Tips memilih laptop untuk seorang blogger

Author: | Posted in Advertorial, Teknologi, Tips 26 Comments

Tips memilih laptop untuk seorang blogger – Sebagai seorang blogger, sebenarnya apa sih peralatan atau gadget yang sering digunakan? Biasanya kalau saya ditanya seperti itu, paling jawabannya hanya 3 sih, eh tapi 2 yang paling sering itu laptop dan smartphone, dan yang ke tiga si camera mirrorless. Namun ya untuk kamera, saat ini baru dipakai sebagai penunjang blog post aja sih, mudah-mudahan ke depannya lebih diberdayakan.

Untuk saat ini, saya masih puas dengan smartphone saya, tapi mulai agak gregetan dengan laptop saya. Ini juga karena kebutuhan saya sebagai seorang blogger tuh lumayan meningkat. *eh ciyeee* Meningkatnya karena tuntutan kerjaan juga sih, karena ternyata sekarang kalau soal liput-meliput, udah banyak brand yang mengingini dibuatnya liputan berupa video. Untuk video, saya masih bisa pakai kamera saya, tapi untuk mengedit video, saya biasanya menggunakan laptop saya. Ngomong-ngomong mau lihat salah satu videonya ga hehe … Ini dari salah satu hasil video editing saya untuk acara Musikal Khatulistiwa … Please sekalian subscribe ya hahaha.

Laptop yang sekarang saya gunakan itu udah berumur sekitar 3 tahunan, dan udah terasa lumayan sedikit lelet. Terasa lelet ketika saya harus membuka berbagai program dalam satu waktu, mulai dari program editing foto, video, serta browser yang dibuka hingga beberapa tab haha.

Lalu, kira-kira apa yang mesti saya, sebagai blogger, yang perlu diperhatikan ketika ingin memilih laptop baru? Tips mencari laptop idaman blogger di bawah ini hanya tips sederhana aja sih, bukan tips yang rumitski dengan kata-kata teknikal, ya. Jadi kalau misal ada istilah yang salah, monggo diberi tau, ya.

5 hal yang perlu diperhatikan seorang blogger dalam memilih laptop baru

Berat laptop

Dulu waktu saya kerja, saya pernah dipinjamkan laptop kantor yang kalau dibawa aja udah berat, apalagi dimasukkan ke tas backpack bersamaan dengan charger dan hal lainnya. Terasa banget beratnya, walaupun emang laptopnya terlihat sangat kokoh sih. Nah ini dulu, beda dengan sekarang sih. Sekarang salah satu syarat utama ketika membeli laptop baru adalah berat dari si laptop.

Kenapa berat dari laptop menjadi salah satu syarat saya dalam memilih laptop?

tips-memilih-laptop-ringan-untuk-blogger-2

Memilih laptop yang ringan biar ga bawa beban berat waktu mondar-mandir πŸ˜€

Karena saya terkadang suka mondar-mandir bawa laptop. Terkadang kalau lagi bosen di rumah, kerja sambil nongkrong di coffee shop. Kebetulan ada banyak tempat nongkrong di Bintaro yang cukup nyaman untuk bekerja juga sih hehe. Dan mondar-mandir bawa laptop itu berarti mondar-mandir sambil membawa beban. Laptop saya yang sekarang sudah termasuk jenis ultrabook sih, jadi termasuk kategori ringan. Itu aja beratnya sudah 1,3 kg sendiri, belum kalau ditambah bawa charger laptop dan lain sebagainya. Malah kalau bisa, berharap ada laptop yang lebih ringan lagi haha.

Performance dari laptop

Performance dari laptop itu super penting untuk seorang blogger. Well, untuk profesi lain semestinya juga merhatiin sih hahaha. Ketika melihat performa dari laptop, saya ga perlu spesifikasi tinggi seperti yang diperlukan oleh laptop gaming. Saya memerlukan laptop yang bisa saya pakai untuk mengerjakan beberapa hal dalam waktu bersamaan, misalnya seperti yang disebutin di atas, membuka internet browser dengan tab berlebih, membuka program untuk edit photo, dan membuka program untuk edit video. Ini kalau saya lakukan bersamaan dengan laptop yang sekarang, maka akan sangat berat rasanya. Ini karena membuka beberapa program secara bersamaan akan memakan kapasitas dari memory RAM laptop.

Untuk perbandingan aja, saat ini RAM laptop saya itu 4GB, dan kata teman saya yang fasih laptop, dia bilang kalau laptop saya sudah termasuk yang sangat biasa haha. Laptop saya walaupun masih bisa multi-tasking, tapi biasanya akan terasa cepat lelah, apalagi ketika editing video.

tips-memilih-laptop-performa-tinggi-untuk-blogger-1

Kalau bisa cari laptop dengan performa tinggi πŸ™‚

Nah, performa laptop juga berhubungan dengan kecepatan si processor-nya. Laptop saya yang dibilang teman saya sangat biasa itu, sebenarnya memiliki processor Intel Core i3. Masih bisa dipakai sih, tapi ya itu, at least, kata teman saya, bolehlah laptop untuk blogger memiliki spesifikasi laptop dengan processor Intel Core i5 dengan RAM 8GB. *kode keras bagi yang membaca* πŸ˜€

Oh iya, sebenarnya selain ganti laptop baru, ada juga solusi lain sih untuk menambah kapasitas RAM laptop yang dipakai saat ini. Solusi lainnya ya dengan membeli memory RAM laptop aja. Kalau misal saya cek harga RAM laptop, harganya juga bervariasi kok mulai dari yang murah sampai jutaan, tergantung dari kebutuhan dan jenis laptop juga sih ya.

Baterai laptop yang long lasting

Hahaha, ada ga ya, kapasitas baterai laptop yang long lasting forever and ever. Mungkin suatu saat nanti ada, tapi mungkin saat ini paling lama di kisaran 17 jam. Baterai laptop yang tahan lama itu penting banget sih, apalagi saya terkadang suka kerja di luar rumah ya. Misalnya pas saya mau kerja di salah satu tempat ngopi di Bandung, eh ternyata di situ ga ada colokan listrik. Lalu pas banget ternyata baterai laptop lagi ga full! Saya bisa-bisa hanya gigit jari deh, pas muncul notifikasi kalau baterai laptop saya tinggal 10% aja.

Makanya, saya tuh terkadang suka jealous sama orang yang dengan asyiknya dan PEDE-nya bawa-bawa laptop ke coffee shop tanpa membawa colokan dan bisa bekerja selama berjam-jam-jam-jam-jam. Sepertinya, kapasitas baterai laptop saya masih di bawah 10 jam deh. Jadi ya masih suka kurang PEDE kalau ga nemu colokan ketika kerja di luar rumah haha. Terpaksa kalau baterai-nya habis, ya sudah deh, waktunya pulang hehe.

tips-memilih-laptop-ringan-untuk-blogger-1

Lebih PEDE-an pergi bawa laptop dengan baterai yang tahan lama, jadi ga perlu kelimpungan kalau ga nemu colokan πŸ˜€

Kapasitas Hard Disk

Kapasitas penyimpanan hard disk menjadi syarat saya berikutnya, walaupun mungkin level urgensinya lebih rendah dari yang di atas, ya, karena sudah ada external hard disk (external HD) juga. Namun pas kalau saya lagi ga bawa external HD,Β  misalnya seperti waktu saya jalan jalan ke Madura beberapa waktu lalu, dan lanjut extend ke Surabaya dan Bali, saya mulai kelimpungan. Kelimpungan dalam merampingkan kapasitas hard disk laptop saya yang hanya 500GB itu.

Bukannya 500GB sudah lumayan cukup, ya?

Iya sih, lumayan, tapi kebetulan saya orangnya kurang rajin memindahkan file ke external HD haha. Apalagi saya kadang masih suka mengakses file-file tersebut. Agak repot memang kalau harus colok external HD setiap kali saya butuh.

Kalau saya browsing ragam laptop dari yang di-display toko-toko yang sudah jual laptop online, ternyata sudah ada lho laptop yang kapasitas Hard Disk-nya sampai 1TB. Artinya apa nih? Artinya saya ga perlu repot-repot lagi pindah-pindahin file karena takut kepenuhan hehe. Well, kalau untuk urusan back up file, ya berarti cerita lain lagi dong ya.

Design yang apik

Hmm, menurutmu design sebuah laptop itu termasuk salah satu kriteria penting dalam memilih laptop ga, ya? Tapi boleh lah ya, biar pas di angka 5 haha. Eh tapi mungkin aja ada yang bilang penting lho! Misalnya ada yang disuruh pilih antara laptop A dengan spesifikasi canggih tapi design so-so, dan laptop B dengan design cakep tapi spesifikasi so-so, mungkin ada yang pilih laptop B.

Design laptop yang apik memang sih lebih ke arah preferensi. Namun, setelah saya pikir-pikir, laptop dengan design apik itu ternyata bagus juga kalau dijadikan sebagai objek di foto hehe. Pasti suka kan, lagi nongkrong di coffee shop, kemudian menata posisi laptop, kopi, pastry, dan smartphone di atas meja, lalu diambil fotonya hehe. Fotonya bisa dijadikan salah satu penunjang blog post tuh, ya kira-kira begini lah πŸ˜€

…

Kelima hal di atas sih hanya menurut saya, ya.

Mungkin kamu ada yang mau menambahkan? Atau mungkin kamu punya tips yang lain ketika memilih sebuah laptop?

Boleh lho di-share di komen πŸ™‚

Kalau kamu suka blog post β€˜Tips memilih laptop untuk seorang blogger’, boleh lho di-share di media sosial kamu, siapa tau ada temanmu yang membutuhkan.

FIND ME HERE
FACEBOOK
| TWITTER | INSTAGRAM | GOOGLE+
email: mixedupalready@gmail.com
SNAPCHAT: timo_wp

tips-memilih-laptop-design-cakep-untuk-blogger-1

Memilih laptop dengan design cakep buat dijadiin objek foto πŸ˜€

Comments
  1. Posted by Febrianty Rachma
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Kurnia amelia
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Nasirullah Sitam
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Oky Maulana
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by Khairul fuad
    • Posted by Timothy W Pawiro
  6. Posted by Murtiyarini
    • Posted by Timothy W Pawiro
  7. Posted by evrinasp
    • Posted by Timothy W Pawiro
  8. Posted by tutyqueen
    • Posted by Timothy W Pawiro
  9. Posted by Inayah
    • Posted by Timothy W Pawiro
  10. Posted by Elang Wicakso
    • Posted by Timothy W Pawiro
  11. Posted by Chic
    • Posted by Timothy W Pawiro
  12. Posted by cumilebay
    • Posted by Timothy W Pawiro
  13. Posted by Una
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment