Safety ketika menjajal Uber di Bandung

Author: | Posted in Liputan, Teknologi 8 Comments

Beberapa waktu lalu saya sempat mengikuti blogger gathering bersama Uber di Bandung — kamu bisa cek hashtag #KumpulUBERBDG . Sebenarnya saya sudah pernah dua kali membuat blog post mengenai Uber, misalnya pengalaman memakai Uber (<– klik untuk baca blog post) — di blog post ini ada pengalaman menggunakan Uber di dalam maupun di luar negeri, serta blog post mengenai UberPOOL (dibaca ya, jangan lupa 😀). Namun di acara ini, saya bisa dapat beberapa info  yang cukup menarik mengenai Uber di Bandung dan beberapa fitur safety ketika menjajal Uber di Bandung dan di kota lain pada umumnya.

Perkiraan waktu menunggu kedatangan Uber di Bandung

Menarik sekali di acara ini saya mendapatkan informasi mengenai rata-rata perkiraan waktu menunggu kedatangan Uber di berbagai kota di dunia, termasuk Jakarta dan Bandung, yang rata-rata di kisaran 4 menit itu.

rata-rata-waktu-menunggu-uber-di-bandung

Ini dia perbandingan rata-rata penumpang menunggu kedatangan Uber, termasuk Uber di Bandung 🙂

Ini balik lagi tergantung dengan daerahnya juga, ya. Misal waktu beberapa waktu lalu saya di Bandung, beberapa kali saya di area Awiligar — yang sudah daerah naik ke atas itu. Kalau di sana memang rasanya agak jarang ya, jadi biasanya akan dapat Uber terdekat dari area bawah. Ini waktu kemarin memakan waktu di atas 15 menit sih, jadi saya memilih menunggu di dalam saja terlebih dahulu daripada menunggu di dalam.

Mengetahui perkiraan kapan Uber-nya akan datang itu cukup membantu lho, daripada menunggu di pinggir jalan, kan lebih aman kalau menunggu di dalam atau tempat yang nyaman. Agak bahaya juga sih menunggu di pinggir jalan, apalagi sambil memegang hape, karena beberapa kali dengar cerita dari teman kalau pernah ada yang kecopetan. Jadi si korban sedang menunggu di pinggir jalan, sambil memegang hape di depannya. Alhasil hape-nya diambil oleh orang yang lewat di depan dia. Duh!

Share perkiraan waktu tiba ke orang lain

Fitur ‘Share my ETA’ atau ‘Perkiraan Waktu Tiba’ juga merupakan salah satu fitur safety yang dapat kita coba ketika menjajal Uber di Bandung dan juga di kota-kota lain. Ini cocok banget, kalau kita lagi ditunggu teman di tempat tujuan, trus ga percaya kalau kita masih di jalan haha.

Kenapa ini merupakan salah satu unsur safety dari Uber? Karena selain bisa membagikan perkiraan waktu tiba kita ke orang lain — dalam bentuk URL, seperti keluarga atau teman, di dalam URL tersebut juga terdapat posisi kita sedang di mana pada saat itu. Dengan demikian keluarga kita bisa ikut memantau perjalanan kita. Nah, kita bisa sharing ‘perkiraan waktu tiba’ melalui berbagai jasa messenger yang tersedia di hape kita kok.

Cara untuk ‘Share my ETA’ bisa dilihat di bawah ini:

naik-uber-di-bandung-share-my-eta-2

Cara share my ETA melalui app Uber

Sistem rating

Selain kedua unsur di atas, salah satu unsur safety ketika menjajal Uber di Bandung serta kota-kota lainnya, ya tentunya adalah fitur rating atau penilaian kita kepada driver Uber (terkadang disebut sebagai ‘partner’) ini. Penilaian jujur kita terhadap driver Uber tentunya pada akhirnya juga akan membantu para penumpang Uber lainnya dong. Misalnya kita menilai driver Uber kita kurang aman ketika mengemudi, kita bisa memberikan rating yang sesuai dengan penilaian kita serta memberikan komen. Tentunya ketika bintang kecil diberikan, akan memberikan sinyal ke Uber kalau driver ini kurang oke. Sebaliknya kalau kita merasa driver Uber kita oke, ya tentunya sekali lagi berikanlah rating yang sesuai, ya.

