Sekarang pindah rumah lebih mudah

Author: | Posted in Review lainnya 16 Comments

Kalau ngomongin tentang pindah rumah, saya jadi keingetan dulu pas jaman-jamannya masih kuliah di Singapura. Memang sih bukan ‘pindah rumah’ dalam arti sebenarnya, karena waktu itu ngekos haha, jadi bisa dibilang versi mini dari pindah rumah. Dan kerepotannya pun, ya ampun sepertinya mirip-mirip hahaha.

Persiapan pindah rumah

Saya ga kebayang sih, kalau saya pindah rumah saat sekarang itu seperti apa. Barang di lantai atas dan bawah yang rasanya kok banyak amat. Belum lagi kebayang bagaimana packing dan mindahin barang-barangnya dari atas ke bawah. Sebenarnya yang bikin barang jadi banyak dan riweuh adalah barang-barang printilan hahaha.

Karena saya sebenarnya belum pindahan rumah sebenarnya, jadi saya coba flash back waktu saya pindahan dulu waktu ngekos bagaimana haha. Dulu waktu ngekos di Singapura, saya dan kakak saya mengambil 1-unit master bedroom. Sebenarnya kalau dilihat barang di satu kamar tidur tuh sebanyak apa sih? Entahlah tapi yang saya rasakan waktu itu repot banget haha.

Packing dengan benar

Packing dengan benar adalah hal yang benar-benar benar. Ini karena menyangkut nanti pas bongkaran di tempat barunya hehe.

Packing sebenarnya terserah caranya seperti apa, antara mau pake kardus, tas, apapun itu, yang penting isinya. Saya waktu itu sebisa mungkin packing berdasarkan jenis barangnya, mulai dari pakaian untuk dimasukkan ke dalam satu tas, kemudian sepatu dan sandal di satu kardus, lalu perbukuan di kardus yang lain dan seterusnya.

Kemudian selanjutnya baru deh, yang perintilan, mulai digabungin menjadi satu di dalam kantong biar ringkes. Barang yang kecil printilan biasanya mulai dari bolpen, sabun, shampoo, peralatan makan, pajangan, dan sebagainya. Kenapa digabung-gabungin jadi satu, ya kan karena biasanya kardusnya agak besar, jadi makanya yang printilan dikantong-kantongin aja, dan dimasukkan ke dalam satu dus.

packing pindah rumah

Packing harus benar saat mau pindahan hehe (foto: Pixabay)

Sebenarnya awalnya sih bisa aja tertib ya, tapi akhirnya tetap aja sumpel-sumpelin barang kecil yang ketinggalan di berbagai sudut tas juga sih, ya haha.

Jangan lupa ya, untuk menandai kardus atau tas dengan jenis barang di dalamnya. Karena seperti saya, kalau lagi males bongkar-bongkar, biasanya saya diemin aja dulu tuh kardus di tempat yang baru, sampai saya butuh baru cari haha. Dengan begini kan saya bisa tau, kalau mau cari barang A mesti ke kardus mana.

Pindahan sendiri atau pakai jasa pindahan rumah?

Setelah semua barang di-packing dengan benar, selanjutnya ya udah pindah rumah aja haha. Tapi pastinya yang harus dipikirkan adalah antara mau pindah rumah sendiri atau pakai jasa pindahan rumah?

Pindah rumah sendiri

Wah, waktu itu sih saya pindahan sendiri, tentunya karena saya berpikir kalau barang kami ga banyak-banyak amat. Benar juga sih karena karena kami itu ga bawa barang seperti TV, mesin cuci, dan sebagainya. Jadi masih bisa dimasukkan ke dalam tas atau kardus. Tapi kemudian kami berpikir, lah pindahannya bagaimana, ya, kan ga ada mobil juga. Ga mungkin juga naik transportasi umum untuk pindahan. Apa kata orang deh, yang ada malah dimarahin karena bikin sempit aja haha. Bahkan kalau pakai taksi pun, kayaknya bagasinya juga ga bakal muat.

Akhirnya kami pun mengambil pilihan yang kedua.

Pakai jasa pindahan rumah

Waktu itu sih sebenarnya, karena barang-barang kami ga sebanyak kalau pindahan rumah, makanya jasa pindahan rumah yang kami pilih sebenarnya lebih ke jasa pengiriman barang sebagai jasa pengiriman dari tempat kos lama ke tempat kos baru. Itu pun karena yang punya lebih ke perorangan, makanya ga sampai pakai mobil box atau sampai sewa truk segala hahaha. Untungnya sih dia punya trolley untuk pindahan, jadi lebih memudahkan kami ketika memindahkan barang-barang.

pindah rumah pickup

Pilih pindahan sendiri atau pakai jasa pindahan rumah

Dan saya pun sekarang jadi keingetan kalau lihat di film-film ketika orang pindah rumah yang pakai jasa pindahan rumah, kok rasanya enak, ya. Sepertinya kita hanya perlu memberitahukan barang-barang mana yang harus dikelompokkan, mana yang termasuk barang mudah pecah, dan sebagainya. Selanjutnya petugasnya lah yang packing. Jasa pindah rumah sepertinya juga sudah termasuk dengan mobil box deh, jadi ga perlu sewa truk segala haha. Inilah yang sepertinya hassle-free alias pindah rumah tanpa ribet. Kita hanya perlu menunggu kedatangan barang-barang kita di rumah baru deh. Kemudian mereka pula yang menyusun barang-barang di rumah baru kita.

