Advertisements

Tips Belanja Online Hemat Selama Bulan Ramadan di Tokopedia

Author: | Posted in Keuangan No comments

Tips Belanja Online Hemat Selama Bulan Ramadan di Tokopedia – Ga kerasa, sebentar lagi udah mau bulan puasa aja. Walaupun ga ikutan puasa, tapi saya mah suka ikut acara yang suka diadain pas bulan puasa, misalnya aja acara buka bareng alias bukber temen-temen satu geng, satu kerjaan, atau temen-temen lama. Seperti biasa sih ya, mulai acara bukbernya mulai dari minggu ke-2 dari bulan puasa gitu. Dan pastinya ada banyak acara bukber yang biasanya saya ikutin, kan sekalian menjalin tali silaturahmi gitu ya ceritanya hehe.


Acara bukber bisa buat kumpul-kumpul dan silaturahmi juga dong

Selain acara bukber, ada satu lagi yang saya suka ikutin pas bulan puasa, yaitu bertebaran promo-promo buat belanja. Promo buat belanja begini, pastinya berlangsung di mall maupun di toko online. Namun, saya sih akhir-akhir ini lebih suka belanja online, karena bisa langsung ngebandingin harganya dari toko satu dengan dengan toko yang lain dalam satu layar laptop kesayangan saya hehe. Lagian promo di toko online, ga kalah yahud kok, mulai dari promo diskon, buy 1 get 1 more, dan promo cashback.

Nah, ngomong-ngomong tentang belanja online, kira-kira apa aja nih tips belanja online?

Tips belanja online biar makin hemat saat belanja kebutuhan bulan Ramadan

Belanja online tuh memang menyenangkan, secara tinggal klik-klik tanpa effort dan kemudian bayar deh. Eits, gitu-gitu kita harus bisa pinter-pinter jaga dompet, biar ga kebobolan, kan masih ada hari esok, dan esok, dan esoknya lagi ?


Biar ga bobol dompetnya, apa aja nih tips belanja online nya?

 

1 | Bandingkan harga setiap toko online di Tokopedia

Udah saya bilangin tadi, salah satu manfaat belanja online adalah kita bisa lebih mudah membandingkan harga dari beragam toko dalam waktu yang singkat. Kan kita tinggal cari produk yang dibutuhkan, dan akan ada banyak pilihan harga dari banyak toko online berkualitas di Tokopedia yang siap dibeli. Selanjutnya, ya pilih aja produk yang harganya sesuai budget dan dengan spesifikasi yang pas juga. Dengan gini, kita bisa lebih mudah menghemat pengeluaran belanja online saat Ramadan deh.

2 | Pilih produk lokal yang berkualitas

Biasanya kalau saat Ramadan atau momen-momen lainnya, kita pengen banget punya baju baru, celana baru, dan sebagainya. Tapi ga melulu harus memnggunakan barang yang branded lah, ya. Ternyata di Tokopedia, yang merupakan e-commerce dengan produk terlengkap, ga hanya jualan produk dengan brand terkenal dunia kok. Ada juga produk lokal berkualitas kok. Siapa tau produk lokal yang kualitasnya ga kalah dengan brand terkenal, harganya lebih miring. Nah, jadinya hemat pengeluaran belanja kita deh ?

3 | Cari toko online terdekat

Tips belanja online berikutnya itu adalah cari toko online terdekat dari lokasi kita.

Yang namanya belanja online, kan berarti kita ga pergi ke tokonya, ya. Makanya tuh barang harus dianterin deh ke rumah kita. Jadi biar biaya ongkos kirim (ongkir) murah, kenapa ga pilih toko online yang lokasinya dekat dengan lokasi kita. Itung-itung kan biaya ongkirnya bisa lebih murah tuh ya? Enaknya tuh kalau belanja online di Tokopedia, kita bisa pilih lokasi tokonya, mau yang satu kota dengan kita atau semuanya.

4 | Pilih cara pembayaran yang tepat

Kalau belanja online tuh kita ga perlu mikirin bawa uang belanja berapa saat kita mau bayar di toko-toko offline. Ini karena biasanya udah banyak banget pilihan pembayaran yang tersedia di toko online, seperti di Tokopedia deh. Metode pembayaran yang tersedia di Tokopedia ada macam-macam, mulai dari bisa bayar pakai saldo kita di Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, bahkan pembayaran via minimarket terdekat.

Salah satu hal yang menyenangkan kalau belanja di Tokopedia adalah ada pilihan untuk mencicil. Tentunya kalau kamu punya uangnya, ya udah bayar aja full deh, tapi kalau lagi belum ada, tinggal pilih aja cicilannya sesuai dengan besaran cicilan per bulan yang kamu mau deh.

5 | Pilih metode pengiriman paling efisien

Pilihan metode pengiriman barang sekarang udah ada banyak. Misalnya aja beberapa alternatif pengiriman di Tokopedia tuh, mulai dari yang konvensional, hingga kurir instan melalui jasa transportasi online.

Kalau lagi buru-buru dan tokonya ada di dalam kota sih, saya milih metode pengiriman yang kurir instan aja, karena biasanya barang akan di pick up dalam waktu kurang lebih 2-3 jam. Dan yang di pick up barang saja aja, jadi langsung meluncur deh ke alamat saya. Kalau tokonya luar kota mah, ya pilihannya tinggal pengiriman barang biasa, seperti JNE, Tiki, Wahana, dan sebagainya. Tinggal pilih aja sesuai preferensi. Tentu aja untuk urusan harga, pengiriman reguler akan lebih murah dari yang express seperti kurir instan hehe. Tentunya kalau ongkir lebih murah, belanja online kita bisa lebih hemat deh.

6 | Manfaatkan promo dan diskon

Kalau ngomongin soal tips belanja online, pastinya mengenai promo dan diskon ga bakal terlewat haha. Itu dia kenapa saya paling demen belanja di Tokopedia, karena banyak promo cashback nya. Biar receh, tapi kalau dikumpulin bisa segepok hehe.

Saya sih demen banget kalau belanja di Tokopedia. Kayaknya setiap bulan pasti ada promo cashback, dan saya paling demen copy paste kode promonya haha. Enaknya tuh kalau dapat cashback di Tokopedia, cashback tersebut bisa dikumpulin dan digunakan untuk belanja yang lain. Jadi makin ekstra budget belanjanya kan haha. Apalagi saat momen-momen tertentu seperti bulan Ramadan, di Tokopedia pastinya suka ada serangkaian promo spesial seperti contohnya kali ini adalah Ramadan Ekstra.

tokopedia ramadan ekstra - kadungcampur

Promo apa aja nih di Ramadan Ekstra dari Tokokpedia?

Apa yang ekstra dari Ramadan Ekstra Tokopedia?

Oke kalau ngomongin Ramadan Ekstra Tokopedia, emang ada apa aja sih? Kamu tentunya bisa langsung klik di Ramadan Ekstra biar bisa cek sendiri huehe. Konon katanya di tanggal 25 Mei 2018, bakal ada rahasia kejutan dari Tokopedia! Bisa dibilang bakal mirip-mirip ‘Black Friday’! Oh ya?

Wah kek gimana emangnya??

Namanya juga kejutan, jadi belum dikasih bocoran apa-apa hahaha. Kalau saya sih pengennya bisa dapat cashback yang banyak-banyak, terus flash sale barang-barang elektronik yang yahud haha. Ah, boleh lah ya, ngayal dulu. We’ll see kalau gitu, saya aja udah ga sabar hahaha!


Ngayal dulu boleh lah ya dapat cashback yang banyak huehe

Tips belanja online versi kamu?

Kayaknya tiap orang bakal punya versi belanja masing-masing. Nah kalau tips belanja online versi kamu apaan nih? Bagi-bagi donggg ?

Advertisements

Add Your Comment