Saya sih paling suka kalau dapat drive yang enak kalau diajak mengobrol. Bicara soal ini bisa nyambung, bicara soal itu bisa nyambung juga, apalagi kalau terkena macet seperti di perempatan Antapani – Terusan Jakarta yang lagi dibangun flyover itu. Dan biasanya kalau driver-nya enak, pastinya saya memberikan rating yang oke deh! Ya ga toh? 😀

naik-uber-di-bandung

Ngobrol-ngobrol dulu sama driver Uber pas kena macet di Terusan Jakarta (Bandung) 😀

Berbicara mengenai rating, kamu tau ga, kalau sebenarnya para driver Uber juga bisa memberikan penilaian ke kamu. Jadi ketika kamu sedang menjajal jasa Uber, diharapkan bertingkah yang sopan dan tidak mengotori mobil tersebut. Kalau kamu dianggap mengotori mobil tersebut, maka driver Uber juga bisa memberikan penilaian yang sesuai. Nah, kamu mau tau bagaimana melihat rating kamu? Tinggal ikuti menu di bawah ini:

Help > Account and Payment > Account Settings and Ratings > I’d like to know my rating > SUBMIT > dan muncullah rating kamu 🙂

Hayo, rating UBER kamu berapa hehe?

Customer Support yang tanggap

Di blog post mengenai Uber sebelumnya, saya juga pernah membahas mengenai customer support yang tanggap. Kamu selain bisa email support Uber di support@uber.com, sebenarnya kamu juga bisa bertanya mengenai salah satu trip kamu, dengan memilih trip di history di menu HELP, kemudian ke menu TRIPS and REVIEW untuk memilih trip yang ingin ditanyakan. Setelah kamu memilih trip yang ingin kamu tanyakan, kemudian kamu memilih issue yang ingin dipertanyakan. Misalnya kamu baru ingat kalau barangmu tertinggal di mobil, atau misalnya driver Uber tidak menggunakan rute yang efektif. Di menu Trips and Review, tidak hanya tersedia trip-mu yang baru, tapi kamu juga bisa menanyakan trip yang sudah lama kok.

So far selama saya menghubungi customer support Uber, respond-nya selalu cepat kok.

team-uber-di-bandung

Team solid dari Uber di Bandung siap membantu kamu 😀 😀 😀

Tentunya info mengenai safety dalam menjajal Uber di Bandung, juga berlaku di kota-kota lain yang sudah terdapat layanan Uber, seperti (pastinya) Jakarta, Surabaya, dan Bali. So, selamat mencoba Uber, dan jangan lupa, pakai kode promo Uber >> UBERTWP supaya kamu dapat potongan harga Rp. 30.000 25.000 untuk 2 trip pertamamu 🙂

Dengar-dengar sih kamu juga bisa pakai Uber dari Bandung ke Jakarta, tapi harganya sudah fix, alias sudah ditetapkan di awal. Kalau ga salah, harganya sekitar Rp. 1,5 juta. Kalau saya sih belum pernah pakai, ya? Kalau kamu udah pernah pakai Uber di Bandung terus pergi ke Jakarta? Cerita-cerita, dong 🙂

Jika kamu suka dengan blog post ‘Safety menjajal Uber di Bandung’, monggo meninggalkan komen dan share postingan ini, ya.

FIND ME HERE
FACEBOOK | TWITTER | INSTAGRAM | GOOGLE+
email: mixedupalready@gmail.com
SNAPCHAT: timo_wp

menggunakan-uber-di-bandung

Aman menggunakan Uber di Bandung, termasuk pas malam hari 🙂

Advertisements
Comments
  1. Posted by Travelling Addict
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Melly Feyadin
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by wian indrawan
    • Posted by Timothy W Pawiro
  4. Posted by Surur
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment