7 Tempat Wisata Garut Terpopuler

Author: | Posted in Wisata 13 Comments

7 Tempat Wisata Garut Terpopuler – Dulu waktu masih tinggal dan kerja di Bandung, biasanya kalau pas weekend palingan jalan-jalan dan cari tempat nongkrong di Bandung. Tapi ya terkadang bosen juga sih, ke cafΓ© lagi, ke coffee shop lagi, ke mall lagi. Makanya dulu sempat juga deh melipir ke Garut untuk weekend getaway pas weekend (ya iyalah). Itu pun juga sangat-sangat dadakan padahal sih malamnya udah berencana ya, tapi pas pagi malah males-malesan hahaha. Akhirnya baru niat berangkat naik mobil sendiri udah agak siang.

Namanya juga dadakan, makanya ga terlalu rencanain itinerary tempat wisata Garut seperti apa, tapi yang pasti sih dulu pengen banget ke pemandian air panasnya, lalu pastinya ke pantai dong ya. Nah, karena ini cuma sebuah weekend getaway, makanya yang bisa dikunjungi dikit banget sih, apalagi mulai jalan dari Bandung tuh Sabtu siang. Semakin sedikit lah yang bisa dilihat, apalagi Minggu malam mesti pulang haha. Jadi kapan-kapan sih pengen banget balik lagi buat explore Garut, dan pastinya lebih lama sih, ya.

Oh iya, ngomong-ngomong, ada apa aja di Garut, ya? Sempat browsing sebentar sih, siapa tau ada yang mau nambahin ntar hehe.

7 tempat wisata Garut terpopuler

Gunung Papandayan

Well, namanya juga Garut dikeliling oleh lima gunung, sebenarnya memang pantes juga untuk masukin wisata alam ke gunung di itinerary tempat wisata Garut haha. Salah satu contohnya ya Gunung Papandayan ini. Namanya sih udah sering denger ya – karena di Bandung ada hotel dengan nama ini huehehe – atau malahan memang udah jadi salah satu gunung favorit yang jadi tujuan pendakian nih?

Beberapa hal yang menarik dari Gunung Papandayan adalah kawahnya yang terbentuk akibat letusan Gunung Papandayan. Selain itu, di sini juga ada ‘hutan mati‘ yang terjadi akibat letusan juga sih.

perjalanan pamempeuk view gunung garut

Hayoo ini gunung apa? Ini view waktu perjalanan ke Pamempeuk sih πŸ˜€

Gunung Cikuray

Eh gunung lagi, ya udah sih, soalnya ini cakep banget! Ketinggian Gunung Cikuray yang mencapai 2.818 mdpl ini pastinya menawarkan pemandangan yang ciamik tenan. Kalau kita udah di puncak, kita akan mendapatkan pemandangan seperti negeri di atas awan gitu. Selain, itu bisa kelihatan juga sih pemandangan lainnya, seperti Gunung Papandayan, juga. Kalau orangnya dadah-dadah dari sana, keliatan juga ga, ya? *terus dikeplak*. Tentunya, ada view satu lagi yang wajib dan ga boleh ketinggalan sih ya. View saat sunrise! Pastinya bakal memesona banget nih, apalagi ditambah dengan kondisinya yang seperti negeri di atas awan itu!

Emang sih ternyata si Gunung Cikuray di Garut ini udah terkenal di kalangan para pendaki gunung deh. Jadi boleh juga lah ya dimasukkan di list tempat wisata Garut! πŸ˜‰

Pemandian air panas Cipanas Garut

Biasanya kalau suatu daerah dikeliling gunung-gunung, biasanya sih juga ada pemandian air panasnya. Biasanya lho ya. Ya seperti di Garut ini. Ngomong-ngomong, di Garut juga ada Cipanas lho hehe, jalan Cipanas sih tepatnya. Di daerah Cipanas Garut tuh terkenal dengan pemandian air panasnya. Waktu dulu ke pemandian air panas Cipanas Garut tuh, satu jalanan udah rame dengan hotel-hotel, mulai dari yang berbintang sampai yang ga. Dan hotel-hotel ini pun udah menawarkan pemandian air panasnya sendiri-sendiri, ada yang kolam air panas, bahkan di dalam kamar pun, ada semacam bathtub gede, yang bisa diisi air panas haha! Dulu sempat tinggalnya di penginapan sederhana sih, dan itu pun juga udah ada bathtub gedenya, seperti ini haha.

bathtub air panas cipanas garut

Penginapan sederana di Cipanas Garut, juga ada ‘bathtub’ dengan air panas πŸ˜‰

Oh iya, tentunya selain pemandian air panas di dalam hotel, ada juga pemandian air panas untuk umum juga, ya.

Situ Bagendit

Haduhhhh, kenapa dulu ga ke sini ya, ngeliatin foto-fotonya cakep lho. Situ Bagendit tuh letaknya di Kecamatan Banyuresmi, dan view-nya oke banget dari danau ini. Bisa kliatan pemandangan gunung juga dari sini. Plus kita juga bisa keliling-keliling danaunya juga lho, bisa dengan perahu rakit dari bambu atau sepeda air yang bentuknya angsa-angsaan gitu πŸ˜€

Kayaknya bakal betah berlama-lama di sini sih.

