Advertisements

Persiapan budget jalan-jalan tuh gimana toh?

Author: | Posted in Keuangan 4 Comments

Persiapan budget jalan-jalan tuh gimana toh? – Tahun lalu saya terbilang lagi jarang jalan-jalan, karena emang lagi males aja huehe. Eh tapi sejak tahun lalu, saya memang udah ada beberapa rencana jalan-jalan di tahun ini sih. Jadi itung-itung tahun lalu sekalian buat persiapan budget jalan-jalan di tahun ini sih. Untuk beli tiketnya sih udah dari tahun lalu, jadi persiapan budget di tahun ini hanya lebih ke uang saku selama jalan-jalan dan penginapan.

Emang enaknya gimana ya kalau mau buat persiapan budget jalan-jalan? Lebih enak sih kalau realisasi untuk jalan-jalannya masih lama, jadi persiapannya bisa lebih ranum eh matang maksudnya.

persiapan budget jalan-jalan - kadungcampur

Liburan ke mana kita?

Tips persiapan budget jalan-jalan

Dulu waktu saya jalan-jalan ke Australia, persiapan budget jalan-jalan udah dari 1 tahun sebelum sebelum waktu jalan-jalannya. Namanya juga cari tiket promo, makanya baru jalannya tahun depan haha. Tapi pastinya karena kelamaan nunggunya, selain bisa memupuk rasa penasaran kita yang semakin uuuh terhadap destinasi liburan kita, kan lumayan juga tuh bisa untuk persiapan budget jalan-jalan dengan lebih baik dan lebih lama. Jadi tips persiapan budget jalan-jalan ini sih berdasarkan dari pengalaman saya, dan tentunya jika kamu masih punya banyak waktu untuk persiapan.

Tentuin perkiraan biaya saat jalan-jalan

Nentuin biaya yang bakal dikeluarin saat jalan-jalan akan sangat membantu dalam persiapan budget jalan-jalan. Bagaimana bisa tau mesti kumpulin berapa banyak, kalau angkanya ga tau huehehe. Masih mending kalau pas ngumpulin terus hasilnya jadi banyak, lah kalau misalnya masih kurang banyak, ntar bisa-bisa gigit jari huehe. Untung saya punya temen jalan-jalan yang baik, yang mau itungin berapa biaya yang dibutuhkan saat nanti liburan. Saya mah tinggal ngikut aja huahaha.

Sisihkan sekian persen dari pendapatan bulanan

Nah, ini sih enak ya kalau kamu pegawai kantoran alias kerja full time, jadi perencanaannya bisa lebih enak, karena kemungkinannya udah tetap ya gaji setiap bulannya. Pas saya jalan-jalan ke Australia beberapa tahun lalu, itu kebetulan saya masih kerja full-time, jadi saya bisa lebih enak ngatur pembagian gajinya. Setiap bulan saya bisa langsung sisihkan sekian persen setelah terima gaji dalam rangka persiapan budget jalan-jalan ke Australia.

Kalau buat yang lagi freelance, emang mesti lebih ketat ya persiapan budget jalan-jalan, karena tiap bulan bisa aja ga tetap kan ya penghasilannya. Kadang penghasilannya lebih kecil, kadang besar, tapi tetap bisa lah pastinya, seperti saya ๐Ÿ˜€

persiapan budget jalan-jalan ke malaysia - kadungcampur

Enaknya kalau mau jalan-jalan ke Malaysia, nyiapin budget berapa, ya?

Udah disisihin uangnya, terus dikemanain?

Ada beberapa cara sih dulu yang saya lakuin, misalnya:

1 | Buat rekening jalan-jalan terpisah

Saya biasanya kalau ada punya rencana tertentu yang perlu kumpulin uang, udah siapin satu rekening khusus buat tujuan tertentu itu. Rekening ini terpisah ya dari rekening utama sehari-hari kita. Tujuannya ya biar ga kecampur aduk, kan ga enak kl nyampur, eh ndelalah malah abis uangnya. Nanti yang ada malah gigit jari lagi menjelang liburan,m karena uangnya ga tjukup. Oh iya, kalau bisa buka yang rekening tabungan online, biasanya tuh ga ada biaya administrasinya โ€“ ceritanya ga mau rugi gitu haha.

2 | Taruh di investasi yang low risk

Secara saya orangnya tuh ga mau rugian, ya, makanya saya pastinya harus mencari potensi return yang oke dalam jangka waktu yang pendek. Makanya selain sebagian saya taruh di tabungan, sebagian saya masukin ke investasi. Tentunya karena ini hanya jangka pendek aja, jadi saya ga mau investasi yang high risk, seperti di saham, bisa berabe kan pas mau dijual saham yang saya punya, eh ternyata nilainya lagi amblas, yang ada malah gigit jari lagi dan lagi haha.

Di jaman sekarang untuk investasi sih udah ga pake ribet kayak dulu, karena sekarang udah jaman digital! Sudah banyak sistem pendaftaran yang online, termasuk pendaftaran untuk membuka rekening investasi, udah semakin mudah dan cepat. Bahkan untuk mulai investasi pun, mulainya ga perlu yang gede-gede. Dulu saya minimal udah bisa investasi dari Rp. 100.000, eh sekarang udah ada yang mulai dari Rp. 10.000 pulak haha.

persiapan budget jalan-jalan ke belitung - kadungcampur

Kalau mau halan-halan ke pantai, enaknya perlu budget berapa, ya?

