8 pulau yang bisa kamu kunjungi ketika ikutan Komodo Live on Board trip

36
1068
komodo live on board trip flores

Kalau kamu berencana untuk ikutan Komodo Live on Board trip (kadang disingkat jadi Komodo LOB trip sih) atau terkadang juga disebut Komodo sailing trip, Komodo Liveaboard trip, atau hanya Komodo tours aja, kamu harus siap-siap bahagia, karena kebutuhan vitamin Sea-mu akan terpenuhi dalam beberapa hari! Biasanya kalau kamu ikutan Komodo Live on Board trip, kamu akan berlayar antara 3 – 4 hari, dan akan melakukan island hopping ke beberapa pulau. Komodo Live on Board trip akan start dari Labuhan Bajo dan berakhir pula di Labuhan Bajo, tapi ada juga Komodo Live on Board trip yang dimulai dari Lombok ke Labuhan Bajo, dan sebaliknya.

Pulau yang akan dikunjungi di Komodo Live on Board trip

Pulau Bidadari

Biasanya di Pulau Bidadari akan dikunjungi dalam waktu sebentar saja. Di sini nantinya kamu akan berleyeh-leyeh di pantai, dan juga pemanasan main-main air dulu, sekalian snorkeling di sini. Kok pemanasan? Anggaplah kamu kekurangan vitamin Sea, dan ini asupan vitamin Sea pertamamu. Jadi take it slow aja deh haha. Lagian nanti akan ada spot snorkeling yang lebih cantik lagi deh.

komodo-live-on-board-trip-flores-pulau-bidadari
Main air di Pulau Bidadari, Flores

Ingin tau lebih lanjut mengenai Pulau Bidadari, monggo melipir ke sini (<== tinggal diklik aja kata ‘sini’-nya).

Pulau Kelor

Nah, kalau Pulau Kelor ini mungkin kamu suka liat fotonya seliweran di timeline Instagram-mu, yakni foto pemandangan dari atas bukit yang mempertunjukkan area pantai serta pulau sekitar.

komodo-live-on-board-trip-flores-pulau-kelor
Pemandangan khas dari Pulau Kelor

Tapi tentunya untuk mencapai posisi di atas bukit dan mengambil foto seperti itu, kamu harus mendaki. Dan ini bisa dibilang pemanasan mendaki untuk hari berikutnya, yang pendakiannya lebih yahud. Pendakian di Pulau Kelor itu sekitar 45 derajat atau mungkin lebih, jadi kamu harus pakai alas kaki atau sandal gunung yang oke ya, untuk membantu menahan berat badanmu ketika mendaki.

Ingin tau lebih lanjut mengenai Pulau Kelor, monggo melipir ke sini.

Pulau Rinca

Kunjungan ke pulau Rinca ini, tujuan sebenarnya ikutan Komodo Live on Board trip ya, karena di sini kamu akan ketemu dan berkenalan dengan beberapa ekor naga alias komodo. Tenang aja, karena kamu ga akan berkeliaran di Pulau Rinca sendirian. Kamu akan selalu ditemanin oleh seorang ranger, dan tentunya kamu juga harus tetap setia berdekatan dengan si ranger ini. Para ranger inilah orang-orang yang akan menjadi guide-mu selama di Pulau Rinca, dan tentunya sudah berpengalaman menghadapi komodo.

komodo-live-on-board-trip-flores-pulau-rinca-komodo
Bertemu dengan si komodo di Pulau Rinca

Nanti di Pulau ini kamu bisa memilih rute trekking yang ingin kamu tempuh, mulai dari rute pendek, menengah, atau panjang. Jadi kamu nanti sesuaikan dengan waktu dan energy yang kamu punya, ya.

Selain komodo, tentunya kamu akan bisa mendapatkan pemandangan indah lainnya, yang bisa kamu liat dari atas bukit —> kode: ada pendakian sedikit aja.

Ingin tau lebih lanjut mengenai Pulau Rinca, monggo melipir ke sini.

Pulau Kalong

Dari namanya sih bisa ketauan ya. Iya, kalong itu ‘kelelawar’. Bukan berarti maksudnya isi Pulau Kalong ‘kelelawar’ aja ya. Ini dinamakan begini karena kita bisa ngeliat para kelelawar berterbangan keluar dari Pulau Kalong waktu sunset. Trus kita menikmatinya dari mana? Dari atas kapal sudah cukup 🙂

komodo-live-on-board-trip-flores-pulau-kalong
Melihat pemandangan sunset diiringi dengan bertaburannya kelelawar ke langit

Ingin tau lebih lanjut mengenai Pulau Kalong, monggo melipir ke sini.

Pulau Padar

Pulau Padar ini merupakan salah satu favorit saya ketika mengikuti Komodo Live on Board trip.

Kenapa gitu? Karena pas dalam perjalanan ke sana, akan disuguhi pemandangan indah dari pulau-pulau yang kami lewati, dan pastinya keindahan dari Pulau Padar itu begitu mempesona, sehingga saya ga mau kalah dengan pendakian bukit yang ngos-ngosan, demi mendapatkan foto yang bagus dari atas bukit. Iya, untuk mendapatkan foto tiga lengkungan pantai dari atas bukit di Pulau Padar yang terkenal itu, kita harus berjibaku dengan pendakian. Oleh karena itu, jangan lupa bawa air mineral ya, dan pastinya topi atau penutup kepala atau pake sun block jika merasa diperlukan. Karena di atas bukitnya, jarang pohon untuk berteduh, dan kalau kamu mendakinya sudah kelewat siang, bakal panas … Biasanya, ya.

komodo-live-on-board-trip-flores-pulau-padar
Cantiknya 3 lengkungan pantai di Pulau Padar

Ingin tau lebih lanjut mengenai Pulau Padar, monggo melipir ke sini.

Pulau Komodo

Dari namanya, Pulau Komodo, semestinya sih saya ke sini untuk melihat komodo ya? Tapi ternyata, bukan. Saya ke sini untuk menuju pantai yang sudah cukup terkenal, karena pasirnya yang berwarna pink. Namanya Pink Beach — mungkin kamu juga sudah familiar Pink Beach di Pulau Lombok. Tujuan merapat ke pulau ini ya berarti untuk bersantai-santai sejenak di pantai atau snorkeling untuk melihat keindahan bawah lautnya.

komodo-live-on-board-trip-flores-pulau-komodo-pink-beach
Mau leyeh-leyeh di pantai? Snorkeling? Atau mendaki bukti di samping pink beach, Flores

Eh iya, selain kedua kegiatan itu, ada juga lho yang menanjak bukit di samping pantai, untuk mendapatkan foto pantai dari atas yang cakep. Saya kebetulan lagi males naik bukitnya waktu itu hehe.

Ingin tau lebih lanjut mengenai pink beach di Pulau Komodo, monggo melipir ke sini.

Gili Laba

Gili Laba merupakan kunjungan ke pulau yang memerlukan pendakian. Dan pendakian ke atas bukit di pulau-pulau yang saya hinggapi selama Komodo Live on Board trip itu kemiringannya biasanya 45 derajat ke atas deh. Kontur tanahnya pun waktu saya datang berupa tanah kering dan batu-batu kecil (serta batu besar). Jadi, saya ingetin sekali lagi, kamu butuh alas kaki yang oke, ya.

komodo-live-on-board-trip-flores-gili-laba
Menunggu turunnya matahari ke tempat tidurnya

Gili Laba ini merupakan tempat yang asik untuk dikunjungi, karena Gili Laba merupakan sunrise dan sunset spot. Kebetulan waktu ke sana, saya naiknya pas sunset, dan tidak terlalu berminat untuk naik lagi pas sunrise hehe. Siapa tau kamu mau gentian dengan saya, dan naik pas sunrise?

Ingin tau lebih lanjut mengenai Pulau Gili Laba, monggo melipir ke sini.

Pulau Kanawa

Pulau Kanawa ini berbeda dengan Pulau Kenawa, ya. Kalau Pulau Kenawa itu dekat dengan Sumbawa alias masih di NTB, sedangkan Pulau Kanawa sudah di NTT.

Pulau Kanawa juga merupakan salah satu favorit saya ketika ikutan Komodo Live on Board trip ini, karena bawah laut di Pulau Kanawa itu rancak bana alias cantik banget! Pokoknya kalau ke sini, jangan lupa snorkeling, ya.

komodo-live-on-board-trip-flores-pulau-kanawa
Ke Kanawa lagi, yuk!

Selain itu, sebenarnya di Pulau Kanawa ada penginepan juga sih. Dulu agak ragu antara nginep di sini atau ga, tapi akhirnya ga jadi nginep karena sudah termasuk di itinerary Komodo Live on Board trip ini. Di Pulau Kanawa ini juga ada tempat makan kok, yang jadi bagian dari si penginepan ini.

Ingin tau lebih lanjut mengenai Pulau Kanawa, monggo melipir ke sini.

Nah, mungkin aja kamu dari ke 8 pulau yang bisa dikunjungi ketika ikut Komodo live on board trip ini, ada yang ga kamu kunjungi atau ga bisa kamu kunjungi karena mungkin faktor cuaca. Biasanya yang suka terpengaruh ama cuaca adalah ke Pulau Padar, ya. Eh iya, pastinya ada pulau yang ga sempet saya kunjungi waktu itu. Mungkin kamu mau nambahin di kolom komen di bawah? 🙂

Misalnya kamu berminat untuk ikutan Komodo Live on Board trip ini, kamu bisa kok tinggal kontak saya aja. Nanti saya kenalkan ke kaptennya. Email aja ya di: mixedupalready@gmail.com .

Kalau kamu suka dengan blog post 8 pulau yang bisa kamu kunjungi ketika ikutan Komodo Live on Board trip, tolong di-share ya. Dan tentunya, yuk subscribe blog ini melalui bagian ‘Subscribe Yuk’ di bagian kanan.

36 KOMENTAR

    • Pasti bisa, Mbak Arni! 🙂
      Waktu itu ada rombongan wisman bawa anak2nya kok. Yang penting anaknya tetap di grup, ga berkeliaran sendiri, soalnya kan ga tau si komodo sembunyi di mana 😀

    • Apalagi kl pake kamera dgn lensa yg ciamik, fotonya bakal lbh bagus lagi oom #kode
      Di-share dulu Oom di FB page, trus nti ada tanda tambahnya gitu utk nambah gambar 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here