Bangga dengan hadirnya Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Author: | Posted in Liputan 52 Comments

Setiap pulang dari luar kota menggunakan pesawat, saya selalu merasa penasaran dengan bentuk dan rupa dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang sebentar lagi akan dibuka untuk umum. Dan akhirnya saya pun mendapatkan kesempatan untuk melongok isi dari Terminal 3 pada hari Jumat lalu tanggal 24 Juni 2016 bersama para bloggers dan Instagrammers.

(note: ini merupakan Terminal 3 yang baru, ya, bukan Terminal 3 yang lama. Dulu memang rencananya, Terminal 3 yang baru dinamai dengan Terminal 3 Ultimate, tapi kemudian dirubah menjadi ‘Terminal 3‘ saja)

tampak-depan-terminal-3-cengkareng-airport-jakarta-soekarno-hatta

Selamat datang di Terminal 3

keberangkatan-terminal-3-cengkareng-airport-jakarta-soekarno-hatta-2

Pintu masuk Gate 4 di Terminal 3

petunjuk-directory-terminal-3-cengkareng-airport-jakarta-soekarno-hatta

Mau ke mana nih?

Kunjungan Pak Rizal Ramli

Ternyata pada tanggal itu, tidak hanya para bloggers dan Instagrammers yang datang ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Pak Rizal Ramli, yang merupakan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, juga hadir untuk melihat perkembangan dari pembangunan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ini yang nantinya akan memiliki 28 gate, terdiri dari 10 gate internasional dan 18 gate domestik.

rizal-ramli-inspeksi-terminal-3-cengkareng-airport-jakarta-soekarno-hatta

Pak Rizal Ramli juga berkunjung ke Terminal 3 ini

Pak Rizal yang sudah sering bepergian keluar negeri dan melihat bandara di luar negeri, ternyata merasa bangga dengan adanya Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ini yang memiliki luas bangunan 422.804m2. Beliau merasa bahwa Terminal 3 ini bisa bersaing dengan kecanggihan dari bandara Changi di Singapura. Apalagi beliau mengatakan bahwa di Terminal 3 ini akan dilengkapi beberapa teknologi canggih yang bisa mendukung keamanan dan kenyamanan dari para penumpang.

rizal-ramli-press-conference-terminal-3-cengkareng-airport-jakarta-soekarno-hatta

Pak Rizal Ramli pada press conference

Beberapa teknologi canggih dan keunggulan dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Terminal yang digadang-gadang bisa menampung sekitar 25 juta penumpang ini, tentunya membutuhkan sistem keamanan dan monitoring yang canggih. Apalagi ditambah dengan koper-koper yang dibawa oleh 25 juta penumpang tersebut, tentunya bukanlah perkara yang mudah. Makanya Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ini akan dilengkapi sistem monitoring yang canggih, yang bisa men-trace para penumpang, seperti asalnya dari mana dan tujuan penerbangannya ke mana. Bahkan dengan Airport Security System (ASS) yang dilengkapi dengan CCTV, bisa mendeteksi wajah penumpang pesawat atau pengunjung bandara yang masuk ke dalam daftar pihak berwajib. Apalagi sekarang semakin banyak ‘bebas visa’ yang diberikan ke beberapa negara.

waiting-lounge-ruang-tunggu-terminal-3-cengkareng-airport-jakarta-soekarno-hatta-2

Tempat tunggu seluas dan sebesar ini, tentunya akan terdapat banyak CCTV tersembunyi untuk membantu proses monitoring

waiting-lounge-ruang-tunggu-terminal-3-cengkareng-airport-jakarta-soekarno-hatta

Suka warna yang biru atau hijau nih tempat duduknya? Hehe …

Selain itu, tentunya di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ini juga akan memiliki sistem bagasi yang mumpuni dengan menggunakan sistem barcode, sehingga membuat semua proses handling bagasi menjadi lebih cepat. Tentunya dengan sistem terbaru ini yang bernama Baggage Handling System Level (BHS) Level 5, akan meminimalisir kontak dengan manusia, dan mencegah tangan-tangan yang usil. BHS ini bisa mendeteksi bahan peledak atau bom, jadi apabila ada barang yang terdeteksi sebagai bom, maka akan dimasukkan ke dalam bom blanket untuk kemudian ditindaklanjuti oleh yang berwenang.

check-in-counter-terminal-3-cengkareng-airport-jakarta-soekarno-hatta

Check-in counternya juga sudah banyak

check-in-counter-sky-priority-prioritas-terminal-3-cengkareng-airport-jakarta-soekarno-hatta

Untuk penumpang prioritas, tentunya sudah tersedia tempat duduk, sambil menunggu proses check-in 😉

Untuk urusan listrik, selain dari PLN, tentunya Terminal 3 ini, sudah mempersiapkan genset yang akan menjadi backup apabila aliran listrik dari PLN terputus. Normalnya, pada bandara-bandara lain, genset akan menyala setelah 15 detik, tapi di Terminal 3, genset bisa menyala setelah 6 detik.

Nanti di Terminal 3 ini, juga akan mendapatkan penambahan autogate untuk para WNI sebanyak 32 buah.

Dan karena gedung Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ini menggunakan konsep eco green, maka akan dilengkapi dengan fully IBMS system atau Intelligence Building Management System, yang bisa mengatur pengeluaran air, listrik, dan lainnya. Tentunya ada teknologi lainnya untuk menjadikan terminal ini lebih eco green, seperti Rain Water System yang bisa menampung air hujan untuk diolah lagi menjadi air bersih, dan Recycle Water yang mengolah air toilet untuk kembali menjadi air toilet lagi sehingga dapat menghemat air.

Keindahan dari Terminal 3

Ketika berkeliling melihat Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ini, saya sangat suka dengan langit-langitnya yang menjulang tinggi, yang ditopang oleh pilar-pilar yang memang sengaja dibuat miring. Ini ternyata terinspirasi dari rumah-rumah tradisional dari Indonesia yang memang banyak menggunakan pilar miring. Selain itu, Terminal 3 ini juga terinspirasi dari konsep kepulauan Indonesia yang terhubungkan oleh laut. Kita bisa melihat langit-langitnya memiliki konsep seperti garis-garis melengkung, yang melambangkan aliran air.

waiting-lounge-ruang-tunggu-terminal-3-cengkareng-airport-jakarta-soekarno-hatta-5

Pilar-pilar yang miring ini ternyata terinspirasi dari rumah tradisional di Indonesia

langit-langit-aliran-air-terminal-3-cengkareng-airport-jakarta-soekarno-hatta

Langit-langitnya terinspirasi dari (aliran) air yang menghubungkan kepulauan di Indonesia

Mengikuti jejak Terminal 2 yang pernah mendapatkan penghargaan di tahun 1992 karena mempunyai inner garden, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta juga akan dibekali dengan keindahan landscape. Landscape ini nantinya akan terletak di sebelah kanan di sepanjang terminal arrival hingga nanti menuju pintu keluar. Di sebelah kirinya nanti akan diletakkan berbagai macam hasil budaya dalam bentuk seni.

Fasilitas yang tersedia

Terminal 3 ini menggunakan benchmark dari terminal-terminal di bandara luar negeri, termasuk untuk urusan entertainment. Nanti rencananya akan ada semacam teater atau pertunjukan di arrival plaza. Selain itu pastinya akan ada banyak area commercial, berupa tempat makan, pakaian, toko buku, yang tidak hanya terletak di area tengah tapi juga ada di ujung terminal. Jadi misalnya penumpang tersebut  ada di gerbang terujung, maka ia tidak perlu cape-cape lagi kalau ingin belanja.

saphire-lounge-terminal-3-cengkareng-airport-jakarta-soekarno-hatta

Saphire Lounge dan beberapa toko lainnya akan tersedia tidak hanya di bagian tengah, tapi juga ada di area gerbang terujung dari Terminal 3

Oh iya, sempat ada yang menanyakan mengenai kursi tidur di Terminal 3 ini. Pak Benyamin, salah satu arsitek Terminal 3, mengatakan kalau Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara dengan origin destination, bukanlah bandara hub. Oleh karena itu, karena tingkat transitnya rendah, kemungkinan kita akan jarang melihat kursi tidur di Terminal 3 ini.

Selain itu, nanti juga ada area bermain untuk anak-anak, serta communal table di beberapa area, sehingga kita bisa men-charge gawai kita sambil membuka laptop untuk bekerja.

ruang-bermain-anak-playground-terminal-3-cengkareng-airport-jakarta-soekarno-hatta

Salah satu area untuk anak-anak bermain

Dan yang terpenting, nanti Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ini juga sudah terdapat gedung parkir yang dihubungkan dengan jembatan ke plaza di Terminal 3. Jadi seperti Bandara Ngurah Rai ya, ada gedung parkirnya 😉

gedung-parkir-parking-space-terminal-3-cengkareng-airport-jakarta-soekarno-hatta

Gedung parkir sudah tersedia di sebelah kanan Terminal 3

jembatan-penghubung-terminal-3-cengkareng-airport-jakarta-soekarno-hatta

Gedung parkir sudah terhubung menuju plaza di Terminal 3 ini

Kita semua tahu bahwa bandara merupakan cerminan pertama ketika orang asing masuk, sehingga dengan adanya Terminal 3 ini, semoga akan memberikan impresi yang baik terhadap negara kita. Termasuk kita juga harus bangga memiliki Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ini, yang kabarnya akan diuji coba pada saat Lebaran untuk 5 rute domestik dari Garuda Indonesia, seperti Jogja, Solo, Semarang, atau Padang.

pemeriksaan-tiket-ticket-checking-terminal-3-cengkareng-airport-jakarta-soekarno-hatta

Selamat jalan, ya! 😀

runaway-garbarata-aero-bridge-terminal-3-cengkareng-airport-jakarta-soekarno-hatta

44 Garbarata akan disiapkan untuk Terminal 3

timothy-w-pawiro-terminal-3-cengkareng-airport-jakarta-soekarno-hatta

Terima kasih Angkasa Pura 2 yang sudah mengijinkan saya melihat-lihat Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ini 🙂

Jadi, bagaimana pendapatmu mengenai Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ini? Bagus kan! Jadi kita bisa bangga dengan airport kita sendiri 😉 . Jangan lupa share artikel ini ya 🙂

Advertisements
Comments
  1. Posted by Cumilebay
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Didik Purwanto
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Arni
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Nasirullah Sitam
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by Bowo Susilo
    • Posted by Timothy W Pawiro
  6. Posted by Horas
    • Posted by Timothy W Pawiro
  7. Posted by Levina Mandalagiri
    • Posted by Timothy W Pawiro
  8. Posted by bena
    • Posted by Timothy W Pawiro
      • Posted by vira
        • Posted by Timothy W Pawiro
  9. Posted by Febry Fawzi
    • Posted by Timothy W Pawiro
  10. Posted by Aprie
    • Posted by Timothy W Pawiro
  11. Posted by Adiitoo
    • Posted by Timothy W Pawiro
  12. Posted by Liberto Amin
    • Posted by Timothy W Pawiro
  13. Posted by Ardiba
    • Posted by Timothy W Pawiro
  14. Posted by DJ
    • Posted by Timothy W Pawiro
  15. Posted by zata ligouw
    • Posted by Timothy W Pawiro
  16. Posted by Haryadi Yansyah| Omnduut.com
    • Posted by Timothy W Pawiro
  17. Posted by blog Paybill.id
    • Posted by Timothy W Pawiro
  18. Posted by DSquad
    • Posted by Timothy W Pawiro
  19. Posted by Yopie Pangkey
    • Posted by Timothy W Pawiro
  20. Posted by Arif Munandar
    • Posted by Timothy W Pawiro
  21. Posted by DollyPR
    • Posted by Timothy W Pawiro
  22. Posted by Joe
    • Posted by Timothy W Pawiro
  23. Posted by Dee - @HEYDEERAHMA
    • Posted by Timothy W Pawiro
  24. Posted by Hanif Insanwisata
    • Posted by Timothy W Pawiro
  25. Posted by Dhanang Sukmana Adi
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment