Advertisements

Untung beli asuransi mobil!

Author: | Posted in Otomotif No comments

Untung beli asuransi mobil! – Kalau kamu punya mobil sendiri, kira-kira apa sih risiko yang bisa aja terjadi kalau lagi di jalan? Bisa macem-macem sih ya, kalau udah di jalan, secara itu jalanan umum, jadi kita menggunakan jalan bersamaan dengan orang lain juga. Mungkin kita bisa hati-hati dan peduli keselamatan saat berkendara, tapi kita ga tau deh, apakah orang lain juga akan sama hati-hatinya dengan kita atau ga?

Namun, sebenarnya risiko punya mobil sendiri tuh ga hanya pas di jalanan aja sih. Pas lagi di rumah atau lagi parkir pun, juga ada risikonya. Mungkin kalau lagi parkir di pinggir jalan, bisa aja kaca mobilnya dipecah, karena mau mencuri sesuatu di dalam mobil, atau malah bisa aja mobil yang diparkir lenyap seketika. Amit-amit jangan sampai kejadian, ya.

risiko punya mobil ketika parkir di pinggir jalan - kadungcampur

Risiko punya kendaraan sendiri ga hanya pas lagi di jalan, bisa aja pas lagi diparkir di pinggir jalan (foto hanya ilustrasi aja ya – diambil beberapa tahun lalu) 

Pengalaman pahit ketika punya mobil

Terus ada pengalaman pribadi kah? Saya ada sih beberapa haha.

Pengalaman spion kehantam

Beberapa waktu lalu, saya sempat menjemput teman saya yang kebetulan lagi berkunjung ke rumah saudaranya di Purwakarta. Rencana selanjutnya, kami akan lanjut pergi ke Bandung setelah icip-icip sate maranggi, yang merupakan makanan khas Purwakarta.

Ternyata setelah makan, teman saya punya ide untuk lewat jalan biasa aja untuk menuju Bandung, daripada lewat tol. Boleh juga sih saya pikir, karena saya juga belum pernah. Oh tapi, sepertinya itu cukup sekali aja ya ke Bandung lewat jalan biasa hahaha. Rasanya kok lama banget, terus jalanannya ga semua lebar kayak jalan tol gitu hahaha. Nah, pas lewat jalanan yang lebarnya pas dua mobil aja, eh tiba-tiba spion kanan saya dihantam dari arah berlawanan oleh mobil lain.

Mobil saya waktu itu adalah Honda Jazz, dan spionnya berjenis elektrik, alias kalau mau membuka atau melipat spion, bisa tinggal tekan tombol yang letaknya di samping kanan setir. Jadi ketika spion kanan saya terhantam, otomatis langsung melipat sedikit. Ya udah, saya tekan tombol lipat, dan baru kemudian saya buka lagi. Untungnya bisa kebuka sempurna sih saat itu hehe.

kaca spion rusak diganti asuransi mobil - kadungcampur

Spion yang kanan rusak akibat kehantam mobil lain 

Beberapa hari berlalu, ternyata si spion kanan mulai berulah. Mulai dari yang bunyi kletek-kletek pas dibuka atau dilipat, sampai akhirnya malah ga bisa dibuka sama sekali. Waduh, bahaya banget sih, ya.

Untung saja, saya punya asuransi mobil, dan setiap beli asuransi mobil, selalu pilihnya yang comprehensive. Comprehensive tuh jadinya, saya bisa klaim ke asuransi untuk kerusakan sekecil apapun dari mobil saya. Dan kalau udah disetujui, berarti langsung diganti. Beda dengan jenis asuransi mobil Total Loss Only atau sering disingkat TLO. Kalau asuransi mobil TLO, tingkat kerusakannya harus sekitar 75%, baru bisa klaim asuransi.

Untung yang kedua, ternyata di dekat tempat saya tinggal di Bandung, ada bengkel rekanan Honda, yang memang khusus menangani klaim asuransi. Prosesnya agak memakan waktu, karena ternyata spare part-nya ada di Jakarta. Ya udah, tidak apalah, yang penting diperbaiki hehe.

Untung ketiga, ya untung saya membiasakan diri untuk beli asuransi mobil, jadi biaya yang saya keluarkan ga sebesar kalau saya harus perbaiki sendiri. Biasanya saya hanya membayar biaya adminstrasinya aja.

Ya ampun, ban mobilku ke mana?!

Cerita ke dua lebih epic lagi sih menurut saya. Soalnya ga ada yang menyangka bisa kejadian.

Jadi ceritanya lagi menginap di rumah teman, karena besoknya mau urus perpanjangan passport. Rumahnya cukup dekat dengan salah satu kantor imigrasi. Nah, rumah si teman sih bukan di kompleks gede gitu memang, dan jalanan depan rumahnya hanya cukup buat motor aja. Jadi kata teman, saya bisa parkir di lapangan aja, ga terlalu jauh dari rumahnya. Saya lihat juga di lapangannya ada banyak mobil terparkir sih.

Lalu paginya, setelah sarapan dan mandi, kami pun jalan kaki menuju lapangan, dan saya pun langsung kaget setengah hidup ketika sampai di lapangan tersebut. Tepatnya speechless, menganga, mungkin kalau di film kartun, dagunya sampai copot ke tanah.

BAN MOBIL SAYA MANAAAA?????

ban mobil hilang diganti asuransi mobil - kadungcampur

Ada yang pernah mengalami hal serupa?? Hehe … 

Teman saya pun bingung, karena ini baru kejadian pertama kali. Orang-orang yang jalan melewati kami pun juga bingung. Bahkan ada orang yang memang tinggal dekat lapangan lewat, dan juga sempat ngomong:

‘Iya tadi pas saya lagi jalan pagi, saya sempat heran, ini kenapa dicopotin bannya.’

Yang saya heran, yang ambil ban saya termasuk yang cukup profesional dan baik sih. Di ke empat poros untuk ban sudah diganjel oleh bata. Ini mah sepertinya dikerjakan oleh orang yang punya dongkrak mobil yang dimasukkan di kolong mobil itu.

Saya antara tenang dan deg-degan. Tenang karena saya udah punya asuransi mobil, tapi deg-degan apakah kalau hilang keempat ban bisa diganti? Hal baru banget buat saya. Ya iyalah, siapa pula yang akan menyangka, saat malam baik-baik saja, ternyata pas pagi pada hilang bannya haha.

Akhirnya saya pun menelpon orang asuransi, dan dia pun juga kaget akan kejadian seperti ini. Dan setelah menunggu beberapa lama, akhirnya saya diberitahu kalau boleh klaim asuransi untuk penggantian ban yang hilang nantinya. Tapi ternyata dengan sistem reimburse, karena mereka perlu tau harga bannya terlebih dahulu. Ya udah tidak apa lah. Sekali lagi untung banget, membiasakan diri beli asuransi mobil! Apa jadinya kalau tidak?!

Untung beli asuransi mobil, ‘kan?

Untung beli asuransi mobil’ – ini merupakan kata-kata yang berkali-kali saya omongin dalam hati, saat pergi mencari ban beserta velg-nya diantar oleh teman saya. Setelah muter-muter, akhirnya ketemu toko ban yang orang-orang tokonya pun juga kaget dengan kejadian yang menimpa saya.

Transaksi ban selesai, saya balik ke mobil saya, ban dipasang, masalah selesai.

Saya pun hanya tinggal mempersiapkan kelengkapan dokumen serta bukti transaksi pembelian ban untuk kemudian dikirim ke pihak asuransi. Memang sudah diberitahu, kalau pihak asuransi hanya akan mengganti sesuai dengan harga ban dan velg-nya. Biaya lainnya tidak tanggung. WAH ITU MAH TIDAK APA BANGET!!!! Hahaha. Saya kurang ingat berapa hari proses reimburse-nya, tapi pas prosesnya selesai, dan uangnya ditransfer, saya pun tersenyum sumringah. Sekali lagi, saya bilang dalam hati: untung membiasakan diri BELI ASURANSI MOBIL!

Beli asuransi mobil di manakah?

Produk asuransi mobil sekarang udah banyak kok, tinggal preferensi kita aja mau pakai brand yang mana. Kebetulan kalau saya, asuransinya melanjutkan dari perusahaan yang pernah bekerja sama dengan kantor orang tua saya waktu itu.

Kalau misalnya masih bingung, tinggal dicari online aja, mau bukain website brand asuransi mobil satu-satu boleh. Namun kalau saya sih mending buka satu website aja, tapi yang bisa memberikan banyak pilihan produk asuransi mobil dari beberapa perusahaan asuransi. Bisa dibilang mirip supermarket lah, ya, tapi online gitu. Namanya Futuready. Kerennya nih si Futuready, merupakan supermarket online asuransi yang udah berlisensi OJK.

Enaknya kalau cari asuransi mobil di supermarket online, seperti Futuready, kita bisa dengan mudah membandingkan banyak produk dari beberapa perusahaan, hanya dari satu website aja. Contohnya, kalau di Futuready tuh ada produk asuransi mobil dari perusahaan AXA, ACA, Simas Net, Adira, Avrist, dan Malacca. Tinggal pilih aja deh, mana yang sesuai dengan kebutuhan dan budget. Oh iya, Futuready itu hanyalah supermarket online aja ya, jadi ga membuat produk asuransi sendiri 😊

So, tunggu apa lagi? Kalau punya mobil, jangan lupa beli asuransi mobil ya!

risiko punya mobil ketika di jalan - kadungcampur

Jangan lupa beli asuransi mobil untuk mobilmu ya 🙂 

Advertisements

Add Your Comment