Pop Stasiun Race, amazing race a la Pop Hotel Stasiun Kota

Author: | Posted in Wisata 6 Comments

Beberapa waktu lalu, dalam rangka pembukaan Pop Hotel Stasiun Kota Surabaya, digelar beberapa acara, termasuk salah satunya #PopStasiunRace. Mengikuti gaya Amazing Race yang sering kita lihat di TV, di acara Pop Stasiun Race ini, sudah disiapkan 3 misi di mana setiap grup harus menyelesaikan misinya, dan akan dihitung berapa lama kami menyelesaikannya. Kami semua kemudian dibagi menjadi beberapa grup, di mana saya ikut di grup II, bersama 2 blogger Surabaya dan perwakilan dari Kompas TV. Di tiap grup akan ada perwakilan 1 Liaison Officer (LO), yang akan mendampingi kami dan juga menghitung waktu kami.

(Baca juga review: The modern and stylish Pop Hotel Stasiun Kota in Surabaya)

Indonesia - Surabaya - Pop Stasiun Race - Misi I - Museum Hidup Polrestabes - Parade

Beriringan keliling kota dalam Pop Stasiun Race (Surabaya – Indonesia)

Setelah selesai briefing, kamipun menuju mobil yang sudah disiapkan, dan setelah itu kami beriringan menuju lokasi untuk misi pertama kami, yakni Museum Hidup Polrestabes Surabaya. Kira – kira apa yang kami harus cari di museum ini, ya? Misi untuk grup 2 adalah mencari sebuah pistol berjenis Luger Parabellum yang menjadi salah satu koleksi di museum tersebut.

Indonesia - Surabaya - Pop Stasiun Race - Misi I - Museum Hidup Polrestabes

Lokasi misi 1 dari Pop Stasiun Race di Museum Hidup Polrestabes (Surabaya – Indonesia)

Saya pikir, setelah sampai bisa langsung mencari, ternyata kami harus menunggu yang lain dulu biar adil hehe. Dan ketika aba – aba untuk mencaripun sudah ada, kami langsung mencari ke bagian senjata haha! Kamipun menemukan pistol Luger Parabellum yang menjadi misi kami, lalu memfotonya dan harus upload di Instagram.

Indonesia - Surabaya - Pop Stasiun Race - Misi I - Museum Hidup Polrestabes - Senjata Luger Parabellum

Misi pertama kami di Museum Hidup Polrestabes adalah untuk menemukan pistol Luger Parabellum dan memfotonya (Surabaya – Indonesia)

Kami diberi waktu untuk melihat – lihat museum ini sebelum pergi ke lokasi misi berikutnya. Dan yang menarik perhatian saya adalah koleksi kamera – kamera ini! Kamera vintage, contohnya kamera Yashica yang sepertinya memiliki 2 lensa itu dan merupakan buatan Jepang tahun 1969, digunakan oleh anggota Polri pada masa itu untuk identifikasi dan dokumentasi tindak pidana. Keren ya, koleksi kamera vintage-nya!

Indonesia - Surabaya - Pop Stasiun Race - Misi I - Museum Hidup Polrestabes - Vintage Yashica Camera

Duh ini keren – keren ya kamera vintage nya di Museum Hidup Polrestabes (Surabaya – Indonesia)

Lokasi untuk misi ke-2 ternyata di patung Suro & Boyo, yang sering sekali saya lihat di TV, tapi baru kali ini melihat langsung. Misi ke-2 lebih mudah dari misi pertama, karena kami hanya diminta untuk foto dengan latar belakang patung tersebut. Karena posisi Suro & Boyo agak tinggi dan menghadap ke arah jalan, makanya harus mencari – cari posisi yang pas nih. Untungnya ada platform untuk main skateboard di dekat patung ini, jadi lebih mudah untuk ambil foto Suro & Boyo ini. Kami diminta untuk mengambil foto sebanyak 5 buah, di mana salah satunya tetap harus di-upload ke Instagram.

Indonesia - Surabaya - Pop Stasiun Race - Misi II - Patung Suro dan Boyo Group photo

Salah satu dari 5 foto yang kami kumpulkan dengan latar belakang Patung Suro & Boyo (Surabaya – Indonesia)

Sebenarnya di dekat patung ini ada yang namanya Monkasel, alias Monumen Kapal Selam, tapi sayangnya karena waktunya tidak banyak, makanya saya tidak sempat mampir untuk melihat.

Indonesia - Surabaya - Pop Stasiun Race - Misi II - Group Photo

Foto bareng dulu dengan LO (ki-ka: Niar, Novi, Mela, Agung LO, and me) di area Patung Suro & Boyo (Surabaya – Indonesia)

Lokasi misi ke-3 ada di Tugu Pahlawan. Misi ke-3 merupakan misi terakhir di Pop Stasiun Race. Kami diminta untuk mencari potongan puzzle sebanyak 4 buah yang tersebar di samping patung / monumen di Tugu Pahlawan ini. Siapa yang paling cepat mengumpulkan, harus langsung digabungkan dan kemudian foto dengan latar belakang Tugu Pahlawan.

Indonesia - Surabaya - Pop Stasiun Race - Misi III - Tugu Pahlawan (02) a

Lokasi III dari Pop Stasiun Race di Tugu Pahlawan (Surabaya – Indonesia)

Indonesia - Surabaya - Pop Stasiun Race - Misi III - Tugu Pahlawan (03) - Makam Pahlawan tak Dikenal

Makam Pahlawan tak Dikenal di Tugu Pahlawan (Surabaya – Indonesia)

Indonesia - Surabaya - Pop Stasiun Race - Misi III - Tugu Pahlawan - Foto bersama Puzzle

Hasil lari dalam mengumpulkan potongan puzzle di Tugu Pahlawan (Surabaya – Indonesia)

Misi ini menurut saya merupakan misi yang paling seru, karena kami semua harus berlari – lari mencari potongan demi potongan. Tiga potongan ada di dekat patung M. Sungkono, R. Muhammad, dan Sungkono, sedangkan potongan terakhir ada di dekat Makam Pahlawan tak Dikenal. Nah lho … Kami berempat sempat berdiskusi di mobil, di manakah letak makam yang terakhir ini. Ternyata lokasinya ada di belakang Tugu Pahlawan.

Memang sebenarnya Pop Stasiun Race ini merupakan sebuah permainan, tapi bagi saya juga merupakan perkenalan lebih dekat lagi dengan Surabaya. Jujur saja baru kali ini saya sempat untuk bermalam di Surabaya, karena sebelum – sebelumnya lebih sebagai tempat transit. Dan saya sangat senang bisa berkeliling, walaupun hanya sempat ke tiga lokasi yang berbeda saja. Ada beberapa hal yang saya perhatikan ketika berkeliling. Ternyata Surabaya masih memiliki banyak bangunan kuno yang terawat dan asyik untuk dieksplor, dan taman – tamannya itu … cantik – cantik. Beberapa kali saya bisa lihat, di dekat lampu merah di sebuah perempatan terdapat taman, lalu tidak beberapa lama lagi saya bisa lihat taman. Tamannya tidak besar, tapi cantik.

Aahh … mungkin saya harus datang ke sini lain kali dan lebih mengeksplor kota ini lagi 🙂

Indonesia - Surabaya - Pop Stasiun Race - Taman (02)

Salah satu taman kota (Surabaya – Indonesia)

Ingin tahu kami mendapatkan juara berapa?

Coba kamu baca juga ini: Green Opening Pop Hotel Stasiun Kota Surabaya

Advertisements
Comments
  1. Posted by Meidi
  2. Posted by Hastira
    • Posted by Timothy W Pawiro
  3. Posted by Adiitoo
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment