Tips cari mobil untuk anak muda

Author: | Posted in Liputan, Otomotif, Tips 30 Comments

Sekarang kalau mau cari barang atau jasa uda mudah banget ya berkat internet. Kamu misalnya mau cari apa? Cari jasa bersih-bersih, cari jasa praktisi hukum, cari handphone bekas, bahkan hingga cari mobil bekas juga udah mudah banget. Ini bisa terjadi karena sekarang ada yang namanya marketplace. Salah satu contoh untuk marketplace ini, misalnya Mobil123. Yang namanya marketplace, berarti Mobil123 ga jualan, ya. Mobil123 hanyalah sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Jadi si marketplace tuh cuma nyediain ‘tempat’nya aja deh.

(Baca juga: Mobil123.com memudahkan transaksi jual beli mobil secara online)

Nah, kalau kamu lagi cari mobil, terutama mobil anak muda, ini ada beberapa tips-nya.

Tips cari mobil anak muda

Ekonomis

Anak muda, bisa kita bilang termasuk di generasi X (lahir tahun 1981 – 1995) dan generasi Y (lahir setelh 1995). Berarti untuk saat ini, ada yang masih kuliah, baru kerja, atau sudah ada yang mapan juga. Nah, kalau misalnya dia termasuk golongan muda yang masih kuliah, atau misal baru kerja, biasanya memiliki budget yang ketat nih, biasanya ya. Kalau budget-nya ketat, mau ga mau, pengeluaran harus diatur sedemikian rupa biar cukup. Oleh karena itu, untuk memilih mobil, harus memilih mobil yang ekonomis nih.

kriteria-cari-mobil-anak-muda

Tips cari mobil untuk anak muda tuh seperti apa?

Ekonomis dalam segi apa aja sih?

Harga

Memang sih, sekarang kita bisa membeli mobil secara kredit, tapi tentunya total harga dari si mobil itu harus yang terjangkau dong, ya. Biasanya kalau anak muda atau pembeli pertama tuh belinya yang di harga Rp. 150 jutaan. Ga semua, tapi biasanya.

(Baca juga: Ketika memilih kredit mobil daripada membeli mobil secara tunai)

Uang muka

Setelah melihat total harganya, coba cek uang mukanya, sesuai budget ga? Misalnya uang muka sekitar Rp. 12 – 15 juta, sudah bisa ambil mobil 1 unit. Asik kan, uang muka segitu sudah bisa dapat mobil.

Cicilan

Pilih dong ya besaran cicilan yang ga mengganggu budget bulananmu. Ga mungkin dong ya, besar cicilanmu memakan hingga 50% dari budget bulananmu. Nanti kamu mau makan atau ada keperluan lain bagaimana? Bisa-bisa malah ga makan ya 🙁

Biaya perawatan

Biaya perawatan yang walaupun ga tiap bulan, namun bisa cukup kerasa kalau ternyata biaya perawatannya besar. Memang sih, ada yang jenisnya ‘service besar’ dan ‘service kecil’, dan kalau ‘service besar’ tentunya kemungkinan ada beberapa suku cadang yang diganti. Kalau begini berarti nanti biayanya bisa besar juga, capai jutaan. Tapi ini balik lagi ke jenis mobilnya. Kalau misal mobilnya sejenis LCGC, bisa aja lebih murah, dibanding mobil di atasnya yang lebih premium.

Konektivitas

Banyak anak muda sekarang ke mana-mana sukanya bawa gadget, ini banyak ya, bukan semua. Mulai dari makan – bawa gadget, lagi di jalan – bawa gadget, bahkan ada yang ke kamar mandi pun – bawa gadget. Makanya kalau mau cari mobil yang anak muda banget itu yang bisa dikoneksikan dengan gadget-nya.

cari-mobil-perangkat-audio

Anak muda bisa dibilang identik dengan gadget, jadi asik juga kalau gadget bisa dikoneksikan dengan mobilnya

Memang kalau gadget dikoneksikan ke mobil bisa untuk apa aja?

Putar lagu

Daripada bawa kepingan CD segambreng terus berceceran, mending masukkan lagunya di gadget dan kemudian tinggal koneksikan ke perangkat audio di mobil. Bahkan sekarang ada juga mobil yang dilengkapi dengan LCD di bagian tengah dashboard-nya, sehingga kamu bisa tinggal pilih daftar lagu dari layar LCD-nya.

Navigasi

Sekarang kalau ke mana-mana sudah ga terlalu bawa peta. Mau keluar kota tinggal aktifkan GPS di gadget, seperti Google Maps atau Waze. Namun kok sepertinya agak repot ya, apalagi kita menyetir sendirian. Mau disenderin di area speedometer, gadget-nya kebesaran, mau disenderin di sana, nanti pas ada jeglongan, gadget-nya jatuh, ya ada-ada aja deh, ya. Makanya tinggal koneksikan gadget ke mobilnya, sehingga kamu tinggal lihat Google Maps atau Waze dari layar LCD-nya. Jadi lebih mudah deh.

Design

Biasanya anak muda tuh suka design yang oke, cantik, futuristik. Mungkin kalau design yang kotak-kotak, banyak sikunya kurang disukai, ya. Kalau design mobilnya oke, siapa tau bisa dibuat jadi background foto, atau malah mungkin mobilnya dijadiin model foto, terus diupload ke Instagram.

Keamanan

Mobil boleh murah, boleh design oke, tapi tetap yang diutamakan itu faktor keamanan, ya. Contohnya mobilnya ada airbags-nya, ada rem ABS yang mencegah roda terkunci ketika mengerem mendadak, atau Vehicle Stability Control yang membantu kita pada tikungan tajam. Memang fitur-fitur keamanan bisa ditemui di mobil yang tergolong murah. Biasanya di level harga Rp. 150 juta, fitur-fitur keamanan canggih sudah disematkan di dalam mobilnya nih.

Contoh jenis mobil anak muda

Beberapa waktu lalu saya sempat ikutan blogger gathering dengan Mobil123 dan Auto2000 cabang Soekarno Hatta di Bandung. Di situ kami dikasih contoh mobil anak muda apa sih yang bisa memenuhi kriteria-kriteria di atas. Ternyata mobil Toyota jenis Toyota Sienta yang baru saja diluncurkan, sudah memenuhi semua kriteria di atas. Toyota Sienta selain cocok untuk anak muda, juga cocok untuk keluarga muda, karena berjenis 7-seater. Harga bisa dibilang cukup terjangkau, design futuristic, bisa dikoneksikan dengan gadget, bahkan memiliki fitur-fitur keamanan yang memadai.

cari-mobil-anak-muda-toyota-sienta

Toyota Sienta bisa dibilang pilihan yang cocok untuk anak muda dan keluarga muda

Tetapi tentu lagi ini hanya contoh, karena selera dan budget tiap orang berbeda ya. Makanya Toyota Indonesia menyediakan beragam variasi mobil sesuai dengan kebutuhan deh.

Kalau misalnya budget kita terbatas, tentunya memilih mobil untuk anak muda, bisa mempertimbangkan untuk cari mobil bekas. Cari mobil bekas bisa di mana aja, mulai di marketplace seperti Mobil123, datang ke dealer mobil bekas, atau mungkin cari di koran. Namun kalau mau membeli mobil bekas, ada banyak hal yang perlu diperhatikan, ya.

Yang perlu diperhatikan kalau cari mobil bekas

Dealer terpercaya

Cari mobil bekas tuh harus di dealer terpecaya. Nah enaknya di Mobil123 sudah menjalin kerja sama dengan beberapa dealer nih. Kemudian nanti Mobil123 akan survei dealer-dealer tersebut, untuk dicek keberadaannya benar atau bohongan. Kalau semua oke, kamu bisa lihat di Mobil123 tanda ‘terverifikasi’ di dealer tersebut.

cari-mobil-bekas-mobil123

Cari mobil bekas, bisa di Mobil123 (website: http://www.mobil123.com/)

Cek fisik

Harus dong, ya. Memang sih ya di Mobil123 tuh sudah ada foto-fotonya, namun untuk lebih yakin lagi, kamu harus datang langsung dan cek fisiknya. Namanya mobil bekas, berarti bekas dipakai orang lain. Kita ga tau, bagaimana cara mereka bawa mobilnya, bisa aja ada yang lecet sana-sini, ya.

Cek mobil bekas banjir atau tidak

Wah cek mobil bekas banjir atau tidak, merupakan suatu keharusan kalau mau membeli mobil bekas. Misalnya:

  • Kalau kamu beli dari perorangan, kamu bisa cek apakah daerahnya tuh rawan banjir atau ga,
  • Misalnya mobil bekas masih tahun muda, cek lampu depannya. Kalau lampu depan berembun, tapi tahunnya masih muda, kudu harus dicurigai,
  • Cek bagian dalam, terutama karpet bawah. Biasanya ada karpet lagi yang halus, tapi bulunya akan jadi seperti gimbal kalau sudah pernah kena banjir atau bekas dicuci.

Cek riwayat service

Service rutin dan berkala tentunya diharapkan kinerja mobil ke depannya akan oke. Kalau ga rutin, bisa-bisa malah banyak masalah ke depannya.

Khusus mobil Toyota, kamu bisa cek riwayat service – nya di Auto2000 dengan menggunakan nomor rangkanya. Atau misalnya masih ragu, ya udah deh, general check-up aja di bengkel.

cari-mobil-blogger-gathering-mobil123-bandung-pembicara

Pak Irwan Nurfiandy (Mobil123), Deni Rohmat (Auto2000), dan Indra Prabowo (Mobil123) berbagi tips untuk cari mobil

Hal lainnya

Hal lainnya yang perlu dicek adalah, apakah mobil ini bekas tindakan kriminal atau ga, apakah bermasalah pada saat kredit atau ga.

Wah, panjang ya kalau mau beli mobil bekas, ya. Tapi membeli mobil bekas tentunya juga mengeluarkan uang yang ga sedikit, ya. Jadi ya sudah lah, kita cek semua halnya, daripada nanti malah kenapa-kenapa.

(Baca juga: Enaknya membeli mobil baru atau mobil bekas, ya?)

Semoga informasinya berguna ya, dan tolong di-share juga di media sosial kamu, siapa tau ada temanmu yang membutuhkan 🙂

FIND ME HERE
FACEBOOK | TWITTER | INSTAGRAM | GOOGLE+
email: mixedupalready@gmail.com
SNAPCHAT: timo_wp

cari-mobil-blogger-gathering-mobil123-bandung

Para blogger Bandung di blogger gathering ‘Cari Mobil untuk Anak Muda’ bersama Mobil123

Advertisements
Comments
  1. Posted by Rani Yulianty
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by bena
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Diah Utami
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by zata ligouw
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by Efi Fitriyyah
    • Posted by Timothy W Pawiro
      • Posted by Efi Fitriyyah
        • Posted by Timothy W Pawiro
  6. Posted by Armita Fibriyanti
    • Posted by Timothy W Pawiro
  7. Posted by Agung Han
    • Posted by Timothy W Pawiro
  8. Posted by Ida Tahmidah
    • Posted by Timothy W Pawiro
  9. Posted by Alid Abdul
    • Posted by Timothy W Pawiro
  10. Posted by Nchie Hanie
    • Posted by Timothy W Pawiro
  11. Posted by Kang Alee
    • Posted by Timothy W Pawiro
  12. Posted by Ani Berta
    • Posted by Timothy W Pawiro
  13. Posted by cumilebay
    • Posted by Timothy W Pawiro
  14. Posted by Anak cerdas
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment