Serba-serbi cari pekerjaan di jaman sekarang

Author: | Posted in Liputan 42 Comments

Serba-serbi cari pekerjaan – Masih inget ga dulu salah satu impian pas masih kecil apa? Masuk TK! Eh, bener ga, ya? Haha. Lalu, abis TK, masuk SD, gitu seterusnya, hingga pas SMA, udah punya impian untuk masuk ke jurusan yang diingini saat kuliah. Tentunya setelah masuk kuliah, hal yang diingini adalah mendapatkan pekerjaan yang diingini, tentunya ada juga yang ingin usaha sendiri, ya.

Serba-serbi cari pekerjaan

Ngomong-ngomong soal mendapatkan pekerjaan, tentunya kamu dan saya waktu beberapa waktu lalu, sangat antusias dalam cari pekerjaan. Cari lowongan pekerjaan alias di mana? Pernah cari loker di mana, coba? Cari loker di koran, pernah ga?

Kalau waktu itu cari loker di koran, biasanya paling banyak muncul pas hari Sabtu – Minggu. Saat orang lagi senggang dan punya banyak waktu untuk hunting kerjaan haha. Pasti waktu itu ada yang korannya penuh dengan lingkaran-lingkaran yang menandakan pilihan pekerjaan yang diingini. Paling setelah itu digunting atau dikumpulin dan apply satu-satu. Dan waktu dulu masih ada lho apply pekerjaan via pos, alias kita print cover letter dan CV, kemudian dikirim. Sekarang masih ada ga, ya?

Eh iya, namanya dikirim pos, berarti butuh waktu kan ya. Kalau dalam kota, mungkin satu hari sampai. Kemudian HRD-nya sortirin satu-satu. Ga cocok, disingkirin, dan yang cocok, kemudian dikumpulin. Baru kemudian tumpukan CV yang cocok, baru dipanggilin satu-satu via telepon. Seperti itu sih yang saya kira-kira hehe.

Kemudian setelah era digital muncul, cari loker di koran sepertinya udah mulai jarang deh, karena mulai bermunculan website yang menjadikan dirinya portal loker. Sejak itu, mulai banyaklah perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan job portal ini untuk menaruh iklan loker perusahaannya. Dan ga hanya perusahaan yang memanfaatkan job portal ini, kita pun yang ingin apply pekerjaan juga mulai terbantu deh dengan adanya job portal.

jobsid lowongan cari pekerjaan loker

Hasil cari kerja di Jobs.ID

Cari pekerjaan di job portal tuh memang lebih mudah sih, karena ada fitur ‘search’. Masukkan keyword dari posisi pekerjaan atau nama perusahaan yang kita mau, dan voila, muncullah beberapa pilihan loker dari hasil pilihan kita. Tentunya di tiap loker udah disertakan deskripsi dan kriteria dari tiap posisi. Enaknya lagi, kita bisa menyimpan CV kita di job portal ini. Jadi kita ga perlu cape-cape kirim CV kita via pos deh, ya. Tinggal klik-klik beres.

Cari pekerjaan lebih mudah via gadget

Hayoo, siapa yang ga bisa lepas dari gadget-nya? Jangan-jangan tidur pun dipegang sambil dicolok headset untuk dengerin musik hehe.

Sebagai pengguna smartphone, sepertinya bangun tidur, yang dipegang pertama kali adalah hapenya. Bahkan yang dipegang terakhir kali pun sebelum tidur, ya si hape itu. Makanya sekarang udah banyak perusahaan yang mulai menambah jangkauannya agar bisa mudah diakses via smartphone. Mulai dari perusahaan berita, dan bahkan sekarang termasuk job portal juga. Jadi kan semakin mudah untuk kita mengakses dan apply pekerjaan yang kita inginkan. Kan ribet ya, lagi naik commuter line, lalu buka-buka laptop untuk cari pekerjaan. Lebih nyaman carinya pake hape hehe.

Nah ini tampilan mobile dari Jobs.ID:

mobile version jobsid

Tampilan mobile version dari JobsID

LINE sebagai job portal

Masih berbicara seputar gadget. Salah satu app yang sering dipakai pastinya adalah app untuk mengirim pesan, salah satunya LINE. LINE yang kita kenal dengan Sally dan Brown ini, ternyata juga mulai merambah dunia job portal, dengan nama LINE Jobs. Memang saat ini, LINE Jobs masih menggunakan supply loker dari job portal yang sudah ada, termasuk salah satunya Jobs.ID.

Cara menggunakannya juga gampang kok. Kalau kamu mau mencari loker, tinggal klik ‘LINE Jobs’, sedangkan kalau kamu mau tips atau membaca artikel yang lain, kamu tinggal klik icon HOME di bagian atas. Dan kalau kamu apply menggunakan LINE Jobs, ganti fotonya dulu yang cocok dengan pekerjaan yang ingin kamu apply. Janganlah kamu pakai foto lagi snorkeling untuk apply pekerjaan di bank hehe.

tampilan line jobs

Tampilan LINE Jobs. Langsung aja klik LINE Jobs di kanan bawah kalau mau cari pekerjaan 🙂

Anyway, kalau kamu mau coba apply via LINE Jobs, kamu tinggal add friend dengan ID: @LINEJOBS (pakai tanda ‘@’, ya).

Apply kerja via Job Fair

Emang ada cara lain lagi untuk apply pekerjaan? Tentu ada dong. Namanya Job Fair. Pasti udah pernah dong, ya, ke job fair di kotamu? Lalu kesannya gimana?

Kalau ada yang belum tau job fair tuh kek gimana, coba deh datang salahh satu job fair yang akan diadain di Jakarta tanggal 13 – 14 Juli 2017 ini. Namanya Qareer Carnival 2017, yang merupakan hajatan dari Qerja, Jobs.ID, dan LINE Jobs.

qareer carnival 2017 poster

Nah ini dia Qareer Carnival 2017

Dan di job fair ini pastinya akan ada banyak perusahaan-perusahaan yang buka stand di situ, misalnya aja ada CIMB Niaga, Indoofood, Markplus, Nestle Indonesia, dan masih banyak lagi.

Lalu apakah kamu perlu bawa CV dalam bentuk hard copy?

Memang job fair pada waktu dulu, mengharapkan kita membawa CV dalam bentuk hard copy. Kemudian, dari hard copy menjadi flash disk. Bukan flash disk-nya yang dibagiin ke perusahaan-perusahaan pilihanmu, tapi CV-nya kamu simpan di flash disk. Kalau kamu suka dengan perusahaan tersebut, ya udah, kamu tinggal colokin flash disk-mu ke CPU atau laptop yang tersedia, dan transfer CV-mu ke situ. Sepertinya sih begitu ya hehe.

Nah, kalau di Job Fair Qareer Carnival 2017, kamu ga perlu bawa hard copy CV ataupun flash disk yang isinya CV. Kamu hanya perlu registrasi Qareer Carnival di sini, dan kamu bisa langsung cari pekerjaan yang tersedia dari perusahaan-perusahaan yang akan hadir di Qareer Carnival 2017. Kalau ada yang cocok langsung lamar aja, dan kamu bisa dapat kesempatan untuk interview langsung saat Qareer Carnival 2017 berlangsung. Duh, jadi inget dulu pas proses cari pekerjaan, ada yang prosesnya cepet, ada yang prosesnya lama beut haha. Lah kalau ini langsung interview lho.

Atau misalnya kamu mau liat-liat terlebih dahulu, mending kamu buat CV online dulu di Jobs.ID. Kan, setelah pendaftaran tadi kamu mendapatkan kode OTP di email, ya. Nanti pas saat acara, kamu bisa menggunakan kode OTP itu – yang udah terhubung ke profile kamu di Jobs.id – untuk melamar pekerjaan idamanmu.

Seminar dan Workshop gratis di Qareer Carnival

Kalau misalnya dateng ke job fair, cuma hanya cari pekerjaan aja, itu sepertinya biasa, ya. Tapi kalau di Qareer Carnival 2017 ada yang beda deh. Karena nanti pas kamu datang ke Qareer Carnival 2017, kamu bisa ikut talkshow dan workshop gratis tis tis!

Misalnya nih ya, kalau kamu mau denger tips untuk masuk ke perusahaan nasional serta multinasional, kamu bisa dengerin langsung tips yang dibagiin oleh perwakilan dari LinkedIn dan Nestle. Selain itu, untuk workshop-nya kali ini mengupas tentang digital marketing. Kalau memang kamu ingin berkarir di area digital marketing, kamu wajib hadir ke workshop yang diadain di Qareer Carnival 2017 ini, karena akan ada Managing Director dari B-Digital sebagai pembicaranya.

Lebih lengkapnya lihat di bawah ini aja deh, kamu tinggal menyesuaikan waktumu aja 🙂

qareer carnival 2017 interactive talkshow seminar

Ragam talkshow yang bisa diikuti saat datang ke Qareer Carnival 2017

qareer carnival 2017 digital marketing workshop b digital

Workshop Digital Marketing oleh B-Digital

So, what are you waiting for?!

Langsung aja daftar Qareer Carnival 2017 di sini!

Lokasi Gedung Nyi Ageng Serang (lokasi Qareer Carnival 2017) di Google Maps:

blogger gathering qerja jobsid linejobs

Blogger gathering bersama Jobs.ID, Qerja, dan LINE Jobs

Advertisements
Comments
  1. Posted by Nasirullah Sitam
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Hastira
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Farida Pane
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Siti mudrikah
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by Amrudly
    • Posted by Timothy W Pawiro
  6. Posted by retno
    • Posted by Timothy W Pawiro
  7. Posted by April Hamsa
    • Posted by Timothy W Pawiro
  8. Posted by Ony christy
    • Posted by Timothy W Pawiro
  9. Posted by Jiah
    • Posted by Timothy W Pawiro
  10. Posted by Pu
    • Posted by Timothy W Pawiro
  11. Posted by Diaztomo Febrieanto
    • Posted by Timothy W Pawiro
  12. Posted by Jung
    • Posted by Timothy W Pawiro
  13. Posted by Mahadewi
    • Posted by Timothy W Pawiro
  14. Posted by Yesi Intasari
    • Posted by Timothy W Pawiro
  15. Posted by Perempuan November
    • Posted by Timothy W Pawiro
  16. Posted by Dikki cantona putra
    • Posted by Timothy W Pawiro
  17. Posted by Ilham
    • Posted by Timothy W Pawiro
  18. Posted by erinajulia
    • Posted by Timothy W Pawiro
  19. Posted by dweedy
    • Posted by Timothy W Pawiro
  20. Posted by Liswanti Pertiwi
    • Posted by Timothy W Pawiro
  21. Posted by nina
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment