Sehat dan kenyang santap sup kolagen Bijin Nabe

Author: | Posted in Cafe dan restaurant 5 Comments

Siapa yang suka makanan Jepang? Kalau ada yang tanya itu, saya akan ngacung, karena saya salah satunya yang suka makanan Jepang. Kita tau lah ya, makanan Jepang yang udah masuk ke Indonesia itu seperti masakan yang dikemas di dalam bento, shabu-shabu, yakiniku, hot pot atau steamboat, dan masih banyak lagi. Ada yang jenis makanannya bertipe a la carte dan ada yang kita bisa masak sendiri. Ada yang bertipe buffet, ada yang bertipe all you can eat. Pasti udah kamu jajal semua deh.

Nah, beberapa bulan belakangan ini, ada yang baru hadir di kota Jakarta, namanya Bijin Nabe by Tsukada Nojo. Mereka ini terkenal banget dengan yang namanya Beauty Hot Pot, dan udah terkenal di Singapura dan Filipina. Semuanya laris dan selalu ramai dikunjungi. Hingga sekarang udah ada lebih dari 200 outlet Bijin Nabe lho!

bijin nabe tsukada nojo plaza senayan

Outlet Bijin Nabe di Plaza Senayan, Jakarta

Jadi, apa yang membuat mereka beda? Kenapa dijuluki ‘Beauty Hot Pot’?

Beauty hot pot, si sup kolagen

Kamu pasti tau dengan ‘kolagen’ yang selalu identik dengan kecantikan. Kenapa identik dengan kulit, ya? Itu karena kolagen merupakan komponen utama untuk kulit, terutama kulit bagian dalam yang membuat kulit jadi fleksibel.

Sebenarnya manfaat kolagen lebih banyak dari hanya untuk kecantikan aja lho. Kolagen juga mempunyai manfaat banyak untuk kesehatan tubuh. Misalnya manfaat kolagen yang lain seperti untuk memperkuat akar rambut dan merangsang pertumbuhannya, bisa untuk nutrisi otak, bagus untuk mata dan sirkulasi darah. Selain itu, fungsi kolagen juga bisa untuk meningkatkan sistem imun tubuh kita.

Sebenarnya kolagen itu udah ada kok di dalam tubuh kita, dan diproduksi sampai umur 20 tahun. Sayangnya setelah lewat umur itu, kadar kolagen akan berkurang sekitar 1,5% setiap tahunnya. Makanya kita harus bisa menjaga keseimbangan kolagen di dalam tubuh kita, misalnya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, tomat, brokoli, serta makanan yang mengandung protein tinggi prolin dan lisin, seperti putih telur, daging, keju, dan kedelai. Nah, salah satu masakan yang kaya akan kolagen, salah satunya ini adalah si beauty hot pot Bijin Nabe dari Tsukada Nojo.

Apa istimewanya si Beauty hot pot ini?

Tentunya julukan Beauty Hot Pot untuk sup kolagen dari Bijin Nabe ini pasti ada alasannya dong, ya? Apa sih istimewanya Beauty Hot Pot dari Bijin Nabe ini? Kenapa banyak dari outlet Bijin Nabe yang ramai dikunjungi orang?

Keunikan dari sup kolagen Bijin Nabe itu ada pada kaldunya yang kaya akan kolagen, dan ini menggunakan kolagen alami dari ayam. Ayamnya juga bukan sembarang ayam kok, karena mendapat perawatan serta pemilihan pakan yang ketat. Makanya hasilnya berupa ayam yang lebih berdaging dan sedikit mempunyai lemak.

Pertanyaan selanjutnya, kok bisa ya dari ayam lalu menjadi kaldu?

Proses pembuatan kaldu kolagen untuk Beauty Hot Pot ini melalui proses yang panjang. Jadi daging dan tulang ayamnya direbus dengan bahan-bahan segar selama 8 jam! Iya, ga salah baca, direbusnya 8 jam! Haha. Lama banget!!! Makanya, karena lama seperti ini, semua kolagen dari tulang dan daging benar-benar larut deh. Kemudian kaldunya akan diolah sehingga bentuknya akan menjadi seperti puding.

bijin nabe tsukada nojo plaza senayan sup kolagen

Kolagen yang diolah menjadi puding siap dipanaskan

Bijin Nabe dari Tsukada Nojo

Outlet Bijin Nabe di Indonesia saat ini masih ada satu aja di kota Jakarta. Letaknya juga di sentral kok, karena ada di Plaza Senayan, tepatnya Bijin Nabe ada di seberang bioskop XXI Plaza Senayan.

bijin nabe tsukada nojo plaza senayan entrance

Masuk yukkk ke restoran Bijin Nabe di Plaza Senayan

Yang paling memukau saya pada restoran Bijin Nabe ini saya adalah bentuk dan dekorasi dari restoran ini. Dekorasi cantik di tengah yang terdiri dari lampu-lampu yang bergantungan dan disusun bersamaan dengan potongan kayu persegi yang saling bergantungan satu sama lain. Kemudian warna dinding keemasan dan kayu berwarna cokelat memberikan efek mevvah di restoran ini.

bijin nabe tsukada nojo plaza senayan design

Design yang cakep dari restoran Bijin Nabe Plaza Senayan

bijin nabe tsukada nojo plaza senayan dekorasi lampu

Suka deh dengan dekorasi lampu serta potongan kayu persegi di tengah restorannya

Ternyata design dari restoran Bijin Nabe di Jakarta ini merupakan hasil kolaborasi dari Yoko Shibata dan Yasumichi Morita. Yoko Shibata sendiri udah banyak mengerjakan banyak pusat perbelanjaan dan restoran terkemuka di Jepang, sedangkan Yasumichi Morita sering terlibat aktif di proyek dengan skala global.

bijin nabe tsukada nojo plaza senayan jakarta tempat duduk design elegan

Tenang aja, tempat duduk di Bijin Nabe Plaza Senayan cukup banyak kok 🙂

Tempat duduk di restoran Bijin Nabe ini tersusun menjadi 3 bagian, tengah, dan sisi kiri-kanan. Kira-kira total mejanya berjumlah 30 meja, sepertinya cukup menampung orang-orang yang penasaran dengan si Beauty Hot Pot ini.

Icip-icip makanannya

Tipe makanan di Bijin Nabe memang bukanlah all you can eat dan buffet style, tapi lebih ke menu a la carte. Misalnya kalau mau sup kolagen di Bijin Nabe nanti bisa sharing untuk sekitar 2-3 orang, dan ada juga yang berukuran lebih besar, cocok untuk 4-5 orang. Sedangkan rasa kuah kaldu pada sup kolagen ini ada 5 macam, mulai dari original, pedas, seafood, sukiyaki, dan shabu-shabu.

Karena baru pertama kali icipin, makanya waktu di sana, saya mencoba yang rasa original dulu, biar bisa nikmatin rasa aslinya dulu. Kunjungan berikutnya, sepertinya bakal coba yang pedas nih. Dan ternyata, sup kolagen Bijin Nabe yang original ukuran Medium, ternyata cukup mengenyangkan kalau dimakan oleh 2 orang aja haha.

bijin nabe tsukada nojo sup kolagen sayuran jamur

Sayuran segar beserta jamur yang siap dicemplungin ke kuah kaldu sup kolagen Bijin Nabe

bijin nabe tsukada nojo sup kolagen ayam

Ayamnya juga siap direbus nih!

Jadi tuh di tiap meja akan ada kompor induksinya, dan nanti kalau kita pesan sup kolagen, ya sup kolagennya akan dibuat di situ, di atas hot pot nya. Selain itu, juga udah disiapin sayuran segar, beserta jamur, dan ayamnya. Dan pastinya di atasa hot pot, udah ada pudding kolagen beserta kuah kaldunya, yang nanti kalau dipanasin akan mencair dan menjadi kaldu dari sup kolagen ini. Menarik banget merhatiin si pudding kolagen ini pelan-pelan mencair menjadi satu dengan kuah kaldu haha.

Nanti setelah puding kolagennya mencair, mulai deh dimasukkan satu-satu sayur, jamur, dan kemudian ayamnya.

bijin nabe tsukada nojo sup kolagen

Puding kolagennya mulai mencair dan menjadi satu dengan sup kaldunya

bijin nabe tsukada nojo plaza senayan sup kolagen beauty hot pot

Mulai memasukkan sayuran dan lainnya ke dalam beauty hot pot

bijin nabe tsukada nojo plaza senayan sup kolagen

Uuhhh segar dan nikmat pastinya si sup kolagen ini!

bijin nabe tsukada nojo plaza senayan sup kolagen beauty hot pot

Si beauty hot pot siap disantap!

Eh iya, selain itu ada juga bumbu tambahan yang bisa dicampur di kuah kaldunya. Ada beberapa bumbu sih, seperti merica dan bawang putih, sambel, yuzzu pepper, dan minyak bawang. Kalau saya sih karena pecinta garlic ya, pastinya pilih yang pertama, ya. Tapi katanya, yang yuzzu pepper juga banyak suka hehe.

bijin nabe tsukada nojo sup kolagen bumbu

Bumbu yang bisa ditambahin ke sup kolagen

Menu appetizer dan dessert

Saya juga sempat icip-icip sushi burrito yang menjadi salah satu makanan ringan di Bijin Nabe. Makin kenyanglah saya ya haha, eh tapi kenyang sehat dong :D. Oh iya, selain sushi burrito, di Bijin Nabe juga ada deep-fried skewers (ada telur puyuh, ayam, dan udang), serta tempura set, yang jadi cemilan lainnya di Bijin Nabe.

bijin nabe tsukada nojo plaza senayan jakarta sushi burrito

Sushi Burrito salah satu makanan ringan lainnya dari Bijin Nabe

Dan emang enaknya sih, setelah makan-makan berat, ditutup ama dessert. Ada beberapa menu dessert di Bijin Nabe Jakarta sih, misalnya si Shaved Ice Green tea ini yang porsinya bisa cukup untuk berdua haha. Selain itu ada home made custard pudding, dan ice cream juga kok.

bijin nabe tsukada nojo plaza senayan jakarta dessert shaved ice es serut green tea

Siapa yang ga suka es serut?! Hehe. Ini namanya Shaved Ice Green Tea

Oh iya, ini video singkatnya kunjungan saya ke Bijin Nabe Plaza Senayan, jangan lupa subscribe channel YouTube saya, ya hehe.

Bijin Nabe by Tsukada Nojo Indonesia
Plaza Senayan, Lantai 5, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta
p: +62215725064

Instagram            : https://www.instagram.com/bijinnabe_id/

bijin nabe tsukada nojo plaza senayan menu

Yuk, icip-icip sup kolagen yang sehat di Bijin Nabe Plaza Senayan 🙂

Advertisements
Comments
  1. Posted by Djangkaru Bumi
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Matius Teguh Nugroho
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Siti mudrikah

Add Your Comment