Advertisements

Menjadi lebih baik dengan PRUuniversity

Author: | Posted in Keuangan No comments

Menjadi lebih baik dengan PRUuniversity – Waktu saya dulu menjadi seorang personal banker di salah satu bank swasta, ada banyak banget produk-produk perbankan yang dijual, mulai dari tabungan konvensional, deposito, KPR, kartu kredit, investasi, hingga produk bancassurance. Tentunya bagi orang yang udah punya pengalaman kerja di bank sebelumnya, produk-produk tersebut udah biasa dia jual, tapi bagaimana dengan orang yang belum pernah kerja di bank? Ya belajarlah haha, dan untungnya di tempat saya kerja disediakan training secara reguler, apalagi kalau ada yang namanya produk baru. Bahkan jika diperlukan, harus juga mengambil sertifikasi sebelum menjual produk-produk spesifik, seperti misalnya asuransi.

Produk asuransi di perbankan, atau biasanya disebut dengan bancassurance, ada beraneka ragam tentunya, tergantung dengan perusahaan asuransi siapakah bank tersebut bekerja sama. Tapi ada hal sama yang harus dimiliki oleh setiap tenaga penjual yang akan menjual produk asuransi. Ya, seperti yang saya bilang sebelumnya, dia harus mempunyai sertifikasi khusus asuransi dan tentunya juga training.

Ngomong-ngomong soal sertifikasi, tentunya sebelum ikut test-nya harus belajar dulu yang rajin hehe, termasuk waktu itu yang saya lakukan sama teman-teman sekerja, paling diskusi ringan tentang macam-macamnya asuransi tuh apa aja hehe.

Lalu gimana soal training?

Dulu kalau ada produk bancassurance yang baru, biasanya kami suka dipanggil training ke perusahaan asuransinya, dan biasanya satu harian penuh tuh training-nya. Karena ya biar bisa paham produknya luar dalam. Dan setelah itu pun, biasanya suka ada test kecil-kecilan di kantor cabang untuk pengingat.

Kalau saya dulu bekerja sebagai personal banker aja mendapat training tentang asuransi karena menjual produk bancassurance, bagaimana dengan tenaga pemasar yang langsung berada di bawah perusahaan asuransi, seperti contohnya Prudential Indonesia?

Sekilas Prudential Indonesia

Prudential Indonesia sebagai salah satu perusahaan asuransi yang sudah berdiri cukup lama, dan untuk di Indonesia mulai ada sejak tahun 1995, tentunya udah banyak nasabah yang percaya dengan Prudential Indonesia. Hingga saat ini jumlah nasabah Prudential Indonesia ada lebih dari 2.3 juta nasabah. Jika menilik dari segi kinerja, kinerja Prudential Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

Kalau dilihat dari jumlah karyawan dan tenaga pemasar yang bernaung di bawah bendera Prudential Indonesia bisa dibilang udah cukup banyak. Jumlah karyawan Prudential Indonesia aja ada 2,000 karyawan, sedangkan tenaga pemasar profesional Prudential Indonesia udah ada sekitar 277,000 orang. Jumlah yang cukup banyak ini tentunya ga hanya berada di satu kota aja, tapi tersebar di 169 kota di Indonesia.

Dari 169 kota ini, selain kantor pusat, Prudential Indonesia juga memiliki beberapa kantor pemasaran yang ada di kota Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan dan Batam, serta ada juga beberapa kantor pemasaran mandiri.

Tentunya merupakan hal yang penting untuk menjaga konsistensi dari layanan serta informasi yang diberikan oleh tenaga pemasar Prudential Indonesia, apalagi dalam menyampaikan pentingnya memiliki asuransi.

Menjadi lebih baik dengan PRUuniversity

Untuk menjadi lebih baik, maka Prudential Indonesia di bulan Juli 2018 meluncurkan yang namanya PRUuniversity yang merupakan sebuah corporate university dari Prudential Indonesia, yang bisa membantu meningkatkan kualitas para tenaga pemasar dan karyawannya.

Bekerja sama dengan PPM School of Management

Agar bisa berjalan dengan baik, Prudential Indonesia udah menggandeng PPM School of Management yang membantu dalam menyelaraskan kurikulum yang sudah ada, serta meningkatkan kualitas para trainers Prudential Indonesia. Pelatihan untuk trainers tentunya sangatlah penting, karena kalau trainer-nya salah, pastinya yang diajarkan bisa juga salah dong, ya?

Nah, ada beberapa program pelatihan dan sertifikasi yang ada karena kerja sama ini, misalnya aja ada yang namanya LOMA (Life Office Management Association), LIMRA (Life Insurance Marketing and Research Association), FPSB (Financial Planning Standards Board), dan masih banyak lagi.

pruuniversity launching event prudential indonesia - kadungcampur

Launching event PRUuniversity dari Prudential Indonesia 

Kalau bicara soal financial planning, jadi keinget dulu salah satu keinginan saya tuh ya menjadi financial planner hehe. Karena menjadi seorang financial planner tuh banyak banget hal yang dipelajarin, termasuk tentunya belajar soal asuransi. Tenaga pemasar asuransi Prudential Indonesia juga termasuk seorang financial planner, karena dia membantu para nasabah untuk mengelola keuangannya, misalnya, berapa banyak yang harus disisihkan per bulannya untuk membayar premi asuransi, dan sebagainya.

Tersedia secara online dan offline

Mengingat lokasi para tenaga pemasar yang tersebar di banyak kota di Indonesia, maka PRUuniversity ini juga dibuat dengan sistem online juga. Modul yang dilihat oleh para tenaga pemasar di kota A tentunya akan sama dengan yang dilihat oleh tenaga pemasar di kota B. Jadi ilmu serta informasi yang diterima pun sama-sama, sehingga apa yang disampaikan oleh semua tenaga pemasar bisa konsisten dari kota yang satu dengan yang lain.

Dukungan lain dari Prudential Indonesia

Tentunya selain PRUuniversity, Prudential Indonesia udah punya juga sistem pembelajaran lainnya, seperti PRUforce yang berbentuk aplikasi, jadi bisa dibuka via smartphone.

Keren lah, ya, ada banyak cara dari Prudential Indonesia untuk selalu mendukung para tenaga pemasarnya serta para karyawan untuk menjadi yang terbaik dan terdepan. Sukses terus untuk Prudential Indonesia! 😊

#PRUuniversity #PrudentialIndonesia dan #LiterasiKeuangan

pruuniversity prudential indonesia blogger gathering - kadungcampur

Blogger gathering di acara peluncuran PRUuniversity (photo credit: kataresi.com)

Note: featured image by riyardiarisman.com

Advertisements

Add Your Comment