Contoh investasi low risk

Emang di mana aja investasi yang low risk? Setau saya sih, so far adalah di reksadana pasar uang dan ORI, tapi kalau ORI jangkanya agak menengah ya, sekitar 3 tahun. Sedangkan kalau reksadana pasar uang biasanya bisa nabung kapan aja dan diambil kapan aja. Ya biasanya untuk pencairan butuh sekitar 1 โ€“ 2 hari kerja deh. Masih oke lah ya kalau lagi butuh.

Kenapa pilihannya reksadana pasar uang?

Karena menurut yang saya denger-denger, reksadana pasar uang tuh isinya antara lain deposito dan obligasi negara. Jadi kalau dilihat dari return, akan lebih tinggi sedikit dari bunga deposito, dan kalau dilihat dari risiko, karena ini ada obligasi negara, maka risikonya bisa lebih rendah.

3 | Ditukar dengan mata uang asing

Kalau ditukar dengan mata uang asing sih menurut saya, tergantung banget dengan destinasi liburanmu nanti. Misalnya waktu jalan-jalan ke OZ, berarti yang saya siapin adalah mata uang dolar Australia. Siapinnya bagaimana?

Ya disisihin dari hasil pendapatan bulananmu. Nanti ya terserah kamu, dari penyisihan tersebut, apakah semuanya mau dikonversikan ke mata uang asing, atau sebagian dituker ke mata uang asing dan sebagiannya disimpen di mata uang Rupiah. Dulu saya sih fokusnya nyiapin setiap bulan 100 dolar Australia, nanti kalau masih ada sisa, baru deh saya masukin ke tabungan Rupiah.

persiapan budget jalan-jalan ke australia - kadungcampur

Waktu jalan-jalan ke Australia, ya saya udah mulai nyicil beli AUD sejak beberapa bulan sebelum keberangkatan ๐Ÿ˜‰

Dengan menyicil membeli mata uang asing, berarti selain ga memberatkan kita untuk menukar mata uang asing secara sekaligus, kita bisa mendapatkan nilai tukar mata uang yang bervariasi setiap bulannya. Jadi mungkin aja di bulan ini lagi mahal-mahalnya, dan di bulan berikutnya jauh lebih murah. Ini nih yang namanya dollar cost averaging โ€“ diambil rata-ratanya ๐Ÿ˜€ (menurut saya, ya).

Oh iya, untuk alternatif mata uang asing, jika mata uang asing di negara tujuan liburanmu agak susah carinya, kamu bisa banget nyiapin mata uang asingnya dalam bentuk dolar Amerika. Nanti setelah sampai di tempat tujuan, akan lebih mudah menukar mata uang dolar Amerika ke mata uang tempat tujuan. Ini menurut saya, ya.

Ubah gaya hidup sementara waktu

Terutama untuk yang penghasilannya pas-pasan atau belum terlalu tinggi, tentunya kalau harus menyisihkan sebagian persen dari pendapatan bulanan, mungkin untuk sebagian orang akan memberatkan. Makanya kita harus mengubah gaya hidup kita untuk sementara waktu.

Mengerem pengeluaran

Yang tadinya tiap minggu makan mevvah di Wingstop atau Carlsโ€™ Jr boleh lah ya mengerem pengeluaran, dan dibuat diubah kebiasaan makan mevvah jadi sebulan sekali. Atau yang tiap hari abis pulang kantor, nongkrong di Djournal Cafรฉ, bisa deh ya, direm dikit aja, dijadiin seminggu sekali haha.

Kalau urusan hemat-menghemat, saya jadi keinget teman saya, yang demen banget hunting voucher, bisa voucher belanja, voucher makan, voucher nongkrong, voucher apa lah apa lah, nemu aja deh! Tapi ya emang cocok sih ya, di saat lagi seperti ini, kita harus cari segala cara untuk berhemat, termasuk cari voucher belanja yang murah meriah. Di mana carinya? Udah ga perlu susyeh susyeh, udah banyak kok yang jualan online, contohnya aje voucher belanja dari Tokopedia aja udah ada segambreng, tinggal pilih aja!

Menambah pemasukan

Kalau misalnya ga mau mengerem pengeluaran, atau ga bisa mengerem pengeluaran, mau ga mau ya harus menambah pemasukan! Dari mana cari tambahan pemasukan? Ya, dari mana yak, kan bisa tergantung dari hobi dan kemampuan masing-masing. Sekarang beneran deh, lebih mudah cari esjean, bisa jadi supir taksi daring, bahkan temen saya pun juga malah senang banget jadi ojek daring. Kalau saya mungkin cari yang berhubungan dengan konten alias membuat artikel atau ga yang berhubungan dengan media sosial. Teman saya yang lain, yang jago design graphic, malah banyak banget esjeannya untuk buat design resto yang baru.

Selamat berlibur!

Well, kalau persiapan budget jalan-jalan sudah oke semuanya, berarti sekarang tinggal menikmati liburan di destinasi impian!! Uuhhh, impian saya tahun depan pengen ke Jepang dan Korea! Jadi mesti mulai nyicil persiapan budget jalan-jalan dari sekarang nih ?

Oh iya, kalauย  kamu punya cara lain untuk persiapan budget jalan-jalan, boleh lho share di komen! ?

persiapan budget jalan-jalan ke korea - kadungcampur

Oke, fokus ke yang naik sepeda, ya, bukan dua orang sejoli yang lagi jalan. Ini bukan drakor! huehehe. Eh, tapi kalau lihat ini, jadi termotivasi untuk ke Korea lho, padahal ini diambilnya di Hoi An, Vietnam <3

Advertisements
Comments
  1. Posted by Dunia Faisol
    • Posted by Timothy W Pawiro
  2. Posted by Haryadi Yansyah | Omnduut
    • Posted by Timothy W Pawiro

Add Your Comment