Menilik kemampuan Samsung Galaxy S7

Author: | Posted in Lomba, Teknologi 14 Comments

Menonton peluncuran Samsung Galaxy S7, yang merupakan seri terbaru dari Samsung Galaxy series ini, membuat saya penasaran dengan Samsung Galaxy S7 dan membandingkannya dengan smartphone yang saya punya saat ini. Banyak aspek yang dibicarakan oleh para petinggi Samsung pada saat peluncuran tersebut, mulai dari aspek kapasitas baterai, desain, kemampuan kamera dan mesin, dan masih banyak lagi.

samsung-galaxy-s7-unpacked-spain-1

Event Samsung Galaxy S7 Unpacked yang diadakan di Barcelona, Spain

Untuk kapasitas baterai, Samsung Galaxy S7 mempunyai kapasitas 3.000 mAh. Sebagai seorang blogger yang suka menghadiri event – event dan melakukan liputan live, saya sangat mengandalkan smartphone saya untuk melakukan live tweet atau foto – foto event tersebut. Terkadang event yang saya hadiri bisa sebentar ataupun lama hingga seharian, sehingga saya selalu membawa power bank untuk jaga – jaga apabila di dekat saya tidak ada colokan listrik. Tentunya power bank hanyalah untuk cadangan saja. Agak ribet juga misal saya harus men-charge smartphone saya setiap saat, apalagi misalnya event-nya berlangsung di outdoor, sehingga saya harus membawa – bawa smartphone dan power bank saya, sembari mengetik atau melakukan live tweet. Setelah saya melihat kapasitas dari Samsung Galaxy S7, saya mencoba untuk melihat lagi kapasitas baterai smartphone yang saya punya. Ternyata setelah saya cek, kapasitasnya hanya separuh dari kapasitas baterai Samsung Galaxy S7. Pantes saja, kalau saya pakai smartphone saya untuk live tweet, foto plus merekam suara, baterainya cepat habis, apalagi kalau di area tersebut sinyalnya agak susah, sehingga membuat kerja smartphone lebih keras untuk ‘mencari’ sinyal. Pastinya, kalau saya pakai Samsung Galaxy S7, saya tidak perlu ribet sering men-charge smartphone saya dengan power bank, karena kapasitasnya sudah cukup besar.

samsung-galaxy-s7-battery-capacity

Kapasitas baterai Samsung Galaxy S7 yang sudah 3.000 mAh

Desain body dari smartphone menurut saya juga penting, karena ketika liputan sebuah acara, saya akan senantiasa memegang smartphone saya. Tentunya hal ini terkadang akan membuat tangan saya pegal, apalagi saya juga harus mengetik dengan kedua jempol saya. Tapi nampaknya ini akan berbeda dengan Samsung Galaxy S7, yang selain memiliki desain yang cantik dengan metal body, juga memiliki ergonomic design sehingga enak untuk digenggam. Untuk mengakses beberapa aplikasi yang sering saya pakai, juga sudah disediakan shortcut. Dengan hanya men-slide layar dari samping dengan jempol saja, maka akan muncul menu shortcut, untuk beberapa aplikasi yang sering dipakai.

samsung-galaxy-s7-design

Samsung Galaxy S7 memiliki ergonomic design sehingga akan nyaman ketika digenggam

Selain sebagai blogger, saya juga sering jalan dan foto – foto. Walaupun saya sering membawa kamera ketika bepergian, saya masih menggunakan smartphone untuk memfoto, karena terkadang di suatu kesempatan, saya sedang memegang smartphone, sedangkan kamera saya ada di dalam tas. Namun tentunya kemampuan smartphone saya untuk memfoto akan kurang dibandingkan kalau saya memfoto dengan menggunakan kamera, terutama ketika cahayanya kurang. Pernah ketika saya menghadiri suatu acara di sebuah café, ternyata pencahayaan di dalam kurang terang, alhasil foto – foto yang saya ambil menggunakan smartphone saya agak mengecewakan. Pernah juga saya tidak ingat membawa kamera ketika saya harus pergi untuk beberapa hari. Terpaksa saya hanya mengandalkan smartphone saya. Tentu pada saat cahaya cukup di siang hari, foto yang dihasilkan masih terbilang cukup bagus, tapi ketika hari sudah mulai gelap, maka hasil fotonya akan kurang jelas dan banyak noise-nya.

sample-low-light-picture

Kondisi low light yang terkadang bikin jengkel ketika foto :-/

Hal ini nampaknya akan bisa diatasi dengan kehandalan dari Samsung Galaxy S7. Pada saat acara launching, dijelaskan bahwa camera Samsung Galaxy S7 memiliki apperture 1.7, di mana semakin kecil angkanya, maka bukaan dari lensa kamera akan lebih lebar, dan memungkinkan untuk menyerap cahaya lebih banyak. Apalagi di Samsung Galaxy S7 menggunakan teknologi dual pixel sensor dan memiliki 12MP. Dual pixel sensor itu anggap saja seperti kedua mata kita, di mana apabila kita melihat sesuatu dengan kedua mata kita akan lebih cepat jelasnya, dibandingkan apabila hanya menggunakan satu mata saja. Ini juga berguna apabila kita ingin mengambil foto dengan pencahayaan kurang, sehingga kameranya bisa lebih cepat fokus, dan kita tidak akan kehilangan momen.

samsung-galaxy-s7-low-light-photography

Hasil foto pada kondisi low light, dengan menggunakan Samsung Galaxy S7

Berbicara tentang jalan – jalan, saya suka sekali pergi ke pantai atau air terjun, dan bahkan snorkeling. Terkadang saya agak berpikir beberapa kali untuk mengeluarkan smartphone saya, ketika saya pergi ke air terjun yang besar, di mana pastinya cipratan airnya juga kencang ya, sehingga pernah saya terpaksa harus selesai memfoto karena khawatir kalau smartphone saya terlalu banyak terkena air. Nampaknya hal ini juga sudah bisa diatasi dengan Samsung Galaxy S7, karena dengan adanya capless underwater capability, sekarang sudah water resistant, alias tahan air hingga kedalaman 1.5 meter, dan bisa tahan hingga 30 menit.

samsung-galaxy-s7-water-resistant

Samsung Galaxy S7 yang sudah water resistant dengan capless underwater capability

Lalu bagaimana dengan performance-nya sendiri?

Sebagai seorang yang suka switching tasking – dari messenger pindah ke kamera, lalu pindah lagi ke notes – dalam sekejap ketika menggunakan smartphone, terkadang memang phone-nya menjadi tidak smart amat alias suka freeze sepersekian detik, secara RAM-nya hanya 1GB saja. Sepertinya ini bakal tidak pernah terjadi kalau saya pakai Samsung Galaxy S7, karena kalau saya lihat dari spesifikasi Samsung Galaxy S7 ini, ternyata sudah memiliki RAM 4GB. Apalagi pada saat acara launching ditekankan bahwa memainkan game di Samsung Galaxy S7 akan terasa seperti bermain di PC. Ini juga disimpulkan kalau performance CPU sudah meningkat jauh dibandingkan dengan seri sebelumnya.

samsung-galaxy-s7-performance

Performance CPU dari Samsung Galaxy S7 yang sudah meningkat lebih dari 60% dibandingkan seri sebelumnya

samsung-galaxy-s7-game

Performance mesin dan graphic yang oke dari Samsung Galaxy S7 membuat main game semakin nikmat

Keunggulan lain dari Samsung Galaxy S7 yang saya lihat pada saat acara launching tersebut adalah adanya slot memory card. Benar juga sih, tambahan memory card itu perlu, karena saya tidak setiap saat, mempunyai kesempatan untuk memindahkan file – file ke laptop agar smartphone saya bisa memiliki ruang simpanan lagi. Memang smartphone saya memiliki kapasitas memory penyimpanan yang bisa terbilang agak minim, apalagi saya suka foto – foto, video, install app atau game, dan apabila ternyata kapasitasnya sudah penuh dan saya lagi buru – buru, dengan terpaksa saya harus menghapus aplikasi yang memang tidak saya butuhkan pada waktu itu. Agak repot jadinya, karena nanti akhirnya saya juga perlu untuk mengunduh aplikasi tersebut lagi.

samsung-galaxy-s7-mini-sd-card-slot

Slot untuk memory card pada Samsung Galaxy S7 untuk menambah kapasitas penyimpanan file

Setelah saya review dan lihat kembali keunggulan – keunggulan dari Samsung Galaxy S7, rasanya ini bisa menunjang saya dalam melakukan kegiatan saya yang membutuhkan performance oke dari sebuah smartphone. Siapa tahu, saya tidak ingat bawa power bank dalam suatu kegiatan, maka saya akan pede dengan Samsung Galaxy S7 karena kapasitas baterainya sudah mumpuni. Apalagi kualitas kamera dan mesinnya sudah superb banget nih!

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mengecek secara langsung spesifikasi dan informasi lainnya mengenai Samsung Galaxy S7 dengan klik link di bawah ini:

The Samsung Galaxy S7

Kamu juga masih bisa menonton ulang acara launching Samsung Galaxy S7 yang diadakan di Barcelona, Spanyol, di sini:

Jadi, bagaimana menurutmu tentang Samsung Galaxy S7 ini? 😉

Semua gambar diambil dari video Samsung Galaxy Unpacked 2016 Live Stream (Official Replay)

Comments
  1. Posted by andyhardiyanti
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by ade anita
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Evi
  4. Posted by Nasirullah Sitam
    • Posted by Timothy W Pawiro
  5. Posted by Iqbal Kautsar
  6. Posted by insanwisata
    • Posted by Timothy W Pawiro
  7. Posted by cindy
    • Posted by Timothy W Pawiro
  8. Posted by Earset Vivan VE270
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment