Bersama meningkatkan pesona kopi dan cokelat Indonesia

Author: | Posted in Liputan 4 Comments

Kalau bicara mengenai kopi dan cokelat Indonesia, kita udah tau kalau kita memiliki keduanya, sebagai penghasil, dan juga sebagai konsumen. Selain dari chain coffee shop yang terkenal itu, di Indonesa, khususnya di Jakarta, bisa kita lihat banyak sekali bertebaran coffee shop atau warung kopi lokal yang menggunakan biji kopi lokal Indonesia. Demikian juga halnya dengan minuman cokelat, walau menurut pandangan saya belum sepopuler kopi, tapi juga udah ada produsen minuman cokelat yang menggunakan cokelat asli Indonesia.

Meningkatkan pesona kopi dan cokelat Indonesia

Nino Fernandez dan kopi

Salah satu warung kopi terbaru di Jakarta mungkin udah pernah kamu datangi, namanya Di Bawah Tangga, yang lokasinya di Gandaria City, Jakarta. Pastinya juga, kamu udah tau siapa pemiliknya. Nino Fernandez. Nino yang juga merupakan aktor, memang sudah sedari dulu memiliki ketertarikan dengan kopi, bahkan untuk jadi barista sekalipun. Tapi tampaknya baru sekarang kesampaian menjadi barista, dengan membuka kedai kopinya yang dia klaim juga bisa dinikmati oleh kalangan menengah ke bawah.

talkshow pesona kopi dan cokelat indonesia

Talkshow Pesona Kopi dan Cokelat Indonesia (ki – ka: Lukas Christian, Aldi Maulidiansyah, Nino Fernandez, dan MC)

Dalam acara talkshow ‘Pesona Kopi dan Cokelat Indonesia’ yang diselenggarakan oleh Synthesa Development, Nino juga berkeinginan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani kopi Indonesia. Maka dari itu kedai kopi miliknya menggunakan biji kopi asli Indonesia. Bahkan untuk gulanya, Nino menggunakan gula aren yang dia dapat dari Kupang.  Untuk informasi, gula aren lebih baik daripada gula pasir lho.

Gerakan Kopi Persahabatan

Di acara ini juga hadir Bapak Lukas Christian yang merupakan penggagas dari Gerakan Kopi Persahabatan. Misinya sederhana sekali, untuk menjalin persahabatan sambil menikmati kopi, ya seminggu sekali deh. Dan kopinya juga gratis kok, tapi kopi hitam ya. Kenapa memangnya hanya kopi hitam aja? Ga ada kopi tambah susu gitu? Well, karena pak Lukas ingin juga mengedukasi cara minum kopi yang sehat, yaitu tanpa susu dan tanpa gula. Jadi hanya kopi hitam, ya. Namun kalau kamu ga suka pahit, boleh lah ditambahin gula, tapi ingat, kalau bisa pakai gula aren ?

Sama halnya dengan Nino, Pak Lukas juga ingin turut serta dalam mensejahterakan petani kopi. Ini terlihat dari gerakan ini yang memang ga memiliki kebun kopi, jadi mereka akan membeli biji kopi dari petani yang diambil dari Aceh hingga Papua. Gerakan ini juga akan membantu dalam hal pemasarannya baik ke masyarakat Indonesia maupun dunia. Dengan begini, pesona kopi Indonesia, makin bisa dirasakan oleh banyak orang deh, ya! Selain itu, Pak Lukas beserta dengan rekan-rekannya sedang dalam tahap pembuatan koperasi untuk petani kopi Indonesia lho!

gerakan kopi persahabatan pesta merdeka kota kasablanka

Sempat ada pembagian kopi gratis untuk 100 orang pertama lho, dari Gerakan Kopi Persahabatan! Kopinya dari Malang. Rasanya ga asem dan ga terlalu pahit

Kalau mau ikutan gerakan ini, caranya bagaimana nih? Kamu bisa ikut sebagai penerima atau pemberi kopi. Dan, misalnya kamu punya kedai kopi dan kamu tau pada jam tertentu kedaimu sepi, kamu bisa mengajak Gerakan Kopi Persahabatan untuk mengisi di jam tersebut. Nanti Gerakan Kopi Persahabatan akan memberikan kopi gratis, yang jenisnya kopi hitam ya, bukan kopi cappuccino atau yang latte hehe. Kalau itu nanti bayar sendiri. Nah, kalau begini kan bisa ‘umpan’ atau promosi gratis ke kedai kopimu 🙂

