Pentingnya Kartu Indonesia Pintar untuk anak-anak Indonesia

0
322
kartu indonesia pintar featured image - kadungcampur

Pentingnya Kartu Indonesia Pintar – Pastinya kita udah pernah sering mendengar dengan yang namanya Kartu Indonesia Pintar. Kartu Indonesia Pintar merupakan produk dari Program Indonesia Pintar yang menjadi bagian dari Program Nawa Cita. Nama ‘Nawa Cita’ yang diambil dari bahasa Sansekerta ini kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesa berarti sembilan harapan / agenda. Makanya kalau kita lihat isi programnya, akan terdiri dari 9 program, dan salah satunya ada di bidang pendidikan, yang cuplikan bunyinya seperti ini:

Meningkatkan kualitas hidup manusiaIndonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan dengan program”Indonesia Pintar…”


Menurut saya, program ini menjadi salah satu yang penting, karena memanglah merupakan salah satu hal yang penting. Dengan belajar, maka anak-anak Indonesia bisa mendapatkan pendidikan yang menjadi bekal di kemudian harinya, baik itu untuk bekerja di sebuah perusahaan atau pun memiliki usaha sendiri. Dengan demikian, pendidikan juga memiliki andil yang cukup untuk perekonomian sebuah negara, bukan?

pentingnya pendidikan untuk anak indonesia - kadungcampur
Pentingnya pendidikan untuk anak-anak Indonesia 🙂
(foto ini hanya sebagai ilustrasi aja ya, karena saya ambil ketika jalan-jalan ke Sawahlunto)

Mencegah anak Indonesia putus sekolah

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan sebuah anak putus sekolah. Misalnya aja karena orang tuanya belum memiliki uang yang cukup untuk menyekolahkan anaknya, atau anak tersebut yatim piatu, jadi belum bisa melanjutkan sekolahnya lagi, dan masih banyak lagi. Oleh karena itulah Pemerintah Indonesia masuk untuk membantu para keluarga yang kurang mampu di Indonesia, sehingga bisa tetap menyekolahkan anaknya hingga jenjang yang lebih tinggi.

kartu indonesia pintar - kadungcampur
Kartu Indonesia Pintar untuk anak-anak Indonesia

Program Indonesia Pintar merupakan salah satu program di bidang pendidikan yang diharapkan bisa membantu keluarga yang kurang mampu. Dana yang diberikan lebih dikhususkan untuk keperluan pribadi dari para anak-anak yang ikut di program ini, misalnya aja uang saku, uang untuk membeli buku, uang untuk membayar kursus, uang transport dan hal lainnya yang bisa membantu anak-anak untuk tetap bersekolah dengan baik.

Kalau misalnya anak-anak tersebut ga mempunyai buku dikarenakan tidak mampu membelinya, bisa jadi anak tersebut akan ketinggalan di kelas, dibandingkan oleh teman-temannya. Kalau tidak punya uang transport, berarti memaksa anak-anak tersebut untuk berjalan berkilo-kilo meter hanya untuk ke sekolahnya. Padahal mereka bisa aja menggunakan energi tersebut untuk fokus ketika belajar di sekolah.

Serba-serbi Program Indonesia Pintar

Target usia untuk pengguna Program Indonesia Pintar

Usia berapa sajakahkah yang menjadi target dari Program Indonesia Pintar? Tentunya target utamanya adalah yang masih berusia sekolah dari jenjang Sekolah Dasar atau yang setaranya (MI) hingga jenjang SMA atau setaranya (SMK / MA). Tapi ternyata Pemerintah Indonesia juga ingin mengajak anak-anak yang sempat putus sekolah, untuk kembali melanjutkan pendidikannya yang sempat putus akibat masalah keuangan. Bagi yang udah tertinggal, tentunya bisa mengikuti Kejar Paket A hingga C, menyesuaikan dengan jenjang terakhir anak tersebut.

Besaran dana dari Program Indonesia Pintar

Besaran dana yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia kepada pelajar yang masuk ke dalam Program Indonesia Pintar, bervariasi mengikuti jenjang pendidikannya:

  • Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp450.000,-/tahun
  • Peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp750.000,-/tahun
  • Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp1.000.000,-/tahun

Pembagian dana dari Program Indonesia Pintar diberikan per semester, berarti total angka di atas tinggal dibagi dua aja.

Tentunya setiap peserta Program Indonesia Pintar harus memiliki Kartu Indonesia Pintar untuk mencairkan dana bantuan dari Pemerintah Indonesia. Setiap anak hanya bisa memiliki satu Kartu Indonesia Pintar, ya.

Hasil Program Indonesia Pintar di tahun 2018

Menurut data terakhir, Program Indonesia Pintar di tahun 2018, udah membantu cukup banyak anak-anak Indonesia selama bersekolah. Tepatnya ada 16,8 juta orang yang sudah menerima bantuan dari Program Indonesia Pintar.

infografis hasil kartu indonesia pintar 2018 - kadungcampur
Ini dia hasil dari Program indonesia Pintar selama 2018

Harapan ke depan?

Tentunya dengan melihat kebelakang, kita berharap agar yang akan datang bisa lebih baik dari sebelumnya. Demikian juga di Program Indonesia Pintar ini. Kita bisa berharap agar di tahun-tahun berikutnya akan ada lebih banyak anak Indonesia yang bisa terbantu dari Program Indonesia Pintar.

Kalau dilihat dari akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud RI, udah terdapat beberapa testimoni dari anak-anak yang terbantu dari Program Indonesia Pintarini. Contohnya aja Alam Ageng Sampurno, yang merupakan siswa SMAN2 Bengkulu Selatan, kelas XI MIPA 3.

alam agung sampurno penerima bantuan program indonesia pintar - kadungcampur
Ini dia Alam yang merupakan siswa berprestasi di SMAN2 Bengkulu Selatan

Alam ini ternyata ga hanya meraih prestasi di tingkat propinsi, tapi juga sampai di tingkat internasional lho. Untuk tingkat internasional, Alam sempat mengikuti International Young Inventions Awards (IYIA) yang diadakan di Sanur, Bali, tepatnya di tanggal 19-22 September2018. Tau pesertanya dari negara mana aja? Ada yang dari Singapura, Malaysia, Filipina, Rusia, dan masih banyak lagi. Totalnya ada 32 peserta kok. Dan dari ajang tersebut, Alam meraih medali perunggu di bidang biokimia dengan temuannya yang berupa biskuit daun kelor untuk meningkatkan gizi baik.

See, bisa terlihat kan betapa pentingnya program ini untuk anak-anak Indonesia. Mudah-mudahan ke depannya, akan ada lebih banyak Alam-Alam lain yang bisa terbantu dengan Program IndonesiaPintar ini.

Oh iya, agar kita bisa lebih up-to-date dengan program ini, lebih baik langsung mengunjungi website nya secara langsung-> website Program Indonesia Pintar.

Instagram : https://www.instagram.com/dikdasmen_kemdikbud/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here