung merencanakan dana liburan - kadungcampur
Bingung uangnya pada lari ke mana? Dicatet donggg heheย 

Kedua contoh di atas tuh ya terjadi karena dulu saya dan teman saya ga suka untuk catetin pengeluaran harian. Padahal kalau menurut pengalaman saya saat ngobrol bareng seorang financial planner, ternyata mengetahui pengeluaran harian hingga bulanan itu penting. Dengan begitu kita jadi tau penyebab habisnya uang kita di tengah bulan itu apa, apakah ada pengeluaran yang bisa kurangi, apakah ada pengeluaran yang ga penting, dan sebagainya. Ini semua sebenarnya bisa kita kontrol dengan baik, kalau kita secara telaten mencatet pengeluaran bulanan kita hehe. Anggaplah lagi financial check-up ya, alias mengecek kondisi keuangan kita huehe.

Mencari tau pengeluaran bulanan itu biasanya di tahapan awal kalau kita mau atur keuangan. Baiknya sih dilihat dalam jangka waktu tiga bulan, jadi nanti kita bisa ambil rata-rata pengeluaran bulanan dari situ.

Financial check-up ala FUNDtastic

Ngomong-ngomong soal check-up, kamu pernah ga check-up kesehatan? Check-up kesehatan tentunya untuk melihat, apakah kondisi tubuh kita masih berjalan dengan normal. Apakah organ-organnya berfungsi dengan baik?

Sama halnya dengan kesehatan keuangan kita, ternyata perlu juga sekali-kali dicek, sehat ga tuh, atau jangan-jangan malah besar pasak daripada dompet hehe.

Untuk financial check-up tentunya bisa lebih sederhana daripada check-up kesehatan. Pertama-tama yang kita harus lihat tuh adalah berapa besar pengeluaran kita setiap bulannya, sama seperti yang saya bilang di awal.

Enaknya gimana ya kalau mau catat pengeluaran, biar telaten gitu hehe?

Ada banyak cara sih buat mencatat pengeluaran bulanan. Saya terkadang suka catetin dulu di notes hape gitu, baru kemudian saya input ke excel saat lagi buka laptop. Sayangnya kalau udah buka laptop, malah akhirnya ngerjain yang lain atau nonton TV series, jadinya si file excel-nya malah terbengkalai hahaha. Makanya biar kita bisa lebih telaten dalam mencatat pengeluaran dan lebih mudah saat atur keuangan, kan udah ada aplikasi smartphone yang bisa bantu kita untuk mengontrol keuangan kita. Salah satu contohnya yang bisa dipakai adalah FUNDtastic.

FUNDtastic ini merupakan salah satu aplikasi pencatatan dan perencanaan keuangan yang bisa kita pakai untuk mengontrol keuangan atau dengan kata lain untuk melakukan check-up kesehatan finansial kita.

dashboard aplikasi perencanaan keuangan fundtastic - kadungcampur
Atur keuangan dengan FUNDtastic ๐Ÿ˜‰ย 

Benefit menggunakan FUNDtastic

Cara pakai FUNDtastic gampang kok, pertama-tama kitaย tambahkan terlebih dulu rekening bank kita ke aplikasi FUNDtastic. Saat ini memang baru ada BCA sih, tapi nanti bakal ditambah kok. Kandidatnya sih denger-denger adalah bank yang ada di Top 5 deh hehe.

notifikasi transaksi perbankan fundtastic - kadungcampur
Tuh, notifikasinya banyak banget ya hehe.ย 

Pantau transaksi kita

Dengan menambahkan rekening bank kita ke aplikasi FUNDtastic, jadinya bisa bantu kita untuk memantau setiap transaksi yang terjadi di rekening kita hehe. Nah, kan kalau kamu mirip teman saya yang mengandalkan kartu debitnya di setiap transaksi, bakalan cocok banget deh dengan FUNDtastic. Karena setiap ada transaksi menggunakan rekening bank kita, baik itu transaksi uang yang keluar atau masuk, bakal ada notifikasinya terus hehe.

Bisa mengkategorikan transaksi

Di FUNDtastic juga ada yang namanya fitur Dompet Pintar. Kalau yang sebelumnya hanya notifikasi ya, di sini kita bisa lihat dengan lebih detail setiap transaksi yang udah kita lakuin nih. Enaknya di sini, kita bisa kategoriin setiap transaksi, baik untuk uang masuk dan uang keluar.ย Untuk yang uang masuk, misalnya reguler bulanan, tahunan, atau yang tidak tetap nih. Sedangkan untuk uang keluar, seperti uang untuk biaya sekolah, transportasi, makanan & minuman, pulsa, bensin, dan sebagainya.

Monitor kesehatan saldo tabungan

Dan tentunya, yang utama dari fitur Dompet Pintar, adanya monitor saldo hehehe. Gimana cara kita monitor saldo? Di dashboard FUNDtastic udah tertera angka-angka, mulai dari saldo awal dan saldo akhir tabungan kita. Selain itu juga ada angka yang menunjukan uang masuk dan uang keluar kita di bulan tersebut. Nanti bisa keliatan juga sih, ada berapa dana yang tersisa — hasil selisih dari uang masuk dan uang keluar itu. Cukup membantu sih ini buat financial check-up, jadi kita bisa mulai ngerem kalau ternyata uang yang keluar lebih banyak dari uang yang masuk haha.

Ada fitur keren lainnya, tapi menyusul, ya ๐Ÿ™‚

Sebenarnya di FUNDtastic, ga hanya ada Financial check-up sih, tapi ada juga portfolio analysis, dan financial planning. Namun yang dua terakhir, saat ini masih dalam proses pengembangan. Makin keren nih kalau semuanya udah bisa, kan bisa aja kamuย punya investasi lain, seperti reksa dana, saham, atau bahkan logam mulia? Nanti tinggal dimasukkan semua di portofolio analysis, biar bisa lebih menyeluruh kalau mau financial check-up ๐Ÿ˜‰

Nah, kalau yang fitur financial planning nih sebenarnya cocok juga untuk saya dan kamu yang sedang merencanakan dana liburan untuk tahun depan, kira-kira berapa banyak yang harus saya investasikan, ya? Dan produk investasi apa nih yang cocok? Soon deh kalau yang ini ๐Ÿ˜Š

Konsultasi langsung dengan dokter keuangan

Karena yang Financial Planning masih on the way, sebenarnya kita juga bisa lho memanfaatkan fitur lain dari FUNDtastic. Namanya โ€˜Konsultasi.โ€™ Konsultasi ini maksudnya ya kita bisa ngobrol dan diskusi langsung dengan dokter keuangan dari FUNDtastic yang sudah bersertifikasi tentunya, ya. Dan ternyata kita ga perlu ketemuan juga bisa kok. Mau ngobrol via video call atau chatting juga bisa. Eh tapi kalau saya lebih enak sih di awal, ketemuan dulu aja kali ya. Selanjutnya boleh deh chattingan hehe.

diskusi dengan financial planner fundtastic - kadungcampur
Kita juga bisa lho ngobrol-ngobrol dan diskusi langsung dengan financial planner dari FUNDtastic, yaย 

Udah siap buat liburan tahun depan?

Nah, setelah financial check-up, bisa ketauan deh, mana yang pengeluaran penting dan mana yang kurang penting hehe. Kalau misalnya kebanyakan nongkrong cuma buat ngupi-ngupi aja, bisa dikurangin terlebih dahulu. Jadi uangnya kan bisa buat nambah-nambahin dana liburan tahun depan saya ke Taiwan.

Kalau misalnya ternyata budget nya masihย  kurang, ya pilihannya antaraย ubah itinerary biar lebih ramah dengan kantong atau genjot deh cari pundi-pundi lainnya buat menambah budget hehe. Yang kalau lemburnya dibayar, bisa aja minta tambah lemburan. Kalau seperti saya sih bisa aja cari side job yang freelance yang berhubungan dengan konten atau media sosial. Ada banyak lah ya, kan demi jalan-jalan yang nyaman di tahun depan hehe.

Oh iya, kamu bisa download aplikasi FUNDtastic dengan klik tombol di bawah, ya ๐Ÿ™‚

install fundtastic android - kadungcampur

 

 

Nah, ya udah deh kalau gitu, udah mulai atur keuangan buat liburan tahun depan, belum?

pantai manly australia - kadungcampur
Udah siap buat liburan tahun depan?? Foto ini bukan di Taiwan sih, tapi diambil pas lagi di Manly Beach, Australia huehe …

34 KOMENTAR

  1. yang paling agak susah dilakukan saat melakukan financial planning adalah harus pandai membagi antara pengeluaran, pemasukan atau tambahan. Cara yang ditunjukan ternyata lebih mudah. baru kutahu. bolehlah dicoba

  2. Nah, cocok nih FUNDtastic karena jaman now, orang-orang pasti pegang HP tiap hari, bisa beratus kali malah sementara pegang buku – kalo buat mereka yang sudah tidak sekolah/kuliah lagi jaraaaang banget. Jadinya memang butuh FUNDtastic ini ya.

  3. Wow. Aku ingin sekali seperti koko. Susah gak sih buat kumpulin uang demi bisa travelling ke luar negeri? Seru juga kayaknya bisa vacay dengan solo trip nih. Hmm ๐Ÿ™‚

  4. saya tahu berapa pengerluaran dan pemasukan perbulannya berkat aplikasi keuangan. tapi, liat ini aplikasi keuangan kok kayaknya lebih asik ya si fundtastic ini. bisa otomatis mencatat sendiri pengeluaran, ada konsultasinya juga lagi. jadi pengen download. penasaran euy..

  5. selama ini mencatat keuangan ya via excel, sama kayak mas timo, aku biasanya nyatat per tiga hari terutama klo arus masuk dan keluarnya lebih rutin
    minusnya memang agak malesin sih buka excel gitu, karena jam buka laptop itu berarti blogwalking atau ngerjain hal2 lain, aku mau download ah fundtastic-nya, butuh yg lebih praktis gini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here