Pantai di Garut

Oke, gunung udah, danau udah, sekarang coba kita cek pantai di Garut tuh seperti apa, ya?

Dulu waktu saya berkunjung ke pantai-pantai di Garut, baru sempat jalannya hari Minggu siang. Uda telat banget memang, ya haha. Tapi ya udah, daripada ga dikunjungi sama sekali, mending icip-icip satu sampai dua pantai dulu, baru next visit, explore pantai di Garut πŸ˜‰

Ternyata perjalanan menuju pesisir selatan kota Garut dari pemandian air panas Cipanas itu … jauh! Haha! Bahkan sampai harus melewati kelokan gunung beberapa kali, apalagi pas malam kabut pun mulai turun haha. Sebenarnya bisa aja sih cari hotel atau penginapan lain di sekitarnya, tapi besoknya kan mesti kerja, jadi ya mesti kudu pulang sih.

perjalanan pamempeuk garut via gunung

Nih, ini juga jalur ke Pamempeuk menuju pantai di Selatan Garut huehe. Melewati kelokan-kelokan gunung gitu!

Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang merupakan pantai Garut yang pertama dikunjungi waktu itu! Bentuk pantai Sayang Heulang, bentuk pantainya memanjang dan berpasir putih. Sempat juga masuk ke bangunan kecil ga kepake di pantainya waktu itu, trus naik ke lantai atas. Cuma 2 lantai sih hahaha. Dan bisa kelihatan sepertinya ada pemecah ombak ga terlalu jauh dari bibir pantainya, jadi memang agak tenang sih airnya di bibir pantai.

Oh, ngomong-ngomong, waktu itu saya sempat lihat kawanan sapi jalan berbaris menyusuri pantai ini haha!

pantai sayang heulang garut

Pantai Sayang Heulang dengan pasir putihnya

Setelah puas foto-foto di sini, kamu kemudian menyempatkan untuk pergi terus menyusuri pantainya. Di situ bisa kelihatan kalau ada semacam pulau kecil di seberang pantainya yang dihubungankan dengan jembatan gantung. Hmm, itu bisa dibilang pulau ga ya huehe? Soalnya ga sempat menyebrang jembatannya untuk explore β€˜pulau’-nya sih karena waktunya ga cukup dan masih mau ke pantai berikutnya di Garut.

jembatan gantung menuju pulau di seberang pantai sayang heulang

Jembatan gantung dari pantai Sayang Heulang ke pulau kecil di seberangnya

Pantai Santolo

Nah, ini dia pantai yang cukup populer di Garut dari dulu. Sepertinya ga afdol kalau pas ke Garut, tapi ga ke Pantai Santolo. Karena udah bisa dibilang populer, makanya pantai Santolo ga pernah sepi pengunjung sepertinya. Dibandingkan dengan Pantai Sayang Heulang, rasanya Pantai Santolo lebih banyak dikunjungi. Namun demikian, si Pantai Santolo juga berpasir putih lho, seperti Pantai Sayang Heulang.

Waktu itu ke sana, karena udah cukup sore sih, jadi memang rencananya sekalian nungguin sunset, eh tapi sayang banget pas itu, sunset-nya ketutupan awan hiks.

pantai santolo beach garut

Pantai Santolo di Garut yang populer

Pantai Puncak Guha

Waktu itu saya belum sempet ke sini deh. Dari namanya, Puncak Guha, bisa ketauan kalau ini tempat sebenarnya ada di puncak bukit. Tapi dari atas bukit sini, kita bisa dapat view pantai dan laut yang panoramable banget deh. Cakep banget terlilhat dari atas lekukan dari bibir pantainya yang terbentuk dari hempasan ombak saat ke pasir pantainya.

Walaupun tempatnya oke, apalagi cocok buat foto-foto, tapi hati-hati kalau kamu mau foto di pinggir tebingnya, ya. Memang uda ada pagar pembatasnya sih, tapi belum semua, ya.

…

Hmm, baru kekumpul 7 tempat wisata Garut, siapa tau ada yang punya usulan, boleh banget deh dikasih di komen ya! πŸ™‚

arakan sapi pantai sayang heulang beach garut

Oh iya, ini dia barisan sapi di pantai Sayang Heulang πŸ˜€

Advertisements
Comments
  1. Posted by Nasirullah Sitam
  2. Posted by Oline
  3. Posted by Riyardiarisman
  4. Posted by Idfi pancani
  5. Posted by stefanny fausiek
  6. Posted by Andri Mastiyanto
  7. Posted by Jun Joe Winanto
  8. Posted by unggulcenter
  9. Posted by Ikrom
  10. Posted by adi pradana
  11. Posted by Dini
  12. Posted by windhu
  13. Posted by Siti mudrikah

Add Your Comment