Menuju kawasan Teknopolis BSD bersama GIPTI

0
706
acara groundbreaking gipti bsd featured image - kadungdcampur

Menuju kawasan Teknopolis BSD bersama GIPTI – Sebagai warga Tangerang Selatan, saya udah cukup familiar dengan daerah BSD. Kira-kira saya mulai tinggal di Tangsel itu sekitar tahun 1998. Dan sejak itu pula saya suka bolak-balik ke BSD, biasanya sih lebih ke jalan-jalan atau cari makan hehe.

Ga disangka sih, perkembangan BSD yang merupakan proyek property dari Sinarmas Land ini berkembang pesat banget beberapa tahun terakhir ini. Dulu tuh kalau ngomongin mall ya, paling ada BSD Plaza, Teraskota, sama WTC. Trus kemudian muncullah The Breeze, yang saat itu lebih banyak ke tempat makannya. Tapi sekarang, dengan kompleks Green Office Park yang masih di kompleks The Breeze, mulai bermunculan kantor-kantor seperti Sinarmas Land dan Unilever.

Selain itu yang menurut saya mengesankan adalah di area CBD Serpong dan sekitarnya, yang masih terdapat banyak lahan kosong. Seingat saya, yang muncul awal di daerah ini adalah sebuah mall yang cukup besar dan akrab dengan yang berbau Jepang-jepangan hehe, AEON Mall. Selain itu, di sekitar sini juga ada salah satu convention hall terbesar yang juga menjadi salah satu tempat diselenggarakannya pameran mobil terbesar di Indonesia, yaitu ICE BSD alias International Convention Exhibition BSD. Kemudian setelah itu mulai deh bermunculan apartemen, Branz BSD, dan universitas Prasetiya Mulya tingkat S1.

Menuju Kawasan Teknopolis BSD

Agar mengikuti perkembangan jaman, Sinarmas Land pun mulai mengembangkan Kawasan BSD menjadi kawasan integrated smart digital city. Salah satunya adalah dengan dikembangkannya kawasan yang bernama Digital Hub dengan lokasi di Green Office Park BSD. Areanya terbilang luas banget, yaitu 25.86 hektar. Kenapa bisa luas banget, karena nanti akan ada 9 gedung perkantoran di area ini!

Pernah ga sih beberapa saat lalu membaca informasi mengenai pencarian 200 orang dengan berbagai latar belakang untuk belajar di Apple Developer Academy. Dan nanti Apple Developer Academy ini akan menjadi salah satu penghuni di Digital Hub BSD. Tentunya akan ada banyak lagi start-up, tech leader, dan komunitas digital yang akan menempati area Digital Hub BSD, yang digadang-gadang akan menjadi Sillicon Valley di Indonesia.

Kolaborasi Puspitek dan Sinarmas Land

Ga saya sangka sih, ternyata area BSD tuh luas banget. Tadi aja yang Digital Hub memiliki luas sekitar 25 hektar, dan ternyata di area belakang ICE masih memiliki banyak lahan kosong yang belum dimanfaatkan. Salah satunya adalah lahan milik Puspitek seluas 15 hektar, yang udah menjadi lahan tidur sejak tahun 1978, berarti udah 40 tahun ya. Sebenarnya dulu, Puspitek dan Sinarmas Land udah ingin memanfaatkan lahan ini, tapi terbentur krisis moneter di tahun 1998.

lahan kosong puspitek bsd untuk gipti - kadungcampur
Lahan kosong seluas 15 hektar ini siap dimanfaatkan menjadi GIPTI 

Nah, setelah mengalami beberapa persiapan, akhirnya lahan yang berada ga jauh dari ICE ini, akan siap dimanfaatkan oleh Puspitek dan Sinarmas Land.

Pengembangan GIPTI

Tanggal 4 Oktober 2018 lalu, saya sempat menghadiri acara groundbreaking GIPTI. GIPTI itu singkatan Galeri Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Inovasi. GIPTI ini menempati lahan yang udah tidur selama 40 tahun itu. Dan proses pengembangan GIPTI udah mulai dilakukan sejak Juni 2018 lalu, yang dimulai dengan penyusunan konsep dan design area GIPTI.

Kalau dilihat-lihat memang lahan kosong ini berada di bawah tegangan tinggi, oleh karena itu areanya nanti akan dioptimalkan sedemikian rupa, dan sudah dibagi menjadi 5 bagian, seperti welcome zone, zona display produk iptek, pengembangan kewirausahaan, zona pelatihan divisi teknologi, dan ruang terbuka hijau. Untuk ruang terbuka hijau, rencananya akan ada 3 macam, yaitu Gateaway Park, Techno Park, dan Lake Park.

acara groundbreaking gipti bsd - kadungcampur
Ibu Sri Setiawati, kepala Puspitek Serpong, memberikan penjelasan tentang GIPTI 

Lalu fungsinya dibangun GIPTI apa, ya?

Kalau dilihat dari namanya sudah ketauan sih kalau GIPTI nanti akan digunakan untuk showcase kemajuan iptek dan inovasi serta teknologi terapan terkini. Dan nanti showroom ini akan menempati salah satu zona yang sudah saya sebutkan di atas.

Selain sebagai showroom, kalau dilihat dari pembagian zonanya, ada beberapa zonanya yang digunakan untuk kewirausahaan dan pelatihan. Dan ternyata udah ada beberapa tenant yang berminat untuk bergabung dengan GIPTI, padahal masih berbentuk lahan kosong ya. Siapa aja tuh tenant-tenant yang berminat:

  • Software QA Center by Walden Global Services
  • Digital Innovation Lab by Purwadhika
  • The Hub by Joedo by Rumah Kreatif Jogja.

Tentunya GIPTI, yang pengerjaannya akan selesai di bulan April 2019 dan bisa mulai dibuka bulan Juni 2019, akan menjadi pelengkap Digital Hub yang juga sedang dikembangkan, dan akan memperkaya ekosistem BSD khususnya di bidang teknologi.

Dan saya rasa karena ini bentuknya galeri dan taman, jadi ga terkesan kaku, dan bisa menarik minat masyarakat untuk berkunjung dan melihat-lihat. Siapa tau ke depannya akan ada banyak orang yang semakin berminat untuk belajar dan berkarya di bidang teknologi, sehingga bisa semakin memajukan negara tercinta kita ini ?

acara groundbreaking gipti bsd 2 - kadungcampur
Acara ground breaking GIPTI di kawasan BSD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here