Mau Coba Pluang Investasi di Pasar Saham Amerika?

2
665
investasi di pasar saham as seperti apple melalu pluang - kadungcampur
Mau investasi saham AAPL alias Apple di Amerika? Bisa banget dengan Pluang

Pluang investasi di pasar saham Amerika – Pasti kamu pernah atau sering membaca kalimat ini deh ya : ‘Don’t put all of your money in one basket!’

Yes, jangan menaruh seluruh uangmu di satu tempat aja.

Mungkin dulu ketika belum terlalu banyak instrumen investasi, pilihannya terbatas antara tabungan dan deposito kali ya. Tapi sekarang udah mulai beragam deh, tempat di mana kita bisa ‘menaruh’ uang kita, selain di tabungan dan deposito. 

Dulu waktu awal-awal saya kerja, mulai booming yang namanya reksa dana, karena kalau mau investasi saham kalau ga salah ada minimum pembelian yang cukup tinggi (ga terlalu inget sih ya, CMIIW). Saya juga naruhnya ga hanya di satu jenis reksa dana, ada beberapa.

Terus makin ke sini, minimum pembelian untuk saham, semakin menurun. Sepertinya sejak digalakkan gerakan ‘Menabung Saham’ ya. Lalu selain itu ada lagi yang lain, termasuk emas, p2p lending, surat utang negara, trus apa lagi ya? Oh iya, bitcoin. 

Pengalaman sebagai pemula di pasar saham Indonesia

Sudah beberapa waktu belakangan ini, saya mulai giat lagi untuk melakukan investasi di saham. Belum, saya belum se-expert orang-orang yang memilih saham dengan melihat performance si perusahaan tersebut, baik dari segi utang, profit, dsb. Saya baru memilih saham-saham yang produknya saya lihat di sekitar saya aja dulu dan tentunya saya pakai hehe. Oh iya, lebih banyak saya pilih saham yang blue chip (note : sebenarnya kudu mulai bisa belajar untuk membaca laporan keuangan perusahaan sih ya hehe).

Kemudian untuk industrinya pun, saya memilih yang berbeda-beda, mulai dari perbankan, FMCG, farmasi, dan lainnya. Masih mengacu pada kalimat ‘Don’t put all of your money in one basket’.

Selain itu cara saya berinvestasi juga lebih ke pembelian secara bulanan. Berhubung saya saat ini bekerja dan mendapat gaji bulanan, jadinya saya berinvestasinya juga bulanan, bukan yang sekali gebrak trus didiemin. Cara seperti ini sih, kalau saya baca-baca namanya dollar cost averaging. Berhubung pergerakan saham itu volatile ya, pagi bisa naik, sore bisa turun, dst, jadi makanya dengan cara pembelian dollar cost averaging seperti ini sih, kita bisa dapat variasi harga – baik harga tinggi dan rendah – sehingga kemudian kita ambil rata-ratanya deh.

Oh iya, sejujurnya sebelum saya melakukan kebiasaan membeli saham secara bulanan ini, saya pernah coba-coba masuk ke pasar saham dalam bentuk trading. Padahal belum ngerti ya. Trus cara milih sahamnya gimana? Dari ‘katanya’ hehe. ‘Wuih saham ini bagus nih’, ‘wuih perusahaan ini baru IPO lho’, dsb nya. Ya ga salah juga sih, tapi karena saya memang belum ngerti banget ya, jadinya ya gitu deh hehe.

Ada Pluang investasi di pasar saham Amerika

Pernah kan ada berita tentang kekayaan salah satu entrepreneur asal AS, yang juga merupakan founder dari Amazon, yang bernama Jeff Bezos. Kebetulan saya juga beberapa kali suka belanja di Amazon nih. Lalu suka terkilas impian, bagaimana sih caranya beli saham-saham perusahaan di AS seperti saham AMZN ini? 

Lalu nama perusahaan lain, sempat muncul juga di kepala selain si Amazon ini, seperti Microsoft, Apple, dan Google. Kebetulan saya pemakai produk-produk dari perusahaan ini. Dan seperti yang saya bilang sebelumnya, kalau saya suka membeli saham di produk-produk yang ada di sekitar saya atau saya pakai haha. 

Makanya pas banget waktu beberapa hari lalu di akhir bulan September 2020, saya ikutan sebuah online event yang diadakan oleh Pluang. Judul event nya juga menarik banget: Peluncuran Pluang S&P 500

Apa sih itu S&P 500?

Iya, apa itu S&P 500?

Mungkin pas lagi nonton berita yang membahas tentang pasar saham di AS, suka muncul nih istilah S&P 500. S&P 500 ini dipakai sebagai salah satu patokan tentang kinerja pasar saham di AS.

S&P sendiri merupakan singkatan dari Standard & Poor’s yang merupakan sebuah lembaga rating di AS. Dan S&P menilai 500 perusahaan di Amerika dengan kriteria tertentu, sehingga bisa dibilang mewakili dari kinerja pasar saham AS secara keseluruhan.

Kira-kira bagaimana sih S&P bisa memilih 500 perusahaan ini? 

