Advertisements

Tips solo travelling agar liburan lebih menyenangkan

Author: | Posted in Wisata 8 Comments

Tips solo travelling agar liburan lebih menyenangkan – Desember pasti identiknya dengan musim liburan, dan pastinya kamu udah merencanakan destinasi liburan. Biasanya sih orang ke negara di belahan bumi utara untuk merasakan musim dingin dan main-main sama salju. Ada juga yang memiliki rencana liburan ke domestik saja. Ternyata liburan ke Indonesia bagian tengah dan timur masih menjadi destinasi liburan favorit, contohnya saja Pulau Komodo yang asik kalau kamu punya itinerary island hopping dan menginap di atas kapal. Tentu aja ada juga orang yang ingin liburan dekat-dekat aja, seperti Bandung.

tips solo travelling padar komodo - kadungcampur

Pulau Padar yang bagian dari trip island hopping Komodo menjadi salah satu destinasi favorit tempat liburan domestik

Beberapa destinasi liburan domestik lainnya bisa dicek di bawah ini ya buat inspirasi ?

destinasi liburan domestik - kadungcampur

Contoh destinasi liburan dalam negeri (diambil dari slide presentasi MSIG)

Tentunya setelah merencanakan destinasi liburan, ada hal lain lagi yang perlu kita urus, apalagi kalau kita rencananya mau solo travelling. Rasanya memang menyenangkan tapi terkadang juga deg-degan kalau solo travelling ya, karena kita akan lebih sering mengandalkan diri kita sendiri saat di tempat tujuan. Ada sih orang yang lebih go with the flow ya tanpa rencana, tapi kalau misalnya kamu bukan orang yang seperti itu, berarti kamu harus prepare dengan baik, mulai dari penerbangan hingga penginapan.

Nah, ini ada beberapa tips solo travelling agar liburan lebih menyenangkan πŸ˜‰

Rencanakan dengan baik liburanmu

Kalau ini merupakan solo travelling pertama, mungkin ada baiknya kamu memiliki itinerary yang komplit. Itinerary yang komplit dan lengkap tentu dimulai dari awal perjalanan hingga akhir perjalanan, dimulai dari mau menginap di mana, transportasi saat liburan bagaimana, apa aja yang akan dibawa, biayanya, dan sebagainya.

Waktu saya dulu liburan sendiri, terkadang sih saya membuat daftar tempat kunjungan, termasuk cara menuju ke sana, serta biayanya berapa. Misalnya dulu waktu ke Ipoh di Malaysia, sebenarnya itu merupakan side trip aja sih, karena trip utamanya hanya ke Kuala Lumpur untuk datang ke nikahan teman.

tips solo travelling ipoh - kadungcampur

Kira-kira di Ipoh ngapain ya? Bisa banget hunting mural beginian πŸ™‚

Saat di Ipoh yang hanya beberapa malam itu, saya buat rencana, apa aja yang harus saya lakukan, menginap di mana, sampai transportnya bagaimana. Karena saya sendirian aja, dan memang booking hotel yang ga terlalu dekat dari pusat kota, jadinya saya memutuskan untuk sewa mobil aja. Itu juga pengalaman saya beli kupon parkir di Malaysia. Ngeri-ngeri sedap karena takut salah hahaha.

Don’t flash your gold too much in public

Hahaha, maksudnya jangan terlalu mencolok lah kalau pakai perhiasan atau bawa gadget selama solo travelling. Soalnya terkadang ketika lagi sendirian jalan, dan tiba-tiba tersesat kemudian kita tampak bingung, hmm, kalau di film-film kita bisa jadi sasaran empuk kali, ya haha.

Untungnya sih saya orang yang ga suka neko-neko sih dalam berpakaian. Pakaian yang seadanya aja, dan memang ga terlalu suka pakai perhiasan sih. Pakai gadget juga saya lihat-lihat sih, apalagi kalau sendirian, sebisa mungkin saya bawa tas, jadi bisa saya masukkan kamera dan hape. Saya baru mengeluarkan kamera, kalau saya merasa aman dan nyaman aja.

Oh iya, ngomong-ngomong tersesat, untungnya sekarang di gadget kita udah terinstall Google Maps, sehingga kita sebelum jalan bisa kira-kira dulu arahnya ke mana. Jadinya mengurangi kemungkinan kita tersesat ketika lagi jalan sendirian. Terus kalau misalnya kita bingung, kita bisa aja masuk ke toko atau hotel, sambil tanya-tanya atau cek Google Maps di gadget kita.

Beri kabar ke keluarga atau orang terdekat tentang itinerary-mu

Untuk tips solo travelling yang ini, saya jadi teringat 2 film, yang pertama Taken, yang kedua 127 hours. Sebenarnya dua hal yang berbeda sih ya.

Di film Taken, si Kim dan temannya saat tiba di airport Paris, secara ga sengaja sama seorang pria ketika lagi mengantri taksi. Temannya Kim dengan pedenya ngobrol dan kasih tau kalau mereka lagi travelling berdua aja, bahkan mengasih tau tempat menginap mereka. Ternyata pria tersebut adalah komplotan dari human trafficking dan kamu pasti tau kelanjutannya bagaimana. Film ini mengingatkan kita untuk ga terlalu blak-blakan ketika ngobrol sama orang asing saat liburan, karena kita kurang tau motif di balik kebaikannya. Balik lagi ke instingmu bagaimana deh, ya ?

tips solo travelling zhijindong cave - kadungcampur

Solo travelling menyenangkan kok, tapi jangan lupa kasih tau keluargamu ya (Foto diambil di Zhijindong Cave, Cina)

Beda dengan film 127 hours. Kalau ga salah ingat, cerita filmnya seperti ini. Di film ini Aron solo travelling, dan berpetulang ke sebuah daerah di Utah, yang ada bukit dan ngarainya. Tipe-tipe jalan Aron ga ke pantai, tapi lebih ke memanjat bukit dan sendirian. Kemudian terjadilah kecelakaan, sehingga dia terjatuh ke antara dua bukit sempit. Ga hanya terjatuh, ternyata tangan Aron patah, dan dia kejepit, sehingga ga bisa keluar. Celakanya dia ga berkabar ke keluarganya dia ke mana, dan di daerah tersebut jauh dari mana-mana. Ya udah, pasti kamu tau apa yang terjadi.

Jadi, jangan lupa untuk memberi kabar ke keluargamu atau orang terdekatmu tentang rencana bepergianmu, apalagi kamu rencana solo travelling.

Udah beli asuransi perjalanan belum?

Masih ada yang belum menganggap penting asuransi perjalanan, padahal sebenarnya asuransi perjalanan itu penting. Saya pun udah mulai membiasakan diri untuk membeli asuransi perjalanan ketika jalan-jalan baik dalam negeri maupun luar negeri. Anggaplah seperti peribahasa β€˜bawalah payung sebelum hujan.’ Memang sih, belum tentu hujan, tapi ada baiknya untuk berjaga-jaga kan ya.

Seperti cerita teman saya saat lagi jalan-jalan ke Sulawesi Selatan. Penerbangan menuju Sulawesi Selatan berjalan mulus tanpa penundaan, liburan pun juga berjalan menyenangkan, tapi pas pulang ada ga enaknya. Penerbangannya delay berjam-jam hingga subuh. Namanya delay pastinya ga menyenangkan, ya, tapi untungnya dia udah beli asuransi perjalanan, dan ternyata dia hanyalah segelintir orang dari penumpang penerbangan itu yang membeli asuransi. Dan pastinya dia bisa merasakan manfaat asuransi perjalanan yang bisa memberikan kompensasi atas ketidaknyamanan ini.

Asuransi travel domestik memang sepertinya masih belum terlalu populer dibandingkan dengan asuransi travel internasional, padahal manfaat yang diterima bisa kurang lebih sama lho jika dibandingkan pentingnya asuransi perjalanan internasional. Contohnya asuransi travel MSIG untuk destinasi domestik yang baru aja diluncurkan ini.

Asuransi Travel domestik MSIG

Asuransi travel domestik MSIG memiliki manfaat yang kurang lebih sama kok dengan asuransi travel internasional, seperti contohnya ada perlindungan terhadap kecelakaan, ketidaknyamanan dalam perjalanan, serta adanya biaya untuk pengobatan medis. Bisa dilihat lebih lengkap di tabel di bawah ini:

contoh premi domestic travel insurance - kadungcampur

Contoh benefit dari asuransi travel domestik MSIG

Tentunya nilai benefit atau kompensasi yang didapat tergantung dari paket apa yang kita beli. Semakin tinggi paket yang dibeli, tentunya benefit yang didapat lebih besar nilainya hehe.

Lalu bagaimana dengan premi asuransinya?

Duh, coba deh lihat tabel di atas (tabel premi yang bagian kanan)! Murah, β€˜kan? Bahkan mulai dari RP. 23.000 aja lho. Ya udah, relakan segelas kopi yang biasanya kamu minum di cafΓ©, dan uangnya dibuat beli travel insurance hehe. Apalagi nih selama Harbolnas, alias Hari Belanja Online Nasional, MSIG mempunyai promo diskon khusus senilai 24% untuk pembelian MSIG Travel Insurance!

Tinggal masukkan saja kode promo ini, pada saat sebelum pembayaran, ya:

MSIG1212

Kenapa nilai diskonnya 24%? Karena 12 + 12 deh, alias tanggal 12 bulan 12 = tanggal Harbolnas. Hehehe.

Asuransi travel perjalanan MSIG ini enaknya udah bisa dibeli secara online di website MSIG, dan enaknya yang kedua, bisa dibeli di hari saat kita mau melakukan perjalanan (sebelum berangkat, ya). Karena semua proses melalui online, makanya proses berlangsung cepat, bahkan polisnya akan terkirim ga lama setelah itu ke email kita. Enak dan praktis!

So, mulai sekarang, biasakan untuk membeli asuransi travel baik saat solo travelling maupun travelling rame-rame. Nah, kalau kamu punya tips solo travelling, monggo lho dibagi-bagi ?

tips solo travelling gunung padang jawa barat - kadungcampur

Kamu punya tips solo travelling apa lagi nih? (Foto diambil di Gunung Padang, Jawa Barat)

Advertisements
Comments
  1. Posted by Nasirullah Sitam
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Ria Buchari
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Ani Berta
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Dee - HDR
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment