Strategi Holcim Indonesia untuk menarik hati

0
419
holcim indonesia featured image - kadungcampur

Kalau kamu tinggal di kota besar, terutama di Jakarta, pasti menyadari kalau sedang terjadi pembangunan di mana-mana, mulai dari pembangunan gedung bertingkat hingga infrastruktur. Walaupun saya tinggal di daerah Tangerang Selatan, tapi karena suka wira-wiri ke Jakarta, jadinya udah familiar deh dengan pemandangan dari kegiatan membangun itu. Yang paling kelihatan tentunya pembangunan transportasi publik, seperti LRT di Kuningan dan MRT yang sebagian rutenya menyusuri jalan Sudirman.

Seperti yang kita ketahui, salah satu bahan bangunan yang dipakai pastinya semen dan beton kan, ya? Tentunya ada banyak perusahaan semen yang ingin juga ambil bagian dalam kegiatan pembangunan yang sedang dicanangkan pemerintah. Eh tapi ternyata saking banyaknya perusahaan semen yang ada di Indonesia, malah bisa memberikan kabar buruk bagi perusahaan pemasok semen.

Memangnya ada apa?

Kalau misalnya pasokan melimpah, dibarengi dengan permintaan yang melimpah sih berarti impas, ya. Tapi kalau misalnya pasokan melimpah, tapi permintaannya rendah, bagaimana dong?

Seperti contohnya di tahun 2017, terjadi penurunan konsumsi rumah tangga hingga di bawah 5%. Ternyata orang-orang lebih memilih untuk menabung, ketimbang belanja, apalagi belanja rumah dan kendaraan, ya. Kalau ditanya generasi milenial, biasanya jawabannya lebih memilih untuk jalan-jalan, karena abis work hard play hard deh.

Lah, bagaimana nih, jadinya? Padahal menurut informasi saat RUPS Holcim Indonesia beberapa saat lalu, proyek-proyek infrastruktur pemerintah sendiri masih belum cukup untuk menstimulasi. Ini dikarenakan pasar semen terbesar masih berasal dari ritel.

timo wp dan holcim indonesia - kadungcampur
Industri semen di Indonesia memang lagi berat. Sini aku bantuin bawanya 😀 

Seperti hukum ekonomi pada umumnya, ketika pasokannya banyak, tapi permintaannya sedikit, apa jadinya nih?

Sama kayak pedagang kali ya, kalau udah begini ya, bisa aja terjadi perang harga nih antara sesama pedagang. Menurunkan harga, biar dagangannya laku, paling banter balik modal kali ya. Nah, kalau udah laku kan baru bisa diputer modal uangnya. Kalau masih berupa barang ya susah juga sih, ya. Bahkan mungkin kalau di perusahaan besar, barang-barang yang ga cepet keluar dari gudang, malah bisa meningkatkan biaya inventory atau penyimpanan.

Kalau udah perang harga, tentunya konsumen yang senang dong, ya. Bisa beli dengan harga murah. Tapi mungkin aja strategi harga ini bisa ga berlangsung lama. Orang bisa aja mencari yang lain lagi, selain dari harga murah. Makanya, sekali lagi membuat pedagang untuk putar otak lagi, bagaimana caranya menggaet sebanyak-banyaknya konsumen.

Cara selanjutnya ya harus bisa berinovasi dengan meluncurkan produk-produk baru dong!

Strategi Holcim Indonesia untuk menarik hati pembeli

Salah satu contoh pedagang yang harus berinovasi, adalah Holcim Indonesia yang merupakan salah satu pemasok semen. Biar bisa memiliki daya saing yang oke, Holcim Indonesia pun juga turut berinovasi dengan membuat produk-produk baru, seperti contohnya PowerMax dan WallMax.

Kedua produk ini dikategorikan dalam produk yang berbasis aplikasi atau penerapan ya, bukan application software ? Aplikasi di sini misalnya kalau di WallMax ya berarti cocok untuk diaplikasikan di dinding, sedangkan PowerMax cocok untuk digunakan pada struktur bangunan.

timo wp dengan produk holcim indonesia powermax wallmax - kadungcampur
PowerMax dan WallMax merupakan salah dua produk yang inovatif dari Holcim Indonesia 

Holcim dan PowerMax

PowerMax yang merupakan salah satu inovasi dari Holcim Indonesia memang memiliki formulasi istimewa, karena ada yang namanya Micro Filler Particle dan Strength Agent. Kalau ngebaca dari istilahnya, dengan adanya partikel micro filler ini, berarti bisa membuat adukan betonnya jadi lebih baik atau dengan kata lain ‘pulen’. Kalau adukan betonnya pulen, berarti nanti pemadatannya bisa lebih sempurna. Selain itu, karena partikelnya sampe berukuran micro, makanya nanti hasilnya bisa minim kropos. Ngeri amat yak, kalau struktur bangunan sampe ada kroposnya. Malah tambah biaya deh untuk perbaikan, dan yang pasti ga kelar-kelar hehe!