Ada beberapa sih kriteria pemilihan perusahaan utuk masuk di S&P 500 , seperti :

  1. Perusahaannya harus berbasis di Amerika
  2. Nilai perusahaannya adalah sama dengan atau lebih dari USD 3,7 miliar
  3. Sahamnya diperdagangkan secara terbuka
  4. Empat kuartal berturut-turut harus profit

Itu hanya contoh aja, karena pastinya yang dilihat masih banyak lagi. Nah, coba aja deh tuh kalau 500 x USD 3,7 miliar berapa? Hehe, yang pasti banyak deh ya. Makanya bisa dibilang total nilai perusahaan yang ada di dalam S&P 500 mewakili 80% dari total nilai pasar saham di AS

Lalu kira-kira perusahaan apa sajakah yang ada di S&P 500 ini? Pastinya perusahaan yang sebelumnya sudah saya sebutkan sebelumnya, ada Amazon, Apple, Microsoft, dan lainnya. Perusahaan berbasis teknologi ternyata ada banyak yang masuk di S&P 500, selain perusahaan kesehatan, dan otomotif.

Investasi di pasar saham AS melalui Pluang S&P 500 

Trus memang bisa gitu kita berinvestasi di pasar saham Amerika?

Ternyata bisa lho. Sesuai judul online event dari Pluang tadi, kita bisa investasi di pasar saham Amerika dalam produk Pluang S&P 500 (Micro E-Mini S&P 500 Index Future) ini. Jadinya, daripada kita berinvestasi satu-satu, selain lebih berisiko, tentunya repot ya ngurusin satu-satu haha. Makanya dengan produk ini, kita bisa langsung berkesempatan untuk berinvestasi di 500 saham sekaligus yang tergabung di S&P 500 ini.

Masih ga kebayang caranya? 

Sama, saya pun awalnya berpikir bagaimana caranya, ya? Apakah kita harus mengontak pihak di bursa AS kah, atau bagaimana?

Ternyata ga perlu serepot itu, karena sudah ada Pluang yang sudah melewati fase repot tersebut hehe. Mereka sudah bekerja sama dengan lembaga ini itu, yang membuat kita bisa langsung investasi di S&P 500 dengan lebih mudah.

investasi di pasar saham amerika melalui pluang - kadungcampur
Investasi di pasar saham Amerika dengan mudah melalui Pluang

Langkah-langkahnya mudah kok. 

  • Download Pluang App dulu ya, yang sudah tersedia di Google Playstore dan App Store
  • Registrasi dong pastinya
  • Karena kita ingin investasi di pasar saham AS, yang notabene menggunakan USD, jadi kita harus ada KYC (proses verifikasi) dulu nih. Siapkan KTP nya ya
  • Selanjutnya ya tinggal menunggu aja deh proses KYC sampai selesai
  • Lalu kalau sudah, tinggal piih Indeks S&P 500 dan klik Beli
  • Oh iya, kalau mau ‘Beli’ jangan lupa Isi Saldo dulu ya. Metode pembayaran untuk Isi Saldo di Pluang juga bermacam-macam kok, ada yang transfer menggunakan Virtual Account, atau bahkan bisa pakai e-wallet, seperti GoPay atau LinkAja

Segampang itu yha!

Oh iya, mungkin kita sempat bertanya juga, apakah kita berinvestasi menggunakan USD atau Rupiah kah? Bebas, bisa dua-duanya kok hehe. Kalau toh kita menggunakan Rupiah, nanti akan dikonversikan ke USD deh.

Sudah siap merambah ke pasar saham AS?

Saya ngeliatnya sih investasi di S&P 500 ini sebagai salah satu alternatif investasi yang menarik, ya. Misalnya kamu masih ragu, tapi ingin mencoba, ya udah mulai dari yang kecil-kecil dulu aja ya. Untuk berinvestasi di Pluang S&P 500 ini dimulai dari 1 unit yang setara dengan USD34 atau sekitar Rp. 500,000.-

So, sudah siap untuk investasi di pasar saham AS?
Yuk, download dulu : aplikasi Pluang!

Note : Tulisan ini hanya merupakan share informasi untuk alternatif investasi. Semua keputusan yang diambil oleh pembaca, di luar tanggung jawab penulis

investasi mudah dengan pluang bisa sambil siram tanaman - kadungcampur
Mau investasi di pasar saham AS dengan mudah? Bisa melalui Pluang lho! Caranya gampang, bahkan bisa sambil nyirem tanaman.

2 KOMENTAR

  1. nah istilah “jangan taruh uangmu di satu tempat saja” mungkin termasuk sering aku baca.
    waktu pertama tau pepatah ini, aku malah mikir, “seandainya ada duit berlebih lebih,, pasti nggak akan aku taruh di satu tempat”
    sekarang masih invest di RD aja dulu, saham itupun “main”nya di app yang cukup sering orang sebut itu hehehe
    nah kalau yang amerika ini belum pernah aku tau, dan baru tau barusan ini aja dari post ini
    untuk mulai nya juga nggak butuh nominal yang gede gede banget ya

    • Haiii …
      iya di awal pun aku juga mulai dari RD wkwk, karena kan lbh praktis ya sudah ada yg manage.

      Yg invest di Amerika ini pun juga baru tau, ternyata minimumnya ga gede spt yg dibayangkan haha 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here