Pindah rumah lebih mudah dengan Go-Box

Untungnya sekarang di Indonesia, udah ada yang namanya Go-Box yang merupakan jasa pindahan dari Go-Jek, yang awalnya hanya menyediakan jasa transportasi online. Yang ikutan Go-Box pun sepertinya ada juga yang perorangan tapi memiliki kendaraan pick-up atau mobil box. Dan enaknya lagi, semuanya bisa diakses via aplikasi Go-Jek! Duh beda banget waktu saya dulu. Kakak saya harus mencari-cari info dulu di internet atau dari teman, itu pun semuanya dilakukan dengan menelpon.

Emang apa aja sih kalau mau pindah rumah menggunakan Go-Box?

Memilih sendiri jenis kendaraan

Dulu ketika pindahan, yang kakak saya dapatkan adalah nomor kontak dari jasa pengiriman barang itu. Kemudian barulah kakak saya mencari informasi, mulai dari tipe kendaraan, dan sebagainya. Lah, kalau tipe kendaraan ga sesuai bagaimana? Ya udah, cari lagi deh, yang lain huhu.

Nah, kalau di Go-Box ini berbeda!

Pencarian jasa pengiriman barang atau jasa pindahan rumah dimulai dengan menentukan jenis kendaraannya. Kita perlu jenis kendaraan seperti apa, yang bisa memuat seberapa banyak. Nanti di pilihannya akan diberikan informasi mengenai ukuran dari bak atau ukuran box dari mobilnya, serta berapa maksimal berat barang yang bisa diangkut.

pilih mobil gobox

Pilih kendaraan Go-Box yang sesuai

Pilihan jenis kendaraan di Go-Box, mulai dari pick-up bak, pick-up box, engkel bak, dan engkel box.

Selanjutnya data yang harus diisi, sama seperti ketika mau order Go-Jek aja, beserta informasi lainnya.

Bisa multiple stop dan antar pulau

Ketika pindahan, bisa aja sih ya tujuan kita ada di beberapa tempat, misalnya kita mau sekalian nih, kasih tempat tidur kita ke saudara kita. Nah, enaknya di Go-Box tuh bisa multiple destination alias bisa beberapa tempat tujuan. Ini kita bisa tentukan di depan sebelum booking Go-Box sih.

Dan enaknya lagi, Go-Box ga hanya nganterin barang kita ke antar kota, bahkan sampai ke antar pulau juga! Untuk antar pulau, saat ini baru pulau Jawa dan Bali dulu, ya.

Bisa tau perkiraan harga

Nah, kalau harga jasa pengiriman barang akan muncul setelah kita menentukan lokasi penjemputan serta lokasi tujuan pindah rumah.

Tentunya harga akan berubah ketika kita menambahkan beberapa hal, seperti contohnya:

pindah rumah perkiraan harga gobox

Bisa tau perkiraan harga Go-Box

  • Jumlah orang angkut barang

Di Go-Box kita bisa menentukan langsung, kira-kira butuh berapa orang ya untuk angkut-angkut barang semuanya. Tentunya semakin banyak orang, harganya juga akan bertambah. Saat ini harga jasa per orang tambahan untuk Go-Box adalah Rp. 50.000,-

  • Biaya asuransi

Biaya asuransi Go-Box sebenarnya terbilang murah sih ya, karena mulai dari Rp. 2.000 hingga Rp. 50.000. Tapi berbeda dengan uang pertanggungannya yang cukup lumayan, karena mulai dari Rp. 10 juta hingga Rp. 500 juta.

Keuntungan lainnya

Tentu sama seperti service Go-Jek lainnya, keuntungan menggunakan Go-Box adalah sistem tracking. Kita bisa melacak keberadaan kendaraan Go-Box nya melalui aplikasi Go-Jek. Selain itu, ada satu hal yang saya suka nih dari Go-Jek, yaitu sistem pembayaran dengan Go-Pay. Kenapa gitu disuka kalau pakai Go-Pay? Pastinya karena udah ga perlu uang tunai lagi, kita juga bisa dapat reward dari Go-Points! Pastinya poin yang kita dapat kalau pindah rumah menggunakan Go-Box bakal gede banget! Ahh, pastinya semakin banyak poinnya, nanti bisa ditukar dengan voucher Go Lucky biar bisa meningkatkan kemungkinan menang Mini Cooper 5-Door deh! Uhuy banget!

gobox gopay gopoints rewards

Bayar Go-Box bisa pakai Go-Pay yang non-tunai 🙂

So, monggo dicoba, dan ga perlu mikir panjang x lebar x tinggi untuk menggunakan Go-Box saat mau pindah rumah. Lagian Go-Box udah ada di 12 kota di Indonesia lho, seperti Jabodetabek, Bandung, Medan, Palembang, Surabaya, Bali, dan masih banyak lagi.

kota gobox gojek

Go-Box sudah tersedia di 12 area di Indonesia

Jangan lupa download aplikasi Go-Jek kalau mau pakai jasa Go-Box untuk pindah rumah, ya:

gojek gobox android playstoregojek gobox apple store ios

 

 

Advertisements
Comments
  1. Posted by Ikrom
  2. Posted by Atanasia Rian
  3. Posted by tomi
  4. Posted by dikkicantona (@dikki_cantona)
  5. Posted by Mildaini
  6. Posted by Nurul Fitri Fatkhani
  7. Posted by zefy
  8. Posted by Diah Kusumastuti
  9. Posted by April Hamsa
  10. Posted by April Hamsa
  11. Posted by Yesi Intasari
  12. Posted by Bela
  13. Posted by unggulcenter
  14. Posted by Sally Fauzi
  15. Posted by lendyagasshi
  16. Posted by Sandzarjak

Add Your Comment