Dan karena ada strength agent yang merupakan salah satu komponen istimewa, maka si PowerMax itu cocok banget untuk dijadikan struktur bangunan, pondasinya, balok atau kolom, serta plat lantai.

keunggulan powermax holcim indonesia - kadungcampur
Keunggulan PowerMax dari Holcim Indonesia

Holcim dan WallMax

Seperti yang udah diomongin sebelumnya, kalau WallMax itu cocok untuk diaplikasikan di dinding, ya sesuai dengan namanya yang mengandung kata ‘wall’ hehe.

Lalu apa istimewanya WallMax dibandingkan yang lain dong?

Ternyata ada formula yang spesial berupa Micro Filler Particle dan Smoothing Agent.

Apa kondisi yang kurang disukai pada dinding?

Adanya retak rambut!

Makanya dengan adanya si partikel micro filler ini, adonannya pun bisa lebih pulen dan memiliki daya rekat yang baik. Jadinya bisa minim retak rambut deh. Dan karena adanya si smoothing agent ini, maka nanti dindingnya bisa lebih halus ?

keunggulan wallmax holcim indonesia - kadungcampur
Keunggulan WallMax dari Holcim Indonesia 

Produk lainnya dari Holcim Indonesia

Selain PowerMax dan WallMax, ternyata Holcim Indonesia juga memiliki produk lainnya di kategori beton yang sudah hadir dari beberapa tahun yang lalu, misalnya aja:

1 | SpeedCrete

SpeedCrete bisa digunakan untuk perbaikan jalan pada malam hari dalam waktu 7 jam! Tentunya dengan singkatnya waktu, pekerjaan bisa lekas kelar dan bisa mengurangi kemacetan.

2 | ThruCrete

ThruCrete merupakan beton berpori yang ramah lingkungan yang bisa mencegah timbulnya genangan di permukaan. Ini cocok banget digunakan untuk pembuatan landasan pacu di airport, seperti saat pembuatan jalur 4 Terminal 2 dari Bandara Juanda Surabaya. Selain landasan di airport, ThruCrete ternyata juga digunakan di proyek peremajaan Gelora Bung Karno lho!

rups holcim indonesia 2018 - kadungcampur
Tuh contoh kegunaan ThruCrete di Gelora Bung Karno 

3 | ApexCrete

ApexCrete merupakan beton dengan performa tinggi, yang cocok banget untuk dipakai untuk membuat lantai yang luas dalam waktu singkat. Ini cocok banget digunakan pada gudang industri yang memang areanya luas banget, ya. Nah gudang industri seperti itu kan ga mungkin ya, ada permukaan yang ga datar, karena ya bisa bahaya lah. Ketika mengaplikasikan ApexCrete ini, Holcim Indonesia menggunakan peralatan canggih kok, seperti 3D profiler dan laser, jadinya tingkat akurasinya tinggi.

4 | DekoCrete

Kalau ini, dari nama DekoCrete sih bisa ketauan ya, bisa ada dekorasinya hehehe. Makanya beton dekoratif ini biasanya digunakan untuk mempercantik pedestrian jalan ?

Bisnis manajemen limbah – Geocycle

Ternyata bisnis Holcim Indonesia ga hanya berpusat pada infrastruktur dan perumahan. Holcim Indonesia juga memiliki bisnis di bidang pengelolaan limbah bernama Geocycle, yang tentunya bisa membantu dalam hal pengelolaan lingkungan hidup yang lebih baik.

Proses pengelolaan limbah di Geocycle menggunakan tanur semen di pabrik Holcim Indonesia yang bersuhu tinggi, sampai 2,000°C. Suhu di tanur semennya harus stabil, sehingga bisa memusnahkan limbah tanpa meninggalkan ampas apa pun.

Apa aja jenis limbah yang bisa diolah?

Mulai dari limbah industri, bahan yang tidak memenuhi syarat, produk kadaluwarsa, dan juga limbah lain yang ga dapat didaur ulang dengan proses biasa!

Holcim Indonesia di tahun 2018 dan seterusnya

Produk-produk inovatif yang dikeluarkan Holcim Indonesia, tentunya memberikan nilai tambah dan sebagai pembeda dengan kompetitornya. Apalagi sejak bulan Februari 2016, Holcim Indonesia memiliki Direktur Penjualan yang baru, Surindro Kalbu Adi, yang sudah punya pengalaman di berbagai industri, mulai dari retail hingga semen. Semoga dengan adanya Direktur Penjualan yang baru, Holcim Indonesia bisa bertambah kencangnya larinya dan semakin sukses. Mudah-mudahan ini juga diiringi dengan peningkatan permintaan semen di tahun 2018 dan seterusnya. Amin!

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Holcim Indonesia, jangan lupa ikuti media sosialnya ya:

Holcim Indonesia
Website     : http://www.solusiholcim.com/

Facebook  : https://www.facebook.com/solusiholcimindonesia/
Instagram : https://www.instagram.com/solusiholcim/
Twitter      : https://twitter.com/solusiholcim/

jajaran direksi holcim indonesia - kadungcampur
Jajaran direksi Holcim Indonesia (ki-ka: Surindro Adi Kalbu – Sales Director, Farida Helianti Sastrosatomo – Corporate Secretary and Legal Affairs Director, Kuntoro Mangkusubroto – President Commisioner & Independent Commisioner, Gary Schutz – CEO, Mark Schmidt – CFO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here