Website               : http://gerakankopipersahabatan.org/

CHOCOOFaza

Kamu tau ga, kalau ternyata Indonesia itu penghasil kakao terbesar ketiga di dunia. Namun kata Aldi Maulidiansyah, salah satu narasumber pada acara talkshow ‘Pesona Kopi dan Cokelat Indonesia’, produk kakao kita ternyata ga diolah sendiri, jadi perlu diekspor terlebih dahulu dalam bentuk buah kakao untuk diolah, dan kemudian diimpor lagi dengan harga yang mahal. Makanya Aldi dan teman-temannya mendirikan CHOCOOfaza. Di sini, CHOCOOfaza menggunakan produk kakao hasil Indonesia dan mengolahnya menjadi minuman cokelat instan. Hingga saat ini, CHOCOOfaza udah memiliki berbagai varian rasa, seperti Dark Chocolate, Original Chocolate, Milk Chocolate, dan lainnya.

Tau ga, ternyata pada awalnya, CHOCOOfaza ini merupakan tugas kuliah Aldi dan kawan-kawannya yang waktu kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB). Dan sekarang omzetnya udah ratusan juta rupiah. Makanya Aldi juga mengajak anak-anak muda Indonesia untuk menjadi pengusaha seperti dirinya. Kalau misalnya tertarik dengan CHOCOOfaza, kamu juga bisa menjadi salah satu agennya kok. Sekarang agen CHOCOOfaza sudah terdapat di beberapa kota Indonesia, seperti Jakarta, Bekasi, Bandung, dan lainnya. So, bagaimana? Mau ikut menyebarkan pesona cokelat Indonesia?

Website               : https://chocoofaza.wordpress.com/

#IndonesiaIsMe

Talkshow mengenai pesona kopi dan cokelat Indonesia di atas merupakan salah satu acara dari rangkaian program #IndonesiaIsMe dari Synthesis Development. Synthesis Development sendiri merupakan perusahaan properti yang memiliki banyak proyek di area residensial, perumahan, dan retail. Salah satu proyeknya yang terkenal adalah Plasa Semanggi.

Program #IndonesiaIsMe kali ini berjudul Pesta Merdeka dan mengangkat tema seni, budaya, serta inspirasi Indonesia, dan diselenggarakan dalam rangka perayaan kemerdekaan Indonesia. Masih ada banyak acara lagi dalam rangkaian ini hingga tanggal 20 Agustus 2017 di Kota Kasablanka, misalnya pertunjukan tari dan wayang, juga termasuk talkshow menarik lainnya, selain mengenai kopi dan cokelat Indonesia. Lebih lengkapnya, jadwal acara Pesta Merdeka bisa dilihat di sini.

tari topeng persembahan bentara budaya pesta merdeka kota kasablanka

Karena Pesta Merdeka juga ingin mengangkat budaya, jadi acara talkshow ‘Pesona Kopi dan Cokelat Indonesia’ dibuka oleh tarian tradisional 🙂

Oh iya, selama rangkaian acara Pesta Merdeka di Kota Kasablanka, kamu bisa melihat pameran proyek property dari Synthesis Development seperti Synthesis Residence Kemang, Samara Suites, dan Prajawangsa City. Di pameran ini, kamu juga bisa melihat keunikan dari setiap proyek Synthesis Development yang memasukkan unsur-unsur tradisi Indonesia, seperti contohnya Synthesis Residence Kemang dengan arsitek Jawa. Serunya, kamu bisa melihatnya dalam permainan Augmented Reality yang berhadiah wah, seperti iPhone 7, voucher belanja, dan paket wisata ke Bali.

timo wp coba augmented reality synthesis development

Lagi nyobain AR nya hehe!

Dan, pastinya, selama periode Pesta Merdeka, yakni dari tanggal 15 – 20 Agustus 2017, Synthesis Development juga ada aneka promo, seperti Beli 1 Gratis 1. Nah lho, menarik kan?! Makanya segera meluncur ke Pesta Merdeka di Grand Atrium, Kota Kasablanka!

pesta merdeka synthesis development

Acara Pesta Merdeka Synthesis Development di Kota Kasablanka

Advertisements
Comments
  1. Posted by Anjar Setyoko
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Novie Mochtar
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment