Advertisements

Tips kalau punya kartu kredit

Author: | Posted in Keuangan No comments

Saya masih ingat tuh waktu awal-awal kerja, kartu kredit jadi salah satu yang wow banget. Ya gimana deh, secara sebelumnya kan pas kuliah, belum mendapatkan penghasilan tetap, jadi bagaimana mau apply kartu kredit. Dan kemudian setelah bekerja dan mendapatkan penghasilan tetap, langsung deh salah satu goals-nya adalah apply kartu kredit hehe. Apalagi kerjaan pertama waktu itu adalah sebagai personal banker, ya masa ga punya kartu kredit. Itung-itung untuk cari tau user experience lah, ya hehe.

Pertama kali punya kartu kredit rasanya menyenangkan sekali, mulai dari yang limitnya kecil, hingga sempet dikasih lumayan besar. Malah ada perasaan bangga bisa punya limit yang besar apalagi kalau sampai dapat kartu kredit platinum. Rasanya menyenangkan ya kalau misalnya mengeluarkan kartu kredit platinum dari dompet, dan menaruhnya di nampan pembayaran. Whoaaa! Hahaha.

Kemudian ada teman yang kerja di Kartu Kredit, dengan alasan bantuin temen, akhirnya apply kartu kredit juga, apalagi dapat mainan lucu, boneka gemes, atau tas sederhana, plus kan free annual fee untuk tahun pertama. Jadinya dulu sempat punya beberapa kartu kredit deh, baik dari bank BUMN, maupun bank swasta.

Well, itu jaman dulu, dan sekarang setelah memakan asam garam, tentunya sudah banyak mengecap perbendaharaan pengalaman menggunakan kartu kredit, baik yang asam, maupun yang manis hehe.

Tips kalau punya kartu kredit

Kartu kredit memang dibuat untuk jadi salah satu alat pembayaran non-tunai. Pakai kartu kredit memang memudahkan banget, karena ga perlu bawa uang banyak, dan ga perlu repot cari uang pas saat pembayaran. Namun kita harus bijak nih dalam menggunakan kartu kredit. Nah, bagi kamu yang belum punya kartu kredit dan berencana punya kartu kredit, boleh deh dibaca tips pengguna kartu kredit di bawah ini.

apply kartu kredit lagi - kadungcampur.com

Mau apply kartu kredit, baca dulu tips nya yuk!Β 

1 | Menentukan tujuan

Tujuan punya kartu kredit apa nih? Buat gaya-gayaan? Buat menuh-menuhin dompet? Atau apaan? Hehe.

Sebenarnya ada orang yang membuat kartu kredit dengan tujuan untuk membayar tiket pesawat atau booking hotel ketika beli secara online. Tapi ada juga misalnya buat kartu kredit karena untuk belanja kebutuhan bulanan di hypermarket β€˜A’ sering ada diskon atau cashback, jadi ya sedikit membantu. Intinya sih kartu kredit itu untuk memudahkan kita saat melakukan pembayaran. Dan jangan berpikir kalau punya kartu kredit bisa dapat tambahan uang, ya, karena salah. Itu bukan uang kita, alias uang bank, jadi kalau kita pakai kartu kredit, ya harus dibalikin lagi hehehe.

Nah, ada baiknya sih kalau nanti punya beberapa kartu kredit, udah diplot, kartu kredit A untuk sehari-hari, kartu kredit B untuk belanja bulanan, jadi biar bisa lebih terkendali pemakaiannya 😊

2 | Menentukan bujet kartu kredit

Setelah kita tau tujuan dari punya kartu kredit itu apa, selanjutnya ya kita menentukan berapa banyak yang perlu kita alokasikan untuk bujet kartu kredit.

Jadi memang kalau tujuannya menggunakan kartu kredit untuk hepi-hepi alias di luar pengeluaran reguler, berarti kita harus tau berapa sih besarnya pengeluaran reguler kita. Setelah tau berapa jumlahnya, maka kita kurangin deh total pendapatan kita dengan pengeluaran reguler itu. Nah itu lah sisa yang bisa kita gunakan untuk keperluan lainnya, dan bisa juga digunakan untuk membayar tagihan kartu kredit.

Kenapa kita mesti melakukan perhitungan seperti ini? Ya biar jangan sampai besar pasak daripada

3 | Kendalikan diri dari point rewards

Nah ini dia yang menyenangkan dari kartu kredit, bisa dapat point rewards kalau belanja menggunakan kartu kredit tertentu. Apalagi tuh dulu saya pernah ada kartu kredit yang point rewards berupa mileage untuk salah satu airline hehe. Jadi keliatannya menyenangkan sih ya melihat jumlah mileage point kita tambah banyak, tapi ini jangan dijadikan tujuan. Anggap aja bonus deh.

belanja pakai kartu kredit - kadungcampur

Anggap aja point rewards setelah belanja itu bonus πŸ™‚Β 

4 | Waspada over limit bujet

Seperti yang kita ketahui, setiap kartu kredit pasti ada limitnya. Biasanya besaran limit dilihat dari berapa besar gaji bulanan kita. Jadi misalnya gaji kamu 5 juta per bulan, bisa aja limit kartu kreditnya jadi 15 juta. Nah, menyenangkan kan melihat angka besar ini hehe. Jangan sampai terlena dengan limit kartu kredit yang besar, ya. Karena seperti yang saya bilang sebelumnya, ini bukan extra money.

Kita harus bisa mengontrol pemakaian kartu kredit kita, agar kita bisa tau, sudah seberapa banyak pemakaian kartu kredit kita. Kalau orang tua saya biasanya selalu dicatat setelah menggunakan kartu kredit. Β Emang agak old school ya, tapi it works lah, bisa mengontrol pemakaian, dan ga over dari limit kartu kredit tersebut. Kalau sampai over limit, biasanya akan dikenakan penalti. Dan lagian jangan sampai over limit bujet kita juga, ya, apalagi kalau kita punya beberapa kartu kredit dengan limit melimpah hehe.

5 | Bawa kartu kredit secukupnya saat liburan

Saya kalau liburan memang membawa kartu kredit, buat jaga-jaga. Apalagi kalau liburan ke luar negeri, dan uang udah menipis saat detik-detik terakhir, ya udah deh pakai kartu kredit aja hehe. Terkadang memang ada kartu kredit yang kurs nya oke, nanti kamu bisa survei aja hehe.

Tapi yang terpenting, kalau liburan ga perlu bawa kartu kredit banyak-banyak. Pertama karena alasan keamanan, ke dua buat jaga-jaga agar jangan sampai belanjanya kebablasan hehe.

…

Nah, itu dia tips bagi pengguna kartu kredit. Dan kalau kamu berencana mau apply kartu, pastikan dulu kamu udah tau informasi dengan lengkap agar kartu kredit yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa cek informasi terkait pendaftaran kartu kredit dengan mengunjungi website CekAJa.com.

Untuk informasi mengenai berapa limit yang didapat, berarti ya nanti kamu tinggal tanyakan aja ke bank tempat kamu apply kartu kredit, ya πŸ˜‰

liburan ke luar negeri bawa kartu kredit - kadungcampur.com

Kalau liburan, bawa kartu kredit secukupnya aja πŸ™‚

Advertisements

Add Your Comment